Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Sabar OM masih Loading... . GET LINK

Koneksi Internet Android Pada Komputer Dengan PDANet

Koneksi Internet Android Pada Komputer Dengan PDANet

Smartphone berbasis android memang sedang naik daun, dan koneksi internet pun semakin murah, di buktikan dengan survey yang menunjukan bahwa semakin banyak orang yang menggunakan koneksi internet dirumah dan pengguna warnet yang semakin menurun.


Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana menggunakan koneksi smartphone android pada komputer, entah itu dari koneksi mobile atau WiFi atau bahasa keren-nya disebut teknik tethering? Jika ya sekarang akan saya kasih jawabannya. Salah satu caranya adalah menggunakan PdaNet yang bisa kita download gratis di android market.

1.Apa saja yang perlu disiapkan?

Yang pertama tentu saja sebuah ponsel android yang sudah terinstall android market, kemudian kabel data usb/bluetooth untuk mengkoneksikan ke PC, sebuah PC/Laptop/Netbook dan tentu saja koneksi internet di smartphone anda dan tutorial ini :).

2.Instalasi PDAnet pada android

Terlebih dahulu koneksikan smartphone android anda ke internet (bisa melalui WiFi atau Mobile Broadband), kemudian buka aplikasi android market, jika sudah search pdanet kemudian pilih install seperti gambar berikut :

 
logo PdaNet

3. Instalasi driver untuk desktop

Untuk melakukannya, anda bisa menjalankan PdaNet di android anda kemudian PdaNet akan memberi pertanyaan apakah anda sudah atau belum meinstall driver destop. Jika anda pilih belum (pilihan yang atas) anda akan di bawa ke halaman download, di sana anda bisa memilih versi sistem operasi yang anda gunakan (windows /Mac), atau anda bisa mendownloadnya disini. Lalu jalankanlah program yang didownload tadi dikomputer anda.
Pada saat instalasi anda akan diberi beberapa pertanyaan seperti merk smartphone yang digunakan dan pertanyaan dari windows apakah yakin mau install driver tersebut. Jika sudah muncul tampilan seperti di bawah ini, kita biarkan dulu dan pidah ke tahap selanjutnya.


konfirmasi install driver android pdanet

 

4. Setting Android Agar Dapat Terkoneksi Ke Desktop

Jika anda sedang menghubungkan android anda ke komputer, cabut. Sekarang buka aplikasi setting pada android kemudian buka application->development, kemudian aktifkan USB debuging seperti gambar dibawah dan jika sudah colokan lagi koneksi USB android ke komputer, dan otomatis instalasi akan melanjutkan prosesnya.


 
aktikan usb debug

 

5. Menghubungkan Gadget dan Desktop

Oke, jika langkah diatas sudah dilakukan sekarang saatnya menikmati hasilnya dengan cara berikut. buka aplikasi PdaNet di ponsel android anda, pilih ‘I already install..‘  jika anda belum melakukannya. Selanjutnya anda akan diberi 2 pilihan yang pertama adalah tether via USB yang kedua adalah via Bluetooth. Untuk tutorial ini saya menggunakan koneksi USB jadi pilihlah ‘Turn on USB tether‘. Jika aplikasi di android sudah siap, saatnya kita koneksikan desktop kita.
Pada desktop, klik kanan pada icon PdaNet di systray (di sebelah jam pada destop) kemudian pilih connect, dan sekarang anda sudah bisa mengakses internet,wifi, dan jaringan dari komputer menggunakan koneksi ponsel android.