Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Sabar OM masih Loading... . GET LINK

Makalah IBD: Hakikat Cintah Kasih

KATA PENGANTAR




           Puji syukur kami panjatkan  kehadirat ALLAH SWT, sebagai rasa syukur kami yang  mana Telah memberikan kemampuan kepada kami untuk menyusun materi ILMU BUDAYA DASAR yang membahas materi”HAKIKAT CINTA KASIH”,sebagai Salah satu materi yang akan dibahas dalam diskusi  mata  kuliah  ini,di dalam tugas yang telah kami susun ini,telah disesuaikan dengan pokok – pokok permasalahan sesuai dengan tema di atas yang di susun menjadi Suatu makalah dengan data yang akurat,sehingga dapat mudah di pahami dan  di Pelajari.

            Apabila didalam materi yang telah kami susun ini masih terdapat kesalahan,kekeliruan dalam penulisan dan masih ada kekurangan, sekiranya  dapat Di maklumi,dengan adanya masukan saran serta nasehat dengan harapan bisa mejadikan pelajaran dan menghasilkan karya yang lebih baik dimasa mendatang.





                                        





     Penulis

                                                                         
                                    (                        )
BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
              Cinta,boleh jadi merupakan suatu istilah yang sulit untuk dibatasi secara jelas,kendatipun demikian,sulit juga untuk diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia.hal ini membawa victor hango,seorang pujangga terkenal kepada satu kesimpulan : bahwa mati tanpa cinta sama hal nya dengan mati penuh dosa.

                 Secara sederhana cinta bisa dikatakan sebagai paduan rasa simpati antara dua makhluk.rasa simpati ini tidak hanya berkembang diantara pria dan wanita,akan tetapi bisa juga diantara pria dengan pria ataupun wanita dengan wanita.contoh yang mudah dimengerti dan terkadang tanpa kita sadari yaitu bentuk cinta kasih antara ayah terhadap putranya,seorang ibu terhadap putrinya,dan sebaliknya.


B. Pokok Pembahasan
hal-hal yang akan dibahas di dalam makalah ini diantaranya sebagai berikut:
-         Hakikat cinta kasih
-         Cinta kasih dalam berbagai dimensi
-         Kasih sayang
-         Kemesraan
-         Manusia dan cinta kasih

 C. Tujuan
          Agar dapat memahami arti dari cinta kasih yang sesungguhnya,bahwa wujud  cinta terhadap manusia yang harus kita tumbuhkan dalam hati nurani.cinta kasih atau cinta sejati adalah cinta kemanusiaan yang tumbuh dan berkembang dalam lubuk sanubari setiap manusia bukan karena dorongan suatu kepentingan,melainkan atas dasar kesadaran bahwa pada hakikatnya kemanusiaan itu satu.cinta dan kasih yang memberikan hidup manusia lebih berarti.
BAB II

Pembahasan

1. hakikat cinta kasih

          Cinta memang sangat terpaut dengan kehidupan manusia.tidak pernah selintaspun orang berfikir bahwa cinta itu tidak penting,mereka haus akan cinta,banyak orang tidak henti-hentinya menonton film tentang kisah cinta,baik yang berakhir bahagia maupun sebaliknya.banyak orang suka mendengarkan lagu-lagu yang bermotif tentang cinta.kendatipun demikian,hampir setiap orang tidak pernah berfikir tentang apa dan bagaimana cinta itu.

            Sampai dengan sekarang ini masih banyak orang beranggapan bahwa cinta itu tidak lebih dari sekedar perasaaan yang menyenangkan untuk mengalaminya orang harus jatuh ke dalam nya.
            Banyak orang melihat masalah cinta ini sebagai masalah dicintai bukan masalah mencintai,yaitu masalah orang untuk mencintai .pendapat semacam ini akan mendorong orang untuk selalu mempermasalahkan supaya bagaimana ia dicintai,dengan melakukan berbagai hal-hal atau cara agar bagaimana bisa dicintai.begitu juga sebaliknya,bahwasanya mencintai dan dicintai merupakan sikap manusiawi yang sudah saling berkaitan erat.

Cinta adalah suatu kegiatan,dan bukan merupakan pengaruh yang pasif.secara demikian bisa pula dikatakan bahwa salah satu esensi dari cinta adalah adanya kreativitas dalam diri seseorang.atau lebih tegas lagi bisa dikatakan,bahwa cinta itu terletak pada aspek memberi dan bukan menerima

2. Cinta kasih dalam berbagai dimensi


            Secara longgar,kasih sayang bisa diartikan sebagai perasaan sayang,perasaan cinta,atau perasaan suka kepada seseorang .dari pengertian yang sangat sederhana tersebut,tampak bahwa kasih sayang paling tidak menuntut adanya dua pihak yang terlibat didalamnya,yaitu seseorang yang mencurahkan perasaan sayang,cinta atau suka,dan seseorang yang memperoleh curahan kasih sayang ,cinta dan suka itu sendiri.
            Pengalaman hidup sehari-hari memaksa kita untuk mengakui,bahwa bagaimanapun hidup kita akan memperoleh arti apabila telah bisa kita peroleh perhatian dari orang lain.sementara ini kita sudah mengetahui pula yang namanya perhatian itu pada dasarnya merupakan salah satu unsur dari cinta kasih. perhatian tersebut bisa datang dari orang tua,saudara,suami,istri,kawan,atau kelompok orang yang cakupanya lebih luas lagi.singkat nya,sebagai manusia normal kita kita sangat membutuhkan kehadiran orang lain dalam hidup kita.hidup kita akan terasa lebih indah,bahagia dan mengesankan apabila kita telah mampu memahami berbagai perhatian orang lain.hidup kita akan terasa lebih indah,bahagia dan mengesankan apabila kita telah mampu memahami berbagai perhatian orang lain.
 3. Kasih sayang
           
            Menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarmito,kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang,perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
            Ada berbagai macam bentuk kasih sayang,bentuk itu sesuai dengan kondisi penyayang dan disayangi.

Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan.kasih sayng ini merupakan pertumbuhan dari cinta .percintaan muda-mudi (pria-wanita) bila diakhiri dengan perkawinan maka didalam berumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta-cinta,melainkan sudah bersifat mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang .

Dalam kasih sayang ini sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab,pengorbanan, kejujuran, saling percaya,saling pengertian  dan saling terbuka,sehingga keduanya seakan-akan merupakan suatu kesatuan yang bulat dan utuh.namun apabila salah satu unsure diatas hilang,boleh jadi akan retaklah keutuhan rumah tangga tersebut.karena sudah banyak kasus membuktikan kebenaran semacam itu. Yang dapat merasakan kasih sayang bukan hanya suami atau isteri atau anak-anaknya yang telah dewasa,melainkan bayi yang masih merah pun telah dapat merasakan kasih sayang dari orang tua nya,terutama ibu nya.bayi yang masih merah telah dapat mengenal suara atau sentuhan tangan ayah dan ibunya.bagaimana sikap ibunya memegang/menggendong telah dikenalnya.hal ini ialah karena sang bayi mempunyai kepribadian terhadap ibu nya.
Semua itu sebenarnya wajar,karena tugas seorang ibu adalah menyusui anaknya dengan kasih sayang yang tulus.gambaran seorang ibu yang sedang menyusui anaknya dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kemesraan

            Kemesraaan berasal dari kata mesra,yang artinya perasaan simpati yang akrab.kemesraan ialah hubungan akrab baik antara pria-wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih yang telah mendalam.

Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan.kemesraan adalah perwujudan dari cinta.kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

5. Manusia dan cinta Kasih

            Hidup tanpa cinta itu kosong.cinta amat penting dalam kehidupan manusia.belumlah sempurna hidup seseorang itu jika dalam hidupnya tidak pernah dihampiri atau dihinggapi rasa cinta.karena hidup manusia di dunia ini tidak hanya seorang dirti,melainkan selalu melibatkan orang lain

Karena cinta itulah maka kehidupan ini ada.bukankah manusia berbuat sesuatu karena dorongan perasaan cinta tersebut.bukan hanya manusia,bahkan binatang-binatang pun sesungguhnya berbuat sesuatu karena dorongan perasaan cinta.hanya bedanya,manusia berbuat karena kesadaran dan akalnya,sedangkan binatang berbuat karena nalurinya.pada hakikatnya cintalah yang terdapat pada asal mula dari hidup,sekurang-kurangnya rasa cinta akan diri sendiri.









BAB III

PENUTUP


A. Kesimpulan

          Kasih sayang dialami oleh tiap manusia,karena kasih sayang merupakan bagian hidup manusia.sejak lahir anak telah mengenal kasih sayang,meskipun ada pula kelahiran anak itu tidak diharapkan,umumnya bukan lahir pada kasih sayang.sehingga,pada hakekatnya,manusia tidak bisa hidup tanpa cinta,karena manusia tidak bisa hidup sendiri,manusia membutuhkan kasih sayang,agar hidup lebih berarti.



B. Saran

Di dalam kehidupan ini,sekiranya kita bisa memahami,dan menguraikan ati dari masing-masing definisi cinta,kasih sayang dan makna dari pengertian tersebut,karena pada hakekatnya hidup ini bertujuan untuk menjalani arti cinta yang ruang lingkupnya sangat luas.




















DAFTAR PUSTAKA


Djoko Widagdho,dkk.Ilmu Budaya Dasar.bumi aksara:Jakarta.

          Erich fromm,seni Mencinta,sinar harapan,Jakarta:1983

Suyadi,”manusia dan cinta kasih”.dalam buku materi pokok ilmu budaya   
dasar,Universitas terbuka:1984/1985