Aquascape Moss

Aquascape moss merupakan jenis tanaman air yang bentuknya seperti lumut atau rumput pendek, biasanya digunakan untuk melapisi bebatuan, kayu, atau sebagai alas aquascape.

Selain aquascape jadi makin cantik, tanaman moss juga bisa membuat ikan semakin betah karena huniannya semakin mirip dengan habitat aslinya.

Tanaman moss sendiri memiliki banyak sekali jenis, ada yang mudah dirawat dan ada juga yang membutuhkan perawatan ekstra. Apa saja itu? ini dia ulasannya.

Jenis Tanaman Aquascape Moss!

1. Moss Pelia

Gambar Tanaman Moss Pelia Aquascape
facebook @ace story aquatic
Harga Rp 8.000 – Rp 12.000

Walaupun bentuknya tidak terlalu bagus dan mirip mie kwetiau, namun tanaman Moss Pelia merupakan tanaman air aquascape yang paling mudah untuk dirawat.

Selain tidak membutuhkan CO2 dan kebutuhan cahayanya minim, tanaman Moss Pelia juga tetap tumbuh subur walau suhu air tidak menentu.

2. Moss Peacock

Gambar Tanaman Aquascape Peacock Moss =
youtube.com
Harga Rp 8.000 – Rp 12.000

Selain Moss Pelia, tanaman Moss Peacock juga direkomendasikan untuk aquascaper pemula karena perawatannya yang sangat mudah dan gampang dijumpai di pasaran.

Bentuk tanaman Moss peacocok cenderung tidak beraturan, namun jika cabangnya mulai sudah rapat dan tumbuh subur maka hasilnya akan jauh lebih bagus.

3.  Moss Christmas

Gambar Tanaman Aquascape Christmas Moss
shrimpandshape.co.uk
Harga Rp 10.000 – Rp 15.000

Perlu diketahui Moss Christmas sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Mini Christmas (ukuran daun lebih mini) dan Moss Christmas yang biasa.

Seperti namanya, bentuk tanaman moss ini memang mirip sekali dengan pohon cemara atau pohon natal.

Tingkat pencahayaan yang dibutuhkan Moss Christmas masuk dalam kategori sedang. Kemudian tanaman ini masih bisa hidup walau tanpa alat injeksi CO2.

Umumnya Moss Christmas berukuran 3 cm hingga lebih dari 5 cm dan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedang.

4. Flame Moss

Gambar Tanaman Aquascape Flame Moss
aquasabi.com
Harga Rp 10.000 – Rp 16.000

Karena arah pertumbuhannya keatas dan menyerupai api, maka tanaman air ini diberi nama Flame Moss.

Tanaman Flame Moss  memiliki panjang 5 cm sampai 15 cm, sehingga cocok digunakan untuk dasar aquascape atau background aquascape.

Meskipun waktu pertumbuhannya lambat, Flame Moss cukup mudah untuk dirawat karena kebutuhan akan CO2 dan pencahayaannya yang rendah.

5. Singapore Moss

Gambar Tanaman Singapore Moss Aquascape
aquasabi.com
Harga Rp 20.000 – Rp 30.000

Dilihat dari namanya, tanaman aquascape moss yang satu ini memang berasal dari wilayah Singapura.

Tumbuh dengan cara merayap, Anda bisa menggunakan Singapore Moss untuk menghiasi kayu dan pohon aquascape.

Perawatan Singapore Moss masih terbilang mudah mengingat tingkat pencahayaan yang rendah. Akan tetapi, Anda harus memastikan temperatur air berada diantara 18 hingga 28 derajat celcius.

6. Spiky Moss

Gambar Tanaman Spiky Moss Aquascape
soshrimp.com
Harga Rp 15.000 – Rp 20.000

Mungkin nama Spiky Moss diambil dari nama gaya rambut ya, mengingat karakter tanaman yang tumbuh tidak beraturan namun tetap terlihat keren dan rapi.

Regenerasi daun pada tanaman Spiky Moss terbilang cepat, hal ini menyebabkan warna hijau pada daunnya terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan tanaman aquascape moss yang lain.

Spiky Moss memang bisa tumbuh dengan tingkat cahaya rendah dan tanpa CO2, namun apabila Anda tetap memberikan pencahayan yang terang hal itu bisa mempercepat pertumbuhannya.

7. Taiwan Moss

Gambar Tanaman Taiwan Moss Aquascape
aquasabi.com
Harga Rp 18.000

Taiwan moss merupakan tanaman air yang karakternya mirip dengan Spiky Moss, yaitu terlihat rapi meskipun rimbun serta tingkat pertumbuhannya yang cepat.

Yang membedakan adalah Taiwan Moss tumbuh secara horizontal alias menyamping, serta tekstur daun yang lebih halus.

Mengingat pertumbuhannya yang rimbun layaknya semak-semak, Taiwan Moss sangat cocok diaplikasikan pada batu, kayu, atau ditempatkan pada bagian belakang aquascape.

Untuk perawatan, tanaman Taiwan Moss tidak memerlukan CO2 tambahan dan mampu hidup dengan pencahayaan yang minim. Kemudian pastikan suhu air dibawah 30 derajat celcius ya.

8. Fissiden Moss

Gambar Tanaman Aquascape Fissiden Moss
homesweetplant.blogspot.com
Harga Rp 15.000 –  Rp 25.000

Bentuk Fissiden Moss sedikit berbeda dengan moss yang lain, dimana ia memiliki daun yang melengkung kebawah dan bentuknya runcing seperti ujung garpu.

Tanaman moss yang berwarna hijau gelap ini memiliki waktu pertumbuhan yang relatif lambat. Karena itu Anda harus memberikan cahaya yang terang agar Fissiden Moss dapat tumbuh dengan baik.

9. Stringy Moss

Gambar Tanaman Stringy Moss Aquascape
karidesdunyasi.net
Harga Rp 35.000

Sedang mencari moss yang pertumbuhannya ke atas? tanaman Stringy Moss adalah jawabannya.

Bentuk Stringy Moss panjang dan tipis seperti benang. Namun Anda harus cukup bersabar menunggu Stringy Moss rimbun, karena pertumbuhannya yang cenderung lambat.

10. Marimo Moss Ball

Gambar Tanaman Marimo Moss Ball Aquascape
aquaticarts.com
Harga Rp 15.000 – Rp 35.000

Marimo Moss Ball merupakan salah satu jenis alga yang bentuknya sangat unik seperti bola berwarna hijau.

Selain berfungsi sebagai hiasan aquascape, Marimo Moss Ball juga memiliiki manfaat lain lho. Seperti sebagai tempat bermain udang hias, penambah oksigen ketika terkena cahaya, serta menetralisisr racun dari sisa makanan ikan.

Untuk bisa hidup tanaman Marimo Moss Ball tidak boleh terkena sinar matahari langsung, gunakanlah lampu LED dengan tingkat keterangan rendah hingga sedang.

Kemudian pastikan suhu air berada diantara 18 – 28 derajat celcius. Jika tidak maka warnanya akan mulai menguning. Sedangkan untuk CO2, tanaman ini tidak terlalu membutuhkannya.

11. Riccia Moss

Gambar Tanaman Riccia Moss Aquascape
aquascapedecor.blogspot.com
Harga Rp 15.000 – Rp 20.000

Ricia Moss merupakan tanaman air yang sedikit sulit bagi pemula, karena dalam penanamannya  daun Riccia Moss gampang rapuh dan rontok.

Riccia Moss sendiri memiliki banyak oksigen didalamnya, hal ini menjadikan ia gampang sekali mengambang di air. Untuk itu Anda perlu mengaitkannya pada lempengan batu atau kayu menggunakan lem (bisa juga diikat dengan benang).

Selain gampang mengambang, tanaman Riccia Moss juga gampang sekali ‘mengembang’ ya. Karena itu Anda harus rajin memangkasnya, supaya bagian bawah tanaman Riccia Moss mendapatkan pencahayaan maksimal dan mampu mencengkram dengan kuat.

Dibanding tanaman aquascape moss yang lain, warna daun dari Riccia Moss terlihat lebih terang dan hijaunya lebih segar.

12. Pearl Moss

Gambar Tanaman Pearl Moss Aquascape
youtube.com
Harga Rp 60.000 – Rp 80.000

Sama dengan Riccia Moss, tanaman air Pearl Moss juga dihiasi oleh warna hijau muda yang menawan. Cahaya yang dibutuhkan Pearl Moss termasuk tinggi agar dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman ini dapat ditanamkan pada seluruh bagian aquarium, namun ia cenderung menyukai bagian air yang dialiri oleh arus.

13. Weeping Moss

Weeping Moss merupakan tanaman yang karakter pertumbuhannya menggantung. Jadi semakin ia tumbuh, maka daunnya akan semakin merosot kebawah.

Dengan karakter seperti itu, kami rasa tanaman Weeping Moss akan sangat cocok diaplikasikan pada sebuah kayu yang besar. Alhasil, tanaman ini seolah-olah akan menjadi “daun” dari kayu tersebut.

Mengingat pertumbuhannya yang cepat,  Anda harus rajin memangkas tanaman ini supaya tetap terlihat menarik dan rapi.

14. Riccardia Moss

Gambar Tanaman Riccardia Moss Aquascape
shopee.co.id
Harga Rp 10.000 – Rp 15.000

Apakah Anda menginginkan moss dengan daun yang pendek? Maka Riccardia Moss adalah jawabannya.

Selain pendek daun Riccardia Moss juga cenderung lebih tebal, memiliki tekstur yang kasar, serta berwarna hijau gelap.

Melihat karakternya daunnya yang seperti itu, kami rasa Riccardia Moss akan cocok jika dijadikan alas aquascape. Namun kreatifitas tentu tidak memiliki, Anda bisa juga kok untuk menempelkannya pada batu.

Riccardia Moss bisa hidup dengan baik walaupun tanpa CO2. Kemudian tanaman ini juga bisa hidup dalam segala tingkat pencahayaan, baik itu low, medium, atau high.

Pertumbuhan Riccardia Moss cenderung lambat, jadi Anda tidak perlu repot-repot memangkasnya.

15. Star Moss

Gambar Tanaman Star Moss Aquascape

Harga Rp 20.000

Dilihat dari penampilannya, kami rasa Star Moss masuk ke dalam moss yang unik dan keren. Bagaimana tidak? Bentuknya sangat berbeda dari yang lain, daunya menggambarkan seolah-olah dia adalah bintang.

Supaya pertumbuhannya maksimal dan cepat, suhu yang disarankan untuk tanaman Star Moss adalah 27 derajat celcius.

Cara Menanam Aquascape Moss

Gambar Cara Menanam Moss Aquascape
youtube @pojok aquatic

Mengingat moss tidak memiliki akar seperti tanaman pada umumnya, maka media yang permukaannya kasar seperti batu atau kayu akan sangat cocok digunaka untuk sebagai moss tumbuh.

Menggunakan Teknik Mengikat Moss pada Batu atau Kayu

Gambar Cara Mengikat Tanaman Moss pada Batu atau Kayu
youtube @pojok aquatic

Supaya moss dapat menempel pada batu atau kayu, Anda bisa menggunakan benang yang teksturnya tipis seperti benang jahit.

1. Pertama lilitkan benang jahit ke batu.

2. Jika sudah mendapatkan 3-4 lilitan, jangan dulu putuskan benang.

3. Basahi batu dan benang yang terlilit menggunakan semprotan air.

4. Setelah itu, Anda bisa menempelkan beberapa helai moss pada batu dan lanjutkan lilitan benang yang belum dipotong tadi.

5. Supaya moss tidak terlepas saat dimasukkan ke dalam air, pastikan Anda melilitnya dengan sedikit ditekan ya.

6. Terakhir, buatlah simpul mati untuk mengunci ikatan.

Cara mengikat diatas juga bisa Anda aplikasikan pada media kayu, kurang lebih langkahnya sama kok.

Menggunakan Teknik Tempel Moss pada Batu atau Kayu

Gambar Cara Menempel Tanaman Moss pada Batu atau Kayu
youtube @pojok aquatic

Lem yang digunakan untuk menempelkan moss adalah lem G atau lem Korea. Cara ini terbilang sering digunakan oleh aquascaper karena lebih mudah dan efisien.

1. Supaya lembab dan memudahkan penempelan, Anda bisa membasahi media batu terlebih dahulu menggunakan semprotan.

2. Sembari menunggu batu sedikit kering, potong kecil-kecil moss yang ingin Anda tempelkan (sesuaikan selera).

3. Selanjutnya, tuangkan lem sedikit demi sedikit pada batu, pastikan lemnya merata ya.

4. Jika sudah, segera tempelkan moss yang sudah dipotong ke batu tersebut.

Seperti teknik sebelumnya, teknik menempel ini juga bisa digunakan untuk media kayu.

Mungkin ada yang bertanya, apakah metode lem aman untuk moss? Jawabannya adalah aman!

Sejatinya moss merupakan tanaman spora yang berkembang biak menggunakan sel jaringan. Jadi ia akan tetap hidup walaupun dilem ataupun dipotong-potong.

Kesimpulan

Pada dasarnya semua tanaman itu membutuhkan CO2 untuk hidup, hanya tingkat kebutuhannya saja yang berbeda.

Untungnya, moss adalah jenis tanaman yang kebutuhan CO2nya rendah atau low. Sehingga ia tidak begitu mebutuhkan alat tambahan CO2 injector.

Supaya aquascape moss dapat tumbuh maksimal tanpa CO2, pastikan air memiliki suhu dingin sekitar 24-28 derajat celcius, pelihara udang hias, pelihara banyak keong tanduk, dan berikan pencahayaan 7-8 jam per hari.

Untuk mendapatkan moss Anda bisa mengunjungi toko aquascape terdekat, atau membelinya secara online. Pada umumnya tanaman moss dijual per lempeng atau per cup.

Baca Juga : Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Oke mungkin hanya itu bahasan mengenai tanaman moss aquascape yang bisa kami berikan. Jadi, Anda akan menggunakan tanaman moss yang mana nih? Selamat mencoba ya!

Tinggalkan komentar