Batu Aquascape

Berbicara mengenai aquascape, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah hardscape bukan? Ya, hardscape merupakan material dekorasi aquascape yang berbahan keras, material tersebut diantaranya adalah kayu dan batu aquascape.

Batu memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai proses pembentukan dan corak. Untuk aquascape sendiri, batu yang paling cocok digunakan adalah batu yang tidak mengubah paramter air dan pastinya memiliki motif yang menarik.

Cara Memilih Batu yang Aman untuk AquascapeCara Memilih Batu yang Aman

1. Tidak mengandung Kalsium Karbonat

Kalsium karbonat merupakan senyawa yang mampu mengubah paramter air, sehingga batu yang mengangandung kabronat tidak direkomendasikan untuk aquascape.

Untuk mengeceknya Anda bisa meneteskan cairan HCL, aki, atau cuka yang kuat. Jiak batu tersebut berekasi mengeluarkan buih maka jangan gunakan batu tersebut.

Jenis batu yang mengandung karbonat yaitu batuan gamping atau kapur.

2. Tidak ada kandungan Mineral Logam Berat

Kandungan ini memiliki kadar racun yang membahayakan untuk ikan dan tanaman aquascape.

Biasanya batu yang mengandung mineral logam berat bobotnya akan jauh lebih berat dibandingkan batu dengan ukuran yang sama.

Selain itu, batuan tersebut akan memiliki butiran warna yang cerah seperti emas, atau hijau stabilo.

3. Pilih Batu yang Keras

Tingkat kekerasan batu patut untuk diperhatikan, karena jika batu pecah didalam air maka  paramternya berubah. Jadi, semakin keras batu maka akan semakin aman untuk aquascape ya.

Jenis Batu Aquascape yang Cantik dan Sudah Pasti Aman!

1. Batu Besi

Gambar Batu Besi Aquascape
facebook @Batu Aquascape Indonesia
Harga Rp 15.000 – Rp 25.000 per Kg

Batu ini dinamakan batu Besi karena bobotnya yang cukup berat dan warnanya yang silver menyerupai besi.

Batu Besi memiliki serat bergaris-garis, biasanya digunakan oleh scaper untuk membuat desain aquscape forest atau hutan.

2. Batu Lava

Gambar Batu Lava Aquascape
skladkamienia.eu
Harga Rp 8.000 – Rp 10.000 per Kg

Dikalangan aquascaper batu Lava dikenal sebagai batu yang cukup populer untuk pemula. Batu lava memiliki bobot yang ringan dan harganya murah.

Bentuk batu Lava diselimuti oleh lubang-lubang kecil, sehingga jika dilihat sekilas batu lava mirip sekali dengan rumah rayap.

Dengan bentuk yang seperti itu, permukaan batu Lava akan sangat cocok digunakan untuk cengkraman akar tanaman aquascape jenis anubias.

Batu Lava terdiri dari berbagai warna seperti coklat kemerahan, hitam, dan ada juga yang warnanya sedikit keputihan.

3. Batu Eragon

Gambar Batu Eragon Aquascape
facebook @Batu Aquascape Indonesia
Harga Rp 20.000 – Rp 35.000 per Kg

Batu Eragon memiliki harga yang sedikit mahal dibandingkan batu aquascape yang lain, hal itu wajar saja mengingat bentuknya yang unik menyerupai karang.

Pada umumnya batu eragon sering digunakan untuk membuat style aquascape yang megah seperti perbukitan. Warna batu Eragon ada yang coklat keputihan dan ada juga yang coklat gelap kemerahan.

4. Batu Dragon

Gambar Batu Dragon Aquascape
aquascapeideas.blogspot.com
Harga Rp 40.000 per Kg

Dilihat dari segi warna dan bentuk, batu Dragon terlihat mirip seperti batu Eragon. Namun jika melihat lebih detail, batu Dragon memiliki lekukan yang lebih lebar dan bobot yang lebih berat.

5. Batu Serpentin

Gambar Batu Serpentine Aquascape
tokopedia.com
Harga Rp 15.0000 – Rp 20.000 per Kg

Walaupun terlihat seperti batu kali, tapi batu serpentin memiliki bentuk serat seperti kaca. Biasanya batu Serpentin dengan ukuran yang lumayan sering digunakan untuk membentuk style iwagumi.

Batu Serpentin umumnya memiliki warna keabuan, namun ada juga jenis batu serpentin yang berwarna hitam gelap.

6. Batu Fosil

Gambar Batu Fosil Aquascape
aquascapeindo.wordpress.com
Harga Rp 10.000 per Kg

Seperti namanya, batu ini merupakan fosil dari kayu tanaman yang telah terkubur didalam tanah selama beratus-ratus tahun.

Guratan pada batu Fosil terlihat lurus dan  rapi, namun kesan alami khas kayunya masih terasa.

Sebenarnya batu Fosil bisa diaplikasikan secara vertikal dan horizontal, namun kebanyakan aquascaper memilih meletakkan batu ini menghadap lurus keatas.

Selain digunakan untuk aquascape, batu Fosil yang bobotnya berat ini juga sering digunakan untuk hiasan interorir dan dekorasi yang lain.

7. Batu Pasir

Gambar Batu Pasir Aquascape
tokopedia.com
Harga Rp 10.000 per Kg

Batu pasir memiliki struktur yang padat sehingga cenderung berat. Garis lekukan pada batu pasir terlihat memanjang dan dihiasi oleh warna coklat yang cerah.

8. Batu Erangga

Gambar Batu Erangga Aquascape
tokopedia.com
Harga Rp 7.000 – Rp 12.000 per Kg

Batu Erangga juga memiliki bobot yang cukup berat seperti batu Pasir. Lekukan pada batu Erangga tidak terlalu menjorok, namun ia terkesan kokoh dengan warna silver yang dihiasi oleh guratan putih.

Batu Erangga cocok digunakan untuk membuat tema aquascape pegunungan atau iwagumi.

9. Batu Seiryu

Gambar Batu Seiryu Aquascape
aquascape-fad72.web.app
Harga Diatas Rp 50.000 per Kg

Batu Seiryu merupakan batu aquascape yang namanya dikenal diseluruh dunia. Batu Seiryu memiliki tekstur yang alami, tajam, dan terlihat sangat gagah untuk aquascape, apalagi didukung oleh warna keabuannya.

Karena itu harga batu Seiryu juga menjadi mahal, dan cukup susah untuk mendapatkan batu Seiryu yang asli di Indonesia, alhasil Anda harus mengimportnya dari luar.

10. Batu Kali

Gambar Batu Kali Aquascape
youtube @
Nurwanda Fitriyani
Gratis

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba aquascape, menghiasnya dengan batu Kali merupakan pilihan yang tidak salah.

Untuk mendapatkan batu Kali tentu Anda tidak perlu mengeluarkan uang, pilihlah batu Kali yang sesuai dengan konsep desain aquascape Anda. Asalkan penatan dan temanya bagus, pasti hasilnya juga akan memuaskan kok.

Tips Menyusun Batu AquascapeTips Menyusun Batu Aquascape

Karena hampir semua style aquascape menggunakan batu sebagai media pendukungnya, maka untuk mendapatkan hasil yang natural dan estetik, penyusunan batuan ini harus benar-benar diperhatiakn ya.

1. Gunakan Satu Jenis Batu

Memang batuan aquascape itu beragam dan semuanya terlihat menarik, namun Anda tidak bisa menyatukan dua jenis batu dalam satu style aquascape.

Selain kurang enak untuk dipandang, pada alam aslinya bebatuan juga jarang sekali tercampur dalam satu area yang sama.

2. Selaraskan Tekstur dan Posisi Batu

Supaya penampilan semakin ciamik, pilihlah batu dengan tekstur yang selaras. Apabila guratan pada batu mengarah keatas, maka satukanlah dengan batu yang memiliki arah guratan keatas juga.

Hal tersebut juga berlaku pada posisi batu. tentukan apakah batu akan ditempatkan secara horizontal atau vertikal.

3. Gunakan Lem untuk Menyatukan Batu

Supaya Anda tidak kesulitan dalam menggabungkan batu yang satu dengan yang lain, penggunaan lem korea akan sangat membantu.

Sebagai media penghubung antar batu yang akan ditempel, gunakanlah busa filter puntung rokok atau kapas agar batu mampu saling merekat.

Anda tidak perlu khawatir, karena penggunaan lem ini sudah terbukti aman. Langsung saja gunakan lem dalam jumlah banyak agar natinya batu tidak terlepas di dalam air.

Baca Juga : Kayu Aquascape

Jadi, bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mendesain aquascape dengan batu bukan? Segeralah pilih batu yang disukai dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar