Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2

Salah satu kendala yang muncul dalam pembuatan aquascape, khususnya bagi kalangan menengah ke bawah adalah alat khusus untuk memenuhi kebutuhan CO2 dalam akuarium. Namun, sekarang Anda bisa membuat aquascape tanpa biaya yang besar dengan cara membuat aquascape tanpa CO2.

Walaupun tergolong murah, namun tentu ada kekurangan dan kelebihannya, salah satunya dalam hal perawatan yang harus lebih rajin dan teliti.

Pemilik aquascape tanpa CO2 juga dituntut untuk rajin melakukan pengecekan terhadap kondisi air agar kandungan CO2 alami di dalamnya bisa tetap terpenuhi untuk kelangsungan hidup tanaman dan ikan.

Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan di rumah dalam membuat aquascape sederhana tanpa menggunakan CO2.

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Gambar PH meter
blibli.com

Sama dengan proses membuat aquascape pada umumnya, persiapan alat dan bahan juga harus dilakukan sejak pertama kali membuatnya walaupun tanpa menggunakan CO2. Namun, peralatan dan beberapa bahan yang digunakan tentu sedikit berbeda dengan yang biasanya, yaitu :

  • Akuarium
  • Pasir
  • Pupuk
  • Vitamin tumbuhan
  • Batu dan karang hias.
  • Tanaman air

Peralatan tambahan lainnya yang tidak wajib, namun perlu dimiliki dalam membuat aquascape tanpa CO2 adalah PH Meter dan PAR Meter.

Dua alat ini sangat penting untuk membantu memelihara ketahanan ikan dalam waktu yang lama karena tidak menggunakan diffuser CO2. Jika tidak memiliki dana lebih untuk membelinya, bisa diganti dengan aplikasi android yang memiliki fungsi sama.

2. Menentukan Desain yang Diinginkan

Gambar Iqagumi Style Aquascape
aquascape-design.blogspot.com

Setelah semua peralatan dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memilih desain gaya yang diinginkan. Selain itu, persiapkan tata letak yang ingin diaplikasikan sesuai gaya dan ukuran akuarium. Dalam pembuatan aquascape, ada beberapa gaya desain yang bisa diterapkan yaitu:

  • Iwagumi Style, yang memaksimalkan penggunaan bebatuan berbentuk lembah dan pegunungan.
  • Dutch Style, menggunakan tanaman yang mendominasi hiasan.
  • Jungle Style, menirukan keadaan hutan.
  • Walstad Style, menggunakan sinar matahari langsung sebagai pencahayaan.
  • Taiwanese Style, memanfaatkan benda miniatur sebagai hiasan.

3. Memilih Akuarium yang Lebih Gelap dan Kecil

Gambar Aquarium Mini
usahakupeluang.blogspot.com

Langkah ketiga adalah dengan memilih jenis akuarium yang sesuai dengan konsep dan komponennya. Karena tidak menggunakan bantuan diffuser CO2, maka perawatan akuarium harus lebih sering dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan akuarium berukuran sedang hingga kecil.

Dengan demikian, proses proses perawatan rutin bisa lebih mudah dilakukan, seperti pergantian air berkala atau membersihkan bagian tertentu di dalamnya.

Selain itu, gunakan pula akuarium dengan warna putih yang agak gelap untuk mengurangi pancaran cahaya yang memicu proses fotosintesis, sehingga tanaman membutuhkan lebih banyak CO2.

4. Menyiapkan Pasir

Gambar Pasir Silika
nazava.com

Setelah akuarium dipilih sesuai dengan kebutuhan perawatan, selanjutnya masuk ke tahap kerja awal, yakni menaburkan pasir pada bagian dasar akuarium. Walaupun semua fungsi pasir sama, namun untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, pilihlah pasir yang tidak banyak mengandung merkuri.

Minimnya merkuri pada pasir akan lebih aman untuk menjaga pertumbuhan tanaman air  yang lebih sehat. Selain itu, sebisa mungkin untuk menggunakan jenis pasir silika, karena mudah dalam mengaplikasikannya dan lebih kuat menunjang akar tanaman.

5. Mencampur dengan Vitamin dan Pupuk

Gambar Pupuk Aquascape Cair
aquajaya.com

Agar tidak merusak dekorasi yang sudah dibuat, aplikasikan pupuk tepat di tengah bagian pasir yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk mengurangi pasir di bagian tengah agar bentuknya lebih cekung ke dalam. Sementara bagian luar diisi pasir dengan jumlah yang lebih besar dan tinggi dari bagian tengahnya.

Sebagai tahap awal, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk bubuk yang bisa disebarkan merata di dalam pasir. Namun, untuk tahap perawatan, gunakanlah pupuk cair secara rutin untuk menunjang pertumbuhan tanaman dan kehidupan ikan. Pupuk cair biasanya mengandung lebih banyak kandungan CO2, sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan fotosintesis pada tanaman air.

6. Memasang Bebatuan yang Diinginkan

Gambar Batu Aquascape
review.bukalapak.com

Setelah memenuhi bagian dasar ruangan dengan pasir dan pupuk, selanjutnya susunlah bebatuan di atasnya dengan konsep yang sesuai keinginan. Jika menggunakan gaya Iwagumi Style, maka perbanyak memenuhi ruangan dengan bebatuan besar dan bentuk menjadi pegunungan yang menarik.

Sementara itu, jika menggunakan gaya Taiwanese Style, sebisa mungkin untuk meminimalisir penggunaan  batu besar, karena dikhawatirkan memenuhi memenuhi ruangan. Padahal, benda utama yang menjadi ikon aquascape jenis ini adalah benda unik yang bisa didesain menjadi miniatur kota di bawah air.

7. Memilih Tanaman yang Membutuhkan Sedikit CO2

Gambar Tanaman Aquascape Tanpa Co2 Amazon Sword
fishkeepingworld.com

Langkah yang paling menonjol dan membedakan cara membuat aquascape tanpa CO2 dengan menggunakan CO2 adalah memilih jenis tanaman yang akan menjadi hiasan. Anda tidak boleh sekadar memilih tanaman air yang diinginkan jika tidak menggunakan diffuser CO2.

Hal ini disebabkan karena tidak semua tanaman hias bisa hidup dengan menggunakan sedikit CO2 akibat proses fotosintesis setiap tanaman berbeda-beda. Semakin sering proses ini terjadi, maka semakin tinggi kebutuhan CO2 pada tanaman. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dipelihara tanpa menggunakan CO2:

  • Amazon Sword.
  • Java Moss.
  • Singapore Moss.
  • Java Fern.
  • Eleocharis Parvula.
  • Peacock Moss.
  • Christmas Moss.

8. Melengkapi dengan Hiasan

Gambar Hiasan Aquascape
bukalapak.com

Selain pasir, tanaman, dan bebatuan, tahap selanjutnya adalah proses menambahkan hiasan lainnya dalam ruangan. Jika akuarium yang digunakan cukup besar, proses pemberian hiasan ini bisa dilakukan, demikian sebaliknya.

Beberapa hiasan yang bisa dimanfaatkan bisa berupa karang unik, kayu santigi , ataupun benda kuno yang menunjang nuansa klasik dalam kehidupan bawah air.

9. Tuangkan Air dan Perhatikan Kondisi Suhunya

Gambar Penuangan Air Aquascape
bsd.city

Setelah hiasan tertata rapi sesuai konsep, barulah pengisian air bisa dilakukan, tentunya setelah melalui proses penyaringan. Proses menuangkan air bisa dilakukan dua kali, pertama untuk sterilisasi ruangan, demi membuang dan membersihkan zat berbahaya yang ada pada akuarium baru, ataupun hiasan di dalamnya.

Sementara tahap kedua adalah mengisi air sepenuhnya dalam ruangan dengan memastikan bahwa suhunya sudah stabil. Karena tidak menggunakan CO2, maka kualitas air di dalamnya harus tetap stabil.

Di sinilah peran besar alat PH meter sebagai salah satu media pengecekan ph air yang akurat. Di mana air dalam aquascape harus memiliki PH 5,5 hingga 7,5.

10. Memilih Jenis Ikan yang Lebih Kuat

Gambar Ikan Molly
hewany.com

Selain tanaman, ada beberapa jenis ikan yang bisa bertahan lama dalam air yang tidak mengandung CO2 tinggi. Berikut adalah ikan hias air tawar yang bisa digunakan untuk hiasan aquascape tanpa CO2 :

  • Ikan Lele hias.
  • Ikan Guppy.
  • Ikan Koki.
  • Ikan Molly.
  • Ikan Cupang.
  • Ikan Sapu.
  • Ikan Bala-bala

11. Menguras dan Mengganti Air Secara Rutin

Walaupun tidak masuk dalam tahap awal pembuatan aquascape tanpa CO2, namun, tahap ini sangat penting untuk diketahui pemula sejak awal. Proses mengganti air dalam aquascape harus dilakukan lebih sering dari biasanya.

Selain untuk menjaga kebersihannya, mengganti air lama dengan air baru dari luar juga bisa memberi asupan CO2 baru. Hal ini disebabkan karena air yang diambil dari luar ruangan memiliki potensi mengandung banyak CO2 baru alami dari udara di lingkungan.

Walaupun bisa menghemat biaya listrik tanpa pembelian alat khusus, namun cara membuat aquascape tanpa CO2 lebih rumit dalam hal perawatan.

Baca Juga : Ikan Pemakan Lumut

Jika terlambat mengecek kondisi air dan cahaya, maka akan banyak tanaman gangga yang mengotori akuarium. Selain itu, tanaman juga mudah mati yang mengakibatkan ikan kekurangan oksigen.

Tinggalkan komentar