Cara Membuat Aquascape

Tampilan akuarium yang terlalu monoton terkadang membuat pemiliknya mudah bosan. Oleh sebab itu, muncullah variasi akuarium dengan seni dekorasi aquascape, yang menggunakan konsep alam sesuai tempat tinggal ikan di dasar laut. Namun, tidak semua orang mengetahui cara membuat aquascape dengan benar, sehingga sering kali gagal di tengah proses pembuatannya.

Membuat aquascape bisa dilakukan dengan merenovasi akuarium lama, atau membeli baru bagi yang belum memiliki sebelumnya. Proses pembuatan dengan akuarium baru justru lebih mudah, karena bisa dilakukan dari awal sejak memilih ukuran akuarium sesuai gaya dekorasi.

Ini Dia Cara Membuat Aquascape yang Benar

Walaupun terlihat sulit, namun jika dilakukan dengan teliti, maka langkah membuat aquascape sebenarnya sangat mudah selama ada alat dan bahannya. Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda praktekkan di rumah.

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Gambar Tank Aquarium
ebay.com

Untuk mempermudah proses kerja dan pembuatan aquascape, maka langkah pertama yang wajib dilakukan adalah dengan mempersiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan. Semua peralatan dan bahan bisa dipilih sesuai hasil dekorasi dan tema yang ingin diciptakan, beberapa alat tersebut meliputi :

  • Akuarium dengan ukuran sesuai kebutuhan.
  • Tanaman air.
  • Lampu penerangan.
  • Filter
  • Diffuser CO2
  • Pupuk dan vitamin tanaman.
  • Pasir

Selain peralatan tersebut, yang menjadi modal utama agar hasil aquascape lebih menarik adalah dengan memiliki keterampilan dan seni hias yang bagus, Semakin tinggi nilai seni yang dimiliki, maka semakin bagus pula hasil yang akan diperoleh.

2. Pilih Jenis Ikan yang Akan DipeliharaGambar Harga Ikan Discus2

Pemilihan ikan tidak boleh asal memilih, karena jika hanya menggunakan nilai keindahannya saja, maka belum tentu ikan yang menarik tersebut bisa hidup lama dalam air tawar yang terbatas.

Oleh sebab itu, pertimbangkan pula ketahanannya terhadap air tawar serta sebisa mungkin untuk memilih jenis ikan yang suka berenang dengan bergerombol agar lebih menarik.

Berikut adalah beberapa jenis ikan yang bisa digunakan sebagai hiasan dalam aquascape :

  • Ikan Molly dengan segala variasi warnanya.
  • Ikan Discus dengan warna eksotis.
  • Neon Tetra
  • Chili Rasbora
  • Corydoras Panda
  • Harlequin Rasbora.
  • Tiger Barb
  • Boesemani Rainbwfish
  • Cardinal Tetra
  • Ikan Guppy
  • Dwarf Gourami
  • Serta berbagai ikan hias tawar lainnya.

3. Menentukan Gaya Dekorasi dan Tata Letak

Pemilihan gaya dekorasi harus ditentukan sejak awal, bahkan jauh hari saat merencanakan pembuatan aquascape. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan ruangan dengan tampilan aquascape.

Selain itu, penentuan dekorasi tentu akan mempermudah proses pembuatannya, terutama saat memasuki tahap menghias tanaman, dan  bebatuan.

Selain menentukan gaya, akan lebih mudah jika sekaligus menentukan tata letak menggunakan beberapa konsep yang ada di alam. Misalnya, untuk gaya natural, ada tiga tata letak yang bisa digunakan, yakni segitiga, cekung, dan cembung.

4. Lakukan Dekorasi Pada Bagian Dasar Akuarium

Gambar Pasir Aquarium
amoskeagfishways.org

Dekorasi dasar wajib dilakukan pertama kali, karena menjadi tempat berpijaknya tanaman dan bebatuan yang ingin dihias. Sesuai dengan kondisinya dalam dunia nyata, dekorasi dasar terdiri dari pasir sebagai penunjang akar.

Pilihlah jenis pasir yang mengandung banyak silika agar lebih mudah mudah untuk diaplikasikan, Ketinggian pasir dengan ukuran standar bisa mencapai 2 hingga 4 cm.

Dalam mengaplikasikannya, pada bagian tengah pasir usahakan lebih rendah dari bagian pinggirnya sebagai tempat pupuk agar tonjolan atau gundukan tidak terlihat dari luar.

Agar lebih sehat dan aman, Anda bisa menambahkan vitamin tumbuhan lainnya, serta karbon. Hal ini untuk membuat air lebih sehat, karena karbon yang aktif, sangat efektif dalam menyerap segala zat racun ataupun zat berbahaya yang ada pada air.

5. Pemberian Pupuk

Gambar Pupuk Aquarium
amoskeagfishways.org

Sama dengan menanam tanaman di halaman, tumbuhan air yang difungsikan sebagai hiasan juga harus diberikan pupuk agar senantiasa tumbuh sehat serta tidak mudah mati.

Pilihlah jenis pupuk yang dikhususkan untuk tumbuhan air baik dalam bentuk cair, tancap, ataupun pupuk tabur. Namun, untuk bagian dasar pembuatan aquascape, gunakan pupuk tabur dasar.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan menaburkan pupuk tersebut pada bagian tengah pasir yang posisinya lebih rendah tadi, lalu tutup kembali. Posisi ini akan membantu mengurangi adanya gundukan hasil penanaman pupuk, sehingga tidak akan mencolok dan merusak pemandangan.

6. Menata Hiasan Dasar Berupa Bebatuan

Gambar Bebatuan Aquarium
reefbum.com

Proses ini  terbilang cukup sulit, karena menjadi penentu tampilan aquascape secara keseluruhan. Salah meletakkan batu, akan mempersulit penataan posisi tanaman dan membuat ruangan terlihat penuh. Di sinilah pentingnya menentukan gaya dekorasi dan tata letak sejak awal pembuatan..

Bebatuan yang digunakan terdiri dari 2 jenis, yakni bebatuan besar,  dan halus. Jika ruangan akuarium terbatas, sebaiknya menggunakan sedikit bebatuan besar, dan memperbanyak dengan tanaman. Sementara bebatuan halus bisa ditaburkan pada permukaan dasar pasir  sehingga menyerupai dasar laut.

7. Mengisi dengan Air Seperempat Bagian

Tahap ini harus dilakukan perlahan dan hati-hati, karena dekorasi dan peletakan hiasan belum sepenuhnya diaplikasikan. Jika tidak berhati-hati, akibatnya bisa merusak tata letak dasar, sehingga harus mengulang dari awal.

Proses pemberian air ini dilakukan untuk mempermudah penanaman tanaman hias yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

8. Menanami Tanaman Air yang Diinginkan

Gambar Tanaman Air Aquascape
aquascapeideas.blogspot.com

Cara membuat aquascape yang terbilang cukup sulit dan termasuk tahapan inti adalah saat menanami tanaman air yang diinginkan. Hal ini disebabkan karena pada proses ini Anda tidak hanya dituntut untuk bisa menanam dengan benar, namun sekaligus memperhatikan posisi tanaman agar menghasilkan dekorasi yang indah.

Karena akuarium memiliki ukuran terbatas, maka menanam tumbuhan membutuhkan alat yang berukuran lebih kecil dari jari, agar bisa menyusunnya dengan detail hingga di bagian tersempit. Jika menanam langsung dengan tangan, maka bisa berpotensi merusak dekorasi lainnya karena mudah tersenggol.

9. Proses Pengisian Air

Setelah semua tumbuhan ditanam dan disusun sesuai konsep yang diinginkan, barulah air bisa dituangkan seluruhnya dalam wadah. Namun dalam proses pengisian air, pastikan sudah melalui tahap penyaringan, selain itu, sisakan sedikit ruang pada bagian atas sekitar 5 cm.

10. Masukkan Alat Diffuser CO2, Lampu, dan Filter

Gambar Diffuser CO2
amazon.in

Menginjak tahap terakhir, masukkan alat penunjang kehidupan ikan seperti diffuser CO2,  penyaringan, hingga lampu penerangan. Peralatan ini bisa diletakkan pada bagian atas yang sudah disisakan 5 cm tadi.

11. Buang Kembali Air 70 %

Setelah semua alat terpasang, buang kembali air yang sudah dimasukkan tadi sekitar 70 % dari jumlah air keseluruhan. Proses ini berfungsi sebagai tahap mencuci seluruh komponen yang ada dalam akuarium, untuk mengantisipasi kandungan racun atau zat berbahaya yang mungkin melekat pada akuarium atau hiasan lainnya. Setelah itu, barulah diisi air kembali seperti semula.

12. Lepaskan Ikan Hias dalam Aquascape

Langkah terakhir adalah dengan melepaskan ikan hias yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk rajin membersihkan dan merawat aquascape agar ikan bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2

Beberapa cara membuat aquascape di atas sangat bergantung dengan kesenian dan keterampilan masing-masing individu. Semakin baik imajinasi Anda dalam membuat gaya dekorasinya, maka tampilan aquascape akan lebih maksimal.

Selain itu, pastikan semua peralatan telah tersedia sebelumnya untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatannya.

Tinggalkan komentar