Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Info mengenai cara merawat burayak ikan cupang agar tidak mati tentu sangat diperlukan oleh petani, terutama petani ikan cupang yang masih awam.

Seperti yang kita ketahui, merawat burayak memang gampang-gampang susah. Namun jika Anda bisa memaksimalkan cara yang tepat, angka harapan hidup burayak ikan cupang tentu akan lebih tinggi hingga bisa panen melimpah.

Lantas apa saja si langkah yang harus dilakukan dalam merawat burayak ikan cupang? Ini dia ulasannya.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Usia 1 Hari

Burayak Ikan Cupang Usia 1 Hari
Youtube Channel : Breejay

Dalam kasus ini, 1 hari yang dimaksud adalah hari pertama telur ikan cupang menetas. Saat telur menetas hal Anda bisa langsung memisahkan indukan betina dari soliter, dan membiarkan indukan jantan untuk menjaga burayak yang baru menetas tersebut.

Jika indukan jantan terlihat memakan burayak yang terjatuh, sebenarnya dia tidak memakan burayak tersebut kok. Justru sebaliknya, ikan jantan sedang mengamankan burayak untuk dipindahkan ke tempat yang aman didekat gelembung.

Burayak usia 1 hari tidak perlu diberi makan, karena ia masih memiliki persediaan makanan berupa kantong protein dibawah perutnya.

Jadi yang perlu Anda lakukan dihari pertama adalah cukup mengawasi dari ancaman luar saja, pastikan soliter aman dan Anda tidak membuat gerakan mendadak pada soliter. Dikhawatiran jika soliter terguncang, maka indukan jantan bisa stress dan memakan burayak.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Usia 2 Hari

Burayak Ikan Cupang Usia 2 Hari
Youtube Channel : Breejay

Memasuki hari ke 2, Anda juga tidak perlu memberi makan burayak. Karena perut ikan burayak masih menyimpan cadangan makanan berupa protein.

Justru yang perlu diberi makan adalah indukan jantan, Anda bisa memberinya 5 ekor jentik nyamuk untuk sekali makan. Jangan terlalu sering, cukup pagi dan sore harinya saja.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Usia 3 Hari

Burayak Ikan Cupang Usia 3 Hari
Youtube Channel : Breejay

Pada hari ke 3 kantong protein yang berfungsi sebagai cadangan makanan terlihat sudah mengempis, sehingga ini adalah hari terahir berayak tidak diberi makan.

Kemudian burayak terlihat mulai bisa berenang (meskipun belum lancar), burayak juga sudah tidak lagi berada dibawah gelembung buih, mereka sudah mulai menyebar ke berbagai sisi soliter.

Maka dari itu, pada hari ke 3 ini Anda harus mempersiapkan wadah pembesaran.

Wadah Pembesaran Burayak Ikan Cupang
Youtube Channel : Breejay
Wadah pembesaran harus disiapkan sekarang guna mengendapkan air semalaman, sehingga PH air akan menjadi normal.

Anda bisa menggunakan styrofoam box yang besar untuk dijadikan wadah pembesaran, selain itu Anda bisa juga menggunakan bahan akrilik ataupun kaca.

Isi air pada wadah pembesaran sekitar 1/4 saja, pengisian air yang tidak terlalu tinggi ini bermanfaat untuk memudahkan burayak untuk belajar makan.

Setelah wadah terisi air, Anda bisa langsung memberikan kutu air yang telah disaring terlebih dahulu (gunakan saringan halus).

Gambar Kutu Air untuk burayak Ikan Cupang
Youtube Channel : Breejay

Berikan kutu air secukupnya saja ya, jika burayaknya tidak terlalu banyak maka 1 sendok makan sudah cukup.

Kutu air langsung dimasukkan ke wadah pembesaran guna memperlambat pergerakannya. Sehingga pada keesokan harinya, burayak ikan cupang bisa dengan mudah memakannya.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Usia 4 Hari

Gambar Kutu Air untuk burayak Ikan Cupang
Youtube Channel : Breejay

Karena burayak sudah mahir berenang, maka Anda bisa mengangkat indukan jantan. Cukup gunakan tangan untuk mengambil indukan tersebut, karena jika menggunakan serokan dikhawatirkan burayak ikut terbawa. Lakukan dengan sangat hati-hati ya.

Setelah itu, letakkan soliter yang berisi burayak diwadah pembesaran (lihat gambar untuk lebih jelasnya).

Letakkan soliter selama 1 jam, hal ini bertujuan untuk menyamakan temperatur air sehingga burayak tidak stress.

Jika sudah 1 jam, Anda bisa menuangkan burayak ikan cupang ke dalam wadah pembesaran secara perlahan.

Cara Merawat Burayak Usia Minggu – Bulan

Gambar Burayak Ikan Cupang Mingguan Hinggan Bulanan
Youtube Channel : Amazing Cupang

Selepas burayak ikan cupang diletakan diwadah yang lebih besar, maka langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu memberi makan.

Kutu air adalah makanan wajib bagi burayak jika ingin cepat besar. Tidak ada porsi yang tetap dalam pemberian kutu air ini, cukup dilihat saja apabila kutu air sudah mulai habis maka Anda bisa menambahkannya lagi.

Apakah ada pakan alterinatif untuk burayak ikan cupang? Tentu ada, namun khasiatnya tidak semanjur kutu air, Anda bisa menggunakan kuning telur atau artemia sebagai makanan pengganti.

Pastikan dalam pemberian pakan burayak ikan cupang harus disaring terlebih dahulu supaya terhindar dari bakteri, bila perlu beri obat biru agar bakteri yang tersisa bisa mati.

Baca Juga : Penyakit Ikan Cupang

Nah, mungkin hanya itu pembahasan mengenai cara merawat burayak ikan cupang yang bisa kami berikan. Apabila ada yang ditanyakan atau ingin ditambahkan, silakan berkomentar ya.

Tetap semangat untuk breeder ikan cupang! sekian dan terimakasih..


Referensi : Youtube Chanel Breejay

Tinggalkan komentar