Harga Ikan Arwana

Daftar Jenis dan Harga Ikan Arwana

Berbicara tentang ikan hias air tawar berharga tinggi, tentu tidak dapat terlepas dari ikan arwana. Ikan yang juga dikenal dengan sebutan ikan naga ini memiliki jenis yang beragam dan harga yang cukup tinggi. Harga ikan arwana tergolong tinggi jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar lainnya karena warna ikan arwana yang cerah, unik, dan pemeliharaannya yang cukup sulit.

Perbedaan harga arwana diakibatkan karena jenis, ukuran, dan kondisi fisik ikan. Semakin besar, semakin langka, dan semakin mencolok warna ikan arwana, maka harga ikan tersebut akan semakin tinggi. Ikan yang berhasil memenangi beberapa kompetisi juga memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan arwana lainnya.

Jenis-jenis Ikan Arwana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan arwana memiliki beberapa jenis atau varietas yang terlihat dari ukuran serta warna sisik. Jenis arwana tertentu memiliki sifat yang sulit untuk dibudidayakan sehingga harga jual ikan jenis tersebut lebih tinggi dibandingkan ikan arwana jenis lain yang lebih mudah dibudidayakan.

1. Arwana Banjar

Gambar Ikan Arwana Banjar
ikan.info

Ikan arwana asli Indonesia tepatnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini memiliki warna kuning dan merah yang dominan dengan sedikit warna hijau dan putih. Jika dibandingkan dengan arwana jenis lain, arwana Banjar dijual dengan harga yang lebih rendah karena warna sisik yang tidak terlalu mencolok.

2. Arwana Golden Pino

Gambar Ikan Arwana Golden Pino
bukalapak.com

Area sebaran Golden Pino lebih luas jika dibandingkan arwana Banjar yaitu meliputi seluruh wilayah Asia Tenggara mulai dari Indonesia sampai Thailand. Ciri yang paling mencolok dari ikan ini adalah percampuran warna hijau, emas, dan kuning yang ada pada sisik ikan.

3. Arwana Silver

Gambar Ikan Arwana Silver
arwanawiki.com

Membaca namanya saja sudah bisa membuat Anda menebak warna ikan ini. Arwana Silver memang berwarna putih mengkilap seperti silver di sekujur tubuhnya. Jika dibandingkan dengan arwana jenis lain, Arwana Silver memiliki sirip yang lebih panjang baik sirip atas maupun sirip bawah.

Arwana Silver memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan yang lain. Hal tersebut disebabkan karena warna dan corak ikan yang cenderung datar dan kurang menarik jika dibandingkan dengan ikan lain seperti Super Red atau Cross Back Golden.

4. Arwana Cross Back Golden

Gambar Ikan Arwana Cross Back Golden
shopee.co.id

Jenis arwana dengan harga yang cukup tinggi ini memiliki ciri khas yaitu warna sisik yang berwarna emas kehitaman. Warna emas sangat mendominasi di bagian kepala dan sisik bagian luar, sedangkan warna hitam mendominasi di bagian atas ikan menjulur dari kepala hingga ujung sirip. Ikan ini banyak ditemui di Semenanjung Malaysia mulai dari Johor hingga Terengganu.

5. Arwana Super Red

Gambar Ikan Arwana Super Red
bukalapak.com

Arwana jenis ini bisa disebut sebagai arwana paling terkenal di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Keunikan ikan ini terletak pada siripnya yang berwarna merah mencolok dengan ukuran badan yang cukup panjang.

Warna merah arwana Super Red ada ada sirip di sekujur badan mulai dari kepala, sungut, hingga ekor. Intensitas warna akan semakin terlihat ketika ikan semakin beranjak dewasa. Ikan jenis ini juga memiliki beberapa varietas lain seperti Blood Red, Chili Red, Orange Red, dan Golden Red.

6. Arwana Papua

Gambar Ikan Arwana Papua
kreatifikan.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, ikan ini mudah ditemui di perairan Papua. Hal yang menarik dari jenis ikan ini adalah ukuran kepala yang lebih kecil dibandingkan arwana lainnya, warna sisik campuran hijau dan emas, sirip serta ekor yang memiliki bintik-bintik keemasan.

7. Arwana Platinum

Gambar Ikan Arwana Platinum
nuisonk.com

Penamaan Platinum berdasarkan warna tubuh ikan ini yaitu putih seperti platinum. Ikan jenis ini cukup mahal karena terlihat sangat memukau dan unik. Tidak heran jika harga jualnya bisa dibanderol mencapai Rp5 miliar.

Arwana Platinum memiliki bola mata berwarna merah dengan warna putih yang mendominasi sekujur tubuh tanpa ada warna lainnya. Ekor dan sirip Arwana Platinum berukuran lebih kecil dibandingkan jenis lain.

8. Arwana Red Tail Golden

Gambar Arwana Red Tail Golden
majalahikan.com

Red Tail Golden sekilas memang terlihat seperti Cross Black Golden karena sama-sama memiliki warna emas kehitaman. Perbedaan keduanya terletak pada warna Red Tail Golden yang lebih merah. Ditinjau dari segi ukuran, ikan ini juga lebih besar dan banyak ditemui di perairan Sumatera.

Harga Ikan Arwana

Gambar Harga Ikan Arwana
satujam.com

Jika membahas ikan arwana, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah harganya yang cukup tinggi. Harga ikan arwana sangat bergantung pada jenis dan ukuran ikan, serta apakah ikan tersebut pernah menjuarai kompetisi tertentu. Berikut adalah daftar harga arwana secara umum di Indonesia.

Jenis ikanHarga AnakanHarga Dewasa
PlatinumRp 15.000.000Rp 80.000.000
Super RedRp 2.000.000Rp 21.000.000
Cross Back GoldenRp 1.500.000Rp 15.000.000
BatikRp 900.000Rp56.000.000
BanjarRp 500.000Rp 7.000.000
Red Tail GoldenRp 500.000Rp 5.000.000
Golden PinoRp 400.000Rp 7.000.000
PapuaRp 400.000Rp 4.000.000
SilverRp 100.000Rp 2.500.000

Perlu Anda perhatikan bahwa harga yang tertera di atas merupakan harga kisaran sehingga hanya bisa dijadikan referensi tetapi tidak bisa mutlak dijadikan standar harga.

Hal tersebut dikarenakan terdapat perbedaan harga antar penjual yang didasari ukuran, corak, warna sisik, dan indukan ikan. Jika indukan yang digunakan adalah indukan unggul serta pembesaran dilakukan oleh pembudidaya yang cukup terkenal, maka harga jual ikan juga lebih tinggi dibandingkan ikan lainnya.

Saat ini, harga arwana termahal yaitu ikan Arwana Platinum, bahkan Arwana Platinum Super bisa dijual dengan harga miliaran rupiah. Hal itu disebabkan karena Arwana Platinum Super dihasilkan dari kelainan genetik dengan persentase hanya sekitar 1% yang berarti hanya ada 1 ekor Arwana Platinum Super yang bisa dihasilkan dari 100 ekor arwana.

Pada umumnya, ikan arwana anakan dapat mulai dijual dengan harga diatas pada saat ikan berukuran sekitar 10 cm. Pada ukuran tersebut, ikan sudah dapat hidup mandiri dan tidak mudah stres terutama saat lingkungan berubah.

Beberapa jenis ikan arwana tidak menunjukkan ciri yang menonjol sehingga ketika Anda membeli anakan, Anda harus jeli meneliti apakah ikan tersebut berasal dari jenis yang sesuai dengan kriteria Anda. Anda bisa meminta bantuan teman jika Anda baru saja terjun sebagai pencinta ikan arwana.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Jika Anda berminat untuk memelihara ikan arwana, maka perhatikan teknik pemeliharaan ikan yang tepat supaya arwana dapat tumbuh dengan optimal dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Harga ikan arwana cenderung stabil sepanjang tahun bahkan terus meningkat dengan peminat yang seakan tidak pernah surut sehingga ikan ini cocok untuk hobi yang sekaligus bisa mendatangkan pundi rupiah.

Tinggalkan komentar