Harga Ikan Discus

Apabila Anda sedang mencari ikan untuk dijadikan hiasan aquarium, mungkin meminang ikan discus adalah jawabannya. Alasannya sudah pasti karena kecantikan ikan ini yang mampu memanjakan mata. Lantas, berapa si harga ikan discus? berikut kami hadirkan lengkap ulasannya.

Tentang Ikan Discus

Gambar Ikan Discus
pinterest.com

Ikan discus merupakan ikan yang bisa membuat siapa saja terpana melihat penampilannya. Ikan ini dengan bentuk tubuh pipih ini memiliki warna dan pola yang berbeda untuk setiap varietas atau jenisnya.

Yang pasti semua jenis ikan discus memiliki warna yang cerah dan menyejukkan mata. Mengenai bentuk pola, sebagian besar ikan discus berpola seperti batik namun ada juga yang polos tidak memiliki pola sama sekali.

Ikan discus sendiri ditemukan pertama kali oleh Dr. Johan Hacob Heckel Discus pada tahun 1840. Beliau menemukan ikan discus pada perairan yang tenang di sungai amazon.

Jenis Ikan Discus

Seperti ikan yang lain, ikan discus juga memiliki jenisnya masing-masing. Lantas apa saja yang mebedakan diantara mereka?

1. Discus Red Ribbon

Gambar Ikan Discus Red Ribbon
facebook

Ikan discus yang pertama memiliki warna dasar putih kekuning-kuningan. Namun seperti namanya “Red Ribbon”, ikan discus jenis ini memiliki corak berwarna merah hingga mementuk pola cenderung bulat pada bagian warna dasarnya.

Jika dilihat secara keseluruhan pola ikan discus ini sangat rumit tapi beraturan ya? Hal itulah yang membuat Discus Red Ribbon terlihat sangat cantik sekaligus memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan jenis lain.

2. Discus Checkerboard Pigeon

Gambar Ikan Discus Checkerboard Pigeon
facebook

Sekilas ikan jenis ikan discus ini memang mirip dengan jenis Red Ribbon. Dimana keduanya sama-sama memiliki warna dasar putih kekuningan dengan pola merah yang menghiasinya.

Lantas dimana perbedaanya? Jawabannya adalah pada “bentuk” polanya. ika dilihat dengan lebih seksama, ikan discus Checkerboard Pigeon memiliki bentuk pola yang lebih memanjang, tidak beraturan, dan lebih tipis.

Mengenai kecantikan, menurut kami keduanya masih sangat layak untuk menghiasi aquarium Anda. Jika Anda bingung, menggabungkan keduanya dalam satu aquarium juga bukan hal yang salah kok, hehe.

3. Discus Blue Diamond

Gambar Discus Blue Diamond
aquass.ru

Apabila Anda lebih menyukai nuansa biru, maka ikan discus Blue Diamomd ini adalah jawabannya. Meskipun dia tidak memiliki pola atau corak tertentu, namun warna biru bak berlian pada tubuh ikan ini mampu memikat siapapun yang melihatnya.

Terlebih keunikannya juga didukung oleh mata ikan yang berwarna merah dan sirip yang bisa menyala jika terkena cahaya, wah jadi makin cantik ya.

4. Discus Golden Yellow Diamond

Gambar Ikan Discus Golden Yellow Diamond
pinterest.com

Masih tidak memiliki pola, tubuh ikan discus Golden Yellow Diamond ini didominasi oleh warna kuning keemasan. Kemudian pada bagian mata ia juga memiliki warna merah yang menawan.

5. Green Discus

Gambar Ikan Green Discus
dammecacanh.wordpress.com

Green Discus memiliki warna dasar hijau kebiruan dengan corak memanjang berwarna cokelat yang tidak beraturan.

Dilihat dari penampilannya ikan Green Discus ini memang kurang menarik sehingga harus dibandrol dengan harga yang cenderung murah dipasaran.

Namun jangan salah, ia masih tetap worth it untuk dipelihara kok, apalagi jika disandingkan sebagai variasi dengan ikan yang lain.

6. Discus Snakeskin

Gambar Ikan Discus Snakeskin
pinterest.ru

Ciri utama dari ikan discus Snakeskin adalah coraknya yang bertotol mirip dengan corak pada kulit ular. Warna dari ikan discus jenis ini bervariasi ada yang merah atau biru.

Karena sering digunakan sebagai ikan kawin silang, discus snakeskin telah menghasilkan banyak keturunan lho, seperti pigeon snakeskin, blue diamond snakeskin, dan leopard snakeskin.

Selain itu karena kerumitan coraknya ikan discus snakeskin memiliki harga yang tergolong mahal hingga jutaan rupiah.

7. Discus Red Melon

Gambar Ikan Discus Red Melon
goldenstatediscus.com

Eits bukan nama buah ya, Discus Melon merupakan jenis ikan discus yang memiliki warna merah cerah pada bagian tubuh dan warna putih kekuningan pada bagian kepala sekaligus ekor.

Discus Red Melon sendiri memiliki nama latin  Symphysodon Aequifasciatus, dapat hidup hingga 5 tahun, dan tergolong dalam ikan yang semi agresif.

8. Discus Red Marlboro

Gambar Ikan Discus Red Marlboro
allgoods.co.nz

Ikan Discus Red Marlboro memiliki warna dasar yang sama dengan discus Red Melon, hanya yang membedakan adalah pada coraknya.

Jenis ikan discus ini memiliki corak berwarna putih kekuningan pada tubuh bagian atas, bawah, dan kepalanya.

9. Discus Pearl Pigeon

Gambar Ikan Discus Pearl Pigeon
chicagodiscus.com

Discus Pearl Pigeon mengusung perpaduan warna merah yang seolah-olah tergradiasi dengan warna kuning. Tidak hanya itu, ia juga makin indah dengan bintik-bintik putih yang menyelimuti tubuh.

Karena perpaduan warna dan corak yang cantik tersebut, Discus Pearl Pigeon menjadi salah satu ikan discus yang paling digemari oleh penggemar ikan.

10. Brilliant Turquoise Discus

Gambar Ikan Brilliant Turquoise Discus
flickr.com

Pandangan pertama melihat ikan discus jenis ini sudah pasti cantik sekaligus gagah bukan? Sangat menggiurkan memang Briliant Turquoise Discus memiliki warna dasar hijau yang seolah-olah menyala.

Selain itu ia juga dihiasi corak tebal yang berwarna coklat, dan entah kenapa perpaduan warna dasar hijau dengan corak tersebut sangat memberi kesan gagah pada ikan ini.

11. Blue Heckel Cross Discus

Gambar Ikan Blue Heckel Cross Discus
forum.simplydiscus.com

Tidak seperti kebanyakan ikan discus yang lain, Blue Heckel Cross Discus memiliki corak hitam yang menghadap ke atas atau vertikal. Tidak hanya itu, ikan discus jenis ini juga dihiasi oleh corak yang berwarna merah.

Untuk warna dasar ia memiliki warna biru, kemudian pada bagian ekor dan sirip bagian atas bawah ia dihiasi oleh warna merah.

12. Alenquer Discus

Gambar Ikan Alenquer Discus
aquabid.com

Tidak terlalu mencolok, ikan discus Alenquer memiliki warna dasar coklat kekuningan. Kemudian ia juga memiliki beberapa garis hitam vertikal. Pada bagian sirip atas, ia juga sedikit dihiasi oleh warna merah.

Teknik Merawat Ikan Discus

Gambar Teknik Merawat Ikan Discus
petsoid.com

Memiliki hewan peliharaan tentu kita harus merawatnya sebaik mungkin bukan, jangan sampai peliharaan ikan discus ini malah tersiksa karena dipelihara, hehe.

Yang pertama Anda harus memperhatikan suhu air aquarium, karena apabila terlalu tinggi ikan discus akan kekurangan pasokan oksigen dalam aquarium. Jadi, pastikan suhunya diantara angka 28ºC hingga 31ºC ya.

Tidak hanya mengatur suhu air, PH air juga harus diperhatikan agar ikan discus tidak stress nantinya. Jangan sampai PH air lebih dari 7 dan kurang dari 6 ya, PH air yang paling tepat untuk ikan discus yaitu sekitar 6,5.

Kemudian jika air dirasa sudah keruh dan kotor, segeralah untuk menggantinya dengan air yang baru ya. Karena jika airnya keruh maka hal itu bisa menyebabkan ikan discus sulit bernafas karena kadar amonianya yang terus bertambah.

Yang terakhir agar ikan discus Anda semakin betah, buatlah aquarium yang senyaman mungkin untuk ikan. Caranya Anda bisa menambahkan hiasan kayu apung, hal itu bisa menjadikan aquarium semakin mirp dengan habitat asli ikan discus.

Makanan Ikan Discus

Gambar Makanan Ikan Discus
facebook @Demasoni Aquarium

Mengenai makanan ikan discus Anda bisa memberinya pakan alami ataupun pakan buatan. Untuk pakan alami contohnya yaitu cacing sutra, cacing darah, artemia, dan kutu air.

Lalu untuk paka buatan Anda bisa membeli produk Tetra Bits Complete, New Life Spectrum Discus, atau Golden Pearl Discus Bits Color.

Cara memberi makan ikan discus yaitu dilakukan dengan sedikit-sedikit saja namun teratur, selain porsi makan ikan discus yang sedikit, pemberian pakan yang terlalu banyak juga bisa mengotori aquarium.

Harga Ikan Discus

Gambar Harga Ikan Discus
lucille567.puzl.com

Untuk membeli ikan discus Anda bisa mencarinya di toko ikan terdekat ataupun di marketplace secara online. Berikut adalah daftar harga ikan discus yang telah kami rangkum.

JenisUK 5 cmUK 15 cmUK 20 cmUK 25 cm
Discus Red RibbonRp 80.000Rp 135.000Rp 185.000Rp 250.000
Discus Checkerboard PigeonRp 50.000Rp 85.000Rp 115.000Rp 150.000
Discus Blue DiamondRp 55.000Rp 80.000Rp 105.000Rp 140.000
Discus Golden Yellow DiamondRp 55.000Rp 80.000Rp 95.000Rp 120.000
Discus GreenRp 45.000Rp 75.000Rp 95.000Rp 115.000
Discus SnakeskinRp 380.000Rp 670.000Rp 800.000Rp 1.000.000
Discus Red MelonRp 60.000Rp 105.000Rp 140.000Rp 185.000
Discus MarlboroRp 65.000Rp 110.000Rp 135.000Rp 180.000
Discus Pearl PigeonRp 78.000Rp 125.000Rp 155.000Rp 198.000
Brilliant Turquoise DiscusRp 75.000Rp 130.000Rp 160.000Rp 200.000
Blue Heckel Cross DiscusRp 105.000Rp 200.000Rp 310.000Rp 405.000
Alenquer DiscusRp 65.000Rp 115.000Rp 195.000Rp 275.000

Perlu diketahui harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu. Selain ukuran ikan discus, daerah penjualan ikan discus juga sangat mempengaruhi harga.

Baca Juga : Harga Ikan Koki

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk memilih ikan discus yang sesuai selera ya, terimakasih..

Tinggalkan komentar