Harga Ikan Gabus

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemui di rawa maupun perairan dengan lumpur. Sekilas, ikan ini terlihat mirip dengan ikan lele karena tidak memiliki sisik, berlendir, memiliki kepala yang pipih, dan berkumis. Namun, harga ikan gabus jauh lebih tinggi dibandingkan ikan lele.

Hal yang menyebabkan harganya lebih tinggi adalah kandungan protein dari ikan gabus yang jauh lebih tinggi dibandingkan ikan lele. Selain itu, ikan gabus masih jarang dibudi dayakan di Indonesia, sehingga ikan ini masih banyak didapat dengan cara ditangkap dari habitat aslinya.

Habitat Ikan Gabus

Gambar Habitat Ikan Gabus
paktanidigital.com

Siapa yang menyangka ikan dengan nama latin Channa striata ini sempat dianggap sebagai hama. Namun, ikan ini kini digolongkan sebagai salah satu ikan dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Ikan gabus memiliki berbagai sebutan di Indonesia seperti rajong, bayong, kutuk, bace, dan kocolan.

Terdiri lebih dari 30 spesies yang berbeda, ikan gabus menyebar mulai dari Asia hingga Afrika. Di daratan Asia, ikan gabus dapat ditemui di daerah Asia Selatan mulai dari India hingga Bangladesh, Asia Timur seperti Tiongkok dan Jepang, dan Asia Tenggara mulai dari Vietnam, Myanmar, hingga Indonesia. Di Indonesia sendiri, ikan ini bisa ditemui di hampir seluruh pulau di Indonesia.

Habitat asli ikan ini ada di perairan dangkal air tawar dengan kedalaman tidak lebih dari 50 cm. Sama seperti ikan lele, ikan gabus menyukai perairan dengan arus yang tenang dengan lumpur sebagai dasar. Selain itu, ikan gabus juga suka bersembunyi di bebatuan dan di dalam lumpur.

Ikan gabus memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga dapat hidup di berbagai tempat di Indonesia. Penyebaran ikan ini cukup luas mulai dari danau, saluran air di persawahan, rawa, dan sungai. Jika Anda berminat untuk mencari ikan gabus langsung di habitat asli, maka Anda perlu mencari perairan yang gelap, berarus tenang, berlumpur, atau banyak tanaman air yang terendam.

Di habitat aslinya, ikan ini memangsa ikan lain yang lebih kecil, katak, maupun serangga. Selain di dalam lumpur maupun bebatuan, ikan gabus juga sering membangun sarang di antara tanaman air yang terendam di dalam air. Hal tersebut selain berguna sebagai tempat hidup, juga berguna untuk berkembang biak, meletakkan telur, dan melindungi telur yang akan ditetaskan.

Telur ikan gabus akan menetas 24-48 jam setelah telur dibuahi. Telur akan berkembang hingga menjadi ikan gabus dewasa yang bisa dipanen ketika berusia lebih dari 6 bulan. Pola pertumbuhan ikan gabus adalah allometrik yang menunjukkan bahwa pertambahan berat badan lebih cepat dibandingkan pertambahan panjang badan ikan.

Sama seperti ikan lele, ikan gabus dapat bernafas tanpa air atau dapat mengikat oksigen langsung dari udara bebas. Hal itu disebabkan karena ikan gabus memiliki organ yang disebut divertikula. Adanya divertikula membuat ikan gabus dapat hidup di perairan dengan kadar oksigen yang rendah seperti di rawa-rawa dengan tingkat keasaman yang rendah.

Manfaat Ikan Gabus

Gambar Manfaat Ikan Gabus
sehatq.com

Selain kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan ikan lele, ikan gabus juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang membuat harga ikan gabus cukup tinggi. Berikut adalah beragam manfaat dari ikan gabus:

1. Membentuk otot

Kandungan protein ikan gabus yang tinggi tentu membuat ikan ini baik bagi pembentukan otot dan memperkuat tulang. Protein merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam memelihara kesehatan otot, sehingga konsumsi ikan gabus yang rutin dapat meningkatkan kesehatan otot Anda.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Beberapa masyarakat percaya bahwa ikan ini cocok bagi pasien yang baru saja operasi. Hal tersebut disebabkan karena kandungan protein albumin dalam ikan gabus ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan ikan konsumsi lainnya dan paling tinggi diantara berbagai sumber protein hewani.

Albumin berperan dalam memperbaiki jaringan yang rusak. Pada saat luka terbentuk, maka jaringan yang ada disekitar luka akan rusak. Kerusakan jaringan ini dapat diperbaiki dengan tambahan albumin yang bisa diperoleh dari ikan gabus. Selain itu, albumin juga berperan dalam mencegah terjadinya infeksi yang mungkin akan timbul pada bagian luka tersebut.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain dapat mempercepat proses penyembuhan melalui pembentukan sel-sel baru, albumin dalam ikan gabus juga berguna untuk mencegah timbulnya hipoalbuminemia. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya seperti hipotensi, berkurangnya nafsu makan, hingga diare.

Mengonsumsi ikan gabus secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit tersebut dan meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang dengan daya tahan tubuh yang baik tidak akan mudah terserang penyakit sehingga Anda menjadi lebih bugar.

4. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Sama seperti ikan lainnya, ikan gabus mengandung protein, asam amino, dan berbagai nutrisi serta vitamin yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Pada fase kehamilan dan menyusui, seseorang memerlukan nutrisi yang seimbang bagi pertumbuhan ibu dan bayi. Anda bisa menggunakan ikan gabus sebagai salah satu sumber nutrisi.

Kandungan nutrisi yang lengkap pada ikan gabus membuat ikan ini cocok untuk dikonsumsi. Bayi akan mendapatkan nutrisi yang lengkap dan tercukupi, tetapi Anda perlu mengonsumsi makanan lain dengan porsi yang seimbang.

Harga Ikan Gabus

Gambar Harga Ikan Gabus
suara.com

Ikan gabus saat ini dikonsumsi dalam berbagai bentuk mengingat kebutuhan masyarakat terhadap ikan ini cukup beragam. Anda bisa menemukan ikan gabus yang sudah diolah dalam bentuk ikan asap, giling, maupun yang sudah diasinkan.

Pengolahan ikan bertujuan untuk meningkatkan daya simpan ikan sehingga konsumen dapat menyimpan ikan ini lebih lama. Namun, Anda tetap bisa menemukan ikan ini dalam bentuk segar dengan harga yang lebih murah.

Selain ikan konsumsi, ikan gabus juga memiliki jenis yang sering dijadikan ikan hias. Jenis ini tentu berbeda dengan ikan gabus yang biasa dikonsumsi karena ikan gabus hias memiliki warna yang menarik yaitu campuran biru tua, merah, dan oranye. Biasanya warna gelap seperti biru dan hitam terdapat pada bagian atas dan sirip ikan, sedangkan warna-warna cerah terdapat pada bagian bawah ikan.

Harga ikan gabus sebenarnya cukup beragam di Indonesia. Di beberapa daerah, beberapa penjual juga mematok harga yang lebih tinggi pada musim hujan karena pada kondisi tersebut, ikan lebih sulit ditemui. Lain halnya ketika musim kemarau disaat habitat ikan gabus mulai surut, ikan dapat ditemui di dalam lumpur. Berikut adalah harga dari ikan gabus dengan berbagai jenis.

JenisHarga (/kg)
Ikan Gabus KonsumsiRp 60.000
Ikan Gabus Hias (15-20 cm)Rp 50.000
Ikan Gabus AsapRp 85.000
Ikan Gabus GilingRp 95.000
Ikan Gabus AsinRp 155.000

 

Harga ikan ini memang lebih tinggi dibandingkan ikan lele maupun ikan konsumsi lainnya, tetapi kandungan nutrisi yang ada di dalam daging ikan ini juga lebih banyak.

Baca Juga : Harga Ikan Nila

Hal tersebut menjadikan harga ikan gabus yang cukup tinggi sepadan dengan kandungan nutrisi dan manfaat yang ada.

Tinggalkan komentar