Harga Ikan Gurame

Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan cukup banyak dikonsumsi di Indonesia selain daging ayam dan sapi. Salah satu jenis ikan konsumsi adalah gurame. Harga ikan gurame yang tidak terlalu tinggi, daging dengan rasa yang enak, dan mudah diolah, menjadi daya tarik tersendiri mengapa ikan gurame banyak dikonsumsi di Indonesia.

Ikan gurame adalah jenis ikan air tawar yang banyak ditemui di benua Asia. Memiliki nama latin Osphronemus goramy, ikan ini memiliki ciri yaitu badan yang pipih gepeng, berwarna hitam gelap maupun kuning terang, dengan sirip yang tajam.

Jenis Ikan Gurame

Ada beberapa jenis ikan gurame yang dibudidayakan di Indonesia. Masing-masing ikan memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan jenis lain.

Beberapa jenis memiliki ukuran tubuh yang sangat besar sedangkan jenis lain hanya berukuran setengah dari gurame lainnya. Hal tersebut menjadikan masing-masing gurame memiliki segmen pasar tersendiri. Berikut adalah jenis gurame di Indonesia.

1. Gurame Soang

Gambar Ikan Gurame Soang
pertanianku.com

Gurame yang berasal dari Provinsi Jawa Barat ini merupakan jenis gurame yang cukup terkenal dan menjadi favorit bagi konsumen ikan air tawar karena memiliki ukuran tubuh yang besar dan mudah ditemui.

Ciri yang paling mencolok dari gurame ini adalah adanya benjolan di bagian kepala dan menjadi ciri khas gurame Soang karena tidak ditemui pada gurame jenis lain. Sisik gurame Soang berwarna hitam keabuan sepanjang badan dengan guratan berwarna putih.

2. Gurame Jepun

Gurame Jepun adalah jenis gurame yang banyak dibudidayakan di Probolinggo, Jawa Tengah. Gurame jenis ini dapat tumbuh dengan berat mencapai 4-5 kg/ekor dengan panjang 50cm. Secara sekilas, gurame ini terlihat sama dengan gurame Soang karena memiliki warna sisik dan bentuk tubuh yang hampir mirip.

Ciri yang membedakan gurame Jepun dengan gurame Soang adalah sisik berwarna hitam pekat yang berada di bagian atas ikan gurame Jepun. Selain itu, ukuran tubuh gurame Jepun juga lebih kecil dibandingkan gurame Soang yang bisa mencapai bobot 8 kg/ekor.

3. Gurame Padang

Gambar Ikan Gurame Padang
tokopedia.com

Sekilas, gurame Padang mirip dengan gurame Jepun karena memiliki campuran warna putih, kuning, dan merah muda. Warna yang paling dominan pada badan ikan gurame Padang adalah kuning keemasan dengan warna merah muda pada bagian sirip dan warna putih pada bagian perut bawah.

Gurame Padang bisa mencapai bobot 4 kg/ekor dengan panjang mencapai 50 cm. Meskipun gurame Padang tidak sebesar gurame Soang, tapi harga jual gurame Padang juga cukup tinggi dibandingkan gurame jenis lain.

4. Gurame Bastar

Jenis ikan gurame satu ini cukup digemari pembudidaya ikan air tawar karena ukuran tubuh yang cukup besar bisa mencapai bobot 8 kg/ekor. Gurame ini memiliki warna hitam keabuan dengan warna putih di bagian kepala.

Meskipun memiliki bobot yang tinggi, tetapi gurame Bastar tidak dapat menghasilkan telur dalam jumlah banyak. Dalam sekali memijah, gurame Bastar hanya bisa memproduksi telur sebanyak 4.000 butir/ekor. Jumlah tersebut tentu jauh lebih kecil dibandingkan gurame jenis lainnya.

5. Gurame Paris

Gambar Ikan Gurame Paris
agriculturaldevelop.blogspot.com

Berbeda dengan gurame Jepun atau Soang, gurame Paris memiliki badan dengan warna putih dan merah muda di sekujur tubuh. Pada bagian kepala, gurame ini memiliki warna putih kekuningan dengan beberapa titik berwarna hitam.

Bobot gurame ini tidak sebesar gurame Jepun dan hanya bisa mencapai bobot maksimal 2 kg/ekor pada usia siap panen. Produktivitas telur gurame Paris juga cukup tinggi yaitu berkisar 5.000-7.000 telur per ekor. Ukuran tubuh yang kecil menjadikan gurame jenis ini banyak dibeli untuk dikonsumsi keluarga.

6. Gurame Kapas

Gambar Ikan Gurame Kapas
infohotel.co.id

Sama seperti namanya, gurame Kapas berwarna putih seperti kapas. Terkadang gurame Kapas memiliki guratan berwarna oranye dan merah muda di bagian kepala dan badan bagian atas, tetapi warna putih tetap menjadi warna paling mendominasi di sekujur tubuh ikan.

Pertumbuhan gurame Kapas juga tidak kalah cepat dibandingkan jenis lain, tetapi bobot maksimal yang bisa dicapai ikan ini tidak sebesar gurame lainnya. Jenis Kapas hanya bisa mencapai bobot maksimal 2 kg/ekor dengan produktivitas telur hanya sebanyak 3.000 butir/ekor.

7. Gurame Blue Sapphire

Gambar Ikan Gurame Blue Sapphire
http://nakamaaquatics.id

Sama seperti gurame Kapas, gurame Blue Sapphire atau Blue Safir dinamai berdasarkan warna tubuhnya. Gurame jenis ini memiliki warna biru di bagian kepala dan badan serta warna merah tua di ujung sirip dan ekor. Warna biru terlihat lebih mencolok pada bagian kepala dan sirip depan.

Ukuran gurame Blue Sapphire juga hampir sama dengan gurame kapas yaitu 2 kg/ekor dengan panjang 35 cm. Namun produktivitas ikan jenis ini tergolong lebih baik dibandingkan gurame Kapas karena satu indukan bisa menghasilkan telur hingga 5.000 butir.

Harga Ikan Gurame

Gambar Ikan Gurame
okezone.com

Sama seperti ikan lainnya, harga ikan gurame cenderung stabil sepanjang tahun dan tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lainnya. Hal itu disebabkan gurame memiliki tekstur daging dan rasa yang dianggap lebih enak dibandingkan ikan konsumsi lainnya.

Berikut adalah harga ikan gurame di beberapa provinsi di Indonesia. Harga ini bisa sewaktu-waktu berubah tetapi perubahan harga tidak terjadi sangat signifikan.

ProvinsiHarga (/kg)
Nangroe Aceh DarussalamRp 54.000
Sumatera UtaraRp 56.000
RiauRp 55.000
Sumatera SelatanRp 55.000
Sumatera BaratRp 53.000
LampungRp 55.000
DKI JakartaRp 49.000
Jawa BaratRp 44.000
BantenRp 47.000
Jawa TengahRp 45.000
Jawa TimurRp 45.000
D.I.YogyakartaRp 46.500
BaliRp 57.000
Kalimantan BaratRp 57.000
Kalimantan TimurRp 56.000
Sulawesi UtaraRp 56.000

Jika Anda berencana menjalankan bisnis budi daya ikan gurame, maka Anda memerlukan supply bibit yang unggul. Berikut adalah harga bibit beberapa jenis ikan gurame yang ada di pasaran. Harga ini bisa Anda jadikan gambaran dalam menentukan besaran modal sehingga usaha Anda bisa berjalan dengan optimal.

JenisHarga per ekor  ukuran 2-4 cmHarga per ekor  ukuran 4-6 cmHarga per ekor  ukuran 6-8 cmHarga per ekor ukuran 8-10 cm
Soang2.0003.0004.5007.500
Padang3.0005.0008.00011.000
Jepun2.5004.0006.0007.500
Bastar2.0003.5005.5008.000
Paris2.5004.0006.0008.500
Kapas2.5005.0007.50011.000
Blue Sapphire2.0003.5006.0007.500

Harga bibit diatas juga dapat menentukan harga jual ikan gurame. Saat ini, ikan gurame yang berjenis Padang dan Kapas adalah gurame dengan harga jual tertinggi. Anda bisa mendapatkan bibit ini di berbagai pembudidaya ikan gurame terdekat untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Jika Anda tidak dapat menemukan pembudidaya ikan di sekitar, Anda bisa memanfaatkan online shopping yang ada untuk memperoleh bibit dari berbagai penjual di seluruh Indonesia. Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih penjual dan pastikan bahwa bibit yang Anda terima sesuai dengan pesanan Anda.

Baca Juga : Harga Ikan Betutu

Pengetahuan mengenai jenis, cara budidaya, dan harga gurame merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan budi daya ikan gurame. Anda bisa saja mematok harga pada level tertentu jika ikan gurame yang Anda hasilkan cukup berkualitas dengan varietas yang unggul.

Tinggalkan komentar