Harga Ikan Louhan

Memelihara ikan menjadi tren di kalangan pemelihara hewan. Salah satu ikan yang banyak dipelihara adalah ikan louhan. Ikan ini memiliki ciri khas, yakni bagian atas kepalanya yang menonjol atau disebut jenong. Harga ikan louhan juga dibanderol cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Ada banyak tipe ikan louhan yang bisa dipelihara. Selain jenong, ikan ini umumnya memiliki warna yang indah. Semakin tua usia ikan, semakin indah warna sisiknya.

Ikan yang memiliki nama lain flowerhorn ini banyak dikembangbiakkan di Asia, termasuk indonesia. Berikut ini adalah beberapa tipe ikan louhan yang banyak diminati dan populer.

Jenis Ikan Louhan

1. Ikan louhan SRD

Gambar Jenis Ikan Louhan SRD
arproductionsblog.blogspot.com

Super red dragon menjadi ikan louhan yang sangat populer. Selain warnanya yang cantik, bentuk sirip dan ekornya pun berbeda dari yang lain.

Ciri khas utama adalah warna di sekitar kepalanya adalah merah yang gelap. Sementara bagian tengah hingga ekornya terdapat gradasi warna lain seperti biru atau putih metalik.

Dari usian anakan, super red dragon sudah bisa dinilai dari warna dan jenongnya. Jenong pada ikan ini memiliki ukuran yang  besar. Matanya berwarna hitam dengan lingkaran merah dan berbentuk cekung ke dalam.

Bentuk mulutnya super red dragon cukup besar yang bagian bawahnya lebih besar daripada bagian atas.

Selain warna, bagian yang menarik pada ikan ini adalah siripnya. Sirip ikan memiliki ukuran yang sangat lancip dan memanjang lebih dari ekornya.

Sirip atas maupun bawah mengikuti warna di tubuh bagian belakangnya. Sementara bagian ekor yang mirip seperti bentuk kipas memiliki bentuk yang sangat rapat dan memiliki sedikit jarak dengan bagian sirip.

2. Ikan louhan kamfa

Gambar Jenis Ikan Louhan Kamfa
Youtube channel @Rads SelFish

Louhan dengan jenis ini pernah sangat populer di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Harga ikan louhan ini dibanderol dengan sangat mahal karena hasil persilangannya membuat ikan berada di kelas hibrid.

Kamfa berasal dari jenis zhenzhu atau cencu yang disilangkan dengan cichlid parrot sehingga sifat-sifat barunya cukup bagus.

Ikan louhan kamfa memiliki ciri mulutnya yang pendek. Bagian atas maupun bawahnya saling mengatup sehingga tidak ada ukuran yang lebih besar.

Di bagian kepalanya, jenong pada kamfa dinilai cukup besar

dibandingkan dengan ukuran kepalanya. Sirip ikan melancip di bagian belakang. Sementara bagian ekornya seperti wrap dan memiliki ujung yang rapi.

Para breeder biasanya mengawinkan iklan louhan jenis lain dengan jenis kamfa untuk mendapatkan jenis ekor yang keras. Selain keras, bagian ekor juga menutup seperti sebuah kipas yang lebar.

Warna ekor biasanya merah maroon atau biru yang terang seperti mutiara. Posisi ekor selalu bersentuhan dengan sirip bagian belakangnya. Kamfa memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Panjang maksimal dari ikan ini hanya berkisar hingga 23 centimeter.

3. Ikan louhan cencu

Youtube channel @
Jimy Saputra

Jenis louhan yang satu ini sangatlah unik. Bagian tubuhnya memiliki sisik yang berkilau seperti mutiara. Itu sebabnya, beberapa orang menjulukinya sebagai ikan louhan mutiara.

Di bagian tengahnya terdapat bintik-bintik berwarna hitam yang memanjang dari insang hingga ke bagian ekornya. Secara umum, warna ikan ini adalah merah muda atau jingga.

Nama lain dari ikan ini adalah louhan zhenzhu yang merupakan hasil kawin silang dengan Cichlasoma trimaculatus. Hal ini ditandai dengan bentuk ekornya yang membulat.

Mulutnya cukup besar dibanding dengan louhan lainnya dan bagian mulut bawah lebih maju daripada yang atas. Selain jenong di kepala yang besar, ikan ini juga memiliki mata yang berwarna merah terang.

Keunggulan dari ikan louhan cencu adalah kemampuan berkembang biaknya yang tinggi. Itu sebabnya, peternak ikan louhan sering mengawinkannya dengan ikan jenis lain.

Sifat yang terbawa biasanya warna ikan anakan yang cantik seperti mutiara. Namun kekurangannya adalah anakan bisa saja memiliki sifat sirip dan ekor yang lunak seperti louhan cencu.

Beradasarkan warna dan bentuk kepalanya, louhan cencu terbagi ke dalam dua varian. Varian pertama adalah cencu klasik dan varian kedua adalah cencu modern.

Cencu klasik tidak memiliki jenong yang besar dan warna sisiknya tidak didominasi oleh warna mutiara. Sementara jenis yang modern, jenong di kepala cukup besar dan sisik mutiaranya ada di seluruh tubuh ikan.

4. Ikan louhan bonsai

Gambar Jenis Ikan Louhan Bonsai
Youtube channel @Omah Louhan

Seperti julukannya, ikan louhan bonsai merupakan ikan louhan lokal yang ukurannya tetap kecil meski usianya sudah dewasa. Meski begitu, ikan ini sangat cantik dengan warna-warnanya yang seperti ikan cencu.

Ikan louhan bonsai didominasi oleh warna merah, bintik putih seperti mutiara, dan sebagian memiliki warna hitam di tubuhnya hingga ke bagian ekor.

Dibandingkan dengan tubuhnya, ukuran kepala ikan louhan bonsai tidak proporsional. Kepalanya sangat kecil, sementara jenong di kepalanya tergolong besar.

Ciri lain dari louhan bonsai adalah bagian mulutnya. Mulut bagian bawah memiliki ukuran yang lebih panjang daripada bagian atas. Mata ikan berwarna merah atau kuning keemasan yang menonjol ke luar.

Dari segi harga, ikan ini dijual dengan harga yang murah. Louhan bonsai merupakan louhan lokal yang berkembang biaknya mudah daripada breed lainnya sehingga banyak yang mengawinkannya dengan jenis ini.

Akan tetapi, hasil anakannya mungkin membawa gen yang kecil. Namun jangan khawatir, karena anakannya juga bisa membawa genetik yang bersisik cantik.

5. Ikan louhan golden base

Gambar Jenis Ikan Louhan Golden Base
Youtube channel @Flowerhorn BTS Series

Ikan jenis golden base memiliki keunikan dengan sisiknya. Proses ini disebut mutasi sisik yang akan berubah dari usia anakkan hingga dewasa. Awalnya, warna ikan adalah merah kekuningan.

Namun seiring berjalannya waktu, ikan ini akan kehilangan warna tersebut. Ikan akan memiliki sisik dengan warna yang gelap. Warna tersebut akan berubah kembali menjadi kuning keemasan.

Meskipun sifat mutasi tersebut merupakan genetik, pada breeder bisa mempercepat prosesnya jika mutasi warna memakan waktu yang lama.

Anda bisa mencoba dengan tetap membiarkan ikan berada di akuarium yang sama dan menjaga kualitas air. Pakan ikan juga tidak boleh mengandung spirulina yang cenderung membuat munculnya bintik pada tubuh ikan.

Selain kualitas air dan pakan, Anda juga bisa mencoba dengan menaikkan suhu air ke 30 derajat. Air yang hangat mempercepat prosesnya.

Namun Anda harus tetap membiarkan suplai oksigen cukup sehingga ikan tidak megap-megap di dalam air. Lalu, pastikan tidak ada perubahan yang drastis di dalam akuarium. Perubahan yang drastis akan membuat ikan louhan menjadi syok.

Ikan louhan golden base memiliki ciri bentuk jenong yang cukup besar di bagian kepala. Kedua sirip bagian atas maupun bawah berbentuk lancip di bagian ujung belakangnya.

Sirip tidak menempel rapat dengan ekor. Ekor pada jenis golden base memiliki bentuk yang gelombang seperti ikan pada umumnya. Sifat ekornya cukup kaku karena ukurannya yang kecil.

6. Ikan louhan kamalau

Gambar Jenis Ikan Louhan Kamalau
Youtube channel @Pippo

Ikan louhan kamalau disebut juga dengan golden monkey. Kam berarti golden atau emas, sementara malau adalah monyet. Pemberian nama beradarkan bahasa Cina ini beradasarkan bentuk mulut louhan yang mirip seperti seekor monyet. Sementara golden atau emas adalah warna tubuh ikan yang seperti emas karena kuning berkilau.

Untuk mendapatkan ikan kamalau yang murni sangat sulit dilakukan. Selain banyaknya kawin silang, tak semua ciri-ciri anakan memenuhi kriteria baik dari bentuk mulut maupun warna sisiknya.

Kategori untuk menentukan apakah louhan termasuk ke dalam breed kamalau atau bukan hanya bisa dilakukan jika ukurannya sudah mencapai 25 cm atau usia di atas 1 tahun.

Selain sisiknya yang keemasan, bagian tubuh ikan juga sangat khas. Anda akan melihat tubuhnya yang melekuk seperti kekar di kedua sisinya.

Itu sebabnya harga ikan louhan sangat tinggi di pasaran. Bentuk rahang pada ikan memiliki lekukan yang berlapis. Sementara jenongnya berada tepat di atas bagian matanya.

Bagian sirip ikan bisa dikategorikan cukup lebar di bagian atas dan lebih kecil di bagian bawahnya. Sirip tidak menempel dengan bagian ekornya.

Ekor kamalau cukup lebar dengan bentuk bulat, namun sayangnya cukup lunak jika dibandingkan breed lainnya. Itu sebabnya, kamalau sering dikawinkan dengan kamfa agar sirip dan ekornya lebih kuat.

7. Ikan louhan red texas

Gambar Ikan Louhan Red Texas
Youtube channel @Galeri Ikan Hias

Seperti namanya yang red texas, ikan louhan yang satu ini memiliki warna merah yang menyala. Bentuk jenongnya tidak terlalu besar, sehingga posisi mulutnya lebih maju daripada jenongnya.

Bentuk mulutnya cukup kecil dan mengatup sehingga posisi keduanya sama-sama rata. Mata ikan yang satu ini adalah merah yang menyala dan cekung ke dalam.

Keunikan louhan red texas berada pada siripnya. Meskipun ukurannya kecil, namun sirip memiliki bentuk yang sangat panjang ke belakang. Panjangnya bahkan melebihi panjang ekornya.

Warna sirip bisa bercampur antara putih mutiara, hitam dan merah. Namun di bagian ukungnya selalu merah menyala sama dengan warna sisiknya.

Karena kategorinya sebagai ikan hibrid, bentuk tubuh dan ukuran dari lohan red texas memiliki perbedaan dengan louhan lainnya. Bentuk tubuhnya cenderung bulat seiring dengan pertambahan usianya.

Hal ini terjadi karena red texas adalah hasil silang dengan cichlid yang berasal dari Amerika. Sirip di sekitar insangnya pun cukup lebar dan terdapat guratan yang menawan.

Sama seperti dengan golden base, red texas juga merupakan louhan yang mengalami mutasi. Jangka waktu mutasinya tak bisa ditentukan, sehingga prosesnya bisa lama atau sebentar.

Proses mutasinya biasanya saat usianya 1 tahun. Kualitas terbaik dari red texas dinamakan dengan super red texas. Besarnya super red texas mencapai 30 cm.

8. Ikan louhan thai silk

Gambar Ikan Louhan Thai Silk
Youtube @William Goh

Ikan thai silk tergolong baru dan asal-usulnya masih belum diketahui dengan jelas. Warnanya seperti titanium sehingga diberi nama silk. Ikan ini banyak dikembangbiakkan di Thailand sehingga diberi nama thai silk. Warnanya yang metalik membuat harga ikan louhan yang satu ini dibanderol cukup inggi, terutama di indonesia.

Thai silk memiliki ciri mulut yang besar baik bagian atas maupun bawahnya. Bagian insang terbuka terletak di bawah matanya. Mata ikan bersifat menonjol dengan warna putih atau kuning keemasan.

Jenong di kepala berukuran besar, namun tidak menyaingi ukuran kepalanya. Ukuran dewasa ikan louhan thai silk memiliki panjang mencapai 30 cm.

Dari bentuk tubuhnya, thail silk memiliki tubuh seperti tipe kamfa. Siripnya tergolong lebar dan semakin ke belakang juga semakin melebar. Tetapi sirip tidak menempel dengan bagian ekor.

Ekor ikan ini memanjang dan rapat seperti kupas. Baik sirip maupun ekornya, louhan thai silk memiliki warna silver metalik. Hal ini membuat breeder sulit mengawinkan agar anakan murni metalik.

9. Ikan louhan king kamfa

Gambar Jenis Ikan Louhan King Kamfa
Youtube channel @
Tri Wibowo Krisna

Berbeda dengan seri kamfa yang biasa, jenis ikan louhan king kamfa memiliki sifat yang super. Selain jenongnya yang lebih besar, warna sisik ikannya juga cantik seperti mutiara dan tersebar di seluruh bagian badannya.

Ikan ini berasal dari Thailand dan seringkali dikawinkan dengan ikan chencu sehingga perkembangbiakkannya terjadi dengan cepat dan banyak.

Keunggulan dari king kamfa adalah warnanya yang cantik. Biasanya, warna ikan adalah merah dengan beberapa bintik berwarna hitam.

Jenis super red king kamfa memiliki warna merah yang menyala di bagian sekitar insang termasuk jenongnya. Sementara seri king viper kamfa memiliki warna yang didominasi bintik putih seperti mutiara.

Bentuk ekor dari ikan king kamfa adalah seperti kipas yang membulat seperti cencu. Namun, kualitasnya sangat baik ditandai dengan kualitasnya yang keras dan kokoh.

Siripnya tidak melancip, namun membasar dari bagian tengah hingga ke belakang. Pada seri king kamfa super red, warna sirip maupun ekornya ikut berwarna merah seperti bagian kepala.

Kelemahan dari seri king kamfa adalah soal kemampuan kembang biaknya. King kamfa jantan membutuhkan usia dewasa hingga 2 tahun, sehingga masa kawinnya harus menunggu.

Usia di bawah itu sangat sulit untuk dikawinkan dengan kamfa maupun breeder lainnya. Yang pasti, king kamfa dengan warna mata merah memiliki kemampuan seksual yang lebih baik daripada mata putih.

10. Ikan louhan super red shock

Gambar Jenis Ikan Louhan Super Red Shock
Youtube channel @Flowerhorn Fish

Sesuai dengan namanya super red shock, seluruh tubuhnya memiliki warna merah yang terang. Hampir tidak ada warna lain termasuk warna mutiara pada tubuh ikan louhan ini.

Sama seperti dengan golden base, warna merah ini didapatkan setelah ikan bermutasi dalam jangka waktu tertentu. Setelah menghitam, warna merahnya lama-kelamaan akan terlihat dengan terang.

Karena keunikan warnanya, harga ikan louhan super red shock dibanderol sangat tinggi. Warnanya yang merah dipercaya mampu membawa hoki bagi sang pemiliknya. Bentuk jenong pada ikan ini sangat besar dan hampir seukuran dengan kepalanya. Mulut ikan berukuran besar di bagian bawah dan mengatup dengan bagian atasnya.

Tak hanya tubuhnya yang tak memiliki warna mutiara, bagian sirip, insang, hingga ekornya pun bersih dari warna lain. Bagian siripnya terletak di bagian belakang dengat dengan ekor dan ukurannya melebar seperti kipas. Ekornya memiliki ujung yang lunak dan kaku di bagian pangkalnya. Di usia dewasanya, ukuran ikan louhan super red shock mencapai 23 cm.

Meskipun sifatnya hibrid, kekurangan super red shock adalah rendahnya fertilitas. Pembuahan telur sangat minim terjadi. Ikan ini sering dikawinkan dengan cencu sehingga super red shock kehilangan sifat unggulannya. Contohnya adalah anakan hasilnya memiliki ekor yang lebih lunak dan terdapat bintik warna di tubuh atau siripnya.

Harga Ikan Louhan

Jenis Ikan LouhanHarga AnakanHarga Dewasa
Ikan Louhan SRDRp 400.000Rp 3.000.000
Ikan Louhan KamfaRp 850.000Rp 3.500.000
Ikan Louhan CencuRp 200.000Rp 750.000
Ikan Louhan BonsaiRp 250.000Rp 800.000
Ikan Louhan Golden BaseRp 500.000Rp 4.000.000
Ikan Louhan KamalauRp 150.000Rp 600.000
Ikan Louhan Red TexasRp 280.000Rp 800.000
Ikan Louhan Thai SilkRp 185.000Rp 600.000
Ikan Louhan King KamfaRp 800.000Rp 1.750.000
Ikan Louhan Super Red ShockRp 400.000Rp 1.300.000

Meski sudah puluhan tahun sejak mulai populer di tanah air, ikan louhan masih menjadi primadona di kelas ikan hias. Harga ikan louhan yang tinggi menjadi prestasi tersendiri bagi pemiliknya.

Baca Juga : Makanan Ikan Louhan

Ikan louhan yang berkualitas bisa diketahui dari warna, sirip dan ekornya. Semakin cantik warna ikan dan tua usianya, maka harganya semakin tinggi.

Tinggalkan komentar