Harga Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal sebagai ikan yang memiliki rasa yang lezat dengan segudang manfaat bagi tubuh. Harga ikan salmon di pasaran berbeda-beda tergantung harga yang dipatok penjual. Salmon merupakan ikan yang hidup bermigrasi dari samudera ke sungai untuk berkembang biak.

Ciri Ikan Salmon

Gambar Ciri Ikan Salmon
paktanidigital.com

Ciri yang dimiliki ikan salmon membedakan bentuk dan sifatnya dari jenis ikan yang lainnya. Karakteristik yang dimiliki salmon sangatlah unik, antara lain:
• Berat tubuh salmon bisa mencapai angka 7,7 kg
• Salmon dapat bertahan hidup sampai umur 8 tahun
• Panjang salmon jantan dapat mencapai 84 cm dan panjang salmon betina dapat mencapai 71 cm
• Habitat ikan salmon adalah air laut, air tawar, serta muara yang memiliki kedalaman 0-250 meter
• Jumlah sirip anus salmon adalah 13 – 18 yang lunak
• Salmon memiliki jumlah tulang punggung sebanyak 56 – 67 buah
• Jumlah sirip punggung ikan salmon yang lunak mencapai 11 – 16 buah

Jenis Ikan Salmon

Salmon memiliki beberapa jenis dengan ukuran yang berbeda-beda. Salmon juga memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai jenisnya masing-masing. Berikut merupakan jenis-jenis ikan salmon yang sudah ditemukan di dunia.

1. King Salmon

Gambar King Salmon
homernews.com

Jenis ikan salmon terbesar di dunia ditemukan dengan berat 27 kg dengan nama King Salmon. Sesuai namanya, salmon jenis ini merupakan salmon super yang bisa dibilang merupakan rajanya ikan salmon. King salmon memiliki karakteristik tubuh berwarna putih hingga merah tua. Salmon jenis ini banyak dibudidayakan di Kanada dan Selandia Baru.

Nama lain dari King Salmon diantaranya adalah Onchorhynchus Tshawytsca dan juga Chinook Salmon. Kandungan yang terdapat pada King Salmon ini diantaranya yaitu asam lemak omega 3, yang dimana kandungannya jauh lebih tinggi dari jenis salmon lainnya. King Salmon juga menjadi jenis ikan salmon terbesar yang ada di lautan atlantik.

2. Dog Salmon

Gambar Dog Salmon
alaskamagazine.com

Berbeda dengan king salmon yang berwarna putih pada tubuhnya, dog salmon memiliki tubuh yang berwarna lebam atau ungu. Warna daging salmon anjing ini juga sedikit lebih pucat dibanding salmon jenis lain dengan berat tubuh dapat mencapai 7 kg. Dog salmon jantan yang sedang melakukan pembuahan akan mengalami perubahan pada gigi atau taring ikan menjadi lebih mengembang.

Pada saat ikan ini sedang mengalami pembuahan, pada bagian gigi serta taringnya akan mengembang otomatis. Bila dalam jumlah yang melimpah atau banyak, ikan salmon jenis Dog Salmon ini cocok untuk dijadikan ikan asap. Tetapi sayangnya, kandungan lemaknya jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis salmon lainnya.

3. Salmon Salar

Gambar Ikan Salmon Salar
flickr.com

Salmon salar atau yang dikenal sebagai salmon Atlantik merupakan salmon endemik Samudera Atlantik. Salmon salar dapat tumbuh hingga mencapai ukuran panjang tubuh 28 – 30 inchi. Salmon jenis ini memiliki berat hingga mencapai 2 – 10 kg per ekornya.

4. Salmon Pelangi

Gambar Ikan Salmon Pelangi
fishmountstore.com

Jenis salmon yang paling langka dan susah ditemukan adalah jenis yang satu ini. Ikan ini hanya ditemukan di perairan air dingin Amerika Utara dan Samudera Pasifik Asia. Salmon pelangi akan bermigrasi ke air tawar setelah 2 tahun hidup di lautan. Setiap ekor salmon pelangi beratnya dapat mencapai 4 kg.

Sesudah hidup di air laut selama dua tahun lamanya, Salmon Pelangi akan berpindah tempat ke air tawar kemudian akan bertelur di sana. Sesuai dengan namanya, warna pada tubuhnya juga berwarna warni seperti pelangi.

5. Silver Salmon

Gambar Ikan Silver Salmon2
epicanglingadventure.com

Sesuai namanya, silver salmon memiliki warna kulit sangat perak dan daging yang berwarna merah cerah. Silver salmon merupakan jenis salmon yang memiliki tekstur daging paling lembut di antara jenis salmon yang lainnya.

Jenis salmon ini sangat mudah dijumpai karena banyak dijual di pasaran terutama pada bulan Desember.
Ikan salmon yang satu ini paling terkenal di kawasan Puget Sound, atau wilayah teluk besar yang terdapat di Samudera Pasifik.

Biasanya habitat Salmon Silver ini ada di aliran sungai yang kecil atau di anak sungai di kawasan pesisir. Bobot tubuhnya kira-kira mencapai 5,5 kg. ikan ini juga akan lebih mudah ditemukan di daerah perkotaan, dengan airnya yang bersih dan dingin sepanjang tahunnya..

6. Red Salmon

Gambar Ikan Red Salmon2
oceana.ca

Salmon merah atau red salmon bisa dibilang merupakan primadonanya ikan salmon karena sangat populer. Kepopuleran red salmon disebabkan keberadaannya yang sangat melimpah di perairan Pasifik. Warna tubuh red salmon sudah tentu merah dengan warna daging merah serta oranye. Setiap ekor red salmon memiliki berat bisa mencapai 2,5 kg.

Ikan salmon merah ini juga populer karena kandungan omega 3-nya yang baik untuk tubuh, dan lemak tak jenuh atau lemak baik. Bagi ikan salmon merah yang bentuknya datar, dinamakan dengan Kokanee atau disebut dengan Trout Perak. Sedangkan bagi salmon merah yang hidup di daerah Qinaults Riverrs, dinamakan dengan Blueback.

7. Salmon Pesisir

Gambar Ikan Salmon Pesisir
wikipedia.org

Ciri khas ikan salmon pesisir ada pada bagian bawah rahangnya yang berwarna merah. Salmon pesisir dapat dijumpai di perairan dingin anakan sungai Samudera Pasifik, Great Basin, dan Pegunungan Rocky, Amerika Utara.

Untuk dapat bertelur biasanya salmon ini akan mencari sungai yang berukuran kecil dengan air yang jernih serta dangkal dan memiliki banyak oksigen.

Biasanya Salmon Pesisir ini akan bertelur di kawasan sungai yang ukurannya kecil. Masa-masa subur ikan ini akan terjadi di musim semi. Ukuran rata-rata bobot tubuhnya sekitar 2,7 kg per ekornya.

8. Pink Salmon

Gambar Ikan Pink Salmon
myalaskanfishingtrip.com

Nama pink disematkan pada jenis salmon yang satu ini karena memang memiliki warna daging merah muda. Salmon jenis ini memiliki ciri khas punuk di punggung yang menandakan salmon bertelur. Ukuran salmon ini tidak terlalu besar dengan berat hanya mencapai 2,5 kg setiap ekornya.

Beberapa sebutan lainnya untuk ikan salmon pink ini diantaranya yaitu Humpback Pink Salmon, Bungkuk Salmon, atau Humpies. Tekstur ikan ini ringan, aromanya lebih gurih, dan rendah lemak. Biasanya, ikan Salmon Pink ini diolah kembali dalam bentuk ikan kalengan atau ikan asap. Keunggulan dari ikan ini adalah mudah ditangkap.

Harga Ikan Salmon

"Gambar

Menurut Jenis Ikannya

Jenis SalmonSatuanHarga
Ikan salmon segarutuh per kgRp147.000
Ikan salmon headless / tanpa kepalautuh tanpa kepala per kgRp142.000
Ikan salmon perekorfillet per kgRp202.000
Ikan salmon Australiafillet per kgRp427.000
Ikan salmon Norwayfillet per kgRp197.000
Ikan salmon Norwegiafillet per kgRp257.000
Ikan salmon teriakifillet per 500 gramRp202.000

 

Menurut Tempat Penjualannya

NamaSatuanHarga
Ikan salmon di pasar tradisionalfillet per kilogramRp35.000
Ikan salmon di Giantfillet per kilogramRp32.000
Ikan salmon di super marketfillet per kilogramRp30.000
Ikan salmon di Hypermartfillet per kilogramRp29.000
Ikan salmon di Carrefourfillet per 100 gramRp30.000

Baca Juga : Harga Ikan Tuna

Harga ikan salmon di atas merupakan standar harga secara umum, apabila ada perbedaan maka itu adalah wajar karena berbeda tempat. Dengan mengkonsumsi ikan salmon tubuh akan menerima makanan yang sehat. Manfaat lain ikan salmon juga akan didapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Sekian infromasi harga ikan salmon yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan terimakasih..

Tinggalkan komentar