Harga Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Ikan bernama latin Scomberomorus ini umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Harga ikan tenggiri yang terbilang mahal itu tentu memiliki alasan, diantaranya disebabkan karena citarasa ikan ini yang gurih dan lezat, mengandung protein tinggi, rendah kalori serta sangat mudah diolah untuk berbagai penganan.

Dibawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai daftar lengkap harga terbaru ikan tenggiri di berbagai daerah di Indonesia lengkap dengan harga hasil olahan ikan tenggiri. Selain itu, akan dijelaskan pula jenis-jenis ikan tenggiri yang mudah ditemukan di berbagai pasar di Indonesia serta ciri-ciri ikan tenggiri segar sehingga ikan tenggiri yang Anda konsumsi itu memang adalah ikan bermutu tinggi.

Jenis Ikan Tenggiri

Ada 3 jenis ikan tenggiri yang banyak dijual di Indonesia, yaitu ikan tenggiri banci, ikan tenggiri papan, dan ikan tenggiri batang. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis ikan tenggiri tersebut, simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Ikan Tenggiri Banci/Wahoo

Gambar Ikan Tenggiri Wahoo
mediapancing.com

Salah satu ciri khas dari ikan tenggiri banci ini terletak pada moncongnya yang berukuran panjang, bahkan panjang moncong ikan ini hampir sama dengan panjang kepalanya. Selain itu, pada bagian punggungnya terdapat deretan duri yang jumlahnya antara 23-27 buah duri dan terdapat pula corak vertikal berwarna gelap di bagian sisi tubuhnya.

2. Ikan Tenggiri Papan

Gambar Ikan Tenggiri Papan
gambarikan.com

Pada ikan tenggiri papan ini Anda bisa melihat dengan jelas adanya corak dengan bentuk bulat berwarna agak kehitaman di bagian sisi tubuhnya, biasanya corak itu tersusun menjadi 3 hingga 4 deretan. Sementara itu, untuk ukuran tubuhnya, jika dibandingkan dengan jenis ikan tenggiri lainnya, ukuran tubuh dari jenis ikan tenggiri papan ini lebih kecil hanya berkisar antara 60-80 cm saja.

3. Ikan Tenggiri Batang

Gambar Ikan Tenggiri Batang
infoikan.com

Dibanding dua jenis ikan tenggiri di atas, ikan tenggiri batang adalah jenis ikan tenggiri yang paling mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Umumnya, ikan tenggiri batang ini dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan kerupuk ikan, pempek dan berbagai jenis makanan dengan bahan utama ikan tenggiri lainnya.

Ciri fisik yang membedakan antara ikan tenggiri batang dengan ikan tenggiri lainnya terletak pada sisi bagian tubuhnya yang memiliki corak garis vertikal berwarna gelap. Selain itu, postur tubuh dari ikan tenggiri batang ini juga terlihat lebih kekar dari jenis ikan tenggiri lainnya.

Jenis Olahan Ikan Tenggiri

1. Ikan Tenggiri Giling

Gambar Ikan Tenggiri Giling
seafoodmarketindonesia.com

Ikan tenggiri giling adalah pilihan yang paling praktis bagi Anda yang ingin membuat masakan berbahan dasar ikan tenggiri misalnya seperti bakso ikan, siomay dan juga pempek. Namun, karena sebelum dipasarkan, ikan tenggiri giling ini harus dipisahkan terlebih dahulu dari kepala, duri dan kulitnya kemudian baru digiling, maka harga dari ikan tenggiri yang sudah digiling tentu lebih tinggi daripada ikan tenggiri segar.

2. Ikan Tenggiri Fillet

Gambar Ikan Tenggiri Fillet
majalahhewan.com

Selain ikan tenggiri segar, di pasaran juga banyak dijual ikan tenggiri yang dijual dalam keadaan bersih tanpa duri yang dikenal dengan sebutan ikan tenggiri fillet. Tentu saja, ikan tenggiri yang dijual dalam bentuk fillet yang praktis ini cukup banyak pula peminatnya, apalagi harganya juga tidak terlalu berbeda jauh dengan ikan tenggiri giling.

Ciri-Ciri Ikan Tenggiri yang Masih Segar

Gambar Ikan Tenggiri Segar
seafoodmarketindonesia.com

Agar bisa menghasilkan masakan berbahan dasar ikan yang lezat diperlukan ikan yang segar. Oleh sebab itu, diperlukan kecermatan dan ketelitian ketika membeli ikan, sehingga selain enak, Anda juga bisa memperoleh gizi yang terkandung dalam ikan yang Anda konsumsi itu. Begitu pula ketika akan mengkonsumsi ikan tenggiri, maka sebelum membeli Anda perlu memperhatikan beberapa ciri dari ikan tenggiri segar seperti berikut ini:

1. Ikan tenggiri segar pada bagian perutnya ketika dipegang akan memiliki tekstur keras namun tetap terasa kenyal.
2. Mata ikan tenggiri segar masih terlihat jernih, mengkilap serta cembung menonjol, hampir sama dengan keadaan ikan saat masih hidup.
3. Insang ikan tenggiri yang masih segar akan masih berwarna merah
4. Ikan tenggiri segar memiliki warna kulit yang terlihat cerah dan terang
5. Pada ikan tenggiri segar seharusnya tubuhnya masih dipenuhi oleh sisik
6. Bagian daging ataupun kulit ikan tenggiri yang masih segar itu tidak akan mudah untuk dirobek pada saat disentuh
7. Ikan tenggiri segar memiliki aroma yang tidak terlalu amis
8. Ikan tenggiri segar memiliki lendir yang tipis

Harga Ikan Tenggiri

Gambar Harga Ikan Tenggiri
thegorbalsla.com

Harga di Supermarket

Selain dipasarkan di pasar tradisional, ikan tenggiri juga banyak dijual di supermarket. Umumnya, per kg ikan tenggiri segar di supermarket dijual dengan harga berkisar antara Rp. 90.000 – Rp. 100.000, sementara itu untuk ikan tenggiri yang sudah digiling, biasanya dijual dengan harga lebih tinggi yaitu sekitar Rp. 120.000 hingga Rp. 150.000.

Harga di Jakarta

Jakarta memiliki sebuah tempat penjualan ikan air laut yang dikenal sebagai salah satu pasar ikan terbesar di Indonesia, yaitu Muara Angke. Tentu saja, berbagai jenis ikan termasuk ikan tenggiri yang dijual di Muara Angke akan lebih murah apalagi jika dibandingkan dengan harga ikan yang dipasarkan di supermarket. Berikut ini ada daftar harga per kg ikan tenggiri segar dan hasil olahannya di Jakarta.

KategoriHarga Per Kg
Ikan Tenggiri Segar di Muara AngkeRp. 80.000 – Rp. 85.000
Ikan Tenggiri Segar di Pasar Tradisional JakartaRp. 85.000 – Rp. 95.000
Kerupuk Ikan TenggiriRp. 65.000
Ikan Tenggiri GilingRp. 120.000 – Rp.130.000
Ikan Tenggiri FilletRp. 110.000 – Rp. 120.000

 

Harga di Berbagai Daerah di Indonesia

Selain di Jakarta, tentu saja ikan tenggiri juga dipasarkan di berbagai pasar tradisional, pasar modern dan supermarket di seluruh Indonesia. Untuk harga per kg ikan tenggiri di setiap daerah di Indonesia tentu pula berbeda-beda, sebab ikan tenggiri itu tidak tersebar di semua perairan yang ada di Indonesia. Di bawah ini, Anda bisa menyimak daftar harga per kg ikan tenggiri di berbagai daerah di Indonesia.

Nama DaerahHarga per kg
BandungRp. 94.000
SemarangRp. 83.000
YogyakartaRp. 84.000
PurwokertoRp. 86.000
SurabayaRp. 82.000
MedanRp. 78.000
BalikpapanRp. 80.000
MakassarRp. 79.000
PekanbaruRp. 76.000
AcehRp. 74.000
PadangRp. 76.000
BekasiRp. 89.000
SerangRp. 88.000
BogorRp. 93.000
CirebonRp. 90.000
DenpasarRp. 98.000
MalangRp. 87.000

Ragam ikan tenggiri (segar, giling dan fillet) yang dijual di pasaran membuat konsumen akan lebih mudah dalam memilih dan membeli ikan tenggiri yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Baca Juga : Harga Ikan Tuna

Selain itu, satu hal yang perlu diketahui adalah harga ikan tenggiri per kg itu berubah-ubah setiap bulannya, tergantung pada musim, cuaca dan kondisi laut apakah menyulitkan atau memudahkan nelayan untuk mencari ikan.

Tinggalkan komentar