Harga Ikan Tuna

Ikan tuna sudah tidak asing lagi dalam olahan makanan berbahan dasar ikan di Indonesia. Selain rasa yang enak, ikan tuna juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk otak.

Harga ikan tuna di berbagai daerah berbeda-beda untuk setiap satu kilonya. Ikan tuna biasa diolah menjadi makanan ringan yang kaya kandungan gizi.

Dari balita hingga dewasa semua menyukai tuna yang rasa dagingnya sangat enak dan sangat khas. Di supermarket dan pasar tradisional banyak dijumpai olahan tuna yang beraneka ragam.

Jenis-Jenis Ikan Tuna

Sama seperti jenis ikan yang lain, ikan tuna juga memiliki berbagai macam jenis yang telah ditemukan di dunia. Berikut jenis-jenis ikan tuna yang pernah ditemukan di dunia.

1. Tuna Sirip Biru

Gambar Ikan Tuna Sirip Biru
akurat.co

Tuna sirip biru merupakan jenis tuna yang memiliki kecepatan renang lebih tinggi. Tuna jenis ini juga berdaya tahan kuat karena tubuhnya yang ramping. Selain bentuk tubuh yang ramping, tubuh tuna jenis ini juga menyerupai torpedo. Berat tuna sirip biru bisa mencapai 269 kilogram, namun sayangnya tuna sirip biru sudah hampir punah.

2. Tuna Sirip Kuning

Gambar Ikan Tuna Sirip Kuning
maritimnews.id

Jenis tuna dengan ukuran tubuh besar selain tuna sirip biru adalah tuna sirip kuning ini. Meskipun tidak sebesar tuna sirip biru, panjang tuna sirip kuning dapat mencapai 195 cm. Kebiasaan tuna sirip kuning yang dapat dilihat adalah kebiasaan berenang dengan ikan yang berukuran sama secara bergerombol baik dengan spesies ikan lain.

3. Ikan Cakalang atau Skipjack Tuna

Gambar Ikan Tuna Cakalang
nghisonfoodsgroup.com

Di Indonesia, jenis ikan tuna yang satu ini disebut dengan ikan cakalang. Ikan tuna ini biasanya hidup di daerah perairan dunia, terutam di daerah-daerah dengan iklim tropis. Ikan tuna cakalang ini senang dengan wilayah yang berupa campuran lapisan yang ada di atas laut. Ketika usianya mencapai satu tahun, ikan tuna ini disebut dengan tuna dewasa.

4. Ikan Tuna Albakora

Gambar Ikan Tuna Albakora
didiuna.blogspot.com

Ikan tuna yang sering disebut dengan ayam laut ini, rasa dagingnya hampir mirip dengan rasa pada daging ayam. Warna dagingnya pun putih, sama dengan warna pada daging ayam. Biasanya ikan tuna Albakora ini disajikan dengan minyak zaitun ketika diolah, khususnya oleh orang-orang Spanyol. Populasi ikan tuna Albakora yang hidup di Samudra hindia, terbilang menurun.

Sedangkan jenis tuna Albakora yang hidup di wilayah Samudra Pasifik dan juga Utara masih stabil. Karena di wilayah Samudera Pasifik ini memang tidak mengalami upaya penangkapan yang jumlahnya berlebihan.

5. Big Eye Tuna

Gambar Ikan Tuna Mata Besar
wikipedia.org

Sesuai dengan namanya, ikan tuna ini disebut juga dengan ikan mata besar. Keunggulan Big Eye ini adalah saat berenang, ia mampu mencapai kedalaman yang cukup dalam hingga mengalahkan jenis tuna cakalang atau tuna sirip kuning.

Itulah sebabnya kandungan lemak yang ada di tubuhnya lebih banyak. karena ikan ini memerlukan lemak untuk ketahanan tubuhnya berenang di air dingin.

Setelah dimasak warna dagingnya akan berubah warna menjadi lebih gelap. Ikan tuna mata besar ini banyak dikonsumsi oleh orang-orang di Jepang kemudian mengolahnya kembali menjadi Sashimi. Warna dagingnya dianggap kurang cocok untuk dijadikan ikan kalengan.

Jika dikonsumsi pada ukuran ikan yang besar, rasanya akan menyerupai daging sapi lalu bisa dikemas menjadi ikan kalengan.

6. Ikan Tuna Bonito

Gambar Ikan Tuna Bonito
onthewater.com

Ikan ini sebenarnya termasuk pada jenis keluarga tuna, tetapi ketika dipasarkan ia tidak dimasukkan ke dalam golongan ikan tuna.

Dengan penyajian khusus yaitu menggunakan minyak zaitun, olahan makanan ikan tuna yang satu ini menjadi lebih populer karena rasanya yang lebih lezat. Warna dagingnya yang hitam dan teksturnya yang keras, ukurannya juga cenderung kecil.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Tuna

Gambar Manfaat Ikan Tuna
bamyc.com

Ikan tuna selain memiliki rasa yang lezat juga terdapat manfaat di dalamnya jika dikonsumsi. Manfaat yang ada dalam tuna baik untuk tubuh di samping rasa khas yang dimilikinya. Beberapa manfaat mengonsumsi ikan tuna bagi tubuh antara lain:

1. Menurunkan Darah Tinggi
Jangan membiarkan hipertensi tanpa menurunkannya karena berbahaya dan dapat mengakibatkan komplikasi. Kondisi darah tinggi atau hipertensi dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi ikan tuna. Jika Anda tidak menyukai obat karena rasanya yang tidak enak, maka tuna menjadi solusi terbaik karena dapat diolah dengan rasa yang enak.

2. Menurunkan Kadar Trigliserida
Trigliserisida yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit jantung, stroke, serta penyakit yang lainnya. Untuk membantu menurunkan kadar trigliserida Anda dapat mengonsumsi ikan tuna dengan olahan yang tepat.

3. Sebagai Sumber Protein untuk Diet
Untuk Anda yang sedang menjalankan diet sehat tak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan tuna. Mengonsumsi ikan tuna yang mengandung protein baik juga dapat dilakukan untuk Anda yang tidak suka dengan daging ayam. Protein yang tinggi dalam ikan tuna dapat menguatkan otot-otot tubuh sehingga bekerja menjadi lebih optimal.

4. Mencegah Obesitas
Kandungan lemak dan kalori yang rendah dapat membantu menurunkan berat badan, baik saat diet maupun dalam mencegah obesitas. Kandungan gizi di dalam ikan tuna sangatlah baik untuk menjaga berat badan agar tidak melonjak naik.

5. Membersihkan Pembuluh Darah
Lemak serta akumulasi kotoran dalam pembuluh darah dapat dibersihkan dengan banyak mengonsumsi ikan tuna. Mengonsumsi tuna sangat dianjurkan agar tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

6. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung
Ikan tuna mengandung gizi yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu tuna juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab stroke dan penyakit jantung. Seperti yang telah diketahui bahwa kedua penyakit tersebut merupakan penyebab kematian paling banyak di Indonesia.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Kualitas penglihatan yang semakin menurun dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan tuna dalam jumlah yang cukup. Gizi yang ada di dalam ikan tuna dapat mencegah mata kering yang dapat mengganggu penglihatan.

8. Meredakan Stres
Mengonsumsi ikan tuna dapat menyegarkan otak yang dapat meredakan stres dan depresi yang menyerang. Anda dapat mengonsumsi tuna dalam bentuk olahan yang Anda sukai sehingga lebih menggugah selera makan.

9. Meningkatkan Daya Imun
Kekebalan tubuh sangat penting karena dapat mencegah tubuh dari penyakit yang menyerang. Untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh Anda dapat mengonsumsi ikan tuna.

10. Anti Radang
Mengonsumsi obat radang secara terus menerus dapat menyebabkan tukak lambung. Untuk mengatasi radang, Anda dapat mengonsumsi ikan tuna sebagai solusi aman dalam jangka panjang.

Harga Ikan Tuna Terbaru di Beberapa Kota

Gambar Harga Ikan Tuna
sandiegoreader.com

 

KotaHarga
BalikpapanRp 54.000 /kg
BandungRp 50.000 /kg
BanjarmasinRp47.000 /kg
BatamRp 47.000 /kg
DenpasarRp 57.000 /kg
JakartaRp 57.000 /kg
JambiRp 54.000 /kg
LampungRp 47.000 /kg
MakasarRp 53.000 /kg
MalangRp 50.000 /kg
MedanRp 54.000 /kg
PadangRp 47.000 /kg
PalembangRp 47.000 /kg
PekanbaruRp 54.000 /kg
PontianakRp 54.000 /kg
SemarangRp 50.000 /kg
SerangRp 47.000,00 /kg
SurabayaRp 50.000 /kg
TasikmalayaRp 50.000 /kg

Baca Juga : Harga Ikan Salmon

Harga ikan tuna di pasaran sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Tuna juga dapat menjadi alternatif camilan anak yang dapat membantu perkembangan otaknya.

Tinggalkan komentar