Harga Kepiting

Kepiting termasuk hidangan laut yang paling umum dinikmati, dan salah satu yang terlezat. Harga kepiting sangat bervariasi tergantung jenis dan ukuran. Kepiting adalah jenis krustasea yang termasuk dalam ordo Brachyura. Ada ribuan jenis kepiting berbeda yang dibagi menjadi lebih dari 850 spesies. Kebanyakan varietasnya memiliki cangkang luar yang keras (tiga kaki untuk berjalan plus dua capit).

Sebelum menilik berapa harga kepiting, mungkin akan lebih baik jika mengetahui jenis-jenis kepitingnya terlebih dahulu. Berikut adalah daftarnya.

Jenis-Jenis Kepiting

1. Kepiting Raja (King Crab)

Gambar Kepiting Raja
dewayoflife.blogspot.com

Kepiting raja adalah salah satu jenis kepiting yang paling umum dan terbaik, karena ukurannya yang besar dan tekstur dagingnya yang lembut serta lezat. Meskipun besar, tapi hanya sekitar seperempat bagian tubuhnya yang bisa dimakan, terutama kaki dan capit. Jenis ini paling banyak ditemukan di wilayah perairan dingin.

Nama latinnya adalah Paralithodes camtschaticus, yang juga sering disebut “kepiting raja Alaska”, “kepiting batu”, “kepiting Jepang”, dan “kepiting Rusia”. Ada sekitar 121 spesies kepiting raja yang tersebar di 10 genus dan marga. Dari banyak spesies ini, kepiting Raja Merah (Paralithodes camtschaticus) adalah jenis kepiting Alaska yang paling populer.

Beratnya bisa mencapai 13 kg dan panjangnya bisa lebih dari 3 meter saat kakinya dibentangkan. Kepiting ini umumnya ditangkap di laut Pasifik Utara yang dingin di sekitar Alaska, seperti Laut Bering dan Norton Sound, yang kemudian dikirim ke berbagai negara di dunia. Ketika ditangkap di alam liar, kepiting Raja Merah memiliki tubuh jaggy coklat muda, tapi menjadi warna merah tua saat dimasak.

2. Kepiting Biru

Gambar Kepiting Biru
pixabay.com

Kepiting biru adalah jenis lain dari kepiting raja Alaska yang besar. Nama latinya adalah Callinectes sapidus, yang memiliki arti “perenang yang cantik”. Kepiting ini memang memiliki warna biru kehijauan yang indah, tapi saat dimasak, warnanya akan berubah menjadi merah seperti kepiting pada umumnya. Jenis ini tidak sebesar kepiting Raja Merah, tapi dagingnya sama-sama empuk dan manis.

3. Kepiting Kelapa

Gambar Kepiting Kelapa
mongabay.co.id

Kepiting kelapa (Birgus latro) adalah kepiting darat nokturnal yang banyak ditemukan di Pasifik barat daya dan lautan India. Sedangkan di dalam negeri, jenis ini bisa ditemukan di beberapa tempat di wilayah tengah dan timur Indonesia seperti di Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sulawesi Tengah dan Utara, Kalimantan, dan Pulau Derawan.

Disebut dengan kepiting kelapa karena jenis kepiting ini suka memanjat pohon kelapa dan memakan buahnya. Kepiting kelapa dewasa memiliki panjang sekitar 1 meter dari ujung kaki ke ujung kaki lain dan beratnya sekitar 4,5 kg. Warna kepiting dewasa berkisar dari ungu muda ke coklat dan ungu tua, sedangkan yang muda berwarna coklat dengan garis-garis hitam di bagian kaki.

4. Kepiting Salju

Gambar Kepiting Salju
primaberita.com

Kepiting salju (Chionoecetes opilio) merupakan jenis kepiting Alaska berkaki panjang. Spesies kepiting ini ditemukan di lautan dingin di sekitar Alaska dan Samudra Atlantik Utara. Tubuhnya berwarna coklat gelap dan bisa tumbuh hingga 17 cm dengan bobot 1,2 kg. Jenis kepiting ini banyak disukai karena dagingnya yang gurih dan lembut meski tanpa bumbu.

5. Kepiting Dungeness

Gambar Kepiting Dungeness
alibaba.com

Kepiting Dungeness (Cancer magister) memiliki tubuh berwarna coklat keunguan dengan bobot 0,8 kg – 1,8 kg dan lebar 20 cm. Seperempat dari beratnya adalah daging empuk yang manis dan lezat. Setelah dimasak, warna dagingnya menjadi merah muda atau kemerahan. Jenis ini banyak ditemukan di perairan pantai dari Alaska ke Baja, Meksiko.

Kata Dungeness yang terselip di namanya sebenarnya adalah nama sebuah kota kecil yang berada di negara bagian Washington, yang pertama kali mulai memanen kepiting jenis ini. Aturan untuk memanen kepiting ini adalah tubuhnya harus memiliki panjang minimal 17 cm dan hanya berjenis kelamin jantan.

6. Kepiting Batu Florida

Gambar Kepiting Batu Florida
jaxshells.org

Kepiting batu Florida (Menippe mercenaria) adalah jenis yang banyak ditemukan di perairan hangat di Amerika Tengah dan Pantai Timur AS, yang lebar badannya bisa mencapai 17 cm. Nama lainnya adalah kepiting moro. Salah satu ciri khasnya adalah penjepit besar di bagian depan tubuhnya, yang berwarna merah kecoklatan dengan ujung hitam.

Kepiting ini tidak ditangkap dan dimasak seluruhnya, tapi hanya diambil satu cakarnya kemudian dikembalikan ke laut agar kepiting menumbuhkan cakar baru dalam waktu 18 bulan. Jadi, hanya daging dari cakar besar ini yang dikonsumsi. Daging dari bagian ini memiliki rasa manis dan lezat dengan tekstur padat.

7. Kepiting Bakau

Gambar kepiting bakau
bobo.grid.id

Persis seperti namanya, habitat kepiting ini adalah hutan bakau. Siklus hidupnya sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor biotik dan abiotik, seperti curah hujan dan kelembaban relatif. Kepiting ini tumbuh lambat dan berumur panjang, bisa hidup lebih dari 10 tahun. Kepiting bakau bersifat semi-terestrial, artinya dapat hidup di laut dan di darat.
Kepiting bakau akan menggali tanah dan masuk ke dalam saat air pasang, tapi saat ada predator, krustasea ini dapat memanjat pohon untuk melindungi diri. Kepiting ini memiliki cangkang oval melengkung yang dapat bervariasi dari warna biru ke kuning.

8. Kepiting Laba-Laba Jepang

Gambar Kepiting Laba-Laba Jepang
kurio.id

Kepiting laba-laba Jepang (Macrocheira kaempferi) adalah jenis kepiting yang tampak menakutkan karena memiliki 8 kaki panjang seperti laba-laba. Lebar tubuhnya bisa mencapai 40 cm, dengan rentang kaki mencapai 4 meter. Sedangkan beratnya bisa sekitar 19 kg. Warna tubuhnya adalah orange dengan bintik-bintik putih di sepanjang kakinya.

Meskipun berpenampilan ganas, tapi jenis kepiting ini bukan spesies yang agresif. Perilakunya justru lemah lembut dan dagingnya sangat lezat dengan cita rasa lebih manis dari varietas kepiting berwarna coklat. Tak hanya penampilannya yang anti mainstream, umur kepiting ini juga tak biasa, karena bisa bertahan hidup sampai 100 tahun dan diyakini sebagai spesies kepiting tertua yang pernah ada.

Tersemat kata Jepang dalam namanya karena kepiting ini banyak ditemukan di lepas pantai Jepang. Nama Jepang untuk spesies ini adalah taka-ashi-gani, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “kepiting kaki panjang”.

Daftar Harga Kepiting

Gambar Harga kepiting
tokopedia.com
Nama / JenisHarga
Kepiting Raja AlaskaRp 190.000 – Rp 200.000/100 gram atau Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000/kg
Kepiting DungenessRp 1.000.000 – Rp 1.200.000/kg
Live King CrabRp 2.000.000/kg
Kepiting Laba-Laba JepangRp 70.000/100 gram
Kepiting Batu FloridaRp 210.000/kg capit
Kepiting BiruRp 260.000 – Rp 380.000/kg
Kepiting BakauRp 190.000 – Rp 200.000/ekor
Kepiting KelapaRp 100.000 – Rp 300.000/ekor
Kepiting SaljuRp 1.500.000 – Rp 2.000.000/ekor

Kepiting memang sajian yang selalu menggugah selera. Dan ternyata ada berbagai jenis yang bisa Anda pilih. Ada jenis yang memiliki kaki besar dan cakar runcing, ada juga yang berkaki panjang dan berwarna tak biasa.

Baca Juga : Harga Lobster

Harga kepiting sendiri cukup bervariatif, tapi bisa dibilang bahwa semuanya tidak termasuk murah.

Tinggalkan komentar