Harga Lobster

Lobster merupakan salah satu hasil laut dan pertambakan yang sangat digemari masyarakat karena rasanya yang enak. Selain enak, lobster juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tak jarang, harga lobster dari tahun ke tahun mengalami sedikit peningkatan sesuai dengan berat dan jenisnya masing-masing.

Lobster biasa dijual di supermarket dan tempat penjualan lain dalam keadaan masih segar ataupun sudah dalam keadaan mati. Nantinya, lobster akan dibuat berbagai macam olahan, seperti lobster asam manis, sashimi, dan olahan lobster yang lainnya. Rata-rata lobster dibeli oleh para pemilik restoran dan warung makan karena banyak sekali peminatnya.

Jenis-Jenis Lobster Air Tawar

1. Dark Rainbow Lobster

Gambar Dark Rainbow Lobster
dictio.id

Lobster yang bernama lain Red Bricks Crab ini masih berkerabat dekat dengan Zebra Lobster yang hidup di perairan tawar Papua. Lobster jenis ini dapat hidup di perairan dengan temperatur 26°C dengan PH 6,5 – 7,5.

2. Papua Rainbow Lobster

Gambar Papua Rainbow Lobster
tipsiana.com

Jenis lobster yang ditemukan di perairan Indonesia bernama Papua Rainbow Lobster baru-baru ini dinobatkan sebagai lobster tercantik di dunia. Bentuk tubuh yang cantik dengan ukurannya yang kecil serta dominan warna biru keunguan pada tubuh dan capitnya membuat lobster ini hanya dijadikan sebagai lobster hias.

3. White Lobster

Gambar White lobster
amazon.com

Seperti namanya, lobster ini memiliki warta tubuh dominan putih. Lobster putih ini memiliki nama lain, yakni Proclambarus Clarkii White.

4. Blue Hammer Lobster

Gambar Blue Hammer Lobster
aquariumfiltersetup.com

Salah satu lobster dengan dominan warna lain yang tak kalah cantiknya adalah Blue Hammer Lobster. Seperti namanya, lobster ini memiliki warna tubuh yang dominan biru dengan titik-titik berwarna biru tua di sekujur tubuhnya.

5. Brown Lobster

Gambar Brown Lobster
pikrepo.com

Warna lobster yang sekaligus menjadi nama dari lobster tersebut adalah coklat atau brown. Lobster coklat ini memiliki warna tubuh coklat kemerah-merahan yang berasal dari persilangan dua jenis lobster, yakni lobster putih dan red ingga.

6. Red Lobster

Gambar Red Lobster
amazon.com

Memiliki tubuh berwarna merah sedikit keoranyean, lobster ini merupakan jenis lobster yang mudah dibudidayakan di iklim tropis. Red lobster biasa dikenal juga dengan nama Red Neon Lobster.

7. Black Lobster

Gambar black lobster
pefa.com

Mungkin alasan mengapa dinamakan Black Lobster atau lobster hitam adalah karena warna tubuh yang dominan hitam namun tidak pekat. Nama lain dari lobster ini adalah Cherax Plebejur.

8. Orange Lobster

Gambar Orange Lobster
apnews.com

Sepertinya nama lobster memang identik dengan warna tubuhnya, seperti lobster yang satu ini. Tubuhnya berwarna oranye yang cenderung sedikit gelap. Ada jenis lain yang mirip dengan jenis ini yakni Orange 2 Lobster. Bedanya hanya pada warnanya yang lebih cerah dan menyala.

9. Purple Lobster

Gambar Purple Lobster
toofishy.com

Sudah bisa ditebak bahwa lobster ini memang memiliki tubuh berwarna ungu. Namun jangan salah, warna ungu lobster ini hanya terdapat pada punggung, bukan seluruh tubuh.

10. Red Claw Lobster

Gambar Red Claw Lobster
liveaquaponics.com

Jenis lobster ini merupakan primadona bagi orang Indonesia. Rasa dagingnya yang lezat membuat lobster ini banyak dibudidayakan sebagai lobster konsumsi. Ciri khas lobster ini adalah warna kuning kemerahan pada capitnya.

11. Dark Blue Yabby Lobster

Gambar Dark Blue Yabby Lobster
dictio.id

Ciri khas lobster yang hidup di perairan barat Australia ini adalah tubuhnya yang berwarna biru gelap dan akan bertambah gelap saat berukuran 5 inci dan lama kelamaan akan bertambah gelap dan memudar menjadi hitam.

12. Red Ghost Lobster

Gambar Red Ghost Lobster
shutterstock.com

Tak seseram namanya, lobster ini justru memiliki corak yang unik pada tubuhnya. Ciri khas tersebut ada pada capitnya yang berwarna merah kecoklatan dan warna biru tua pada kepala hingga bagian punggung cangkang.

13. Dark Blue Yellow Tail Lobster

Gambar Dark Blue Yellow Tail Lobster
matarislavegirl.blogspot.com

Lobster dengan warna unik selanjutnya adalah Dark Blue Yellow Tail Lobster. Warna tubuhnya adalah hijau lumut, biru tua pada bagian kaki, serta kuning terang pada bagian ekornya.

14. Mexian Drarf Lobster

Gambar Mexian Drarf Lobster
carousell.com

Perawakan lobster ini sedikit lebih kecil dan cenderung mirip udang dengan warna khas oranye dan terdapat bintik-bintik.

Jenis-Jenis Lobster Air Laut

1. Lobster Batu

Gambar Lobster Batu
kompas.com

Ciri khas lobster ini adalah warna punggungnya kebiru-biruan, kehijau-hijauan, atau coklat kemerah-merahan dengan tambahan bintik-bintik berwarna kuning terang. Selain itu, lobster ini juga memiliki garis kuning melintang ada bagian badan.

2. Lobster Pakistan

Gambar Lobster Pakistan
tokopedia.com

Lobster ini bernama asli Panulirus Polyphagus. Memiliki ciri berupa badan yang berwarna coklat dengan guratan berbentuk pipa berwarna putih dan coklat gelap pada setiap ujung ruas tubuhnya.

3. Lobster Bambu

Gambar Lobster Bambu
tokopedia.com

Lobster ini saat masih muda memiliki warna tubuh kebiru-biruan atau keunguan. Namun saat beranjak dewasa, warna lobster berubah menjadi hijau terang dengan sapuan warna merah pada yang dominan ada di punggung. Cangkang kepala lobster ini memiliki bercak-bercak berwarna putih di atas kepala yang berwarna hitam.
Bagian segmen lobster ini juga memiliki guratan berbentuk pipa dengan warna hitam disertai garis putih di tengahnya. Warna kaki didominasi putih dan antenanya berwarna coklat muda kekuningan.

4. Lobster Pasir

Gambar Lobster Pasir
adorablefisheries.blogspot.com

Warna tubuh lobster pasir cenderung gelap dan berwarna coklat. Lobster ini juga memiliki bintik putih yang memanjang sampai ke pangkal ekornya. Lobster jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada lobster betina.

5. Lobster Batik

Gambar Lobster Batik
intipersabdabahari.id

Sesuai namanya, lobster ini memiliki motif batik di sekujur tubuhnya. Bagian tubuh berwarna coklat tua dengan bintik kecil berwarna putih, sedangkan antenanya berwarna keunguan dan terdapat bintik hitam. Ekor lobster ini berwarna oranye dan kakinya berwarna hitam.
Lobster jenis ini banyak ditemukan di wilayah pantai selatan pulau Jawa dengan rasa daging yang manis dan gurih.

6. Lobster Mutiara

Gambar Lobster Mutiara
shopee.co.id

Lobster yang satu ini banyak diburu nelayan karena harga jualnya yang tinggi dibandingkan dengan jenis lobster yang lainnya, yakni bisa mencapai jutaan rupiah per kilogramnya. Tak heran memang, karena lobster ini berdaging tebal serta cara mendapatkannya cukup sulit karena habitatnya di laut berombak besar.

Ciri khas lobster ini ada pada punggungnya yang berwarna biru kehijauan dan coklat kemerahan. Tubuhnya juga memiliki bintik-bintik berwarna kuning terang. Karena dagingnya yang tebal, lobster ini biasa dijadikan menu sashimi yang dimakan mentah.

Daftar Harga LobsterGambar Harga Lobster Air Laut

Harga Lobster Air Tawar

Ukuran LobsterHarga
Kemasan lobster isi 30-35Rp103.000,00
Kemasan lobster isi 25-29Rp123.000,00
Kemasan lobster isi 20-24Rp143.000,00
Kemasan lobster isi 15-19Rp163.000,00
Kemasan lobster isi 10-14Rp183.000,00
Kemasan lobster isi 5-9Rp223.000,00

Harga Lobster Air Laut

Jenis Lobster Ukuran 500 gramHarga
Lobster BatuRp652.000,00
Lobster BambuRp752.000,00
Lobster BatikRp802.000,00
Lobster MutiaraRp902.000,00
Lobster PasirRp702.000,00
Lobster PakistanRp682.000,00

 

Harga Lobster Mutiara

Ukuran Lobster MutiaraHarga
Lobster berat 2000 gram (hidup)Rp1.802.000,00
Lobster berat 1000 gramRp1.202.000,00
Lobster berat 500-600 gramRp902.000,00
Lobster berat 300-500 gramRp752.000,00
Lobster berat 200-300 gramRp622.000,00

Baca Juga :  Harga Ikan Tenggiri

Harga lobster bisa jadi terdapat perbedaan, tergantung daerah dan wilayah masing-masing. Namun untuk harga lobster umumnya bisa Anda lihat pada beberapa daftar tabel di atas.

Tinggalkan komentar