Harga Udang

Harga udang tidak bisa dibilang murah, karena hewan kecil ini termasuk salah satu hidangan seafood favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, udang juga dapat diolah menjadi berbagai menu, seperti udang goreng, udang saus Padang, udang bumbu rendang, bakso udang, spageti udang, udang asam manis, udang kari, dan masih banyak lagi.

Saat menelusuri hidangan laut yang berbahan dasar udang, mungkin terlihat bahwa semua udang tanpak sama, padahal sebenarnya ada berbagai jenis dan ukuran. Meskipun ada setidaknya 300 spesies udang di dunia, tapi hanya sebagian kecil yang tersedia secara komersial dan dapat dikonsumsi. Tujuh di antaranya adalah sebagai berikut.

Jenis-Jenis Udang

1. Pink Shrimp

Gambar udang Pink Shrimp
santamonicaseafood.com

Pink shrimp alias udang merah muda ditemukan dari Chesapeake Bay selatan ke Florida Keys dan di sekitar pantai Teluk Meksiko ke Yucatan di selatan Cabo Catoche, Meksiko. Udang berwarna cantik ini paling berlimpah di lepas pantai Florida barat daya dan Teluk Campeche di tenggara. Pink shrimp adalah sebutan orang luar negeri untuk udang ini, di Indonesia lebih akrab dengan nama udang dogol.
Ada juga yang menyebutnya sebagai udang salad, karena ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar membuatnya banyak diolah menjadi salad udang. Tapi bisa juga dinikmati dalam bentuk udang goreng yang dicocol dengan saus pedas. Rasanya enak dan crunchy.

2. Udang Jerbung

Gambar Udang Jerbung
seafoodnusantara.com

Udang jerbung dikenal dengan beberapa nama, seperti white shrimp (udang putih), green shrimp, green-tailed shrimp, dan blue-tailed shrimp. Disebut demikian karena udang ini memiliki kulit tipis licin yang berwarna putih kekuningan dengan bintik-bintik hijau. Spesies udang ini ditemukan di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara dan di Teluk Meksiko.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 21 cm. Udang ini rendah lemak jenuh dan merupakan sumber selenium dan vitamin B12 yang sangat baik. Tekstur daging dari udang ini adalah padat, yang membuatnya bisa diolah dalam beragam pilihan, seperti direbus/dikukus, dipanggang, dan digoreng.

Namun karena kulitnya tipis, udang ini paling tidak cocok untuk dibakar, karena akan mudah gosong. Tiga varietas utama dari udang jerbung yang juga termasuk favorit para koki adalah Chinese white, Gulf white, dan acific white. Ketiganya memiliki cita rasa manis, tekstur padat, dan mudah dibersihkan.

3. Tiger Shrimp

Gambar Udang Tiger Shrimp
manettas.com.au

Tiger shrimp merupakan sebuah nama dagang, nama latinnya adalah Penaeus monodon (udang windu). Disebut tiger shrimp (udang macan) karena udang ini memiliki garis-garis yang menutupi cangkangnya mirip seperti macan.

Warna garis ini cukup beragam, bisa berwarna hijau kebiruan dengan garis melintang gelap atau kemerahan dengan garis melintang coklat. Tekstur kulitnya sendiri keras dan tebal. Udang bertubuh besar ini berasal dari Samudera Indo-Pasifik Barat, tapi telah membentuk populasi invasif di daerah lain, termasuk di Teluk Meksiko.

Udang jenis ini adalah spesies makanan laut paling penting di Asia, ditargetkan secara luas oleh nelayan komersial di seluruh jajarannya, dan dibudidayakan di peternakan akuakultur di seluruh dunia. Dan Amerika adalah salah satu tujuan ekspor utamanya. Udang ini paling enak diolah menjadi tempura udang, sate udang, udang bakar madu, dan kari udang.

4. Udang Ronggeng

Gambar Udang Ronggeng
pertanianku.com

Unik seperti namanya, udang ini memiliki mata tak biasa yang bisa berputar hingga 360 derajat. Nama aslinya adalah Lysiosquilla maculata, yang juga memiliki beberapa nama lain termasuk udang zebra mantis, udang belalang belang, dan udang belalang silet. Disebut demikian karena bentuk tubuhnya mirip dengan belalang sembah (mantis).

Spesies udang ini ditemukan di seluruh wilayah Indo-Pasifik dari Afrika Timur hingga Kepulauan Galapagos dan Hawaii. Perilaku udang ini tenang dan suka bersembunyi, karenanya paling banyak hidup di tempat yang terdapat bebatuan atau terumbu karang.

Panjang tubuhnya sekitar 40 cm, dengan kulit bergerigi dan keras, terutama di bagian antena dan kepala. Sedangkan bagian dagingnya memiliki cita rasa manis dan gurih. Udang ini bisa diolah dengan dipanggang atau digoreng. Biasanya, paling enak disantap dengan sambal kecap atau sambal ulek. Selain rasanya yang mantap tersebut, harga udang ini juga ramah dikantong.

5. Fan Shrimp

Gambar Fan Shrimp
kikifatmawathimuha.blogspot.com

Fan shrimp alias udang kipas adalah udang yang bentuk tubuhnya mirip dengan kipas tangan. Namun, ada juga yang menyebutnya udang sikat karena dirasa mirip dengan sikat gosok baju. Jika dilihat sekilas, tampilannya seperti lobster, tapi dengan ukuran tubuh yang lebih kecil. Karenanya, ada juga yang menyebut udang ini baby slipper lobster.

Sedangkan nama latinnya adalah Atya gabonensis, yaitu spesies udang air tawar dari Afrika Barat dan Amerika Selatan. Udang ini dapat tumbuh hingga 6 inch, dengan tekstur kulit yang keras dan agak kasar. Udang kipas paling enak dimasak dengan bumbu pedas, seperti bumbu balado, saus Padang, udang asam manis, atau dimasak dengan kuah santan pedas.

5. Flower Shrimp

Gambar Udang Flower Shrimp
pinterest.com

Flower shrimp berasal dari perairan Asia, dan paling banyak ditemukan di masakan Thailand. Udang ini memiliki warna yang menarik seperti bunga dan mampu mengubah warna dengan sangat cepat. Warnanya berkisar dari coklat muda hingga coklat tua, hijau kehitaman, dan kadang-kadang merah terang.

Kondisi yang menyebabkan udang ini berubah warna tidak diketahui, tapi beberapa pakar berspekulasi bahwa hal ini karena pengaruh suasana hati atau kebutuhan kamuflase. Ukuran maksimum tubuhnya adalah 3 inch, sangat cocok diolah dengan cara ditumis.

6. Udang Rebon

Gambar Udang Rebon
bukalapak.com

Udang ini adalah yang paling kecil di antara jenis lain (berukuran 2-4 cm), tapi peminatnya cukup besar. Harga udang ini juga paling murah di antara yang lain. Nama aslinya adalah acetes, yang berasal dari Indo-Pasifik barat dan tengah, pantai Atlantik di Amerika, pantai Pasifik di Amerika Selatan, dan perairan pedalaman Amerika Selatan.

Di Asia Tenggara, acetes memiliki nama lokal yang berbeda tergantung pada negaranya. Di Indonesia disebut rebon, di Malaysia disebut geragau, di Brunei namanya bubuk, dan di Filipina bernama alamang. Udang ini paling populer diolah menjadi terasi, abon, dan kerupuk.

7. Udang Karang

Gambar Udang Karang
kompas.com

Udang karang adalah krustasea air tawar yang menyerupai lobster kecil, yang juga dikenal sebagai crawfish, lobster air tawar, lobster gunung, dan udang barong. Beberapa spesiesnya ditemukan di sungai air tawar, sementara yang lain tumbuh subur di rawa, parit, dan sawah.

Bobot tubuh udang ini bisa mencapai 2 kg, dengan tekstur kulit yang keras dan warna yang cukup bervariasi, mulai dari hijau, hitam, bintik coklat dan putih, hingga coklat kemerahan. Udang ini biasa diolah menjadi udang asam manis, saus tiram, udang lobster, atau udang bakar.

Daftar Harga Udang

Gambar Harga Udang
splendidtable.org

 

JenisHarga
Pink shrimp (udang dogol)Rp 130.000/kg
White shrimp (udang jerbung)Rp 70.000-Rp 150.000/kg
Tiger shrimp (udang windu)Rp 160.000-Rp 175.000/kg
Udang ronggengRp 30.000/ekor
Fan shrimp (udang kipas)Rp 85.000/kg
Flower shrimpRp115.000/kg
Udang karangRp 100.000/gram
Udang rebonRp 5.000/kg

Baca Juga : Harga Udang Galah

Ada banyak jenis udang yang tersedia di pasaran, tapi tidak semuanya sama. Sebelum mengolahnya menjadi masakan, cari tahu lebih dulu jenis udang mana yang paling cocok untuk resep Anda. Dan pastikan Anda tahu berapa harga udang tersebut.

Tinggalkan komentar