Ikan Aquascape

Memelihara ikan dengan teknik aquascape memang semakin digandrungi dalam beberapa waktu terakhir. Selain ikan, komponen lain yang umumnya ada dalam aquascape adalah air, batu, pasir, koral, karang, dan tanaman bawah air lain yang dapat membuat akuarium tampak lebih real. Uniknya, ada banyak sekali spesies ikan aquascape untuk dijadikan pilihan, jadi bisa menyesuaikan selera.

Anda bisa memilih ikan berukuran besar atau kecil, dan bahkan juga udang untuk dijadikan koleksi akuarium. Namun, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai jenis spesies yang akan dipilih, dan pastikan kalau Anda tidak salah memelihara ikan dalam satu wadah. Hal ini dikarenakan ada beberapa spesies ikan predator yang tidak bisa dipelihara satu tempat dengan ikan kecil.

Ikan Hias Aquascape Besar

1. Red Tailed Chalceus

Gambar Ikan Red Tailed Chalceus Aquascape
nevertebrate.ro
Harga Rp 10.000

Spesies ikan yang berasal dari wilayah Amerika Selatan ini bisa mencapai panjang hingga 15-25 cm, namun dengan tubuh tetap slim. Seperti namanya, Red Tailed Chalceus memiliki sirip berwarna merah, dan sisik relatif besar.

Ikan ini termasuk dalam invertebrata yaitu pemakan serangga, ikan kecil, dan material tanaman).

2. Frontosa Cichlid

Gambar Ikan Frontosa Cichlid Aquascape
fishroom.co.uk
Harga Rp 31.000 – Rp 250.000

Ikan jenis ini berasal dari Danau Tanganyika, Afrika Timur. Frontosa Cichlid memiliki dahi relatif besar, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 33 cm.

Selain ukurannya yang cukup besar, Frontosa Cichlid juga mempunyai warna tubuh mempesona, yakni perpaduan warna hitam putih, dan sirip biru.

3. Firemouth Cichlid

Gambar Ikan Firemouth Cichlid
wikimedia.org
Harga Rp 76.000

Masih dari spesies Cichlid, Firemouth dapat ditemukan di wilayah Amerika Tengah dan Afrika. Sperti namanya, Firemouth mempunyai rahang berwarna merah jingga terang, dengan sisik tubuh silver bermotif kehitaman.

Panjang tubuh ikan aquascape ini bisa mencapai hingga 15 cm setelah dewasa. .

4. DiscusGambar Harga Ikan Discus2

Harga Rp 14.000 – Rp 110.000

Ikan hias genus Cichlid yang berasal dari Amazon, Amerika Selatan ini mempunyai bentuk, tingkah laku, warna, dan motif yang menawan, sehingga tidak heran jika banyak peminatnya.

Discus terkenal dengan corak yang umumnya berwarna hijau, biru, merah, dan coklat, dengan panjang hingga 23 cm.

5. Kissing Gourami

Gambar Ikan Kissing Gourami Aquascape
mathrubhumi.com
Harga Rp 105.000

Ikan aquascape dengan nama lain Helostoma Temminckii ini memang sangat terkenal karena bentuk mulut kerucutnya yang unik.

Sementara itu, bagian bibirnya dilapisi gigi tanduk yang berguna sebagai senjata saat berkelahi. Ikan berwarna pink pucat ini juga memiliki ukuran tubuh cukup besar dan panjang hingga 30 cm.

6. Oscar FishGambar Ikan Oscar Aquascape

Harga Rp 26.000 – Rp 260.000

Astronotus Ocellatus atau Oscar adalah spesies ikan dari keluarga Cichlid yang berasal dari Amerika Selatan. Di habitat aslinya, Oscar dapat tumbuh hingga sepanjang 45 cm dan berat 1,6 kg.

Penampilan fisik Oscar sangat mencolok, dengan warna gelap dan motif cincin kuning di ujung ekor dan sirip punggung.

7. Red Tailed Black Shark

Gambar Ikan Red Tailed Black Shark
aquadiction.world
Harga Rp 4.500

Meskipun diberi nama Red Tailed Black Shark, namun ikan hias aquascape ini tidak ada hubungannya hiu. Meskipun statusnya terancam punah, namun ikan ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau, yaitu mulai harga Rp 4.500 per ekor.

Red Tailed Black Shark memiliki tubuh hitam pekat dengan ekor berwarna merah atau jingga cerah yang tampak menawan.

8. Clown Loach

Gambar Ikan Clown Loach Aquascape
pinterest.co.uk
Harga Rp 12.000

Ikan aquascape yang lebih dikenal dengan nama Bajubang ini dapat Anda temukan di perairan Sumatera, dan Kalimantan. Clown Loach adalah salah satu jenis ikan hias paling populer.

Sebenarnya tidak mengherankan, mengingat ikan ini memiliki warna orange keputihan, dengan pita anterior membentang di atas kepala, tubuh tengah, dan belakang. Clown Loach dewasa dapat mencapai panjang ukuran mulai 20–30 cm.

9. African Jewelfish

aquariumsource.com
Harga Rp 11.000

Ikan yang masih termasuk dalam keluarga Cichlidae ini memiliki warna tubuh yang cantik. African Jewelfish memiliki warna dasar merah terang, dengan bintik biru halus seperti permata dan 3 bintik hitam di tubuhnya. Ikan ini dapat tumbuh hingga sepanjang 15 cm jika dipelihara dengan baik.

10. Bala Shark

Gambar Ikan Bala Shark
thesprucepets.com
Harga Rp 9.000

Terkenal dengan nama Tricolor Shark di kalangan kolektor ikan hias, Bala Shark dapat ditemukan di perairan pulau Sumatera, Kalimantan, dan perbatasan Kalimantan-Malaysia.

Meskipun tubuhnya besar dengan panjang hingga 35 cm, namun ikan dengan gradasi warna gelap ini tidak suka mengganggu.

11. Upside Down Catfish

Gambar Ikan Upside Down Catfish
thesprucepets.com
Harga Rp 60.000

Sebagaimana namanya, Upside Down Catfish tampak seperti ikan lele dalam posisi terbalik. Jenis ini memiliki diameter sekitar 20 cm, dan terbilang cukup besar untuk ukuran ikan hias.

Memiliki sisik bermotif loreng coklat-hitam yang menawan. Tidak heran kalau ikan ini sangat disukai kolektor.

12. Frog Faced Cichlid

Gambar Ikan Frog Faced Cichlid
tfhmagazine.com
Harga Rp 36.500

Ikan ini mempunyai wajah seperti katak, dan sirip kaku yang jauh berbeda dibandingkan spesies Cichlid lainnya. Frog Faced memiliki kombinasi warna super elegan, yakni silver kekuningan. Namun, warna kuning di bagian kepala tampak lebih terang.

Ikan dari keluarga Anglerfish Antennariidae ini dibanderol seharga Rp 36.500 per ekor.

13. Brichardi Cichlid

pinterest.com
Harga Rp 36.000

Spesies ini termasuk ikan tawar yang agresif, sehingga tidak cocok apabila disandingkan dengan ikan berukuran kecil. Warna dasar Brichardi ini adalah coklat, namun bagian sirip dan ekornya berwarna kuning pucat.

14. Red Eye Tetra

Gambar Ikan Red Eye Tetra
pinterest.com
Harga Rp 3.000

Ikan aquascape yang berasal dari Amerika Selatan, bagian timur dan tengah ini memiliki mata berwarna merah yang menjadi ciri khasnya.

Red Eye Tetra mempunyai tubuh yang didominasi warna silver, namun di pangkal ekor berwarna hitam. Sementara itu, setiap siripnya berwarna kuning tipis.

Ikan Hias Aquascape Kecil

1. Corydoras Panda

Gambar Ikan Corydoras Panda Aquascape
fishcare.net

Harga Rp 5.000Harga Rp 5.000

Ikan satu ini memiliki ciri warna fisik yang sangat khas, yaitu dominasi putih dengan semburat warna pink pucat dan tanda hitam yang menutupi mata seperti panda.

Bagian sirip dan pangkal ekor Corydoras Panda juga mempunyai tanda hitam.

2. Chili Rasbora

Gambar Ikan Chili Rasbora Aquascape
inlandaquatics.com
Harga Rp 8.500

Ikan hias yang juga terkenal dengan nama Rasboras Nyamuk ini memiliki tubuh berwarna merah dengan sentuhan biru keunguan mempesona.

Meskipun ukurannya kecil, namun Chili Rasbora ini sangat aktif dan lincah. Hanya saja kurang cocok apabila dipelihara berdampingan dengan spesies lain.

3. Cardinal Tetra

Gambar Ikan Cardinal Tetra Aquascape
aquaheaven.co.uk
Harga Rp 3.500

Dalam spesies Tetra, Cardinal akan memiliki fase perubahan warna cukup signifikan menjadi lebih terang, sehingga harganya bisa sangat mahal saat dewasa. Ikan ini didominasi warna merah dan motif garis-garis biru yang cantik.

Selain Cardinal Tetra, ada kerabatnya yang juga sangat mirip dan populer yaitu ikan Neon Tetra.

4. Ember Tetra

Gambar Ikan Ember Tetra Aquascape
youtube @aquaria corner
Harga Rp 2.000

Para kolektor ikan hias pasti sudah familiar dengan Ember Tetra. Selain mudah dikenali karena ukurannya yang mungil, ikan berwarna orange terang ini memiliki warna menarik yang sulit diabaikan.

Dengan tampilan visual yang begitu mencolok, tidak heran kalau Ember Tetra banyak diminati.

5. Zebra Danio

Gambar Ikan Zebra Danio Aquascape
scitechdaily.com
Harga Rp 11.000

Ikan ini memiliki perpaduan warna belang-belang pada tubuh layaknya Zebra. Namun, pada bagian area kepala, sirip atas, dan pangkal ekor biasanya berwarna kuning pucat.

Spesies ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp 11.000 per ekor untuk anakan Zebra Danio. Jadi, dijamin tidak akan membuat dompet Anda kempes.

6. White Cloud

Gambar Ikan White Cloud Aquascape
tfhdigital.com
Harga Rp 7.000

Meskipun belum lama dipasarkan, namun nama White Cloud sudah cukup terkenal di kalangan pecinta ikan hias. White Cloud memiliki warna tubuh yang warm, namun dengan corak cantik.

Di bagian atas tubuhnya terdapat line pink dan hitam, serta warna kemerahan di pangkal ekor.

7. Siamese Algae Eater

Gambar Ikan Siamese Alga Eater
vivofish.com
Harga Rp 8.500

Ikan Aquascape jenis Siamese Algae Eater memiliki tubuh yang didominasi warna silver, dan black line yang memanjang dari ujung kepala hingga ekornya.

Apabila dipelihara dengan baik, maka ikan pemakan alga yang merupakan kerabat dari Crossocheilus Langei ini dapat tumbuh hingga 16 cm.

8. Spotted Headstander

Gambar Ikan Spotted Headstander Aquascape
aquaticarts.com
Harga Rp 6.500

Ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini termasuk spesies langka yang jarang dijual dipasaran, namun bisa didapatkan dengan mudah di habitat aslinya.

Spotted Headstander memiliki warna dasar putih dengan bintik-bintik hitam memenuhi seluruh tubuh. Jadi, sekilas kelihatan seperti polkadot.

9. Twig Catfish (Farlowella Acus)

Gambar Ikan Twig Catfish
reddit.com
Harga Rp 40.000

Ikan dari keluarga Catfish ini memiliki bentuk tubuh seperti ranting kayu. Dengan perpaduan warna hijau zaitun dan kuning kecoklatan di area bawah, Twig Catfish mempunyai kemampuan berkamuflase yang sangat baik.

10. Sun Catfish

Gambar Ikan Gambar Ikan Sun Catfish
flickr.com
Harga Rp 16.000

Masih dari keluarga Catfish atau lele. Sun Catfish didominasi warna kuning terang, dengan ujung sirip dan ekor oranye, sehingga tampak kayaknya matahari.

Ikan berkumis ini berasal dari Kerala, India, namun sudah cukup famous di Indonesia sebagai ikan yang aktif pada malam hari atau nokturnal.

11. Rummy Nose Tetra

Gambar Ikan Rummy Nose Tetra Aquascape
fishbazaar.com
Harga Rp 2.000

Spesies ikan air tawar tropis dari Amerika Selatan ini cukup populer di kalangan kolektor. Rummy Nose Tetra memiliki ukuran tubuh sangat mini, yakni rata-rata 5 cm setelah dewasa.

Ikan hias ini memiliki warna dasar perak transparan, dengan area kepala berwarna merah ruby, dan ekor bintik-bintik hitam.

12. Chinese Algae Eater

Gambar Ikan Chinesse Algae Eater
flickr.com
Harga Rp 7.000

Hampir seperti saudaranya, Siamese Algae Eater, Chinese juga suka makan lumut serta bakteri lain yang berada di dalam air. Jadi, sebenarnya sangat menguntungkan karena bisa membuat akuarium tetap bersih.

13. Montezuma Swordtail

Gambar Ikan Montezuma Swordtail
fluffyplanet.com
Harga Rp 2.500

Ikan hias air tawar dari Ordo Cyprinodontiformes, Montezuma Swordtail memiliki panjang maksimal 7,5 cm, jadi terbilang mini. Mempunyai warna sisik hijau metalik, dengan bintik-bintik hitam di sepanjang area tubuh (ikan jantan). Swordtail sangat digandrungi oleh para kolektor ikan hias.

14. Kuhli Loach

Gambar Ikan Kuhli Loach
fishbazaar.sg
Harga Rp 5.500

Memiliki penampakan fisik seperti belut dengan kombinasi warna hitam kuning, Kuhli Loach memang tampak sangat unik, dan menarik.

Ikan nocturnal berukuran 7 cm tidak menyukai kondisi akuarium yang terang, jadi biasanya bersembunyi. Menariknya, Kuhli Loach dapat bertahan hidup hingga belasan tahun.

15. Glass Catfish

Gambar Ikan Glass Catfish Aquascape
aquariumsource.com
Harga Rp 15.000

Ikan yang juga terkenal dengan nama Ghost Catfish ini adalah salah satu spesial paling populer di Asia. Seperti namanya, Glass Catfish memiliki tubuh berwarna transparan, dengan area kepala bermotif kehitaman. Jadi, ikan berkumis ini tampak sangat elegan sekali saat berenang.

16. Cherry Barb

Gambar Ikan Cherry Barb
blog.tetra.net
Harga Rp 2.500

Ikan hias dari Sri Lanka ini memiliki tubuh kecil memanjang hingga 5 cm. Jantan Cherry Bard mempunyai ciri fisik khas berupa tubuh berwarna merah, dengan garis hitam memanjang dan sisik atas kehitaman. Cherry Barb biasanya hidup dengan berkelompok di dalam aquascape.

17. Guppy

Gambar Ikan Guppy
aquaticarts.com
Harga Bervariasi

Para kolektor ikan aquascape pasti sudah sangat familiar dengan spesies Guppy, bukan? Millionfish ini memang termasuk salah satu ikan hias berharga fantastis, karena bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya (range Rp 5.500 – Rp 1.200.000 per ekor).

Tentunya harga tersebut tergantung pada kombinasi warna dan corak yang dimiliki masing-masing jenis ikan guppy.

18. Marbled Hatchetfish

fishbazaar.sg
Harga Rp 3.000

Ikan aquascape yang satu ini memang terkenal super aktif dan suka melompat. Jadi, untuk memeliharanya Anda membutuhkan akuarium berukuran besar.

Marbled Hatchetfish mempunyai tubuh berbentuk kapak, dengan garis emas membentang dari mata hingga sirip ekor. Sedangkan area bawah memiliki pola marmer coklat.

19. Betta Fish

Gambar Cupang Hias
facebook @betta fish tomohon
Harga Bervariasi

Lebih terkenal dengan ikan cupang, Betta Fish memang memiliki corak warna yang begitu mengagumkan.

Bukan hanya itu, spesies dari lembah Mekong ini juga memiliki sirip berumbai yang sangat gemulai, sehingga tampak menawan dipandang mata.

Harga ikan cupang sendiri cukup bervariasi, yakni mulai Rp 10.000 sampai Rp1.500.000

20. Bleeding Heart Tetra

Gambar Ikan Bleeding Heart Tetra Aquascape
sweetknowleaquatics.co.uk
Harga Rp 6.000

Ikan tropis tawar dari Sungai Amazon ini memiliki ukuran tubuh sangat kecil, yaitu 64 mm saja.

Seperti namanya, Bleeding Heart Tetra mempunyai sirip punggung panjang, dengan garis merah memanjang di bagian tengah tubuh hingga pangkal ekor. Selain itu, terdapat juga bercak putih di punggungnya.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan aquascape yang bisa dipelihara, sekarang Anda bisa memutuskan mengenai spesies yang akan dijadikan koleksi. Apabila tujuannya adalah untuk nilai ekonomi, maka Anda bisa memilih jenis ikan hias seperti Guppy, Betta Fish, dan Clown Knife. Dengan begitu, kegiatan menyalurkan hobi koleksi ikan bisa menghasilkan uang yang lumayan.

Tinggalkan komentar