Jenis Ikan Baung

Ikan Baung merupakan jenis ikan air tawar yang bisa hidup dalam perairan baik di muara sungai maupun ke bagian Hulu. Baung juga bisa hidup pada daerah pasang surut yang memiliki air sedikit.

Selain itu jenis ikan ini juga dapat bertahan hidup dalam kolam yang memiliki dasar bebatuan maupun pasir. Wajar saja jika Baung mendapatkan julukan sebagai salah satu jenis ikan yang dapat hidup di perairan umum.

Kebiasaan dari ikan jenis ini yaitu suka hidup bergerombol pada dasar perairan dan membuat sarang dari lubang yang ada di dasar perairan lunak yang memiliki aliran air tenang.

Ikan yang memiliki bentuk seperti ikan lele ini sangat menyukai tempat yang tersembunyi atau tempat yang tidak aktif keluar sarang sebelum petang. Saat hari sudah gelap maka ikan ini keluar untuk mencari mangsa.

Ciri-Ciri Ikan BaungGambar Ciri Ciri Ikan Baung

Baung ternyata banyak digemari masyarakat karena dagingnya yang lembut dan rasanya gurih dengan harganya terjangkau. Ikan ini sangat terkenal di daerah Sumatera, Kepulauan Riau dan Kalimantan. Selain itu kandungan gizi dan nutrisinya juga amat banyak. Untuk mengenali ciri ikan jenis Baung, simak berikut ini:

• Lebih suka beraktivitas di malam hari seperti mencari makan.
• Memiliki sifat suka bersembunyi dalam liang-liang yang ada di tepi sungai sebagai tempat habitat hidupnya.
• Ikan ini termasuk ikan omnivora atau pemakan segalanya.
• Memiliki bentuk seperti ikan lele yaitu bagian kepala terlihat memipih dan mendatar pada bagian tulang tengkorak terasa kasar dan bagian kepala tidak tertutup kulit tertutup kulit.
• Memiliki sirip punggung atau dorsal.
• Bagian sirip lemak memiliki ukuran sedang.
• Tubuhnya terasa licin karena tidak memiliki sisik pada tubuhnya sehingga hampir mirip dengan ikan Patin, Ikan Lundu dan ikan Lele.
• Ikan Baung mempunyai sirip berbisa sebanyak 3 sirip atau seringkali disebut sebagai patil yang berada pada sirip punggung.

Jenis Ikan Baung

Ikan yang memiliki kumis ini banyak dikonsumsi di daerah Indonesia seperti Kalimantan, Jawa maupun Sumatera. Di balik dari rasanya yang sangat gurih tersebut, ternyata Baung memiliki beberapa jenis yang bisa Anda ketahui yaitu seperti berikut:

1. Baung KuningGambar Ikan Baung Kuning

Baung Kkning mempunyai panjang tubuh kisaran 20 cm dengan sirip lemaknya yang berukuran pendek. Ciri yang mudah dikenali dari Baung Kuning yaitu bagian ujung sirip punggung terlipat sehingga tidak bisa mencapai awal sirip lemak. Bagian tubuhnya memiliki warna coklat kekuningan polos dan terdapat garis yang memanjang. Pada bagian sisi tubuh tengah berwarna kuning atau krem.

2. Baung Putih

Gambar Ikan Baung Putih
ikansungaimahakam.blogspot.com

Bawang Putih memiliki panjang kisaran 20 cm dan terkenal sebagai ikan yang memiliki sirip lemak pendek dengan pangkal sirip lemak yang memiliki panjang setengah jarak sirip pada punggung ke sirip ekor. Bagian sirip punggung terdapat duri lunak, sehingga jika sirip terkembang maka akan terlihat seperti gigi gergaji meruncing. Sementara kepalanya memipih datar dan sedikit lebar.

3. Baung TagehGambar Ikan Baung Tageh

Baung Tageh lebih banyak dijumpai di pulau Jawa yang memiliki panjang tubuh mencapai 38 cm. warna tubuhnya relatif berseragam tanpa bercak hitam atau bintik. Bagian kepala sama seperti kedua jenis ikan Baung di atas yaitu memipih dan datar. Sementara bagian tubuhnya terlihat tegak memipih.

 

Manfaat Ikan Baung

Gambar Manfaat Ikan Baung
agrowindo.com

Protein hewani sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bisa melengkapi kebutuhan gizi lainnya. Ikan memiliki protein yang sangat tinggi, sehingga cocok dimasukkan ke dalam daftar nutrisi harian Anda.

Sementara sumber kalori kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung Bagaimana proses metabolisme di dalam tubuh. Semakin banyak beraktivitas maka semakin banyak kalori dibutuhkan

Berikut ini manfaat dari ikan Baung yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Sebagai sumber kalori

Ikan ini memiliki manfaat untuk menambah energi untuk memberantas lemak HDL. Lemak HDL adalah lemak yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga tidak mengendap dan menempel di dinding pembuluh darah.

Lemak HDL juga memiliki fungsi sebagai LDL yang mana jika lemak LDL menyingkir dari tubuh Anda maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol.

2. Meningkatkan berat badan dengan cepat

Jika Anda ingin meningkatkan berat badan, maka harus membuat nafsu makannya menjadi meningkat agar banyak nutrisi yang diserap tubuh dan tubuh menjadi gemuk. Selain itu Baung juga cocok untuk terapi penyembuhan penyakit anoreksia karena dapat meningkatkan hormon kewanitaan dan pria.

3. Membuat kulit menjadi lebih halus

Jika Anda mendambakan kulit yang halus, caranya sangat mudah, yaitu cukup makan ikan jenis Baung yang diolah menjadi ikan goreng ataupun ikan bakar.

Hal ini dikarenakan jenis ikan ini meiliki kandungan berupa vitamin B dan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit.

4. Mengatasi penyakit asma

Penyakit asma adalah penyakit penyempitan saluran nafas yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan ketika bernafas. Untuk mengatasi sesak napas, Anda dapat mengkonsumsi ikan Baung secara rutin, sehingga Anda bisa mnejadikannya sebagai lauk pauk setiap harinya.

5. Mencegah kanker usus

Satu hal yang perlu diketahui, bahwa sel kanker bisa tumbuh di manapun, termasuk usus, maka dari itu Anda harus berhati-hati menjaga saluran pencernaan agar terhindar dari kanker usus.

Anda bisa mencoba makan Baung, yang mana ikan ini memiliki serat daging yang halus sehingga membuat khusus terhindar dari iritasi yang memungkinkan terjadinya mutasi sel.

6. Mempercepat proses penyembuhan luka

Luka terkadang disebabkan karena banyak faktor misalnya karena lambatnya regenarasi sel. Biasanya karena faktor buruknya darah yang rendah trombosit.

Jika ikan jenis Baung ini dikonsumsi secara rutin, maka akan membantu untuk menyembuhakn luka dalam waktu yang lebih singkat.

Selain itu, Baung dapat mengobati luka agar cepat kering, seperti luka goresan, mencegah infeksi kulit dan berkhasiat untuk menutup luka agar cepat kering.

Kandungan kolagen pada ikan juga akan memberikan reaksi langsung pada jaringan kulit dan membentuk jaringan kulit baru alhasil lukanya akan cepat kering.

7. Mengurangi penyakit kolesterol

Ikan Baung memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi semua kalangan.

Rendahnya kandungan kolesterol pada daging ikan ini juga dapat mengurangi resiko penyakit kolesterol dan bagi para penderita kolesterol tinggi, juga tidak perlu khawatir bila menyantap ikan ini karena tidak akan memicu kolesterol berlebih.

8. Mencegah penyakit presbiopi

Mengkonsumsi Baung secara rutin dapat mencegah penyakit presbiopi yang dapat menyebabkan seseorang tidak bisa melihat benda yang ada di dekat ataupun benda jauh.

Penyakit ini pada umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Sehingga bagi Anda yang sudah berusia lanjut, sangat bagus mengkonsumsi ikan jenis ini.

9. Mencegah batu empedu

Salah satu manfaat dari ikan Baung yaitu mencegah batu empedu yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Sehingga kolesterol bilirubin atau garam kalsium lainnya membentuk kantung empedu atau didekat saluran empedu penderita penyakit tersebut merasakan nyeri ulu hati dan akan hilang kemudian timbul lagi.

10. Sebagai penstabil mood

Menstabilkan mood seringkali membutuhkan resep dokter dengan biaya yang tidak murah. Namun jika Anda ingin menstabilkan mood dengan cara yang lebih mudah maka Baung bisa dijadikan sebagai salah satu ikan yang memberikan solusi.

Anda bisa mengkonsumsinya dalam berbagai olahan makanan seperti dibakar dikukus digoreng ataupun yang lainnya sesuai dengan selera.

Kandungan Ikan BaungGambar Kandungan Ikan Baung

Baung mempunyai kandungan yang sangat banyak sehingga mampu menghadirkan berbagai manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Sementara Baung dengan berat 25,8-gram memiliki kandungan 51,99% protein, lemak sebesar 15,85% dan kandungan air sebanyak 75,07%. Bagi penderita jantung sangat aman mengkonsumsi ikan jenis Baung karena ikan ini rendah kolesterol.

Berikut ini kandungan yang terdapat pada ikan Baung, yaitu:

1. Protein
Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa protein memiliki tugas dalam membangun tubuh maupun berbagai metabolisme yang ada dalam tubuh manusia.

Karena Baung memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, maka jenis ikan laut tawar ini sangat tepat digunakan untuk lauk keseharian. Namun ikan jenis ini sangat baik jika dikonsumsi saat pagi hari atau saat sarapan.

Kandungan protein yang ada di dalam Baung memberikan manfaat seperti memberikan dukungan pada proses metabolisme tubuh, mendukung fungsi fisiologis dalam tubuh, mencegah gangguan penyakit, memiliki peran sebagai pembentuk bagian sistem imun tubuh dan memiliki khasiat untuk meningkatkan energi pada tubuh.

2. Lemak
Tubuh membutuhkan zat utama seperti lemak dan gliserol yang menjadi pemecahan atau pencernaan lemak dengan manfaat yang sangat banyak.

Asupan lemak dalam tubuh memang harus dibatasi karena bisa meningkatkan kolesterol tubuh. Sedangkan ikan Baung memiliki lemak yang rendah kolesterol dan lemak tak jenuh sehingga aman dikonsumsi untuk tubuh.

Lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan jenis ini memiliki khasiat sebagai cadangan makanan yang disimpan ketika tubuh kekurangan nutrisi, sebagai zat utama untuk melindungi organ lunak dari benturan, memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung, membentuk hormon tubuh, membantu sistem pencernaan vitamin supaya larut lemak, menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit.

3. Vitamin dan mineral
Baung merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk menghaluskan maupun meremajakan kulit.

Selain itu Baung juga kaya akan vitamin A yang bisa dijadikan sebagai antioksidan secara aktif sehingga mampu memberikan pencegahan terhadap radikal bebas, penuaan dini, dan menjaga kesehatan mata.

Ikan Baung memiliki perkembangan yang sangat lambat, biasanya bertelur setiap 8 bulan sekali. Oleh karena itu sekarang banyak sekali yang membudidayakan ikan Baung seperti gerabah di sungai danau ataupun di kolam-kolam.

Harga Ikan Baung

Gambar Harga Ikan Baung
umpan.com

Daftar harga ikan berkumis ini ternyata tergantung berada di daerah mana, karena untuk harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai pada kondisi perekonomian yang ada di daerah tersebut. Sehingga harga ikan berkumis ini antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya tentu tidaklah sama. sebagai bahan rekomendasinya berikut ini daftar harga Baung sesuai daerah diantaranya:
• Bekasi Rp. 60.000
• DKI Jakarta Rp. 60.000
• Medan Rp. 60.000
• Surabaya Rp. 60.000
• Depok Rp. 60.000
• Balikpapan Rp. 55.000
• Bogor Rp. 60.000
• Bandung Rp. 60.000
• Banjarmasin Rp. 50.000
• D.I.Y Yogyakarta Rp. 60.000
• Semarang Rp. 65.000
• Bandar Lampung Rp. 47.000
• Palembang Rp. 60.000
• Denpasar Rp. 70.000
• Padang Rp. 55.000
• Tangerang Rp. 60.000

Baca Juga : Ikan Betutu

Oke mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari info tentang ikan baung. Terimakasih..

Tinggalkan komentar