Ikan Black Ghost

Bagaimana jika aquarium di sudut rumah diisi dengan ikan berwarna hitam? Benarkah akan memberikan kesan seram atau mendatangkan aura negatif? Jawabannya tentu saja tidak benar. Adanya ikan hias di rumah justru akan mendatangkan kenyamanan dan keindahan. Salah satu jenis ikan hias unik yang bisa Anda pelihara adalah ikan black ghost.

Tentang Ikan Black ghost

Gambar Tentang Ikan Blackghost
aquariumshop.co.in

Nama  black ghost memang disematkan karena merujuk pada ciri fisik yang dimilikinya. Ikan ‘setan hitam’ berasal dari keluarga Apteronotidae. Asal muasalnya dari Amerika atau tepatnya di Sungai Parana hingga lembah Amazon, Venezuela, hingga Paraguay. Nama lain untuk penyebutan ikan ini adalah ‘Black Ghost Knife Fish’.

Ikan jenis ini termasuk ikan yang unik di antara ikan hias lainnya. Ikan ini memiliki tubuh dengan warna keseluruhannya hitam pekat, kecuali bagian ujung ekor dan hidung. Selain itu, ukurannya juga cukup panjang yakni maksimal 20 inci atau 50 cm.

Ikan black ghost hidup di air tawar dengan kadar pH antara 5 hingga 7 dengan temperatur suhu 23 – 39 derajat celcius. Jika ingin dipelihara di aquarium, maka Anda harus memastikan kondisi airnya jernih dan hampir sama dengan kondisi di habitatnya.

Karakter dari ikan jenis ini cukup tenang di siang hari dan akan aktif pada malam hari. Dikarenakan tergolong dalam ikan yang organ listriknya rendah, maka tubuhnya akan menjadi reseptor yang menyebarkan aliran listrik untuk menemukan makanannya.

Sebelum dimasukkan dalam aquarium, Anda harus menyiapkan air (bisa menggunakan air saja) dengan volume 30 hingga 60 liter. Jika menggunakan air sumur, maka harus diendapkan dahulu selama 24 jam. Sedangkan untuk penggunaan air PAM minimal pengendapannya selama 3 hari. Untuk penggantian air setelah dikuras, air langsung bisa digunakan tanpa perlu diendapkan.

Selain terkait dengan kondisi air, suasana dan lingkungan yang ada di aquarium juga harus menyerupai kondisi alam asalnya. Anda harus meletakkan pasir di bagian bawah aquarium dengan aksesoris tambahan yang tidak mencolok. Anda bisa memilih warna-warna gelap, seperti coklat kayu, hitam, atau abu-abu tua.

Jenis Ikan Black ghost

Secara umum, ‘Black Ghost Knife Fish’ ini tidak memiliki ragam jenis seperti ikan hias air tawar lainnya. Hanya saja, dalam satu familinya ini biasanya mengalami sedikit perubahan akibat dari perkawinan atau kelainan genetik. Berikut tiga jenis ikan air tawar yang disebut juga dengan ikan setan hitam:

1. Black ghost

Gambar Jenis Ikan Blackghost
binatang.mewarnaigambar.web.id

Jenis yang pertama tentu saja ikan blackghost itu sendiri. keunikan ikan ini terletak pada bentuk siripnya yang melebar dan panjang seperti ikan pari. Seluruh tubuhnya berwarna hitam, sehingga tampak menakutkan. Namun, sebenarnya ikan ini memiliki karakter yang cukup tenang.

2. Whiteghost

Gambar Ikan Whiteghost
natsfish.com

Jenis whiteghost bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memelihara ikan dari genus Apteronotidae, tetapi berwarna cerah. Ikan ini memiliki warna tubuh putih bersih karena tergolong ikan jenis blackghost yang albino.

3. Brownghost

Gambar Ikan Brownghost
pinterest.com

Bentuk tubuh dan ukuran brownghost hampir sama dengan ikan blackghost. Keduanya berasal dari genus dan famili yang sama. Perbedaannya hanya terletak di warna tubuh. Brownghost warna seluruh tubuhnya coklat tua dan di area ekornya berwarna putih cerah.

Makanan Ikan Black ghost

Ukuran Kecil dan Remaja

1. Cacing Darah atau Cacing Sutra atau Cacing Beku

Gambar Makanan Ikan Blacghost Cacing Beku
indonesia.alibaba.com

Ikan hias air tawar ukuran kecil jenis apapun biasanya akan diberi pakan berupa cacing sutra atau cacing darah atau cacing beku. Makanan ini merupakan makanan yang paling mudah dicari dan harganya sangat murah.

Di samping itu, cacing juga memiliki nilai gizi yang tinggi karena mengandung protein 57%, serat kasar dan lemak 13%. Kandungan inilah yang mampu menunjang perkembangbiakan ikan blackghost.

2. Kutu Air

Gambar Kutu Air Makanan Ikan Blackghost
facebook @tanjung priok kutir

Kutu tidak selamanya memberi keburukan bagi kehidupan. Ternyata, hewan kecil seperti ikan jenis ini sangat membutuhkannya untuk makanan sehari-hari.

Kutu yang digunakan sebagai pakan bukanlah kutu rambut manusia, tetapi jenis kutu air moina. Ukurannya yang kecil memudahkan ikan dalam mencernanya di dalam perut.

3. Bayi Artemia

Gambar Artemia
hyundaiatoz.com

Untuk ukuran remaja, ikan blackghost bisa diberi makan berupa artemia atau udang kecil. Makanan ini mengandung asam amino, lemak tak jenuh hingga protein yang kadarnya cukup tinggi.

Ukuran Dewasa

1. Udang

Gambar Udang
mongabay.co.id

Makanan paling menyehatkan yang bisa dikonsumsi ikan blackghost Anda adalah udang.Jangan lupa untuk memotong udang supaya ukurannya sesuai dengan mulut ikan. Sebaiknya pemberian udang dilakukan 1x sehari, sisanya diberikan pakan lain agar lebih variatif.

2. Pelet

Gambar Pelet Ikan Hias
tokopedia.com

Makanan tambahan yang dipercaya memiliki kandungan gizi lengkap dan sangat mudah didapatkan adalah pelet. Makanan ikan ini merupakan makanan campuran yang berasal dari berbagai unsur dan dijadikan pakan bertekstur padat.

Jadwal pemberian pakan untuk ikan blackghost minimal dilakukan 2 kali sehari. Ketentuan jam makan bisa Anda atur sendiri, misalnya pagi jam 7 dan sore jam 4. Pastikan untuk memberikan takaran makanan sesuai porsinya, jangan berlebihan atau justru kekurangan.

Teman Ikan Blackghost

Karakter yang tenang dan tidak mudah mengganggu, membuat ikan blackghost lebih mudah dicampurkan dengan jenis ikan hias lainnya. Beberapa jenis ikan hias yang bisa hidup bersama dengan ikan jenis blackghost adalah:

1. Angelfish

Gambar Ikan Albino Angelfish
angelfishcanada.com

Aquarium juga akan lebih cantik jika terdapat jenis ikan angelfish. Sama seperti ikan blackghost, angelfish juga berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Sungai Amazon. Karakter ikan ini cukup agresif, tetapi akan jarang melawan jika temannya berukuran lebih besar.

2. DiscussGambar Harga Ikan Discus2

Ikan unik lainnya yang bisa hidup berdampingan dengan blackghost adalah Discuss. Jenis ikan ini memiliki tubuh pipih melebar dengan warna terang seperti merah, kuning, hijau, dan putih. Habitat asli ikan ini juga berada di kawasan Sungai Amazon, Amerika Selatan.

3. GuppyGambar Ikan Guppy Fire Tail

Guppy merupakan ikan dengan tubuh mungil yang bercirikan sirip panjang dan ekor super lebar. Ukuran ikan guppy hanya mencapai 4 cm di usia dewasa. Meskipun bisa hidup berdampingan, tetapi jika sudah ada kontak fisik, apalagi saat kelaparan, maka bisa menimbulkan saling serang antar ikan.

Harga Ikan Black Ghost

Gambar Harga Ikan Black Ghost
medium.com

Para penjual ikan hias biasanya menyediakan jenis ikan blackghost dengan jumlah yang tidak banyak. Hal ini dikarenakan tingginya minat pembeli dan kurangnya pemasok ikan ‘setan’ ini. Rincian harga terbaru di tahun 2020 adalah:

  • Ukuran kecil (2 hingga 15 cm) dijual mulai Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja per ekor
  • Ukuran Sedang (15 hingga 30 cm) dijual mulai Rp 25.000 sampai Rp 35.000 per ekor
  • Ukuran Besar (30 hingga 50 cm) dijual mulai Rp 40.000 sampai angka Rp 60.000 per ekor

Ikan blackghost sangat cocok dipelihara oleh orang dengan karakter tegas, berprinsip, dan teguh. Ikan ini mencerminkan sebuah dominasi yang kuat dan tangguh dalam berbagai situasi.

Baca Juga : Ikan Manfish

Meskipun harganya anakan ikan ini lebih mahal, namun tetap saja masih ramah di kantong. Agar aquarium tidak hanya berisi blackghost 1 ekor saja, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan jenis ikan lain.

Tinggalkan komentar