Ikan Botia

Ada banyak sekali ikan hias yang bisa Anda beli, salah satunya adalah botia. Bagi pecinta ikan, nama ini pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Namun untuk Anda yang masih pemula, ini dia penjelasan lengkap mengenai ikan botia.

Asal Usul dan Habitat

Gambar Asal Usul Botia
pinterest.com

Botia fish, atau lebih dikenal dengan nama ikan badut jika di Indonesia, adalah genus ikan air tawar tropis dari keluarga loach (Botiidae). Ikan ini pertama kali ditemukan oleh orang Belanda bernama Peter Bleeker, yang merupakan pakar iktiologi sekaligus dokter, pada sekitar tahun 1852.

Namun pada tahun 2004, genus ikan ini direvisi oleh Maurice Kottelat, yang merupakan ahli ikhtiologi dari Swiss. Menurutnya, ikan ini terpisah dari keluarga loach dan nama latinnya adalah Chromobotia Macracanthus.

Ikan yang biasa hidup di dasar laut ini berasal dari wilayah geografis yang cukup luas, yang meliputi sebagian besar Asia. Sedangkan di dalam negeri, botia banyak dijumpai di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Selain di laut, ikan ini juga biasa menghuni aliran sungai, hulu, dan aliran anak sungai yang dipenuhi dengan tumbuhan tebal sebagai tempat untuk bernaung.

Kondisi air yang paling disukai oleh ikan ini adalah air jernih yang sedikit asam. Air juga harus rendah nitrat dan teroksigenasi dengan baik. Jadi jika ingin memeliharanya, Anda harus mengganti air setiap minggu atau maksimal dua minggu sekali dan atur suhunya antara 24-27 derajat Celcius.

Dekorasi akuarium juga harus dipilih dengan hati-hati untuk melindungi ikan berskala sangat kecil ini dari bahaya, seperti batuan yang kasar dan tajam. Satu hal lain yang perlu diingat adalah bahwa botia lebih menyukai pencahayaan yang redup, jadi jangan tempatkan banyak lampu untuk menghias akuarium.

Ciri-Ciri Botia

Gambar Ciri ciri botia
tfhmagazine.com

Inilah sejumlah ciri-ciri umum yang dimiliki ikan botia:

  • Botia dapat tumbuh hingga panjang 30 cm. Namun di habitat aslinya, pernah ditemukan botia dengan panjang 40 cm dan diperkirakan bahwa umurnya sekitar 20 tahun.
  • Botia memiliki senjata ampuh yang tersembunyi tepat di bawah matanya dalam bentuk duri suborbital, yang dapat digunakan sebagai mekanisme pertahanan diri.
  • Bentuk tubuh ikan ini adalah bulat dan memanjang, dengan corak warna bergaris-garis (belang).
  • Di bagian wajah, ikan ini memiliki empat pasang barbels (kumis), yang berguna untuk mendeteksi makanan di air keruh.
  • Umumnya, ikan ini memiliki gerakan renang naik turun dan secara berkelompok

Jenis Ikan Botia

1. Chromobotia macracanthus (Clown Loach Botia)

Gambar Clown Loach botia
bebeja.com

Clown Loach botia adalah jenis botia paling populer, yang dapat mencapai ukuran 20 cm di akuarium, dan tumbuh lebih besar di alam liar. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Clown Loach botia dapat hidup hingga puluhan tahun jika dirawat dengan benar. Warnanya adalah hitam dan kuning keemasan.

2. Botia almorhae (Yo Yo Loach)

Gambar Botia almorhae
aqualog.de

Botia almorhae paling banyak ditemukan di Inggris dan AS, namun dengan nama “Pakistani Loach”. Sedangkan negara asalnya adalah India dan Nepal. Ada juga yang menyebutnya dengan nama botia Grandi Gray dan botia India.

Ikan ini berwarna dasar putih dengan corak hitam berbentuk seperti huruf ‘Y’ dan ‘O’ di sepanjang tubuhnya, sehingga ikan ini dijuluki Yo Yo Loach.

Meski terlihat tenang, ikan yang panjang tubuhnya bisa mencapai 17 cm ini memiliki sifat yang agak agresif, sehingga kurang cocok untuk dicampur dengan ikan lain.

3. Botia dario (Queen Loach)

Gambar Botia dario
loaches.com

Botia dario cenderung memiliki temperamen yang bervariasi dan masuk ke dalam jenis ikan omnivora (pemakan segala). Ikan ini dapat tumbuh hingga 15 cm di habitat aslinya, yaitu India dan Bangladesh. Sedangkan di dalam akuarium, tubuhnya bisa mencapai ukuran 10-12 cm saja.

4. Botia histrionica (Golden Zebra Loach)

Gambar Botia histrionica
aqualog.de

Botia histrionica dapat mencapai panjang 13 cm, dan banyak ditemukan di aliran jernih antara India dan Myanmar. Ikan cantik ini memiliki pola garis hitam tidak beraturan dengan latar belakang putih keemasan. Sifatnya cenderung tenang, sehingga dapat dipelihara dengan sebagian besar ikan lain.

5. Botia kubotai (Polka Dot Loach)

Gambar Ikan Botia kubotai
fishtanksandponds.co.uk

Ikan botia kubotai adalah jenis yang relatif baru dan berasal dari perairan yang mengalir deras di Myanmar. Diperkirakan bahwa ikan ini dapat mencapai ukuran maksimum 15 cm dan dapat dipelihara dengan ikan lain, meskipun varietas yang sangat kecil atau bersirip panjang sebaiknya dihindari.

Botia kubotai adalah spesies yang unik, karena tidak ada dua ikan yang memiliki pola warna yang persis sama, dan tanda ini berubah saat ikan semakin dewasa. Namun secara umum, warna ikan ini adalah coklat kombinasi emas.

6. Botia rostrata (Ladder Loach)

Gambar Botia rostrata
loaches.com

Saat masih kecil, ikan ini memiliki corak bergaris dalam warna hitam dan dengan latar belakang emas putih. Namun setelah dewasa, polanya berubah menjadi retikulasi seperti jaring.

Ketika hidup di habitat aslinya, yaitu daerah perbukitan India dan Bangladesh, botia rostrata dapat tumbuh hingga panjang 16 cm. Namun saat berada di akuarium, ukurannya cenderung lebih kecil sekitar 8,5 cm.

7. Botia striata (Zebra Loach)

Gambar Botia striata
ruinemans.com

Berasal dari India, Ikan botia striata memiliki ukuran maksimum 10 cm, yang membuatnya lebih cocok untuk akuarium kecil. Ikan ini dapat hidup berdampingan secara damai dengan semua spesies lainnya. Persis seperti namanya, ikan ini memiliki pola indah dari garis-garis hitam dan putih seperti zebra.

8. Yasuhikotakia modesta (Blue Botia)

Gambar Blue Botia
ourmarinespecies.com

Yasuhikotakia modesta adalah ikan berwarna biru abu-abu dengan sirip orange kemerahan. Karakter ikan ini cukup agresif, sehingga tidak cocok untuk lingkungan akuarium komunitas umum.

Panjangnya bisa mencapai 25 cm, tapi hanya tumbuh hingga 18 cm saat di akuarium rumah. Spesies ini aktif di malam hari.

9. Yasuhikotakia morleti (Skunk Loach)

Gambar Skunk Loach
aquadiction.world

Skunk Loach adalah ikan kecil sekitar 10 cm, tapi berhati-hatilah, karena spesies kecil ini bisa menjadi sangat jahat dan paling baik ditempatkan di wadah besar karena tingkat agresifnya. Jika disimpan di ruang tertutup, Skunk Loach dapat menyebabkan banyak kerusakan pada spesies ikan lainnya.

Skunk Loach adalah ikan yang indah dengan tubuh coklat keemasan yang berkilauan, garis punggung tengah hitam dari kepala ke ekor, dan memiliki sirip ekor yang terlihat transparan dengan pola berbintik kecil.

Makanan Ikan Botia

Gambar Makanan Ikan Louhan Cacing Beku
indonesia.alibaba.com

Beberapa jenis ikan botia adalah karnivora yang suka menyantap serangga dan ikan-ikan kecil. Namun, ada juga botia yang lebih suka dengan tanaman air, terutama yang berdaun lembut.

Botia juga sangat berselera dengan pelet, cacing darah, siput, cacing tubifex, dan udang. Sedangkan untuk sayur, Anda bisa memberinya potongan daun selada, timun, atau bayam.

Harga Ikan Botia

Gambar Harga Ikan Botia
bangaloreaquarium.com
  • Clown loach botia Rp 30.000
  • Botia almorhae Rp 38.000
  • Botia kubotai Rp 108.000
  • Botia makranda Rp 20.000
  • Botia blue Rp 50.000

Botia adalah salah satu ikan hias paling indah yang banyak jenisnya. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan Anda atau sesuaikan dengan budget yang ada. Makanannya cukup mudah dicari, perawatannya juga tidak susah.

Baca Juga : Ikan Corydoras

Beberapa teman akuarium yang cocok untuk botia adalah kuhli loach, swordtail, tetra besar, ropefish, cichlid Afrika, dan bichir.

Tinggalkan komentar