Ikan Corydoras

Ikan pemalu yang banyak disukai penggemar ikan hias adalah ikan corydoras. Para pecinta ikan hias di Indonesia cukup banyak memilih corydoras karena perawatannya mudah dan bisa dibudidayakan. Selain itu, corydoras juga terdiri dari banyak jenis, sehingga bisa dilakukan hibrida agar mendapatkan jenis baru yang unik.

Tentang Ikan Corydoras

Gambar Tentang Ikan Corydoras
aquariumadviser.com

Corydoras merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang masuk dalam golongan Callichthyidae. Spesies asli ikan ini ditemukan di perairan Amerika Selatan, mulai dari wilayah Andes Timur hingga Atlantik. Sebagai ikan air tawar, ia mampu hidup dan berkembang biak di sungai kecil maupun besar, rawa-rawa, kolam, hingga aquarium.

Ikan ini mampu hidup di air tawar dengan suhu normal antara 23 hingga 28 derajat celcius. Namun, ada beberapa jenis yang hanya mampu bertahan hidup di suhu rendah antara 18 hingga 20 derajat celcius. Jika ingin dipelihara di aquarium, pastikan suhu dan tingkat pH air sesuai dengan kondisi di habitat aslinya. Untuk ukuran volume air, idealnya antara 38 hingga 60 liter.

Hal yang perlu diperhatikan saat memelihara ikan corydoras adalah rawannya terserang penyakit. Biasanya ikan ini mengalami masalah berupa infeksi bakteri maupun bercak putih berlebihan.

Untuk kasus infeksi bakteri, corydoras akan menunjukkan gejala menurunnya keaktifan dan mata ikan tampak tidak wajar. Jika penyakit ini menyerang, langsung berikan tetracyline sesuai dosis yang dianjurkan.

Untuk penyakit bercak putih berlebihan atau white spot, Anda bisa mencegahnya dengan cara menjaga kualitas air aquarium dan memastikannya dalam kondisi yang bersih. Lakukan pembersihan filter dan pengurasan secara rutin.

Jenis Ikan Corydoras

Ragam jenis ikan corydoras ini bisa terbilang paling banyak di antara ikan hias lainnya. Saat ini sudah tercatat lebih dari 100 spesies corydoras yang tersebar di seluruh perairan di dunia. Pada tahun 1858 ditemukan jenis corydoras bronze, selanjutnya tahun 1972 ditemukan spesies corydoras acrensis nissen.

Banyaknya jenis ikan corydoras ini membuat para pecinta ikan hias memiliki pilihan yang lebih beragam. Beberapa spesies yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan hias di Indonesia antara lain:

1.     Corydoras Aeneus

Gambar Corydoras Aeneus
thesprucepets.com

Jenis ini sering disebut juga dengan bronze corydoras karena memiliki warna menyerupai warna perunggu. Kombinasi warna kemerahan, coklat dan hijau membuat ia aeneus terlihat estetik, sehingga akan mempercantik sudut rumah Anda. Ukuran maksimal dari aeneus mencapai 5 cm. Selain itu, ikan ini tergolong ikan albino dengan warna area mata yang merah terang.

2.     Corydoras Adolfoi

Gambar Corydoras Adolfoi
eswamp.com

Corydoras adolfoi sering mendapat sebutan Adolfo’s Cory, dengan ciri badan putih kecoklatan dan ada pita hitam vertikal di area mata. Ikan ini memiliki ukuran yang mungil yakni panjang maksimal hanya 6 cm saja. Meskipun mungil, namun jika aquarium diisi ikan ini akan tampak mengagumkan dan mempercantik ruangan.

3.     Corydoras Barbatus

Gambar Corydoras Barbatus
aqualog.de

Versi lebih besarnya dari ikan corydoras adalah corydoras barbatus. Ikan ini juga mendapat julukan King of Corys atau Giant Corys. Hal ini tentu saja ukurannya lebih panjang 2 cm dibandingkan jenis lainnya. Giant Corys memiliki warna tubuh coklat muda dengan bercak hitam kehijauan di seluruh tubuh.

4.     Corydoras Paleatus

Gambar Corydoras Paleatus
ms.expertexpro.com

Sama seperti dengan jenis giant corys atau corydoras barbatus, jenis paleatus juga tergolong corydoras besar yang memiliki panjang maksimal 7.5 cm. Ciri khas dari paleatus adalah warnanya coklat gelap, sehingga terlihat gagah dan mendominasi. Namun, di beberapa wilayah juga ditemukan paleatus albino berwarna putih dan warna matanya merah terang.

5.     Corydoras Panda

Gambar Corydoras Panda
rippyfish.net

Jenis panda corydoras memiliki ukuran tubuh sedang, yakni antara 2 cm hingga 5 cm. Meskipun diberi nama -anda, namun warna tubuhnya bukan terdiri dari hitam dan putih, tetapi perpaduan antara putih dan merah muda. Bagian ekornya terdapat corak pita dan garis lebar dari kepala hingga ekor.

6.     Corydoras Septentrionalis

Gambar Corydoras Septentrionalis
aqualog.de

Jika Anda mencari ikan corydoras ukuran sedang, Anda bisa membeli jenis corydoras septentrionalis. Ukuran tubuhnya antara 3 hingga 6 cm dengan bentuk badan lebih panjang dan langsing. Coraknya juga menawan karena ada bercak kehitaman di area badan belakang, tengah, dan kepala.

7.     Corydoras Sterbai

Gambar Corydoras Sterbai
tfhmagazine.com

Sterbai corydoras termasuk ikan dengan ukuran besar jika dibandingkan dengan sejenisnya. Panjang tubuhnya bisa mencapai 7.5 cm. Ikan ini memiliki kombinasi warna yang cantik antara jingga di bagian perut bawah dan coklat tua bergaris di bagian tubuh dan siripnya.

8.     Corydoras Sychri

Gambar Corydoras Sychri
petbarn.com

Ikan corydoras ukuran sedang dan cocok untuk ikan hias di sudut rumah Anda adalah corydoras sychri. Ikan ini sering disebut Cotted Cory. Warna dasar tubuhnya sebagian besar putih berkilau dengan corak bintik hitam coklat.

9.     Corydoras Rabauti

Gambar Corydoras Rabauti
trinsfish.com

Jenis rabauti lebih sering disebut dengan Myer’s catfish. Ukuran tubuhnya antara 3 cm hingga 6 cm. Ciri yang membedakan antara rabauti dengan corydoras lainnya adalah ukuran matanya lebih besar dan lebar. Untuk tubuhnya sendiri masih didominasi warna cokelat dan garis hitam.

10.  Corydoras Pygmaeus

Gambar Corydoras Pygmaeus
aquariumbreeder.com

Corydoras kecil juga tetap bisa mempercantik aquarium Anda. Pilihannya ada di corydoras pygmaeus. Jenis ini hanya memiliki panjang maksimal 3 cm. Sebutan lain dari ikan ini adalah Pygmy Cory. Keistimewaan yang dimiliki pygmaeus adalah coraknya yang unik dengan bentuk pita hitam di area badan dan garis hitam dari ekor hingga mulut.

 

Makanan Ikan  Corydoras

Gambar Pelet Ikan Hias
tokopedia.com

Makanan yang tepat untuk ikan corydoras jenis apapun haruslah memiliki kandungan protein tinggi, asam amino hingga lemak tak jenuh. Semua kandungan ini bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti:

  1. Cacing darah
  2. Cacing sutra
  3. Daphnia atau kutu air
  4. Artemia atau udang kecil
  5. Pelet
  6. Hewan kecil (jangkrik, udang, anak katak)

 

Pemberian makanan bisa dilakukan 1 hingga 2 kali sehari. Untuk corydoras kecil, sebaiknya pada pagi dan sore hari agar perkembangannya berjalan lebih cepat. Sedangkan untuk usia dewasa bisa diberi pakan 1 kali dengan porsi lebih banyak. Jenis makanan hewan kecil biasanya diperuntukkan bagi corydoras dewasa, sedangkan jenis cacing hingga kutu air dikonsumsi oleh corydoras kecil.

 

Teman Ikan Corydoras

Gambar Teman untuk Ikan Corydoras
fishkeepingworld.com

Ikan corydoras tergolong jenis ikan hias dengan karakter cukup jinak, sehingga dapat digabungkan dengan jenis ikan lainnya. Selain untuk memberikan pemandangan aquarium yang lebih menarik, penggabungan ini juga menghindarkan corydoras dari stress karena interaksinya dengan jenis ikan lain. Beberapa jenis ikan yang bisa dicampurkan seperti:

  1. Ikan platy
  2. Ikan molly
  3. Ikan cupang
  4. Ikan guppy
  5. Ikan Tetra

 

Harga Ikan Corydoras

Gambar Harga Ikan Corydoras
aquadiction.world

Meskipun tergolong ikan mungil, ikan corydoras ini bisa terjual dengan harga yang fantastis. Namun, untuk jenis corydoras umum yang banyak dijumpai di toko, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp5.000,- hingga Rp10.000,- per ekor ukuran kecil (2 sampai 3 cm). Untuk ukuran sedang (5 – 6 cm) harganya kisaran Rp7.000,- hingga Rp15.000,- saja.

Sedangkan untuk ukuran besar (7 hingga 8 cm) bisa Anda beli dengan harga Rp10.000,- sampai Rp25.000,- per ekornya. Kisaran harga ikan corydoras akan semakin melambung tinggi jika termasuk dalam jenis yang langka dan memenangkan beberapa kontes. Berdasarkan kondisi pasar ikan hias, corydoras pernah terjual dengan harga Rp10 juta per ekornya. Sangat fantastis, bukan?

Baca Juga : Ikan Pemakan Lumut

Ragam jenis ikan corydoras yang ada di Indonesia akan memudahkan Anda untuk menentukan pilihan ikan hias apa yang akan dipelihara. Tidak hanya untuk memenuhi hobi semata, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis menguntungkan. Hal ini bisa dilihat dari jangkauan pasar dan peminat ikan hias yang mampu membeli corydoras dengan harga hingga puluhan juta rupiah.

Tinggalkan komentar