Ikan Cupang Hias

Salah satu yang paling populer di antara ikan air tawar adalah ikan cupang hias. Selain memiliki penampakan yang cantik dengan warna mencolok, ikan jenis ini juga bisa membantu memberantas jentik-jentik. Hal ini dipercaya karena cupang memiliki nafsu makan yang tinggi. Selain itu, ikan cupang juga bisa dengan mudah ditemui di tiap sudut jalanan dengan jumlah varian yang beragam.

Mengenal Perbedaan Ikan Cupang Adu dan Hias

Meski memiliki penampakan yang sama-sama menawan, namun sebenarnya ada banyak perbedaan antara ikan cupang hias dan ikan cupang adu.

Selain dalam hal kekuatan dan ketahanan fisik, karakteristik temperamental keduanya juga memiliki perbedaan yang signifikan. Anda perlu mengetahui lebih detail sebelum memeliharanya agar tak salah memberikan treatment.

Bagi para pecinta cupang, membedakan kedua spesies ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Secara sekilas pun keduanya bisa dikenali dengan mata telanjang. Atau, Anda bisa melihat dari list karakteristik masing-masing cupang di bawah ini.

a. Cupang Hias

Gambar Cupang Hias
facebook @betta fish tomohon

Seperti nama jenisnya, ikan cupang hias memiliki tampilan yang mencolok dan menarik perhatian dengan siripnya yang lebar. Secara lebih rinci, ikan jenis ini memiliki ciri-ciri fisik dan karakteristik sebagai berikut;

  1. Bentuk sirip cupang hias terlihat sedikit merundai. Sirip tersebut menempel pada bagian ekor hingga menutup bagian badan yang lain. Siripnya pun terlihat unik dengan bentuk khas yang tak ditemui pada ikan jenis lain.
  2. Dalam urusan warna, cupang hias memiliki varietas yang lebih luas dan beragam. Hal ini sangat bergantung pada indukan ikan tersebut. Sejatinya, ikan cupang hias memiliki aneka warna dalam berbagai radasi yang cantik. Bahkan beberapa jenis memiliki pencampuran warna yang banyak di sekujur tubuhnya.
  3. Dibandingkan cupang aduan, temperamental cupang hias lebih kalem. Cupang ini memiliki cara unik ketika merasa terancam oleh musuhnya atau ketika tetarik pada cupang betina. Cupang akan secara otomatis membentangkan siripnya dengan lebar sempurna hingga memperlihatkan bagian insangnya.
  4. Meski berukuran lebih mini, tapi cupang hias memiliki nafsu makan yang cukup besar. Bahkan, cupang hias terbukti lebih efektif dalam memberantas jentik-jentik nyamuk hingga 15 jentik per cupang dalam sehari.
  5. Kebanyakan cupang hias berasal dari kelas betta splendens. Spesies ini juga sering dilombakan dalam berbagai festival, terutama halfmoon, plakat, crow tail, giant, dan double tail.

b. Cupang Adu

Gambar Ikan Cupang Aduan
plakatbetta.com

Selain penampilan yang molek, cupang memang dikenal akan ketangkasannya. Tak heran banyak orang yang mengadunya untuk mendapat kesenangan. Utamanya bagi anak-anak yang menganggap pertarungan antar-cupang merupakan suatu hal lucu. Pada dasarnya smeua jenis cupang dapat diadu. Namun, cupang aduan tentu memiliki nilai lebih yang tak dimiliki cupang hias.
Untuk membedakan antara dua jenis cupang ini, kenali beberapa ciri cupang adu berikut ini.

  1. Dalam segi postur tubuh, cupang adu jelas memiliki tampilan yang terlihat lebih kokoh. Hal ini terlihat dari bagian kepalanya yang memiliki ketebalan sama hingga bagian pangkal sirip. Walaupun di bagian ujung ekor ikan bentuknya membujur lancip.
  2. Tak seperti cupang hias yang tampak tenang, cupang adu memiliki sifat bawaan yang lebih aktif dan agresif. Untuk melihatnya, Anda bisa menelisik dari caranya memperlihatkan pantulan dirinya di depan kaca. Jika cupang memperlihatkan ketangkasannya dengan mengembangkan sirip maka ia merupakan petarung yang baik.
  3. Bagian bibir cupang adu lebih kokoh dan tebal dibanding spesies hias. Selain itu, jika mau memperhatikan dengan seksama, ikan jenis ini juga memiliki gigi runcing yang tajam.
  4. Secara ukuran, cupang adu lebih besar ukurannya ketimbang spesies cupang hias. Namun sirip yang dimiliki tidaklah selebar milik cupang hias.
  5. Umumnya cupang adu bersal dari kelas betta mahachai, meskipun beberapa juga berasal dari betta imbellis, beta splendens, juga variasi yang disilangkan.

Terlepas dari cupang jenis mana yang lebih Anda sukai, semua bergantung pada preferensi pribadi. Baik ikan cupang hias ataupun aduan tentu memiliki daya tariknya masing-masing.

Baca juga : Jenis Ikan Cupang

Meski kini aduan cupang sudah tak lagi diperbolehkan di beberapa negara karena dikategorikan sebagai tindakan penyiksaan, utamanya di Eropa dan Amerika. Sementara di Asia adu cupang masih ada walau tak sebanyak dulu.

Tinggalkan komentar