Ikan Hias Air Tawar

Memiliki hewan peliharaan tentu menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi tingkat stress maupun kebosanan selama di rumah. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk merawat hewan peliharaan, maka ikan bisa jadi pilihan Anda. Ada beragam ikan hias air tawar yang mudah dipelihara tetapi tetap terlihat cantik.

Selain menjadi hewan peliharaan, ikan juga bisa menjadi tambahan dekorasi. Anda bisa meletakkan akuarium sebagai pembatas antar ruang, penutup dinding yang sudah mulai mengelupas, atau menambah kesan hidup di ruangan. Bentuk akuarium yang digunakan juga cukup beragam tidak hanya kotak maupun tabung, tetapi bentuk-bentuk lain yang tentu membuat ruangan Anda menjadi lebih estetik.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

1. Arwana

Gambar Harga Ikan Arwana
satujam.com

Tidak ada salahnya memelihara ikan sekaligus mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan. Arwana bisa jadi jawabannya. Ikan ini memiliki sisik dengan warna yang cerah dan mencolok sehingga cocok untuk dipelihara. Selain itu, perawatan arwana juga tidak susah dan yang tidak kalah penting adalah harga ikan arwana jika dijual bisa mencapai jutaan rupiah.

Tentu harga jual yang tinggi sebanding dengan kualitas ikan yang Anda pelihara. Arwana memiliki beberapa jenis seperti Cross Back Gold, Super Red, Platinum, dan Arwana Brazil. Anda bahkan bisa memberikan pakan yang ada di sekitar seperti cicak, kelabang, hingga katak.

2. Black Ghost

Gambar Ikan Black Ghost
youtube.com

Dilihat dari namanya, ikan ini cukup menyeramkan bukan? Ikan ini disebut Black Ghost karena memiliki badan yang berwarna hitam pekat dan memiliki sirip bawah yang bergelambir. Beberapa orang menyebut ikan ini sebagai ikan balet karena memiliki sirip yang bergerak seperti penari balet ketika ikan berenang.

Selain warna hitam, ciri lain dari ikan ini adalah memiliki kepala menyerupai ikan sidat. Badan ikan ini pipih memanjang dengan ekor yang berwarna putih bergaris. Pemeliharaannya juga sangat sederhana karena ikan ini bisa diberi pakan berupa cacing halus, pelet, hingga jentik-jentik nyamuk.

3. Botia

Gambar Ikan Botia
bebeja.com

Botia merupakan jenis ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia. Ikan ini memiliki badan yang tidak terlalu besar dengan warna hitam dan oranye yang mendominasi. Kedua warna tersebut saling menyilang dari atas hingga kebawah dengan ekor yang berwarna oranye penuh.

Jika Anda masih asing dengan ikan jenis ini, Anda bisa membayangkan ikan sapu-sapu dengan ukuran lebih kecil dan badan yang lebih berwarna. Ikan ini memiliki badan yang tidak bersisik dan berbentuk seperti torpedo. Pada bagian atas kepala, botia memiliki empat sungut yang berguna dalam mencari makan di malam hari.

4. Cupang

Gambar Ikan Cupang
lautikan.net

Tidak salah jika menyebut ikan ini sebagai ikan hias terpopuler. Cupang tidak membutuhkan perawatan yang ekstra karena daya tahan tubuh ikan ini sangat baik dan memiliki warna yang cantik. Saat ini ada banyak sekali jenis ikan cupang dengan berbagai warna dan ukuran sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Perlu Anda perhatikan bahwa ikan cupang adalah ikan yang territorial sehingga Anda tidak bisa mencampurkannya dengan ikan cupang lain dalam satu wadah yang sama. Jika Anda ingin memelihara dalam jumlah yang banyak, Anda bisa meletakkannya dalam beberapa wadah karena ikan ini tidak memerlukan akuarium yang luas.

5. Guppy

Gambar Ikan Guppy
aquaticarts.com

Jika Anda membutuhkan ikan hias dengan ukuran yang kecil, Anda bisa memilih ikan guppy. Ikan ini hanya bisa mencapai ukuran 5 cm pada saat dewasa. Namun, guppy memiliki sirip dan ekor yang berwarna cerah mulai dari kuning, oranye, dan biru.

Ikan guppy jantan dan betina tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Anda hanya bisa menebak dari ukuran badan dan warna sisik dan ekor. Guppy jantan memiliki badan yang lebih kecil dan sirip serta ekor yang berwarna jauh lebih cerah dan lebar. Ikan guppy juga cukup murah sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak untuk dimasukkan dalam satu akuarium.

6. Hiu Bala

Gambar Ikan Hiu Bala
hewany.com

Meskipun bernama hiu, jangan bayangkan ikan hiu bala adalah ikan dengan ukuran sebesar hiu pada umumnya. Ikan ini hanya berukuran kurang dari 30 cm. Hiu bala tidak bersifat agresif dan cenderung bersahabat dengan ikan jenis lain sehingga Anda bisa meletakkannya ke dalam akuarium yang sama.

Pemeliharaan ikan hiu bala juga cukup sederhana. Anda hanya perlu memberikan pakan secara rutin dan menjaga kebersihan akuarium. Hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik.

7. Swordfish

Gambar Ikan Swordfish Akuarium
fluffyplanet.com

Ikan pedang atau swordfish adalah ikan yang cocok dipelihara, terlebih jika Anda hanya memiliki akuarium dengan ukuran yang kecil. Ikan ini dikenal memiliki ketahanan terhadap penyakit yang cukup kuat. Pemeliharaan ikan pedang hanya meliputi pemberian pakan secara teratur dan pembersihan akuarium jika air sudah mulai keruh.

Ciri khas dari ikan ini adalah warna merah menyala mulai dari ujung kepala hingga ujung ekor. Pada beberapa jenis, terdapat warna putih maupun hitam di beberapa bagian tetapi tidak dominan. Bentuk badan ikan ini panjang dan pipih menyerupai pedang, sehingga ikan ini dinamai ikan pedang.

8. Molly

Gambar Ikan Molly
hewany.com

Selain ikan pedang, ikan molly juga cocok untuk akuarium kecil. Bahkan Anda bisa menyatukannya ke dalam satu akuarium yang sama. Ikan ini juga cukup unik dengan bentuk badan yang kecil membulat pada bagian perut, meruncing pada bagian mulut, dan ekor yang melebar tipis.

Anda bisa meletakkan ikan molly di dalam akuarium bahkan tanpa bantuan pompa oksigen. Jenis pakan yang diberikan juga cukup beragam mulai dari pelet biasa hingga cacing sutra.

9. Manfish

Gambar Ikan Manfish
duniaair.com

Manfish atau angel fish adalah ikan yang cukup tenang dan tidak terlalu aktif. Ikan ini juga cenderung pemalu dan menghindari kontak dengan manusia. Ciri dari ikan ini adalah siripnya yang memanjang kebawah dan keatas. Bentuk badan ikan ini pipih dan melebar.

Ikan manfish juga memiliki badan berwarna kuning, putih, dengan garis-garis hitam. Warna kuning berada pada bagian atas kepala memanjang hingga ujung sirip atas. Warna putih mendominasi pada bagian badan, dan warna hitam berupa garis-garis horizontal di sekujur tubuh manfish.

10. Lemon

Gambar Ikan Lemon
udtirtamasagungabadi.com

Sama seperti namanya, ikan lemon memiliki badan yang berwarna kuning seperti lemon. Bentuk ikan ini pipih memanjang dengan sirip atas dan sirip bawah yang berwarna hitam. Berbeda dengan manfish, ikan lemon lebih aktif dan agresif sehingga Anda harus mempertimbangkan ikan ini jika dicampur dengan ikan jenis lain.

Namun ikan lemon juga mudah dipelihara karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Anda hanya perlu memberi pakan dan mengganti air secara rutin. Warnanya yang mencolok menjadi daya tarik bagi ikan ini sehingga meskipun agresif, ikan lemon banyak dipelihara.

11. Komet

Gambar Ikan Komet
bacaterus.com

Jika ikan lemon bersifat aktif dan agresif, lain halnya dengan ikan komet. Ikan dengan nama latin Carassius auratus ini memiliki sifat yang aktif tapi jinak. Hal itu menjadikan ikan ini cocok dicampurkan dengan ikan jenis lain di dalam aquarium yang sama.

Secara sekilas, ikan komet mirip dengan ikan mas. Perbedaan keduanya terletak pada warna ikan komet yang lebih beragam. Biasanya ikan komet memiliki campuran warna kuning, oranye, dan putih. Beberapa jenis bahkan memiliki corak warna hitam yang berbentuk seperti bintik-bintik.

12. Louhan

Gambar Ikan Louhan
gareva.com

Selain memelihara berbagai jenis ikan dalam satu akuarium yang sama, Anda bisa mempertimbangkan memelihara satu jenis ikan dalam akuarium dan hanya satu ekor. Ikan louhan adalah jenis ikan hias air tawar yang cukup populer karena keindahan warna tubuh dan dahi yang menonjol.

Ikan ini adalah ikan territorial sehingga sangat menjaga wilayahnya, sehingga Anda hanya bisa meletakkan satu ekor ikan saja dalam satu akuarium. Sama seperti ikan arwana, ikan louhan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah jika memiliki ciri yang unggul.

13. Mas Koki

Gambar Ikan Mas Koki
beautynesia.id

Ikan mas koki juga layak dijuluki sebagai ikan hias terpopuler. Hal itu karena ikan ini cukup diminati karena mudah dipelihara dan memiliki warna yang cerah. Ciri lain dari ikan ini adalah bentuk tubuhnya yang membulat pendek dengan mata yang menonjol.

Ikan mas koki atau goldfish biasanya berwarna putih, kuning, atau merah dengan sirip yang memanjang. Harga jual ikan ini juga tidak kalah malah dibanding ikan louhan. Semakin unik bentuk ikan mas koki, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

14. Silver Dollar

Gambar Ikan Silver Dollar
majalahikan.com

Ikan Silver Dollar merupakan ikan yang berasal dari Sungai Amazon. Ciri dari ikan ini adalah berbentuk pipih memanjang ke bawah, berwarna perak, dan berukuran cukup kecil. Panjang ikan ini hanya mencapai 15 cm.

Secara sekilas, ikan silver dollar mirip dengan ikan piranha tetapi silver dollar berukuran jauh lebih kecil dan bersifat herbivora. Silver dollar juga banyak diminati tidak hanya untuk dipelihara tetapi juga dibudidayakan karena bisa dijual dengan harga yang cukup mahal.

15. Sapu-sapu

Gambar Sapu Sapu Kuning
akuariumhias.blogspot.com

Mendengar nama sapu-sapu, pasti yang Anda bayangkan adalah ikan berwarna hitam pemakan lumut yang tidak cantik. Namun, beberapa jenis sapu-sapu bisa Anda jadikan ikan hias. Pada umumnya, sapu-sapu memiliki ciri yang sama yaitu mulut terletak di bagian bawah dengan badan yang memiliki bintik-bintik.

Sapu-sapu hias memiliki warna yang lebih menarik seperti hijau kehitaman dengan bintik-bintik kuning di sekujur tubuh. Meletakkan ikan ini kedalam akuarium juga bisa membantu menjaga kebersihan akuarium karena ikan ini rutin memakan lumut yang menempel pada tepi dan dasar akuarium. Selain itu, ikan ini juga cukup ramah dengan ikan jenis lain sehingga Anda bisa mencampurkannya dengan ikan hias air tawar lainnya.

16. Rainbow Fish

Gambar Rainbow Fish
nautilusmarinewholesale.com

Ikan rainbow memiliki bentuk yang mirip dengan ikan guppy. Daya tarik ikan ini ada pada ukuran tubuhnya yang hanya mencapai 10 cm dan tubuhnya yang berwarna-warni seperti pelangi. Beberapa jenis memiliki warna biru pada bagian kepala hingga bagian perut tengah, kemudian warna kuning muda pada bagian perut tengah sampai ujung badan, dan warna oranye pada bagian ekor dan sirip.

Bentuk tubuh dari ikan ini pipih memanjang sama dengan ikan guppy. Rainbow fish juga cocok untuk dicampurkan dengan ikan hias lainnya dalam akuarium yang sama karena ikan ini tidak agresif bahkan cenderung pemalu.

Baca Juga : Budidaya Ikan Hias

Meskipun ikan hias tidak memerlukan banyak pemeliharaan, tetapi Anda tetap perlu memperhatikan kondisi kebersihan akuarium dan ketersediaan pakan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah karakteristik dan ukuran ikan yang harus Anda sesuaikan. Selain informasi diatas, Anda bisa menanyakan secara langsung kepada penjual untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

Tinggalkan komentar