Ikan Komet

Salah satu jenis ikan hias tertua yang merupakan nenek moyang dari ikan hias adalah ikan komet. Para pecinta ikan hias pasti tidak asing dengan jenis ikan ini, karena sangat mudah ditemukan di berbagai toko penjual ikan terdekat. Pilihan warnanya sangat beragam dan harganya sangat terjangkau di kantong.

Tentang Ikan

Gambar Tentang Ikan Komet
pinterest.com

Ikan komet merupakan jenis ikan mas tertua yang masih bertahan hingga sekarang. Ikan jenis ini yang ada hingga kini adalah hasil persilangan dari berbagai variasi ikan mas di seluruh dunia. Namun, perkembanganbiakan ikan tersebut sudah dimulai sejak abad 19 di Amerika.

Pada awal percobaan perkembangbiakan, ikan komet diletakkan pada kolam terbuka. Setelah memasuki abad 20, para pecinta ikan hias mulai menyadari bahwa ikan ini sangat cantik untuk hiasan di sudut rumah.

Maka, mulailah ikan jenis ini diletakkan pada aquarium tertutup. Kemudian, komet mulai dikawin-silangkan untuk mendapatkan jenis baru yang lebih cantik lagi,

Ikan jenis ini mampu hidup dengan baik pada air yang bersuhu normal berkisar antara 27-30 derajat Celcius. Namun, suhu yang terbaik untuk pertumbuhan ikan ada di angka 29 derajat Celcius.

Selain itu, agar ikan tidak mudah terserang penyakit atau mengalami stress, maka kondisi air harus tetap bersih dan sirkulasi udara terjaga dengan baik.

Ikan komet asli memiliki warna dasar orange dan merah, sehingga untuk hasil kawin silang, warnanya tidak akan berbeda jauh dari corak dasar. Namun, beberapa kasus kawin silang mengalami kegagalan mutasi hingga menghasilkan warna hitam dan albino.

Secara alamiahnya, proses reproduksi Ikan ini dimulai dari pemijahan di tengah malam hingga menjelang fajar. Larva ikan berwarna orange dengan lapisan kantong kuning telur sebagai cadangan makanan.

Setelah 2-4 hari, kantong telur akan habis dan komet kecil pun mulai muncul. Pada tahapan reproduksi ini, Anda harus sering memantau agar bibit ikan yang didapatkan berjumlah banyak.

Jenis Ikan

Terdapat 8 jenis ikan mas komet yang sangat populer dan digemari masyarakat Indonesia sebagai hewan peliharaan, antara lain:

1.     Komet Sara

Gambar Komet Sara
sundlandwatergardens.com

Jika Anda sedang berada di pasar ikan hias atau berkunjung ke toko ikan, pasti akan menemui jenis komet sara. Ikan mas ini merupakan jenis paling umum dari ikan komet, yakni berwarna belang dengan perpaduan merah dan putih. Bentuk tubuhnya memanjang, tetapi cukup berisi.

2.     Komet Sarasa Yellow

pinterest.jp

Ikan mas yang cukup banyak diminati pecinta ikan hias adalah komet sarasa yellow. Keistimewaan dari jenis ini adalah tubuhnya yang putih keemasan, sehingga tampak transparan dan berkilau. Ekornya yang memanjang juga menampilkan tarian gemulai saat si ikan berenang.

3.     Komet Hitam

pinterest.com

Salah satu jenis komet yang dijual mahal di pasaran adalah komet hitam. Ikan ini bentuknya hampir sama dengan ikan sapu-sapu. Warna tubuhnya hitam pekat dengan sirip dan ekor yang panjang. Jika sedang berenang, Anda akan merasa takjub karena sangat indah dipandang mata. Dikarenakan harganya cukup tinggi, tidak heran jika komet hitam juga dibudidayakan untuk bisnis.

4.     Komet Pancawarna

Gambar Ikan Komet Pancawarna
mublakcar.blogspot.com

Sesuai nama yang disematkan pada jenis komet ini, komet pancawarna akan terlihat berubah-ubah warnanya tergantung dari sudut lihatnya. Ikan ini akan menghasilkan 5 warna, yakni merah, orange, kuning, putih, dan kebiruan. Berbagai warna yang dihasilkan dari jenis ini karena komet pancawarna merupakan hasil perkawinan silang dari berbagai ikan mas.

5.     Komet Slayer

Gambar Ikan Komet Slayer
cometgoldfishcare.com

Jenis slayer hampir serupa dengan komet sara, perbedaannya hanya terletak pada ekor komet slayer yang berumbai karena ukuranya sangat lebar.

6.     Komet Harimau

Gambar Komet Harimau
pinterest.co.kr

Visual dari hewan harimau juga tampak dari ikan mas komet berjenis harimau. Warna tubuhnya merupakan variasi dari warna hitam, orange, dan putih dengan corak belang-belang seperti harimau. Ikan ini juga sangat digemari pecinta ikan karena harganya sangat terjangkau dan bentuknya sungguh menakjubkan.

 

Makanan Ikan Komet

Gambar Makanan Ikan Komet
indonesia.alibaba.com

Ikan hias yang mungil ini bisa dikatakan sebagai ikan yang menjaga kesehatan. Sebab, ikan komet cenderung menyukai makanan dari bahan alami dibandingkan makanan campuran seperti pelet. Tentu saja makanan alami mengandung protein lebih tinggi, dan juga membantu pertumbuhan ikan lebih baik cepat. Beberapa makanan favorit dari ikan ini yaitu:

  1. Cacing darah/ cacing sutra
  2. Serangga kecil
  3. Jentik nyamuk
  4. Artemia
  5. Kutu air
  6. Laba-laba
  7. Semut

7 makanan bisa diberikan secara bergantian pada pagi dan sore hari. Porsi untuk setiap kali makan secukupnya saja, misalnya untuk cacing cukup sejumput tangan saja. Di antara 7 makanan di atas, jentik nyamuk yang paling mudah didapatkan karena Anda tidak perlu membelinya toko ikan.

Teman Hidup untuk Komet

Ikan komet adalah ikan yang kalem dan sangat bersahabat dengan jenis ikan lainnya. Anda bisa menggabungkan ikan ini dengan jenis lain, seperti guppy, platy, angelfish, hingga molly. Meskipun dicampur dengan berbagai jenis, pastikan jumlah ikan per jenisnya seimbang.

Harga Ikan

Harga Ikan komet sangatlah bervariasi. Berikut daftar harga terbarunya di tahun 2020:

 

No.JenisUkuranHarga Tiap Ekor
1.Komet SaraKecilRp2.000,- hinga Rp4.000,-
SedangRp5.000,- hingga Rp 8.000,-
DewasaRp10.000,- hingga Rp 20.000,-
2.Komet HitamKecilRp5.000,- hingga Rp15.000,-
SedangRp10.000,- hingga Rp20.000,-
DewasaRp35.000,- hingga Rp50.000,-
3.Komet SlayerKecilRp5.000,- hingga Rp10.000,-
SedangRp10.000,- hingga Rp20.000,-
DewasaRp25.000,- hingga Rp35.000,-
4.Komet HarimauKecilRp3.000,- hingga Rp8.000,-
SedangRp7.000,- hingga Rp10.000,-
DewasaRp15.000,- hingga Rp25.000,-
5.Komet PancawarnaKecilRp5.000,- hingga Rp15.000,-
SedangRp10.000,- hingga Rp20.000,-
DewasaRp35.000,- hingga Rp45.000,-
6.Komet Sarasa YellowKecilRp5.000,- hingga Rp15.000,-
SedangRp10.000,- hingga Rp20.000,-
DewasaRp25.000,- hingga Rp35.000,-

 

Sebagai salah satu nenek moyang dari ikan mas, ikan komet membuktikan eksistensinya sebagai ikan hias paling digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Jenis Ikan Koi

Selain mudah didapatkan, harga ikannya juga tergolong murah. Pemeliharaan dan perawatannya pun tidak merepotkan. Jenis manakah yang paling Anda sukai?

Tinggalkan komentar