Ikan Lemon

Mempercantik rumah bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah meletakkan aquarium di sudut ruang tamu atau ruang keluarga. Aquarium yang Anda miliki bisa diisi dengan jenis ikan hias apapun. Ikan lemon atau lemon fish bisa menjadi pilihan yang tepat, karena mempunyai warna mencolok dan indah.

Tentang Ikan Lemon

"Gambar

Ikan lemon merupakan jenis ikan dari spesies cichlid dengan nama ilmiah Labidochromis caeruleus. Ikan ini berasal dari pesisir barat tengah di danau Malawi, Afrika Timur.

Nama lemon sendiri disematkan karena warna dasarnya sama persis dengan buah lemon yang berwarna kuning terang. Namun, beberapa jenis ikan bernama lemon lainnya memiliki variasi warna yang beragam.

Dikarenakan berasal dari danau, ikan ini tentu saja tergolong dalam jenis ikan air tawar. Ikan jenis ini cukup mudah untuk Anda pelihara di aquarium dengan tetap menjaga tingkat pH air 7.8 hingga 8.9.

Untuk suhu airnya sendiri, ikan ini mampu bertahan pada kisaran 73 hingga 79ºF atau 23 hingga 26ºC.

Jika Anda hendak memelihara ikan ini, pastikan untuk membuat nuansa aquarium semirip mungkin dengan habitat aslinya. Siapkan pasir dan bebatuan karang atau serpihan spirulina, agar ikan merasa nyaman dan berkembang dengan baik.

Jenis Ikan Lemon

Ternyata, ikan lemon tidak hanya berwarna kuning terang di seluruh badan, tetapi ada variasi warna lain berdasarkan jenis-jenisnya. Di antaranya yakni:

1. Lemon Yellow Electric Cichlid

Gambar Lemon Yellow Electric Cichlid
fantaseaaquariums.com

Jenis yang pertama tentu saja Yellow Electric C, yang menonjolkan warna kuning menyala. Anda akan sangat menyukai ikan ini karena memiliki perpaduan warna tubuh kuning terang dengan sirip hitam pekat.

2. Livingstoni Cichlid

Gambar Lemon Livingstoni Cichlid
reddit.com

Jenis ikan lemon yang pandai berkamuflase sesuai tempat hidupnya adalah Livingstoni C. Ikan ini memiliki bentuk yang pipih memanjang dengan corak warna yang berganti-ganti. Namun, pada dasarnya Livingstoni C berwarna putih terang dengan corak hitam dan biru. Bagian sirip berwarna oranye dan biru dengan bintik-bintik putih.

3. Blue Morrie

Gambar Blue Morrie
meethepet.com

Bentuk yang sedikit berbeda dari jenis lemon lainnya adalah Blue Morrie. Ikan ini bentuknya hampir sama dengan ikan louhan yang memiliki jenong di bagian kepala. Warna tubuhnya putih terang dengan semburan warna biru dan hitam. Blue Morrie memiliki panjang tubuh rata-rata 20 cm.

4. Malawi Eye Biter

Gambar Ikan Malawi Eyebiter
fishtanksandponds.co.uk

Jenis Malawi Eye termasuk dalam kategori ikan lemon besar, karena ukurannya mencapai 23 cm. Warna tubuhnya putih perak dengan aksen garis horisontal coklat. Jika Anda memelihara ikan ini di aquarium, pastikan untuk tidak menggabungkannya dengan ikan lain karena jenis ini tergolong sangat agresif.

5. Red Empress

Gambar Ikan Lemon Red Empress
facebook @PB – Cichlid Photography

Red Empress seringkali disebut dengan ikan Spindle hap yang cukup populer untuk pecinta ikan hias di Indonesia. Anda akan sangat mudah menemukan ikan ini di toko penjual ikan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang mungil dengan corak warna bervariasi, membuat ikan ini sangat cocok untuk hiasan di rumah.

6. Trewavas Red Finned Cichlid

Gambar Ikan Trewavas Red Finned Cichlid
pinterest.com

Ikan jenis lemon yang memiliki warna tubuh cantik dan sayang untuk dilewatkan adalah Trewavas Red Finned Cichlid. Ikan ini memiliki perpaduan warna merah di bagian sirip dan warna biru di area tubuh utamanya. Ukuran Trewavas cukup besar yakni antara 5 cm hingga 12 cm.

7. Venustus

Gambar Ikan Venustus
pinterest.com

Jenis ikan lemon besar yang mampu mencapai panjang 30 cm adalah Venustus. Sama halnya seperti karakter lemon lainnya, Venustus juga tergolong galak dan mendominasi. Ikan ini sering dijadikan ikan hias karena memiliki perpaduan unik antara warna kuning, hijau, biru, dan hitam.

Makanan Ikan Lemon

"Gambar

Merawat ikan jenis ini bisa Anda lakukan dengan mudah karena makanannya tidak sulit untuk dicari. Pakan ikan harus mengandung nutrisi sesuai kebutuhan dan diberikan dengan takaran yang pas. Anda bisa memberikan pakan minimal 2 kali sehari. Beberapa pakan ikan yang baik dikonsumsi untuk ikan ini adalah:

1. Cacing Darah atau Cacing Sutra

Makanan yang paling sering diberikan untuk ikan jenis lemon adalah cacing darah atau cacing sutra. Jenis pakan ini biasanya diperuntukkan bagi ikan lemon ukuran kecil dan sedang. Cacing sutra bertekstur lembut dan ukurannya sangat kecil, sehingga akan mudah dicerna olehnya.

Kandungan gizi yang ada di cacing sutra mampu mempercepat pertumbuhan ikan. Kandungan protein cacing sutra mencapai 57%, lemak 13%, dan sisanya campuran serat kasar, air, dan abu.

2. Kutu Air

Makanan untuk si lemon kecil dan sedang yang bisa Anda berikan adalah kutu air. Jenis pakan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga sudah tentu sangat menyehatkan untuk dikonsumsi ikan lemon. Jenis kutu air yang sering digunakan untuk pakan ikan tersebut, yakni kutu moina dengan harga relatif murah dan mudah ditemukan di toko terdekat.

Mengapa kutu moina? Jenis kutu ini memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan cacing darah atau cacing sutra. Jumlah proteinnya mencapai 66%, lemak 6%, asam amino, dan sisanya serat kasar.

3. Bayi Artemia

Udang kecil atau artemia bisa menjadi alternatif lain untuk pakan ikan lemon. Artemia biasanya hidup di air asin dan termasuk jenis plankton. Ikan jenis lemon di masa pertumbuhan sangat membutuhkan protein tinggi dan ini bisa didapat dari artemia. Selain mengandung protein, artemia juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan asam amino.

4. Pelet

Pakan ikan yang lebih praktis, menyehatkan, dan mudah ditemukan adalah pelet. Makanan ini merupakan olahan dari gabungan beberapa bahan, sehingga kandungan gizi yang terkandung di dalamnya lebih komplit. Pelet bisa dikonsumsi untuk jenis lemon kecil, sedang, maupun besar. Pastikan pula untuk memberikan pakan lainnya agar ikan tidak mudah bosan.

5. Udang Air Asin

Jika ikan lemon kecil diberi pakan artemia, maka untuk ukuran besarnya bisa diberikan udang air asin ukuran sedang. Sama halnya dengan artemia, udang memiliki kandungan protein, asam amino, dan lemak tak jenuh yang tinggi serta bagus untuk pertumbuhan ikan.

Jenis makanan ikan jenis lemon yang telah disebutkan di atas sebaiknya diberikan bergantian. Hal ini untuk menghindari ‘mogok’ makan pada ikan. Makanan-makanan ini tidak hanya menyehatkan, tetapi juga berkhasiat untuk memberikan warna yang lebih tajam pada ikan.

Teman untuk Ikan Lemon

"Gambar

Lemon sudah dikenal sebagai ikan yang agresif, galak, dan predator. Jika memelihara ikan ini, sebaiknya tidak perlu dicampur dengan jenis ikan lain.

Namun, bagi Anda yang ingin mengisi aquarium dengan berbagai macam jenis ikan, lemon fish bisa dicampur ikan lain asalkan masih 1 spesies dan memiliki ukuran hampir sama, di antaranya:

1. Demasoni Cichild
2. Lionhead Cichlid
3. Blue Dolphin Cichlid
4. Kenya Cichlid
5. Peacock Cichlid
6. Frontosa
7. Molly (khusus untuk Lemon Yellow Electric)

Hal terpenting saat ikan lemon digabungkan dengan temannya adalah memastikan ukuran aquarium yang digunakan cukup besar dan pemberian makanan tidak terlambat. Meskipun sangat galak dengan spesies lainnya, ikan ini akan menjadi pemalu jika berada di aquarium dengan jenis yang sama.

Harga Ikan Lemon

"Gambar

Hal yang membuat lemon fish banyak dijadikan ikan hias di rumah adalah harganya sangat ramah di kantong atau tergolong sangat murah. Jika Anda membeli ikan lemon yang masih kecil <5cm, harganya cukup Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- saja.

Untuk ukuran 5 cm biasanya dijual antara Rp 7.000,- hingga Rp 20.000,-. Sedangkan lemon yang berukuran 20-30 cm dapat Anda beli dengan kisaran Rp25.000,- hingga Rp 35.000,- per ekornya.

Baca Juga : Ikan Ramirezi

Memelihara ikan hias di aquarium bisa menjadi penyejuk mata, sekaligus penyegar ruangan di rumah Anda. Jika ingin memelihara ikan yang berwarna cerah dengan harga murah, Anda bisa mencoba membeli ikan lemon. Setidaknya ada 7+ pilihan jenis ikan ini yang bisa dipelihara dengan keunikan masing-masing. Kira-kira jenis apakah yang akan Anda beli?

Tinggalkan komentar