Ikan Manfish

Dalam dunia ikan hias air tawar, ikan Manfish sudah cukup dikenal karena corak dan warnannya yang menawan. Tidak hanya itu, pergerakannya yang tenang juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga tidak merusak dekorasi aquascape.

Asal Usul Ikan Manfish

Manfish masih menjadi bagian dari keluarga cichild, ia berasal perairan tenang Amerika Selatan. Ikan ini tersebar di sungai amazon, Peru, Brazil, hingga Colombia.

Nama latin dari ikan manfsih adalah Pterophyllum, yang berarti menyerupai layar dan daun.

Kemudian Manfish dibagi lagi menjadi tiga golongan, yaitu Pterophyllum scalare, Pterophyllum altum Pellegrin, dan Pterophyllum leopoldi.

Di Indonesia sendiri ikan ini lebih dikenal dengan sebutan Manfish, namun di luar negeri ikan ini biasa disebut dengan Angelfish.

Karakter Ikan Angelfish atau Manfish

Gambar Karakter Ikan Manfish
pinterest.com

Ukuran  Manfish sangat bervariasi, namun kurang lebih panjang ikan ini 10 cm disertai tubuh yang pipih dan melebar seperti layang-layang.

Karena ukurannya yang cenderung besar, paling tidak aquarium Anda harus memiliki panjang 60 cm ditambah dengan beberapa tanaman untuk sesekali ikan ini bersembunyi.

Ikan Manfish merupakan ikan yang hidup di air tawar dengan suhu 24 – 30 °C. PH air yang tepat untuk ikan ini berkisar pada angka 6 – 8.

Kemudian seperti yang terlihat, ikan Angelfish memiliki berbagai warna dengan corak yang indah. Namun dibalik itu Manfish merupakan ikan predator yang gemar memangsa ikan kecil, terutama udang hias aquascape.

Ya, ikan ini memang terlihat kurang damai kepada ikan kecil. Meski begitu ketika Manfish memiliki anak, ikan ini akan melindungi burayaknya sepenuh hati.

Jenis Ikan Manfish yang Paling Cantik

Karena dasarnya yang memang sudah cantik, kemudahan membudidayakan ikan ini membuatnya memiliki banyak sekali jenis dan variasi warna. Apa saja itu?

1. Ikan Gold Manfish

Gambar Ikan Manfish Gold
aquasnack.co.uk
Harga Rp 10.000 – Rp 15.000

Terdiri dari campuran warna perak dan kuning, ikan Manfish Gold terlihat seperti emas yang mengkilap.

Ketika masih kecil warna emas pada ikan ini belum terlalu terlihat, namun seiring berjalannya waktu warna tersebut akan semakin kuat.

Supaya ikan Angelfish Gold dapat hidup dengan baik, pastikan Anda memberi pencahayaan tingkat menengah pada aquarium.

2. Ikan Koi Manfish

Gambar Ikan Manfish Koi
fishbazaar.sg
Harga Rp 15.000 – Rp 50.000

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, corak pada ikan ini memang mirip sekali dengan warna ikan koi.

Perpaduan warna orange, hitam, dan putihnya yang acak, membuatnya begitu sempurna untuk menghiasi aquarium Anda.

3. Ikan Zebra Manfish

"Gambar

Harga Rp 10.000 – Rp 35.000

Dibandingkan dengan  Manfish yang lain, jenis Manfish Zebra memiliki ukuran badan yang lebih kecil, selain itu slayer pada ikan ini juga tidak begitu panjang.

Dipasaran, ikan dengan corak hitam putih khas binatang zebra ini mudah ditemukan dan memiliki harga yang murah,

Selain itu Manfish Zebra sangat mudah untuk dirawat sehingga cocok untuk pemula. Namun disarankan untuk tidak menggabungkan dengan ikan yang ukurannya lebih besar supaya ia tidak diserang.

4. Ikan Veil Manfish

Gambar Ikan Veil Angelfish
aboutangelfish.com
Harga Rp 15.000 – Rp 30.000

Memang warna ikan Veil Manfish mirip dengan jenis ikan sebelumnya, namun jika dilihat lebih seksama Anda akan menemukan banyak perbedaan.

Dari ukuran Veil Manfish jauh lebih lebar dan mempunyai slayer yang panjang yang indah. Bahkan panjang keseluruhan jenis Manfish ini bisa tumbuh hingga 20 cm.

Karena slayer yang panjang tersebut, kami menyarankan untuk tidak mencampurnya dengan ikan jenis lain. Biasanya ikan lain akan sangat “tertarik” untuk menggigit slayer yang menggoda itu.

Kemudian ikan Veil Manfish memiliki kombinasi warna putih dan hitam, dimana pada bagian ekor lebih didominasi oleh warna gelapnya.

5. Ikan Albino Manfish

Gambar Ikan Albino Angelfish
angelfishcanada.com
Harga Rp 10.000

Seperti ikan albino yang lain, Albino Manfish juga mempunyai warna tubuh putih dengan mata yang berwarna merah.

Pada awalnya albino Manfish tercipta karena kelainan genetik warna hitam saat mereka dikawinkan.  Alhasil rentang umur ikan ini tidaklah lama.

Jadi jangan heran ya jika hidup Albino Manfish mudah terkena penyakit ikan dan sulit untuk disembuhkan.

6. Ikan Marble Manfish

"Gambar

Harga Rp 10.000 – Rp 20.000

Berbeda dengan Albino Manfish yang rentan terkena penyakit, jenis ikan Marble Manfish memiliki badan yang lebih kuat dan perawatannya mudah.

Hal itu juga selaras dengan tampilannya yang “garang”, kombinasi corak acak hitam putih membuat siapa saja terpesona. Apalagi didukung tambahan warna kuning dikepalanya itu.

Mengenai ukuran, ia termasuk ikan yang tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan jenis ikan Angelfish yang lain.

7. Ikan Platinum Manfish

"Gambar

Harga Rp 12.000 – Rp 30.000

Badan ikan ini mempunyai warna silver atau perak dengan mata yang berwarna hitam. Apabila dilihat secara keseluruhan warna ikannya akan nampak mengkilap seperti namanya, Platinum Manfish.

8. Ikan Altum Manfish

"Gambar

Harga Rp 2.500.000

Ini adalah jenis ikan Manfish yang paling besar, paling cantik, dan harganya tentu paling mahal.

Rata-rata panjang ikan Altum Manfish yang berumur 2 tahun adalah 25 – 30 cm, namun ketika umurnya sudah menginjak 4 tahun maka panjangnya bisa mencapai 50 cm.

Mengingat ukurannya yang besar tersebut, maka supaya ikan Altum bisa leluasa bergerak peliharalah dalam aquarium yang besar pula, terlebih jika Anda memelihara beberapa ekor sekaligus.

Ikan ini terkenal sangat elegan, mulai dari pergerakannya yang kalem hingga kombinasi warna hitam vertikal dan kuning keemasan yang memanjakan mata.

Makanan Ikan Manfish

"Gambar

Di alam liarnya  Manfish akan memangsa ikan yang berukuran kecil, serangga, udang kecil, bahkan hingga ganggang juga mereka makan.

Nah untuk pemberian makanan ikan Manfish di aquarium, Anda bisa memberinya pakan hidup seperti cacing sutra, cacing darah, dan artemia.

Pemberian pakan hidup bagus untuk mendukung asupan protein ikan, namun disisi lain pakan hidup ini juga bisa membuat air cepat kotor hingga menyebabkan penyakit.

Untuk itu Anda bisa mengkombinasikannya dengan pelet khusus Manfish, selain lebih aman untuk air, pemberian pelet juga pasti lebih praktis.

Supaya lebih variatif lagi Anda juga bisa sesekali memberinya sayuran seperti bayam, selada, atau timun yang sudah diiris.

Bagaimana pola makan yang tepat untuk ikan ini? Dalam satu hari cukup beri makan satu kali saja, yaitu pada pagi hari.

Teman untuk Ikan Manfish

Gambar Teman Ikan Manfish
discusfish.store

Ternyata tidak sembarang ikan bisa dikombinasikan dengan ikan Manfish disatu aquarium lho.

Alih-alih menjadi teman, malah bisa saja mereka saling serang. Berikut adalah ikan yang aman dan tidak aman untuk digabungkan dengan ikan Manfish.

Ikan yang bisa berteman dengan Manfish :

  • Sesama jenis Manfish
  • Ikan Blackghost
  • Ikan Mas Koki
  • Ikan Komet
  • Ikan Discus
  • Dan ikan lain yang ukurannya sama dengan Manfish

Ikan yang tidak bisa berteman dengan Manfish :

  • Ikan Neon Tetra/ Cardinal
  • Ikan Guppy
  • Ikan Tiger Barbs
  • Ikan Cupang
  • Dan semua ikan yang ukurannya lebih kecil dari Manfsih

Bagaimana? Sudah tertarik untuk memelihara ikan ini? tentukan jenis ikan Angelfish atau Manfish yang paling sesuai dengan selera ya.

Baca Juga : Ikan Discus

Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan komentar