Ikan Molly

Ikan hias yang populer di Indonesia sangatlah bervariasi, mulai dari ukuran kecil, sedang, dan besar. Segmentasi pasar dan komunitasnya juga beragam. Ada yang suka dengan ikan hias murah meriah hingga yang sangat mahal dengan nominal ratusan juta. Jika Anda seorang pemula dan ingin memelihara jenis ikan mungil dan murah, Anda bisa memilih ikan molly.

Tentang Ikan Molly

Gambar Tentang Ikan Molly
powershow.com

Nama molly memang sangat cocok untuk jenis ikan dari genus poecilia karena memiliki ukuran tubuh yang mungil. Ikan molly berasal dari negara Meksiko, Virginia, dan Florida, tepatnya di daerah sungai air tawar. Ikan ini mampu hidup dengan tingkat suhu antara 25 hingga 28 derajat celcius dan tingkat basanya maksimal 8.

Meskipun berasal dari ikan tawar, tetapi ikan ini juga seringkali berenang di air payau. Karakter dari ikan molly ini sedikit agresif tetapi masih bisa terkendali dan berbaur dengan jenis ikan lain.

Warna tubuh ikan pada umumnya lebih ke arah abu-abu perak dan sedikit kusam. Ukuran molly jantan dan betina juga berbeda, rata-rata molly jantan berukuran 8 cm, sedangkan betinanya 10 cm.

Jika hendak memelihara ikan ini di rumah, pastikan kondisi airnya menyerupai kondisi air di habitat asli. Perawatan ikan ini terbilang cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas saat memelihara ikan molly. Kemudahan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk pembudidayaan ikan ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jenis Ikan Molly

Ikan molly sendiri memiliki banyak sekali jenis, dalam artikel ini kami rekomendasikan beberapa jenis yang paling cantik untuk dipelihara, diantaranya yaitu :

1. Liberty Molly (Poecilia Salvatoris)

wikimedia.org

Bentuk tubuh pipih dan memanjang menjadi ciri khas dari ikan molly jenis liberty. Nama ilmiahnya disebut dengan Poecilia Salvatoris. Liberty molly tergolong ikan hias berukuran sedang dengan panjang tubuh maksimalnya 8 cm. Karakter liberty cukup mendominasi dan agresif, sehingga banyak orang yang kurang menyukainya untuk dipelihara.

2. Common Molly (Poecilia Sphenops)Gambar Ikan Poecilia Sphenops

Common molly atau nama latinnya Poecilia Sphenops merupakan jenis molly ‘leluhur’. Ikan ini adalah hasil dari perkawinan silang atau hibrida antara black molly dengan sailfin molly. Common molly tergolong unik karena memiliki warna melanistic (pigmen gelap), sehingga terlihat lebih garang.

3. Yucatan Molly

Gambar Ikan Yucatan Molly
wikipedia.org

Yucatan molly memiliki warna yang serupa dengan ikan mas yakni oranye menyala. Jenis ini berasal dari daerah Peninsula. Yucatan termasuk jenis ikan molly ukuran besar karena panjang maksimalnya hingga 12 cm. Jenis yucatan juga memiliki ciri khas unik berupa bintik-bintik putih di sekujur tubuhnya.

4. Sailfin Molly

aqualog.de

Jenis sailfin molly dikenal sebagai jenis molly yang cantik dengan bentuk sirip lebar dan mengembang di bagian atas. Jika dilihat, siripnya menyerupai layar perahu yang kokoh. Sailfin molly sendiri masih dibagi menjadi 3, yakni poecilia velifera , peocilia petenensis, dan poecilia latipinna.

5. Wild Green Sailfin Molly

Gambar Ikan Wild Green Sailfin Molly
goliadfarms.com

Wild green sailfin merupakan jenis ikan molly yang berasal dari perairan Amerika Tengah atau lebih tepatnya di Danau Peten, Guatemala. Jenis wild green ini tergolong ikan molly yang besar dan memiliki masa hidup maksimal hingga umur 3 tahun.

Wild green banyak dipilih pecinta ikan hias karena memiliki perpaduan warna yang cantik. Bagian tubuhnya berwarna abu-abu kehijauan dengan sirip punggung berwarna oranye terang. Ujung ekornya juga berwarna oranye dan ada bintik-bintik putih kecil.

6. Atlantic Molly

Gambar Ikan Atlantic Molly
vippng.com

Poecilia mexicana atau atlantic molly adalah salah satu jenis molly yang habitatnya berasal dari Meksiko. Ikan ini tergolong molly kecil yang ukuran dewasanya hanya memiliki panjang maksimal 5 cm saja. Ikan ini memiliki ciri tubuh pipih panjang dengan perpaduan warna abu-abu, sedikit hitam dan kuning terang di ujung ekor dan sirip atas.

7. Lyretail Molly

Gambar Ikan Lyretail Molly
myaquariumclub.com

Keunikan utama dari Lyretail molly adalah ekornya yang panjang dan runcing. Selain itu molly Lyretail juga memiliki warna yang beragam, mulai dari kuning, oranye, hitam, putih, hingga campuran hitam dan putih.

9. Gold Dust Molly

Gambar Ikan Gold Dust Molly
findglocal.com

Nah, ini adalah jenis ikan molly yang paling banyak ditemukan dipasaran. Bahkan dimanapun toko ikan hias yang Anda datangi, kemungkinan besar mereka menyediakan molly jenis ini.

Hal itu tentu bukan tanpa alasan ya, Gold Dust molly memang sudah dihiasi perpaduan warna kuning dan hitam yang membuatnya begitu menarik, cantik, namun juga elegan.

10. Golden Molly

Gambar Ikan Golden Molly
shopee.co.id

Dibandingkan dengan jenis yang lain, ternyata Golden molly terbilang sangat menggemaskan karena memiliki tubuh yang relatif lebih kecil dan pendek. Ia juga terlihat semakin menarik karena dihiasi warna oranye yang cerah.

11. Molly Marble

Gambar Ikan Marble Molly
aquariadise.com

Molly Marble merupakan jenis ikan molly yang kerap dijumpai juga ditoko ikan hias. Warna dasarnya berwarna putih, kemudian dibaluri oleh bercak hitam disekujur tubuh yang sangat indah.

12. Molly Balon

aquasnack.co.uk

Untuk molly Balon sendiri, merupakan jenis yang dibedakan berdasarkan bentuknya, dimana ia memiliki bentuk perut yang bulat menyerupai balon.

Jadi, entah itu warnanya kuning, putih, atau bahkan seperti warna Golden Dust, asalkan perutnya bulat maka itu sudah bisa disebut sebagai ikan molly jenis Balon.

Makanan Ikan Molly

Gambar Makanan Ikan Molly
lazada.co.id

Pakan ikan molly sama halnya dengan beberapa jenis ikan hias kecil lainnya berupa pelet, cacing hingga udang. Makanan ikan molly harus mengandung protein yang tinggi, agar kebutuhan gizinya terpenuhi dan perkembangbiakannya bisa lebih baik dan cepat.

Makanan berikut ini bisa Anda berikan ke ikan molly secara bergantian, yaitu:
1. Cacing darah
2. Cacing tubifex kering – beku
3. Sayuran rebus (mentimun, kacang polong, kembang kol, zucchini, wortel)
4. Sayuran yang diawetkan (selada segar dan bayam)
5. Dada ayam rebus
6. Berbagai jenis alga
7. Tablet spirulina
8. Pelet
9. Flake atau pakan serpihan komersial

Makanan-makanan di atas bisa dikombinasikan setiap harinya agar mood makan ikan tetap terjaga dengan baik. Jika ikan mulai bosan, Anda bisa menambahkan jenis makanan beku seperti daphnia.

Ikan molly dikenal sebagai ikan yang lahap makan, sehingga Anda harus memberikan makanannya di pagi dan sore hari, bahkan jika masih kurang bisa ditambahkan pada malam harinya.

Meskipun ikan ini sangat suka makan, Anda tetap harus memberikan pakan sesuai porsi atau takarannya. Jangan sampai diberi makanan berlebihan, karena bisa membuat aquarium kotor dan ikan molly malah merasa stress.

Teman untuk Ikan Molly

Gambar Teman untuk ikan Molly
mollyexpert.com

Bagi Anda yang tidak menyukai kehidupan aquarium monoton atau hanya terdiri dari 1 jenis ikan saja, Anda bisa mengkombinasikan ikan molly dengan jenis ikan lainnya. Beberapa di antaranya adalah:
1. Ikan platy
2. Ikan guppy
3. Ikan swordtail
4. Ikan danio
5. Ikan tetra
6. Ikan angelfish
7. Ikan minnow
8. Ikan endler

Anda dapat menggabungkan ikan molly dengan 9 jenis ikan di atas. Penggabungan bisa terdiri dari 1 jenis atau lebih. Semakin banyak jenis yang digabungkan, maka aquarium yang digunakan juga harus lebih besar. Namun, agar tidak menimbulkan masalah atau bentrok, sebaiknya mencampurkan 2 atau 3 jenis saja.

Harga Ikan Molly

Gambar Harga Ikan Molly
tropco.co.uk

Membeli ikan molly untuk peliharaan di rumah tidak akan membuat kantong Anda menipis. Sebab, ikan mungil ini bisa dibeli mulai dari Rp 3.000 saja per ekornya.

Untuk membuat pandangan visual yang nyaman dipandang, biasanya 1 aquarium kecil diisi 6 hingga 10 ikan molly. Artinya, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 18.000  hingga Rp30.000 saja.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Memelihara ikan molly terbilang cukup mudah dalam perawatannya. Anda cukup memastikan kebersihan aquarium, nutrisi makanan terpenuhi, dan menjaga mood ikan agar tetap tenang. Ikan jenis ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang hendak memulai memelihara ikan hias di rumah.

Tinggalkan komentar