Ikan Nemo Air Tawar

Pernahkah Anda melihat pedagang  yang menjual ikan nemo air tawar? Mulai dari pecinta ikan hias hingga orang awam pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ikan ini. Ya, ikan ini menjadi sangat terkenal berkat film animasi “Finding Nemo” yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios tahun 2003.

Karena film tersebut, ikan nemo yang awalnya hanya ada di laut mulai banyak diperjual belikan dan ditempatkan di dalam akuarium air tawar. Benarkan ikan nemo yang awalnya hanya hidup di air asin (laut) dapat hidup sehat di air tawar? Apakah ikan nemo air tawar benar-benar ada?

Ukuran dan Deskripsi

Gambar Ikan Nemo
news.flinder.s.edu.au

Nemo alias Amphiprion ocellaris termasuk dalam kelompok ikan badut, yang mencakup sekitar 30 spesies. Pola warnanya dicirikan oleh warna kuning, orange, coklat, atau hitam dengan garis-garis putih vertikal yang terdiri dari sel-sel yang memantulkan cahaya yang disebut iridofor.

Nemo yang paling terkenal memiliki tiga garis putih di sepanjang kepala hingga ekor dengan list hitam dan warna dasar orange cerah. Kebanyakan ikan nemo memiliki panjang tubuh lebih dari 3 inch.

Namun, mereka juga dapat tumbuh hingga 4 inci. Bentuk ekornya membulat dan sirip punggungnya dilapisi 11 duri.

Habitat

Gambar Habitat Ikan Nemo
buildyouraquarium,.com

Habitat asli ikan badut ini adalah terumbu karang di lepas pantai Australia dan Asia Tenggara hingga ke selatan Jepang. Mereka banyak ditemukan di sekitar jenis anemon tertentu (makhluk yang berlabuh di dasar laut dan menggunakan tentakelnya untuk menarik makanan).

Tentakel anemon memiliki sel penyengat yang disebut nematocysts, yang dapat melepaskan racun saat mangsa atau predator menyentuhnya. Namun, ikan badut memiliki lapisan lendir yang dapat melindunginya dari racun.

Pasangan ini membentuk hubungan simbiosis. Anemon memberikan perlindungan dan sisa makanan untuk ikan badut, sedangkan ikan badut membawa makanan ke anemon dan menjadi mangsa inangnya (menghilangkan parasit).

Dapatkan Ikan Nemo Hidup di Air Tawar?

Gambar Ikan Nemo Air Tawar Apakah Ada
zmescience.com

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ikan nemo sebenarnya tidak bisa hidup di air tawar. Karena habitatnya adalah lautan, ikan nemo mendapatkan cairan tubuh melalui osmosis. Sedangkan air tawar tidak mengandung garam, sehingga proses osmosis tidak akan terjadi.

Baca Juga : Ikan Hias Air Laut

Kesimpulannya, ikan nemo air tawar sebenarnya tidak ada, karena ia diciptakan di laut, sehingga harus hidup di laut. Ikan laut yang ditempatkan pada air tawar akan mati kekeringan karena air tawar tidak mengandung garam. Begitu juga sebaliknya, ikan tawar tidak bisa hidup di air asin (laut).

Tinggalkan komentar