Ikan Neon Tetra

Sedang mencari ikan berukuran kecil untuk aquascape? Kami rasa ikan neon tetra adalah jawaban yang paling tepat untuk Anda.

Ya, ikan hanya yang mampu tumbuh hingga 3 cm ini memiliki yang menyala seperti neon, apalagi jika dalam keadaan gelap atau terkena pencahayaan matahari yang tidak langsung.

Tidak hanya itu, ikan Neon Tetra juga makin cantik karena dipadukan dengan warna merah mulai dari tengah badan sampai ke ekornya.

Selain cantik dari penampilan, ikan Neon Tetra juga cantik dari hati lho. Karena ia termasuk ikan yang pendiam sehingga tidak merusak dekorasi aquascape Anda.

Asal Usul Ikan Neon Tetra

Gambar Asal Usul Ikan Neon Tetra
firsttimemarinekeeper.com

Ikan Neon Tetra awalnya tersebar di sungai Blackwater yang melintasi 3 wilayah, mulai dari Kolombia tenggara, Peru bagian timur, dan berakhir di Brazil bagian barat.

Seperti ikan pada umumnya, ikan yang berasal dari keluarga Characin ini juga memiliki nama latin berupa Paracheirodon Innesi.

Perbedaan Ikan Neon Tetra dengan Tetra Cardinal

Gambar Perbedaan Neon Tetra dan Cardinal Tetra
petsoid.com

Bagi orang yang baru pertama kali melihat, mungkin akan menganggap kedua ikan ini sama. Sekilas memang mirip dan masih satu keluarga, namun keduanya memiliki perbedaan lho. Apa saja itu?

  • Garis merah pada Neon Tetra hanya sampai tengah, sedangkan Cardinal Tetra full dari ekor sampai kepala
  • Ukuran Neon Tetra lebih kecil 2 cm dari Cardinal Tetra
  • Neon Tetra lebih menyukai suhu dingin, sebaliknya Cardinal Tetra lebih cocok dengan suhu hangat

Cara Merawat Ikan Neon Tetra

Gambar Cara Merawat Ikan Neon Tetra
youtube @TheBabySeaTurtle

1. Persiapkan Tank Aquarium yang Sesuai

Sebenarnya ikan Neon Tetra bisa hidup dalam aquarium ukuran 15 cm sekalipun, namun jika mengacu pada perilaku hidupnya yang bergerombol di alam liar maka gunakanlah ukuran tank minimal 60 cm.

Dalam aquarium yang cukup besar tersebut, Anda bisa memelihara 10 ikan sekaligus. Selain itu umur ikan juga bisa menjadi lebih lama, yaitu sekitar 5-6 tahun.

Kemudian karena ikan Tetra cenderung pemalu, sangat disarankan untuk menghias aquarium dengan tanaman aquascape sebagai tempat bersembunyi. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan kayu aquascape atau batu aquascape.

2. Atur Parameter Air

Supaya ikan Neon Tetra tidak kaget dan stress ketika dipindahkan ke tank aquarium yang baru, maka penyesuaian parameter air itu sangat penting.

Pastikan suhu air berada pada angka 21 – 27°C, dan PH air diantara 6.0 sampai 7.8.

3. Perhatikan Pencampuran Ikan

Tak jarang dalam satu tank aquarium terdapat dua jenis ikan atau lebih. Jika Anda ingin mencampurkan ikan Tetra dengan ikan yang lain, maka campurkanlah dengan ikan yang ukurannya sama. Hal itu bermanfaat supaya ikan Tetra tidak merasa terancam.

Disamping ukuran yang kecil, tingkat agresifitas ikan lain juga harus diperhatikan. Beberapa contoh ikan yang mampu hidup damai dengan ikan Tetra yaitu ikan guppy, corydoras albino, atau dari jenis ikan Neon yang lain.

4. Beri Pakan yang Sehat

Pakan ikan Neon Tetra terdiri dari pakan alami dan buatan. Untuk pakan alami Anda bisa memberikan cacing sutra, kutu air, daphnia, atau artemia.

Sedangkan untuk pakan buatan tentunya berupa pelet. Merk pelet untuk ikan ini ada berbagai macam, seperti XTera, Tetra Bits, PK-BIT, dll.

Didalam pakan buatan seperti pelet tersebut, biasanya telah diracik untuk mencerahkan warna ikan Tetra dan menambah tingkat kesehatannya.

Pemberian pakan dapat dilakukan 1 hari sekali saja, pasalnya jika diberi terlalu banyak dapat mengotori air, berubah menjadi bakteri, dan akhirnya menyebabkan ikan sakit.

Kemudian, bila perlu beri pakan secara selang-seling antara pakan alami dan pakan buatan supaya ikan tidak bosan.

5. Jaga Kebersihan Aquascape

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebersihan air dan aquascape sangat mempengaruhi kesehatan ikan.

Untuk itu paling tidak Anda harus rajin mengganti air satu bulan sekali, atau disaat air sudah mulai keruh.  Penggantian air tidak perlu dikuras semuanya, cukup 50 – 70% kapasitas air saja.

Ketika mengganti air Anda juga bisa sekaligus membersihkan kaca aquarium dari kerak yang membandel. Gosokkan kapas pada perumukaannya dengan sedikit tenaga ya.

Lakukan Ini Jika Ikan Neon Tetra Terkena Penyakit White Spot

Gambar Penyakit White Spot Neon Tetra
myaquarium.com

Jika sudah terlanjur, salah satu penyakit yang paling sering muncul akibat air kotor adalah penyakit white spot.

Penyakit white spot bisa menyerang pada ikan apa saja, termasuk ikan Tetra ini. Ikan yang terkena penyakit white spot sekujur tubuhnya terdapat bintik putih seperti ketombe.

Gejala penyakit : 

  • Ikan tidak nafsu makan
  • Ikan cenderung berdiam diri ditempat tertentu
  • Muncul bintik putih

Cara Mengobati

  • Karena penyakit white spot gampang sekali menyebar, jadi pindahkanlah ikan yang terkena penyakit ke tank khusus ukuran mini.
  • Pastikan tank memiliki air yang bersih
  • Tuangkan obat Methylene Blue merk Tetra, Blitz Ich, atau yang lainnya.
  • Tuangkan juga garam khusus untuk ikan
  • Jemur ikan ketika pagi
  • Tunggu 3 hari kemudian

Jika dalam tempo waktu 3 hari ikan belum sembuh, Anda bisa mengulangi lagi langkah tersebut dari awal.

Harga Ikan Neon Tetra

Gambar Harga Ikan Neon Tetra
paktanidigital.com

Karena ikan Tetra sudah cukup populer, Anda bisa menjumpai ikan ini ditoko ikan hias dengan mudah. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, kurang lebih Rp 5.000 per ekornya.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah jatuh hati pada ikan ini dan ingin segera meminangnya? Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik ya. Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan komentar