Ikan Niasa

Ikan Niasa kadang sering disebut orang dengan ikan Lemon memiliki nama latin Melanochromis auratus pada jenis lainnya bernama Pseudotropheus auratus. Habitat aslinya adalah danau air tawar Malawi yang berada di benua Afrika dan masih mempunyai kekerabatan dengan ikan nila.

Mengenal Lebih Dalam Ikan Niasa

Gambar Tentang Ikan Niasa
poisson-or.be

Memiliki kombinasi warna, corak dan bentuk tubuh yang unik merupakan daya tarik tersendiri ikan Niasa. Tak heran jika ia menjadi salah satu buruan para pecinta ikan hias untuk mengisi akuarium. Selain itu cara budidaya serta perawatannya pun tidak sulit.

Bagaimana Bentuk Dan Corak Fisik Ikan Niasa? Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwasanya Niasa masih ada hubungan dengan ikan Nila air tawar yang banyak dijumpai di perairan Indonesia.

Persamaan di antara keduanya terdapat pada bentuk fisiknya, yakni sama-sama pipih dan cenderung agak memanjang. Persamaan lainnya terletak pada warnanya, yang mana baik ikan Nila maupun Niasa cenderung memiliki warna yang cerah, meski umumnya pada tubuh Niasa sendiri biasanya terdapat corak gelap seperti hitam atau coklat

.Untuk harganya sendiri memang tidak terlalu mahal. Untuk cichlid niasa golden mbuna berkisar mulai dari Rp. 5.000 saja. Sedangkan harga ikan hias aquascape / niasa siklid mulai dari Rp. 7.500.

Apa saja Teman Ikan Niasa?

Gambar Teman Ikan Niasa
youtube @Bays Channel

Pada dasarnya, cichlid seperti Niasa ini memiliki sifat yang cenderung agresif sehingga mudah menyerang kawannya meskipun dari satu spesies yang sama.

Bahkan, dalam kondisi tertentu seperti lapar mereka bisa memangsa anggota koloni yang sakit atau ikan jenis lain sampai tinggal tulangnya.

Meski demikian, tingkat agresivitasnya tidak begitu berbahaya sehingga tetap boleh jika ingin memberikannya teman. Yang terpenting pastikan teman niasa memiliki ukuran yang setidaknya sama.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggabungkan Niasa dengan jenis cichlid lain semacam ikan Lemon, Demasoni ataupun Blue Lambordi.

Banyak orang yang menganggap bahwa ikan Niasa juga sama dengan ikan Lemon padahal anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat. Meski sekilas mereka terlihat mirip, namun aslinya berbeda. Hanya saja mereka masih satu keluarga.

Keduanya berasal dari keluarga ikan cichlid spesies auratus yang mempunyai ukuran tubuh kecil dan cenderung memanjang (maksimal hanya 11 cm).

Ikan Niasa sendiri nampak seperti ikan Lemon, karena di tubuh mereka sama-sama ada corak horizontal berwarna hitam dengan semburat putih.

Lingkungan yang cocok untuk ikan Niasa

Gambar Lingkungan Ikan Niasa
fishkeeper.com

Meski pada budidaya skala besar oleh peternak lokal biasanya hanya menggunakan kolam beton atau terpal polos tanpa aksesoris apapun. Namun ada baiknya hindari hal demikian jika Anda ingin memelihara Niasa sebagai ikan penghias aquarium.

Pada habitat aslinya, Niasa tinggal di perairan air tawar yang berbatu sehingga ini bisa dijadikan patokan dalam pemeliharaannya. Isi akuarium Anda dengan bebatuan kecil, karang atau sejenisnya untuk membuat ini merasa nyaman. Lalu bagaimana kondisi ideal kolam/akuarium yang cocok?

Sama seperti dengan pemeliharaan jenis ikan lainnya, jika Anda ingin sukses dalam memelihara maupun budidaya Niasa ini, penting untuk mengkondisikan kualitas kolam atau akuariumnya. Perlu perhatian khusus untuk menjaga agar air tetap dalam kebersihan dan parameter suhu yang ideal.

Ikan Niasa ‘betah’ pada temperatur air kisaran 24 hingga 28 derajat celcius dengan kadar pH yang cenderung basa, antara 7-8. Selain itu, untuk menjaga kualitas kolam/akuarium, sangat penting untuk melakukan penggantian air setidaknya 10-30% dari keseluruhan jangka waktu per 3 hari sekali.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Niasa

Gambar Perbedaan Ikan Niasa Jantan dan Betina
biolib.cz

Mengetahui jenis kelamin dari ikan Niasa sangat diperlukan dalam usaha budidayanya. Sebenarnya secara kasat mata, cukup sulit membedakan mana yang jantan atau betina. Namun hanya berlaku untuk yang ukuran tubuhnya di bawah 5 cm.

Setelah ukuran tubuh  Niasa di atas 5 cm maka akan terlihat, biasanya yang jantan tampak lebih besar dibandingkan dengan betinanya. Selain itu warna hitamnya terlihat lebih pekat. Pada bagian sirip dekat anus terdapat corak titik kecil berwarna kuning.

Baca Juga : Ikan Ramirezi

Meskipun ikan Niasa tergolong jenis ikan hias yang agak agresif namun bukan berarti tidak dapat dibudidayakan atau memiliki nilai ekonomi rendah. Jika Anda jeli dalam membidik pasar dan gencar dalam mempromosikannya maka keuntungan pun bisa didapatkan dengan mudah.

Tinggalkan komentar