Ikan Palmas Albino

Ikan air tawar yang berasal dari Afrika yakni ikan palmas memang menarik perhatian karena keunikan yang dimilikinya. Saat ini keberadaannya sudah banyak dibudidayakan secara lokal. Pernahkah Anda melihat ikan palmas albino?

Semua kategori Albino merupakan ikan yang tidak memiliki pigmen warna serta matanya berwarna merah, begitu juga dengan palmas albino.

Ikan tersebut banyak dipelihara karena gerakannya yang anggun serta tempramennya yang cukup kalem meski sebenarnya ikan ini termasuk jenis ikan karnivora.

Keindahan ikan palmas ini juga karena adanya sirip punggung yang runcing dan menjadikannya terlihat lebih menarik. Ada yang menyebutnya sebagai ikan naga atau ikan purba karena ada yang bentuknya seperti dinosaurus.

Bagaimana cara memelihara ikan palmas jenis albino ini? Berikut beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan.

Pemeliharaan Ikan Palmas Albino

Gambar Cara Memelihara Ikan Palmas Albino
riverpark.biz

Agar pemeliharaan tepat, Anda bisa mencermati bagaimana karakteristik ikan ini sehingga bisa merawatnya dengan baik. Ikan palmas albino disebut juga sebagai ikan predator dengan kesakaan mereka adalah diam di bagian dasar aquarium.

Sehingga ketika Anda ingin memberinya pakan maka sebaiknya memberi pakan udang-udangan, cacing atau makanan yang bisa tenggelam hingga dasar aquarium.

Selain itu, berikan substrat alami dari pasir supaya seperti habitat alaminya sehingga ikan juga bisa lebih nyaman.

Ikan palmas ini juga suka bersembunyi sehingga media ataupun batuan memang dibutuhkan agar dalam aquarium makin nyaman.

Body ikan palmas juga memanjang seperti ular yang membutuhkan ruang atau aquarium cukup luas agar bergerak lebih leluasa.

Ikan ini bisa tumbuh sampai 30 cm dan sama halnya dengan jenis lainnya, palmas albino ini cukup tahan banting dengan segala kondisi air. Namun, parameter air yang ideal tentu tetap disarankan agar bisa memelihar palmas albino dengan baik.

Tingkat pH yang disarankan adalah 6,5 sampai 7 serta suhu air 16 hingga 27 derajat celcius. Kualitas air ikan palmas albino ini membutuhkan sistem filtrasi dan membutuhkan pertukaran air secara reguler meski tetap bisa diletakkan di segala kondisi air.

Anda tetap bisa menggabungkan ikan palmas albino dengan ikan lainnya tetapi sebaiknya sesuai dengan ukuran ikan palmas.

Sebab, jika ikan lainnya lebih kecil dikhawatirkan justru diserang dan dimakan oleh ikan albino. Mengingat albino adalah predator atau ikan karnivora. Konsekuensi jika digabungkan dengan ikan yang lebih kecil maka bisa jadi santapan.

Pakan Ikan Palmas Albino

Gambar Pakan Ikan Palmas Albino
youtube @Pradi Nath

Ikan palmas jenis albino menyukai makanan hidup seperti cacing, ikan kecil ataupun udang-udangan. Bahkan ikan ini juga bisa diberi pelet sebagai tambahan nutrisi.

Namun, Anda bisa memberikan pelet yang bertipe tenggelam saja. Nutrisi dalam pelet juga harus lengkap terutama nilai protein agar pertumbuhan ikan jadi lebih maksimal.

Sebaiknya memberi pakan ikan dengan seimbang. Misalnya saja memberi pakan alami dan buatan. Utamakan menggunakan pakan buatan pelet karena adanya kandungan nutrisi yang cukup lengkap.

Sementara untuk pakan alami digunakan sebagai selingan, dan pastikan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Karena jika masih kotor dikhawatirkan bisa membawa penyakit untuk si palmas.

Beri makan ikan dua hingga tiga kali sehari menggunakan takaran secukupnya dan tidak berlebihan.

Perlengkapan Aquarium Ikan Palmas Albino

Gambar Aquarium Palmas Albino
youtube @Hampus Hertzman

Selain pasir yang dibutuhkan, ada beberapa aksesoris aquarium yang bisa ditambahkan. Misalnya saja seperti lampu, aerator, filter dan juga head pump.

Untuk lampu memang sudah umum digunakan dalam perawatan ikan hias karena sebagai pengganti cahaya matahari. Sementara untuk ikan palmas, Anda memang membutuhkan penerangan agar menggantikan asupan sinar matahari dan sebagai penanda waktu.

Jika memeliharanya dalam ruangan dengan lampu yang dinyalakan maka akan memberi sinyal untuk ikan palmas albino bahwa saat itu adalah pagi hari.

Begitu pun sebaliknya. Anda juga bisa memberinya aerator karena berfungsi sebagai suplai oksigen yang terlarut di dalam air terlebih ketika menggunakan aquarium dengan ukuran kecil.

Untuk penggunaan mesin aerator, lengkapi dengan selang dan batu gelembung agar bisa memecah oksigen supaya lebih halus. Hidupkan 24 jam non stop sebagai penunjang hidup ikan.

Sediakan pula head pump yang berfungsi agar bisa menyedot air dari dalam aquarium serta mengeluarkannya lagi sehingga sirkulasi air did alam tank bisa tetap hidup.

Head pump biasanya dikombinasikan dengan tempat filter dan air hasil filtrasi akan kembali lagi ke dalam aquarium. Media filter yang diguankan untk perawatan ikan palmas albino ini bisa bermacam-macam.

Yang paling umum digunakan adalah busa kapas kasar dengan tumpukan paling atas yang dilapisi busa dengan lebih halus lagi di bawahnya. J

angan lupa untuk memberikan karbon aktif di bagian dasar. Media filtrasi yang dibutuhkan adalah bio ball, karang jahe dan yang lain. Beberapa media ini bisa digunakan asalkan tahu apa saja kegunaan dan fungsinya. Sesuaikan dengan kebutuhan aquarium.

Jika Anda meletakkan ikan palmas albino tanpa filter memang tetap bisa asalkan air segera dibersihkan ketika sudah kotor. Tambahan lain seperti bakteri strater dan juga garam ikan memang diperlukan agar bisa menjaga kualitas air tetap bagus.

Berikan bakteri starter pada aquarium baru agar menumbuhkan bakteri baik di dalam aquarium tersebut untuk memakan amoniak di dalam air.

Gunakan bakteri starter sesuai dengan aturan yang tertera dalam kemasan. Tidak hanya baik untuk kualitas air tetepi juga bagus untuk membuat aquarium tetap bening.

Keunikan Ikan Palmas Albino

Gambar Keunikan Ikan Palmas Albino
aquaticarts.com

Selain karena bentuknya yang cukup besar sebagai ikan, keunikan lain yang dimiliki ian palmas jenis albino ini adalah karena kemampuannya dalam mengambil udara dari permukaan air.

Ia memiliki organ pernafasan tambahan berupa dua kantung udara yang serupa paru-paru. Dari organ inilah yang membuat ikan palmas bisa bertahan hidup di perairan meski dengan kadar oksigen dan kualitas air rendah.

Jika Anda ingin membudidayakan ikan palmas albino, bedakan terlebih dahulu induk jantan dan induk betina. Caranya bisa didasarkan pada bentuk dan ukuran sirip anal.

Untuk induk jantan memiliki sirip anal dengan ukuran lebih besar dan tebal serta ujung yang tumpul. Sementara untuk sirip anal induk betina akan lebih kecil, tipis dan ujung runcing. Memeliharnya bisa di dalam bak beton, fiberglass atau di aquarium yang dilengkapi dengan sistem resirkulasi.

Nantinya wadah pemeliharaan induk ini harus dilengkapi tali rafia yang bisa dibentuk serupa telur. Untuk menghasilkan telur, usia ikan palmas betina yang pas adalah 8 bulan dengan bobot kurang lebih 35 gram serta panjang 18 cm agar bisa menghasilkan telur. Berbeda halnya dengan ikan palmas jantan yang paling tidak berukuran 20 cm.

Sebelum membudidayakan ikan palmas albino sebaiknya Anda tahu bagaimana karakter yang dimilikinya. Bagaimana pula cara perawatan dan pakan terbaik untuk pertumbuhan ikan palmas tersebut.

Baca Juga : Ikan Oscar

Agar pemeliharaan maksimal, Anda bisa melengkapi alat-alat yang dibutuhkan agar ikan tumbuh dengan baik. Sediakan penunjang hidup misalnya saja seperti chiller dan water heater yang berfungsi menaikturunkan suhu air di dalam aquarium.

Tinggalkan komentar