Ikan Parrot

Jenis ikan hias yang tak kalah diminati selain louhan atau cupang adalah ikan parrot. Meski terdengar asing di telinga sebagian orang, ikan ini banyak diminati karena warnanya yang cantik. Banderol harganya pun cukup murah sehingga Anda bisa memilikinya tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Berikut adalah seluk beluk mengenai ikan hias yang satu ini.

Jenis ikan Parrot

1. Parrot merah

Gambar Parrot Merah
bluegrassaquatics.com

Jenis yang satu ini menjadi sangat populer karena warna tubuh yang merah menyala. Parrot merah dipercaya membawa keberuntungan. Bagian tubuhnya sama sekali tidak memiliki bercak putih maupun hitam layaknya ikan louhan. Parrot merah memiliki mata yang cekung dan warnanya yang hitam legam disertai lingkaran merah.

Tubuh ikan ini tidak terlalu besar dengan bentuk kepala yang memiliki cekungan. Mulut atas dan bawah tertutup rapat dan rata satu sama lain.

Bentuk siripnya melebar ke bagian belakang dan menempel dengan bagian ekor. Ekor ikan ini menyerupai bentuk kipas dan memiliki sifat yang lunak. Baik sirip maupun ekor sama-sama berwarna merah seperti tubuhnya.

2. Parrot No Tail

Gambar Parrot No Tail
petponder.com

Pernahkah melihat ikan yang tidak memiliki ekor? Jika belum maka Anda bisa memelihara parrot no tail atau biasa juga disebut parrot heart.

Ya, ikan ini memang tidak memiliki buntut, namun dari situ malah bisa memberikan keunikan tersendiri. Selain itu, ikan parrot no tail terlihat lebih lucu dan menggemaskan bukan?

Warna parrot hart cukup beragam, ada yang kuning, keputihan, orange, dan ada juga yang berwarna merah.

Untuk asal-usul parrot no tail belum diketahui dengan pasti dan infonya masih simpang siur. Ada yang bilang ikan ini ekornya dipotong sedari kecil, namun kami lebih meyakini jika parrot tanpa buntut ini memang sudah bawaan dari lahir.

3. Tattoo blood

abc.ne.au

Ikan tattoo blood parrot memiliki keunikan di bagian tubuhnya. Seperti namanya, tubuhnya memiliki bercak hitam yang diibaratkan seperti tattoo.

Sayangnya warna tatto tersebut bukanlah warna alami, melainkan hasil suntikan oleh manusia dan corak tatoonya bisa dibuat sesuai keinginan.

Jika dipikir-pikir hal tersebut terbilang mengerikan juga ya, mungkin alangkah baiknya jika kegiatan mentatto parrot ini dihentikan saja karena bisa menyakiti ikan.

4. King Kong parrot

Gambar Kingkong Parrot
facebook @Red Mammon SKKP India

Julukan King Kong sangat pantas untuk ikan parrot yang satu ini. Ukurannya relatif besar dari semua jenis ikan yang ada. Ikan ini menempati kelas hibrid yang dikawinsilangkan dengan spesies cichlid yang berasal dari benua Amerika.

Warna yang ditampilkan pada tubuhnya lebih pekat daripada spesies lain, sehingga kadang orang menjulukinya dengan super parrot.

Meski ukuran tubuhnya yang besar, king kong parrot memiliki ukuran mata yang cekung dan berukuran kecil. Mata hitamnya memiliki lingkaran yang berwarna kuning.

Mulutnya berukuran normal dan sedikit terbuka. Perbedaan lainnya adalah King kong parrot memiliki jenong meski tidak sebesar milik ikan louhan.

Ukuran tubuhnya yang besar pun didukung dengan sirip dan ekor yang rapat. Warna keduanya pun pekat dan memiliki sifat yang keras. Kebanyakan orang memanggilnya dengan sebutan red mammon.

Harga ikan yang satu ini sangat tinggi karena sebanding dengan kualitasnya. Ukuran terbesar ikan hanya mencapai 30 cm saja.

5. Parrot kirin

Gambar Parrot Kirin
fishlore.com

Jenis ikan yang satu ini bisa dibilang berbeda dengan jenis parrot lainnya. Bentuknya memanjang baik itu jantan maupun betina. Warna sisiknya tak hanya satu warna saja dan cantik seperti mutiara.

Sepintas, Anda akan mengira bahwa parrot kilin adalah seekor ikan louhan. Bedanya, ikan kilin tidak memiliki jenong di atas kepalanya.

Ikan ini memiliki mata dengan lingkar warna merah menyala. Sirip atas maupun analnya cukup lebar. Sementara bagian ekor ikan berbentuk kipas yang rapat dan kokoh.

Makanan Ikan Parrot

Gambar Makanan Ikan Parrot
thesprucepets.com

1. Pakan alami

Ikan ini bersifat omnivora, sehingga bisa memakan apa saja termasuk pakan alami. Ikan mampu memakan tipe cacing, baik cacing sutra maupun cacing darah. Tak masalah jika cacingnya berupa cacing yang sudah berbentuk beku maupun hidup.

Makanan alami membuat ikan parrot menjadi cepat gemuk daripada pakan buatan. Harganya pun lebih murah di pasaran.

2. Pakan buatan

Bagi Anda yang senang dengan hal praktis, pilihlah pakan buatan yang memang diformulasikan untuk ikan parrot. Biasanya pakan buatan mengandung nutrisi tertentu yang dibutuhkan oleh ikan.

Selain praktis, ikan Anda juga akan mendapatkan nustrisi yang lebih lengkap dengan harga yang terjangkau. Pilihlah pakan yang tidak mengandung amonia sehingga ikan tetap sehat.

Teman Ikan Parrot

Gambar Teman Ikan Parrot
youtube @Makhluk Air

Ikan kakaktua merupakan hewan yang jinak dan cenderung pemalu. Mereka lebih sering bernaung apabila akuarium didesain lengkap dengan naungan.

Itu sebabnya, teman yang cocok untuk ikan ini berasal dari cichlids yang sama. Hal ini bertujuan agar mereka tidak bersaing atau setidaknya tidak saling merebutkan makanan nantinya.

Selain dari gen cichlids, ikan kakak tua ini bisa berteman dengan berbagai ikan louhan dengan bentuk mulut yang rata seperti cencu. Meskipun cencu bergerak lebih licah, setidaknya mereka tak terlalu banyak makan seperti jenis louhan lainnya. Dengan begitu, ikan kakak tua tidak akan berebut makanan dengan pesaingnya dan bisa mendapatkan makan dengan baik.

Selain itu, banyak orang juga sering memelihara parrot untuk didampingkan dengan ikan arwana. Hasilnya mereka dapat berteman dengan baik.

Ikan Parrot Betina dan Jantan

Gambar Membedakan Parrot Jantan dan Betina
youtube @AquaPlantes

1. Sirip

Anda bisa melihat perbedaan antara jenis jantan dan betina dengan memperhatikan bagian siripnya. Ikan dengan jenis betina memiliki bantuk bulat di sisip bagian punggung maupun bagian anal. Sementara pada jantan membentuk sudut yang tajam pada siripnya.

2. Warna

Sisik pada ikan memiliki perbedaan warna yang signifikan antara jantan dan betina. Ikan jantan memiliki warna yang lebih terang, terlebih jika ikan kakaktuanya memiliki warna seperti ungu, hijau dan oranye. Sedangkan jenis betina memiliki warna yang gelap dan solid. Namun anda tidak akan bisa menggunakan metode perbedaan warna apabila ikan sedang bermutasi atau juvenile.

3. Sikap

Jika aquarium Anda memiliki kerikil di bagian dasar aquarium, Anda bisa memperhatikan apakah kerikil tersebut memiliki lubang atau tidak. Ikan yang jantan memiliki sikap yang senang menggali baik itu pasir maupun batu kerikil. Fungsi dari galian tersebut adalah menyilakan betina agar bisa menyimpan telur-telurnya di sana. Hal ini terjadi jika Anda menyatukan jantan dan betina di akuarium yang sama.

4. Postur

Ikan yang berjenis betina memiliki postur tubuh yang cenderung membulat. Siripnya juga lebih pendek daripada ikan kakaktua jantan. Sementara ikan yang berpostur panjang bisa dipastikan bahwa itu adalah berjenis jantan. Meski tidak besar, ikan jantan lebih kokoh terutama di bagian sirip dan ekornya. Ekor yang cenderung transparan biasanya seekor betina.

5. Agresivitas

Anda bisa menilai agresivitas ikan untuk menentukan apakah mereka termasuk jantan atau betina. Jantan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang lebih lancip. Mereka bisa bergerak dengan cepat dan lebih agresif karena sifat bawaan yang aerodinamis. Berbeda dengan betina yang terkesan lebih pasif karena bentuk tubuhnya yang bulat dan sirip yang lebih lunak.

Harga Ikan Parrot

Gambar Harga Ikan Parrot
unsplash @azees_math

Karena ikan ini kurang populer di indonesia, maka harga jual ikan ini didasarkan pada ukurannya.

  • Parrot dengan ukuran kecil dihargai sekitar Rp 45.000 hingga Rp6 0.000.
  • Untuk ukuran sedang sekitar 15-20 cm, harganya sekitar Rp 70.000  hingga Rp 90.000.
  • Ikan dengan ukuran besar harganya berkisar Rp 100.000 hingga Rp 250.000  tergantung dari jenisnya.

Ikan parrot menjadi ikan hias yang bisa Anda coba untuk pelihara. Selain harganya murah di kelas ikan hias, warnanya pun cantik-cantik. Pemeliharaan ikan dan perawatan lingkungannya ini tak memakan harga yang tinggi.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan

Ikan kakaktua ini bisa memakan apa saja untuk membantunya tetap sehat. Perawatan ikan juga tak memerlukan hal khusus sehingga Anda juga tidak repot saat memelihara ikan ini.

Tinggalkan komentar