Ikan Pemakan Lumut

Memandangi aqarium atau aquascape dirumah memang sangat menyejukkan pikiran, apalagi jika ikan dan tanaman yang ada didalamnya sangat asri. Namun apa yang terjadi jika aquarium Anda penuh lumut? cara yang paling efektif yaitu memelihara ikan pemakan lumut untuk membersihkannya.

Yup, daripada Anda membersihkannya secara manual tentu hal tersebut akan memakan waktu yang lama dan cukup merepotkan. Maka, dengan memelihara ikan yang bisa memakan lumut, kebersihan aquarium Anda akan lebih terjaga dengan sendirinya.

Selain bisa memakan lumut, ikan yang akan kita bahas juga memiliki penampilan yang tidak kalah cantik dengan ikan hias air tawar. Jadi jangan khawatir keindahan aquarium Anda akan terganggu ya, berikut adalah jenis ikan pemakan lumut yang bisa Anda pelihara.

Jenis Ikan Pemakan Lumut Air Tawar

1. Ikan Otocinclus Affinis

Gambar Ikan Otocinclus Affinis
wikimedia.org

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 34.000
[/powerkit_alert]

Dilihat dari ukurannya ikan ini memang cukup kecil karena hanya mampu bertumbuh hingga 5 cm. Kendati demikian, ikan Otocinclus ternyata memiliki kemampuan yang handal dalam membersihkan lumut dan kotoran yang ada didalam aquarium.

Menyenangkannya lagi ikan Otocinclus mampu hidup berdampingan dengan ikan yang lain. Jadi Anda tidak perlu khawatir ya, karena ikan kesayangan Anda tidak akan terganggu dengan kehadiran ikan ini.

Untuk mencari ikan ini memang diperlukan usaha yang lebih, karena selain sulit mencarinya ikan ini juga dibandrol dengan harga yang cukup tinggi untuk ukuran ikan kecil.

2. Ikan Chinesse Algae Eater

Gambar Ikan Chinesse Algae Eater
flickr.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 6.000
[/powerkit_alert]

Karena termasuk dalam jenis ikan herbivora, maka sudah pasti ikan Chinesse sangat cocok untuk memakan lumut atau alga. Selain lumut, kotoran-kotoran lain dalam aquarium juga bisa dimakan oleh ikan ini.

Kemudian ikan Chinesse juga memiliki penampilan menarik yang tidak kalah dengan ikan hias, ia dihiasi oleh warna kuning menyala disekujur tubuhnya. Sangat cantik bukan? Sembari ia membersihkan aquarium, Anda jadi bisa menikmati keindahannya sekaligus.

Dibalik kelebihan biasanya ada kekurangan, begitu juga dengan ikan ini. Jika ada ikan lain yang lebih kecil disekelilingnya, maka ia akan cenderung mengganggu. Jadi, pastikan ikan yang lainnya berukuran lebih besar ya.

3. Ikan Siamese Algae Eater

Gambar Ikan Siamese Alga Eater
vivofish.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 10.000
[/powerkit_alert]

Bisa dibilang ikan Siamese ini merupakan ikan yang multifungsi, karena selain bisa memakan lumut atau alga, ikan ini juga memiliki penampilan yang enak untuk dipandang.

Kemudian Anda juga akan mendapatkan servis tambahan dari ikan Siamese ini, yaitu ia mampu membersihkan kotoran dan cacing pipih. Dimana keberadaan kotoran dan cacing pipih tentu akan membahayakan kesehatan ikan lain jika tidak dibersihkan.

Ikan Siamese termasuk ikan yang aman jika disandingkan ikan lain, jadi Anda tidak perlu khawatir ikan utama akan diserang oleh ikan ini.

4.  Ikan Siamese Flying Fox

Gambar Ikan Siamese Flying Fox
ourmarinespecies.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 8.500
[/powerkit_alert]

Ikan Siamese Flying Fox merupakan ikan yang berasal dari Asia Tenggara dan masih satu keluarga dengan ikan mas air tawar.

Sama halnya dengan Siamese sebelumnya, ikan ini juga hobi memakan lumut yang tumbuh di dinding dan bebatuan aquarium.

Kemudian ikan Siamese Flying Fox juga aman digabungkan dengan ikan lain dalam satu aquarium.  Hanya saja jika disandingkan dengan ikan red tailed shark, ia menjadi tidak bersahaat.

5. Ikan Pleco (Sapu-sapu)

Gambar Ikan Pleco
petcentral.chewy.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 6.000
[/powerkit_alert]

Kami rasa ikan Pleco alias sapu-sapu sudah terkenal dikalangan masyarakat sebagai ikan pembersih. Ya, sepertinya namanya “sapu”, ikan ini mampu menyapu bersih semua kotoran yang ada didalam aquarium Anda, termasuk lumut tentunya.

Penampilan ikan Pleco yang biasa memang kurang menarik karena hanya berwarna hitam. Namun tahukah Anda? Ikan Pleco itu terdiri dari banyak jenis dengan berbagai varian warna yang lebih menarik. Seperti gold nugget pleco, zebra pleco, clown pleco, dan masih banyak lagi.

Ikan pleco sebenarnya aman untuk disandingkan dengan ikan lain dalam satu aquarium. Hanya saja, pastikan Anda tidak memasukkan ikan yang lebih kecil dari ukuran ikan pleco ya, karena berpotensi untuk diganggu dan dijadikan mangsa.

6. Ikan Corydoras

Gambar Ikan Corydoras
petcentral.chewy.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 10.000
[/powerkit_alert]

Selanjutnya ada ikan pembersih Corydoras dengan ukuran yang cukup kecil, yaitu sekitar 2 cm hingga 12 cm. Dengan ukuran tubuh seperti itu, ikan corydoras sangat cocok untuk mengisi aquarium mini Anda.

Ikan Corydoras merupakan ikan omnivora yang gemar memakan cacing, larva serangga, beserta tanaman lumut. Bahkan sebagian besar waktunya digunakan ikan ini untuk mencari sisa makanan didasar aquarium.

Karena ikan Corydoras termasuk ikan yang hidup berkelompok. Maka sangat disarankan untuk memlihara ikan ini dalam jumlah 3-4 ekor dalam satu aquarium. Tenang saja, mereka termasuk ikan yang ramah kok, jadi tidak perlu khawatir ikan yang lain akan terganggu.

Berbicara soal penampilan ikan Corydoras juga terdiri dari beberapa jenis, jadi Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Contoh jenis ikan corydoras yaitu albino aenesu cory cat, nanus cory cat, false juli cory cat, dan banyak lagi.

7. Ikan Brushmouth

Gambar Ikan Brushmouth
facebook @aquajaya

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 12.000
[/powerkit_alert]

Karena mulut ikan ini berada dibawah dan seolah-olah siap untuk menghisap kotoran, maka tercetuslah nama Brushmouth untuk ikan ini.

Ikan Brushmouth memang sangat bisa diandalkan untuk membersihkan kotoran dan lumut pada aquarium Anda. Seperti ikan sapu-sapu, ikan Brushmouth juga gemar menempelkan mulutnya pada dinding aquarium.

Tidak hanya jago dalam soal bersih-bersih, ikan Brushmouth juga cukup memanjakan mata karena penampilannya yang memang menarik.

8. Ikan Molly

Gambar Ikan Molly
hewany.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 5.000
[/powerkit_alert]

Mungkin sebagian pecinta ikan mengenal Molly sebagai nama ikan hias air tawar, selain karena warnanya yang cantik, ukuran ikan ini juga kecil sehingga sangat imut.

Bagi yang belum mengetahui, ikan Molly juga memiliki fungsi tambahan sebagai ikan pembersih kaca aquarium dari lumut. Tidak hanya itu, lumut dalam tanaman hidup dan bebatuan juga kerap dimakan oleh ikan ini.

Sayangnya jika aquarium diberi pakan ikan, kemungkinan besar ikan Molly lebih tertarik untuk mengonsumsi pakan ikan tersebut. Maka lebih disarankan untuk memelihara ikan Molly sebagai peliharaan utama dan jangan disandingkan dengan ikan lain.

Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering menuangkan pakan ikan ke aquarium. Biarkan saja ikan Molly memberihkan lumut yang menempel, barulah ketika lumut sudah mulai habis Anda bisa memberinya pakan ikan.

Jenis Ikan Pemakan Lumut Air Laut

1. Ikan Bunglon Pasir

Gambar Ikan Bunglon Pasir
firsttimemarinekepeer.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 32.000
[/powerkit_alert]

Sama halnya seperti aquarium air tawar, memelihara ikan hias air laut juga harus terbebas dari lumut. Untuk itu Anda bisa menggunakan ikan Bunglon Pasir sebagai pembersih alaminya.

Dengan ukuran yang cukup kecil yaitu hanya sekitar satu jari, ikan ini sudah ampuh untuk membersihkan pasir aquarium dari kotoran dan lumut yang menempel.

Penampilan ikan Bunglon Pasir juga terbilang oke. Jadi sembari ikan membersihkan, Anda bisa juga menikmatinya sebagai ikan hias aquarium.

2. Jabing glodok

Gambar Ikan Jabing Glodok
bukalapak.com

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”] Harga Rp 15.000
[/powerkit_alert]

Memang soal penampilan ikan Jabing Glodok tidak semenawan ikan Bunglon Pasir. Akan tetapi, ia dibandrol dengan harga yang lebih murah dan makanan utama ikan ini memanglah lumut.

Disarankan untuk membeli ikan Jabing Glodok dengan ukuran yang masih kecil ya. Karena saat masih kecil ikan ini cenderung lebih aktif dalam membersihkan aquarium dari lumut, sebaliknya apabila sudah besar ikan Jabing Glodok akan kebanyakan berdiam diri.

Baca Juga : Dekorasi Aquarium

Nah, mungkin hanya itu rekomendasi ikan pemakan lumut yang bisa kami berikan. Silahkan pilih sesuai kebutuhan aquarium Anda ya, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan komentar