Ikan Platy

Ada banyak macam jenis ikan hias yang dipilih untuk mengisi akuarium guna mempercantik ruangan, salah satunya yaitu ikan Platy. Ikan mungil nan cantik ini memiliki corak warna serta motif yang bagus dan unik. Sehingga membuatnya menjadi pilihan ikan hias yang paling banyak dicari.

Mengenal Sekilas Tentang Ikan Platy

thriftyfun.com

Ikan Platy adalah jenis ikan hias yang masih merupakan keluarga dari spesies Poecilia. Ikan Platy berasal dari Amerika Selatan, Utara serta Tengah yang hidup di hilir sungai dengan arah aliran air ke samudera atlantik.

Ikan ini terkenal dengan kemampuannya dalam beradaptasi pada lingkungan barunya sehingga tidak mudah mati. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa ikan Platy bisa ditemui dengan mudah di perairan Indonesia dengan alam yang berbeda dari habitat aslinya.

Ikan Platy memiliki khas pada bentuk tubuhnya pendek dan gemuk serta ekornya yang lebar meskipun ada beberapa ikan jenis ini yang bertubuh ramping. Hal tersebut membuat kebanyakan orang sedikit sulit dalam membedakanya.

Jenis-jenis Ikan Platy dan Harganya

Kelompok ikan hias ini kini banyak diburu oleh para pecinta ikan dikarenakan motif nya yang unik serta keindahan warna-warnanya. Harga ikan platy cukup bervariasi, tergantung dari jenis, ukuran hingga pola yang dimiliki ikan tersebut. Berikut beberapa daftar harga ikan platy berdasarkan jenisnya.

1. Platy Santau Claus

petco.com

Karena keindahan  platy santau claus ini bisa dibanderol mulai dari harga Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000. Namun pada umumnya ikan ini dipasarkan dengan harga Rp. 2.000 sampai Rp. 15.000 berdasarkan corak dan ukurannya.

2. Platy Sanke

Gambar Platy Sanke

Platy sanke terkenal dengan perpaduan warnanya antara putih, merah dan hitam serta memiliki tubuh kecil yang memanjang. Hal itu yang menyebabkan ikan ini dijuluki sanke karena kemiripannya dengan pedang sanke. Umumnya ikan jenis ini dijual dengan harga Rp. 3.000 per ekornya.

3. Platy Coral

Gambar Ikan Platy Coral
aquaticarts.com

Platy coral yang merupakan ikan hias yang terkenal dengan kegesitannya serta suka berenang di permukaan air tenang umumnya dibandrol dengan harga Rp. 7.000 hingga Rp. 15.000. ikan ini juga bisa dibeli dengan paketan Rp. 8.000 sampai Rp. 20.000 per 5 ekor.

4. Platy Sunset

"Gambar

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna merah dengan sentuhan kejinggaan mirip seperti warna langit saat matahari terbenam. Ikan platy sunset umumnya dipasarkan dengan harga mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 5.000 per ekornya.

5. Platy Sunrise

Gambar Platy Sunrise
youtube @Miftah ArRahman

Hampir sama dengan platy sunset, Ikan yang memiliki dua jenis ini dengan nama lengkap Platy Sunrise Variatus Ruby dibandrol dengan harga Rp. 25.000 dan Platy Sunrise Variatus Low Fin dijual mulai dari Rp. 16.000 hingga Rp. 20.000 per ekornya.

6. Platy Mickey Mouse

Gambar Platy Micky Mouse
facebook @Mal,betta farm fish

Seperti namanya, platy jenis ini diberikan julukan seperti tokoh kartun disney dikarenakan pola atau motif yang dimiliki pada bagian ekor mirip seperti kepala mickey mouse. Ikan ini dijual seharga Rp. 1.000 sampai Rp. 6.000 per ekornya.

7. Platy Wagtail

Gambar Platy Wagtail
thesprucepets.com

Berbeda dengan Platy mickey mouse, Platy jenis Wagtail memiliki warna pada tubuh yang lebih dominan keemasan. Memiliki sirip serta ekor berwarna hitam, namun tak jarang pula platy wagtail dengan kombinasi warna hijau ataupun biru. Ikan ini dibandrol seharga Rp. 15.000 per ekor.

8. Platy Tuxedo

"Gambar

Platy tuxedo dapat dibedakan dengan melihat ciri khas pada pola warna pada tubuhnya yang memiliki corak hitam menyerupai tuxedo dengan warna dasar yang bervariasi. Ikan jenis ini biasa dipasarkan dengan harga Rp. 2.500 per ekornya.

9. Platy Pelangi

Gambar Platy Pelangi
azgardens.com

Sesuai dengan namanya, ikan pelangi memiliki kombinasi warna dan corak yang begitu banyak sehingga terkadang menyerupai seperti pelangi. Jenis ikan ini yang paling populer adalah Platy Neon dengan harga Rp. 5.000 per ekor.

Apa saja Makanan Ikan Platy?

Gambar Pelet Ikan Hias
tokopedia.com

Di habitat aslinya, ikan platy hidup dari serangga dan alga yang memiliki kandungan serat begitu banyak. Begitupun ketika dipelihara di akuarium, platy harus dipastikan mendapatkan serat yang cukup.

Selain serangga dan alga, platy juga makanan berjenis sayuran seperti bayam, labu dan mentimun atau makanan-makanan ikan seperti suplemen yang mengandung sayuran. Platy pada umumnya akan makan satu sampai dua kali dalam sehari.

Selain serpih sayur-sayuran, platy juga bisa diberi makanan hidup yang memiliki banyak kandungan gizi seperti cacing darah, mikro, cacing tanah cincang, udang air asin hidup ataupun beku, daphnia, lalat buah dan larva nyamuk.

Bagaimana dengan pelet? tentunya bisa, karena pelet adalah pakan buatan khusus ikan yang telah diracik sedemikian rupa dengan berbagai kandungan dan manfaat yang diinginkan.

Mengenal Teman Ikan Platy

Gambar Teman untuk Ikan Platy
fluffyplanet.com

Kebanyakan orang yang memilih ikan air tawar sebagai ikan hias di akuariumnya. Namun masih banyak pula yang belum memahami mengenai jenis ikan apa yang bisa dicampur dalam satu tempat, salah satunya yaitu pemilihan teman untuk Platy.

1. Ikan Gupy dan Discus

Ikan gupy atau yang lebih dikenal dengan sebutan cere ini merupakan ikan air tawar yang cukup populer. Memiliki sifat yang mudah beradaptasi dengan lingkungan menjadikan ikan ini sebagai kerabat dan cocok untuk ikan hias di akuarium.

Ikan discus memiliki ciri khas pada bentuknya yang pipih, bulat serta warnanya yang cerah. Memiliki sifat mudah berbaur dengan lingkungan barunya, ikan ini sangat cocok menjadi teman ikan platy beserta mempercantik akuarium.

2. Ikan Sapu-Sapu

Nah, kalau untuk jenis ikan yang satu ini, rasanya hampir selalu ada pada setiap akuarium. Ikan sapu-sapu dipilih karena memiliki sifat yang tenang dan unik pada coraknya serta dapat membersihkan akuarium dari kotoran – kotoran.

Baca Juga : Ikan Pedang

Itulah tadi pembahasan secara lengkap mengenai ikan platy. Mulai dari jenis-jenisnya, harga, hingga pemilihan teman yang cocok untuk satu akuarium. Semoga bisa menambah wawasan serta referensi saat memutuskan untuk memelihara ikan hias untuk pembaca sekalian

Tinggalkan komentar