Ikan Rainbow

Siapa yang tidak suka dengan warna-warni pelangi atau rainbow? Bayangkan jika Anda bisa menatapnya setiap hari, wah pasti sangat menyenangkan ya. Tahukah Anda bahwa ternyata ada loh ikan yang memiliki warna sisik seperti pelangi? Ya, ikan rainbow namanya. Ikan cantik ini sangat cocok dipelihara di rumah, karena sisiknya yang cantik dapat memperindah ruangan Anda.

Tentang Ikan Rainbow

Gambar Tentang Ikan Rainbow
tfhmagazine.com

Agar Anda semakin “jatuh cinta” dengan ini, sebaiknya simak dulu beberapa hal tentang ikan ini.

1. Asal-usul

Ikan pelangi ini rupanya berasal dari perairan Indonesia, tepatnya di wilayah Papua. Beberapa diantaranya juga ditemukan di perairan Sulawesi. Ikan cantik ini lebih menyukai air yang jernih, misalnya seperti sungai dan danau di wilayah 2 pulau tersebut. Penamaan “rainbow” ini berdasarkan dari warna sisiknya yang memang memiliki gradasi warna seperti pelangi.

2. Ciri Fisik

Ciri-ciri fisik yang paling umum ditemukan pada tubuh ikan ini adalah warna sisiknya. Warnanya terdiri dari hijau, merah, kuning, biru, abu-abu (silver), dan warna lainnya. Beberapa jenis memiliki beberapa warna sekaligus, ada juga yang hanya terdiri atas 2 warna saja. Panjang tubuhnya cukup mungil, yaitu sekitar 15 cm. Bentuknya cenderung pipih tipis namun memanjang.

3. Karakter

Ikan rainbow memiliki sifat atau karakter yang sangat baik, mereka sama sekali tidak agresif. Sifat inilah yang membuat ikan ini sangat banyak diminati pecinta ikan hias. Dengan sifatnya yang damai, ikan ini bisa berkumpul dengan jenis ikan lainnya. Anda bisa mencampurkan ikan pelangi ini dengan ikan lain di aquascape, misalnya bersama ikan molly dan ikan tetra.

Jenis Ikan Rainbow

Ikan ini memiliki banyak jenis yang perlu juga Anda ketahui, simak masing-masing profilnya di bawah ini.

1. Rainbow Boesemani

Gambar Ikan Rainbow Boesemani
aquariumfactory.com

Rainbow boesemani memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding jenis lainnya. Secara umum, ukuran tubuhnya tidak sampai 10 cm. Meski kecil, ikan ini sangat aktif dan lincah. Jika Anda menempatkan banyak ikan ini di aquarium, maka perpaduan gerakan dari seluruh ikan akan terlihat sangat artistik. Ditambah lagi sisiknya yang sangat berkilau dengan warna-warna yang mencolok, keren sekali.

2. Rainbow Balloon

Gambar Ikan Rainbow Balloon
rainbowfish-bn.blogspot.com

Ikan pelangi asal Papua ini juga memiliki jenis yang tubuhnya cenderung bulat hampir seperti balon. Ikan ini sering disebut dengan Rainbow Balloon. Ikan jenis ini masih memiliki klasifikasi lainnya berdasarkan warna sisiknya. Misalnya yaitu boesemani ballon, lacustris ballon, dan red rainbow ballo0n. Ikan jenis ini masih sama seperti jenis lainnya, yaitu sangat lincah dan gesit.

3. Red Rainbow

Gambar Ikan Red Rainbow
pinterest.com

Jenis berikutnya yaitu red rainbow. Ikan ini memiliki warna dominan yaitu merah bata. Sisiknya juga sangat mengkilap, sehingga sangat indah saat mereka berenang-renang di aquascape. Panjang tubuh pejantan rata-rata hanya 12 cm, sedangkan betinanya lebih pendek yaitu 10 cm. Ciri fisik yang cukup menonjol lainnya yaitu adanya sirip kembar pada bagian punggungnya.

4. Rainbow Lacustris

Gambar Ikan Rainbow Lacustris
rainbowfish.angfaqld.org.au/

Ikan hias air tawar jenis rainbow lacustris ini memiliki 2 warna yang sangat mencolok, yaitu biru dan putih. Gabungan 2 warna ini terlihat begitu mempesona, maka tidak heran jika jenis ini begitu laris diburu oleh pecinta ikan hias. Tubuhnya hanya sepanjang 12 cm, namun gerakannya sangat cepat dan sifatnya sangat ramah terhadap ikan jenis lainnya.

5. Rainbow Praecox

Gambar Ikan Rainbow Praecox
aquariumfactory.com

Dihiasi dengan warna tubuh silver metalic, ikan yang mampu memiliki panjang hingga 6 cm ini memiliki ciri utama pada siripnya yang berwarna merah.  Selain itu pada ujung ekor ikan ini juga cendeurung unik, karena ia tidak memiliki warna alias transparan. Rainbow Praecox sendiri warnanya akan lebih indah jika ia sedang berada dalam pasa perkawinan.

6. Rainbow Makaloci

Gambar Ikan Rainbow Makaloci
rainbowfish.angfaqld.org.au

Diantara jenis ikan rainbow, mungkin rainbow makuloci lah yang paling unik. Bagaimana tidak? Ia memiliki corak berupa garis horizontal ditubuhnya. Selain memiliki corak garis berwarna hitam tersebut, ia juga dihiasi dengan dua sirip berwarna hitam kemerahan dibagian punggung. Secara keserluruhan raibow makaloci terlihat pipih dan tipis, hal ini menjadikan ia sangat dikenal dipasaran.

Perbedaan Rainbow Jantan dan Betina

Gambar Perbedaan Rainbow Jantan dan Betina
reddit.com

Gampang-gampang susah memang membedakan ikan rainbow jantan dan betina. Namun jika Anda memperhatikan lebih detail, rainbow jantan ternyata memiliki warna yang lebih terang dibandingkan betina.

Selain itu jika keduanya disandingkan, rainbow jantan juga memiliki ukuran yang cenderung lebih besar. Baik ukuran secara keseruluhan, ataupun dari ukuran siripnya.

Cara Merawat Ikan Rainbow

Gambar Cara Merawat Ikan Rainbow
reefrainbow.com

Ikan ini cukup mudah dipelihara karena mereka bukan tipe ikan yang suka “rewel”. Cara merawatnya hampir sama dengan ikan-ikan pada umumnya. Berikut sedikit ulasannya:

1. Tempat Tinggal

Sediakan aquarium dengan ukuran standar yaitu 60 cm x 40 cm x 40 cm. Namun boleh saja jika Anda ingin aquarium dengan dimensi yang lebih luas, cukup sesuaikan saja dengan jumlah ikannya. Berikan alat filtrasi tambahan agar air senantiasa jernih dan tidak mudah tercemar oleh kotoran ikan.

2. Jenis Makanan

Ikan warna-warni ini termasuk golongan omnivora. Mereka bisa makan apa saja, baik tumbuhan maupun hewan. Di sungai atau danau, mereka sering makan cacing sutra yang ukurannya sangat kecil. Selain itu mereka juga memakan tumbuhan kecil di dalam air. Saat Anda memeliharanya, cukup berikan pelet buatan yang mengandung nutrisi lengkap.

Budidaya Ikan Rainbow

Gambar Cara Budidaya Ikan Rainbow
watershed3.tripod.com

Selain sebagai peliharaan di rumah, ikan pelangi ini juga bisa dibudidayakan. Alasannya jelas, ikan ini memiliki peluang besar di pasaran, karena bentuknya yang cantik tentu memiliki banyak peminat. Cara budidaya ikan ini hampir sama dengan cara merawat di rumah, hanya saja perlu dilakukan treatment tambahan. Berikut caranya:

1. Pemijahan

Bagian penting dalam budidaya ikan adalah langkah pemijahan. Langkah ini dilakukan dengan memilih indukan yang bagus dan berkualitas. Cukup campurkan 1 pejantan dan 1 betina, dan mereka akan kawin secara alami. Di dalam aquarium perlu memasang substrat berupa ijuk atau bisa juga dengan tali rafia.

Fungsinya agar telur-telurnya bisa menempel di benda tersebut. Masa pemijahan ini biasanya berlangsung sekitar 2 minggu. Jika sudah banyak telur yang menempel, segera pisahkan ke wadah lainnya. Tujuannya agar telur tetap aman dan tidak dimakan oleh indukan pejantan.

2. Kualitas Air

Selain memilih induk yang tepat, faktor lain yang mendukung keberhasilan budidaya ikan adalah kualitas airnya. Sebaiknya cek terlebih dulu air yang akan Anda gunakan. Suhu air harus di antara 24 sampai 26 derajat Celcius. Sedangkan derajat keasaman (pH) antara 6,5 sampai 7,5. Setelah pemijahan selesai, pindahkan ikan pada air yang bervolume sekitar 125 liter.

3. Pemberian Pakan

Pakan bisa berupa pelet, cacing kecil, atau udang asin. Namun ingat, pastikan pakan yang Anda berikan memiliki ukuran yang sangat kecil. Mengingat ikan ini memiliki mulut yang kecil juga. Cara memberikan pakan juga tidak boleh sekali waktu dalam jumlah banyak. Sebaiknya, cukup berikan sedikit saja secara berkala.

Tujuan trik ini adalah agar air tidak tercemar oleh sisa makanan yang tidak termakan oleh ikan. Selain makanan pokok tersebut, Anda bisa menambahkan nutrisi lain agar pertumbuhannya optimal. Misalnya dengan menambahkan spirulina dan daun selada setiap 2 minggu sekali. Makanan alami ini mengandung gizi yang sangat baik bagi ikan rainbow.

Harga Ikan Rainbow

Gambar Harga Ikan Rainbow
pinterest.com

Ikan pelangi atau rainbow memiliki tampilan yang memukau, sehingga sangat menarik untuk dipelihara. Karakternya pun sangat ramah, perawatannya juga mudah. Tidak hanya itu, ikan ini bahkan dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar 5 ribu rupiah per ekornya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hiasi ruangan Anda dengan aquarium berisi ikan-ikan cantik ini.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa kami berikan mengenai ikan rainbow. Bagaimana? tertarik untuk memelihara ikan ini? Kami harap begitu, selamat bersenang-senang dengan peliharaan baru Anda ya, terimakasih..

Tinggalkan komentar