Ikan Ramirezi

Menjalankan sebuah hobi merupakan hal yang menyenangkan dan membawa banyak manfaat bagi setiap individu. Ada banyak macam kegiatan yang bisa dijadikan sebuah hobi, salah satunya memelihara ikan hias. Jika Anda pecinta ikan hias, tentu sudah tidak asing dengan ikan ramirezi, bukan? Ya, ikan kecil yang berwarna cantik dan harganya murah meriah.

Tentang Ikan Ramirezi

Gambar Tentang Ramirezi
modestfish.com

Ikan ramirezi merupakan bagian dari jenis ikan cichlid dengan nama ilmiah Ram Cichlid. Ikan ini berasal dari Sungai Orinoco, Venezuela.

Selain itu, jenis ikan ini juga ditemukan pada beberapa sungai di Kolombia. Sesuai habitatnya, ikan ini mampu bertahan hidup di air tawar dengan kondisi tingkat pH 4-7 dan suhu normal antara 24-38ºC.

Jika ikan ramirezi dipelihara dalam aquarium, maka Anda harus memastikan kondisi air sudah sama dengan habitat aslinya. Kebersihan aquarium juga harus dijaga agar ikan ini bisa tumbuh dengan baik.

Karakter dari ikan ini sering kali disebut mirip seperti ikan lemon yang super galak. Namun, sebenarnya ikan ini masih lebih kalem dibandingkan ikan lemon.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan menggabungkan ikan ramirezi dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Ram Cichlid tetap bisa hidup berdampingan dengan ikan lain asalkan kebutuhan makanannya tercukupi dan lingkungan sekitarnya bukan menjadi dominan.

Ciri dari ikan ramirezi yakni bentuk tubuhnya pipih, kepalanya cukup besar, dan bagian mata berwarna merah. Sirip ikan cukup lebar dan panjang menyerupai ikan cupang.

Warna sirip terlihat sedikit berbeda dengan warna tubuhnya, sehingga memancarkan perpaduan warna yang cantik. Selain itu, kecantikan ikan ini ditambah dengan bagian ekornya yang berbentuk kipas.

Ram Cichlid atau ramirezi berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan ini tergolong ikan yang berukuran kecil, yakni antara 3 hingga 5 cm saja. Hal inilah yang membuat ramirezi banyak disukai pecinta ikan untuk dipelihara maupun dibudidayakan.

Jenis Ikan Ramirezi

Jenis ikan ramirezi sangatlah beragam. Anda bisa memelihara satu jenis saja maupun mencampur beberapa jenis dalam 1 aquarium. Di Indonesia sendiri, ada 5 jenis ramirezi ini yang cukup populer dan banyak diminati, di antaranya:

1. Ramirezi Blue Electric

Gambar Ramirezi Blue Electric
neptuneaquatics.com

Sama seperti nama yang tersemat. Ramirezi blue electric memiliki warna dominan biru dengan kilauan warna putih. Bentuk siripnya lebar dan bergerigi di bagian atas dan bawah perut. Selain itu, ada juga sirip kecil yang berada di bawah insang. Bagian ekornya berbentuk kipas dengan warna dominasi biru menyala.

2. Ramirezi German

Gambar Ramirezi German
aquariumsource.com

Bagi Anda yang ingin ikan ramirezi dengan warna unik, cobalah untuk membel jenis ramirezi german. Ikan ini memiliki perpaduan warna kuning, hitam oranye, dan biru.

Bagian kepalanya berwarna kuning dengan mata oranye. Untuk bagian sirip depan berwarna hitam, sedangkan pada bagian belakang berwarna putih. Sepanjang badannya berwarna putih dengan corak bintik-bintik.

3. Ramirezi Slayer

Gambar Ramirezi Slayer
Youtube Channel @
Mukhlis Thohari

Sebenarnya ramirezi slayer masih memiliki warna yang sama dengan ramirezi german. Hanya saja Anda bisa melihat perbedaannya pada ukuran sirip dan ekor. Lebih lebar dan lebih cantik bukan? Hal itulah yang membuat ramirezi slayer memiliki harga yang lebih mahal dibanding jenis lainnya.

4. Bolivian Ramirezi

Gambar Bolivia Ramirezi
cjaquatic.com

Jenis bolivian seringkali disebut red ram atau butterfly. Hal ini karena bentuk sirip dan ekornya menyerupai sayap kupu-kupu yang lebar.  Kemudian pada ujung-ujung ekor dan siripnya juga dihiasi oleh warna merah menawan.

Jenis bolivian berasal dari perairan di Bolivia dan Brazil, Amerika Selatan. Red Ram masuk dalam kategori ikan ramirezi besar karena panjang tubuhnya bisa mencapai 7.5 cm.

5. Ramirezi Balon

Gambar Ramirezi Balon
Youtube Channel @Aquamakes Nicolas

Ramirezi jenis balon menjadi salah satu ikan hias air tawar yang banyak diminati. Ikan ini memiliki bentuk tubuh mungil dengan warna mata merah menyala dan pupilnya hitam gelap.

Corak warna di tubuhnya merupakan perpaduan dari warna kuning, hitam, silver, dan sedikit kebiruan. Ramirezi balon ini habitat aslinya berada di rawa-rawa Hutan Amazon.

Selain 5 jenis ramirezi populer di atas, masih ada beberapa jenis lain yang dijual di Indonesia dan bisa Anda pelihara. Beberapa di antaranya adalah longfin blue dan gold ram, super neon blue gold ram, gold angel veil ram, hingga dark knight ram.

Makanan Ikan Ramirezi

Gambar Makanan Ikan Ramirezi Cacing Darah
indonesia.alibaba.com

Ikan ramirezi termasuk jenis ikan hias air tawar yang memiliki ukuran kecil. Maka, tentu saja kategori makanannya sama seperti ikan hias kecil lainnya, seperti cacing darah beku, artemia, kutu air, udang kecil, jangkrik, hingga pelet.

Untuk jangkrik dan udang kecil biasanya diberikan pada ramirezi dewasa, sedangkan pakan pelet bisa diperuntukkan bagi ramirezi kecil dan dewasa.

Makanan bisa diberikan 2 kali dalam sehari, pagi, dan sore hari. Sebaiknya berikan jenis makanan bergantian di setiap harinya agar ikan ramirezi tidak bosan.

Makanan-makanan ini lebih banyak mengandung protein yang sangat dibutuhkan ramirezi untuk tumbuh dan berkembangbiak. Selain menyehatkan, fungsi dari pemberian cacing, artemia, hingga pelet ini juga mampu menajamkan warna ikan agar terlihat lebih cerah.

Teman untuk Ramirezi

Gambar Teman Ramirezi
ourmarinespecies.com

Ikan lemon dikenal memiliki karakter yang super agresif, tetapi hal ini tidak berlaku untuk ramirezi. Ikan ini bisa hidup berbaur dengan ikan lain, asalkan masih satu jenis dan ukurannya juga hampir sama. Beberapa jenis ikan hias lain yang dapat digabungkan dengan ikan ramirezi adalah:
1. Rasboras
2. Corydoras
3. Pleco
4. Tetra
5. Barb

Jika hendak menggabungkan ikan ramirezi dengan 5 ikan di atas, pastikan ukuran aquarium cukup besar, kondisi air tetap terjaga kebersihannya hingga pemberian makanan harus rutin dan mencukupi. Sebelum digabungkan, lakukan pengenalan terlebih dahulu agar tidak saling memangsa dan bisa hidup berdampingan.

Harga Ikan Ramirezi

Gambar Harga Ikan Ramirezi
blog.tetra.net

Meskipun berasal dari perairan benua lain, namun Ikan ramirezi sangat mudah beradaptasi di mana saja. Ikan ini juga tergolong sangat murah di pasaran, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang memeliharanya. Berikut harga ikan jenis ramirezi terbaru tahun 2020:

No.JenisUkuranHarga
1.Ramirezi Blue ElectricKecilRp. 5.500,- hingga Rp. 7.000,-
SedangRp. 7.500,- hingga Rp. 12.000,-
DewasaRp 10.000,- hingga Rp. 15.000,-
2.Ramirezi SlayerKecilRp. 8.500,- hingga Rp. 10.000,-
SedangRp. 13.000,- hingga Rp. 30.000,-
DewasaRp. 25.000,- hingga Rp. 45.000,-
3.Ramirezi GermanKecilRp. 7.500,- hingga Rp. 9.000,-
SedangRp. 10.000,- hingga Rp. 13.000,-
DewasaRp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,-
4.Bolivian RamireziKecilRp. 5.500,- hingga Rp. 7.000,-
SedangRp. 8.000,- hingga Rp. 13.000,-
DewasaRp. 10.000,- hingga Rp. 16.000,-
5.Ramirezi BalonKecilRp. 4.500,- hingga Rp. 6.000,-
SedangRp. 7.000,- hingga Rp. 10.000,-
DewasaRp. 8.000,- hingga Rp. 13.000,-

 

Ikan ramirezi termasuk ikan yang banyak digemari untuk dipelihara. Selain memiliki warna dan corak tubuh yang indah, daya tarik ikan ini juga ada pada harganya yang sangat terjangkau.

Baca JugaIkan Hias Air Tawar

Di antara beberapa jenis ramirezi, harga paling mahalnya adalah ramirezi slayer. Anda  bisa menggabungkan ikan ini dengan jenis lain agar isi aquarium lebih beragam.

Tinggalkan komentar