Ikan Sumatra

Sedang mencari ikan hias untuk akuarium? Ikan sumatra mungkin bisa dijadikan pilihan karena coraknya yang cantik. Berikut ulasan mulai dari jenis, makanan, hingga harganya.

Sekilas Tentang Ikan Sumatra

"Gambar

Seperti namanya ikan ini memang berasal dari Sumatera, namun ia juga bisa dijumpai didaerah Kalimantan hingga perairan Thailand.  Pada habitat aslinya populasi ikan sumatra terbilang masih banyak, terutama pada perairan yang masih asri.

Ikan berwarna oranye dengan tiga garis hitam tegak ini sering disebut sebagai ikan tiger barb atau sumatra barb dalam bahasa asing. Sementara dalam bahasa latin, penyebutannya adalah Puntius tetrazona, 

Ikan sumatra suka berenang di area tengah akuarium serta harus hidup schooling (bergerombol)Paling tidak peliharalah 6 ekor dalam satu akuarium, karena jika semakin sedikit jumlahnya maka sifatnya akan bertambah agresif dan dia tidak merasa tenang.

Untuk usia, ia mampu bertahan cukup lama yaitu 5-7 tahun. Sementara untuk ukuran rata-ratanya adalah 5-7 cm.

Jenis Ikan Sumatra

Karena dikembangkan dengan sistem yang selektif, maka terlahirlah warna-warna dan varian baru dari ikan tiger barb ini. Apa saja jenisnya?

1. Sumatra Hijau (green tiger barb)

Gambar Ikan Sumatra Hijau Green Tiger Barb
fishkeepingforever.com

Dilihat dari warnanya yang hijau pekat, jenis ini memiliki perbedaan yang cukup kontras dengan tiger barb yang biasa. Terlebih warna hijau tersebut juga bersifat blok atau tidak memiliki motif garis sama sekali.

Kemudian pada bagian sirip hingga mulut, ikan ini masih dihiasi oleh warna aslinya yaitu hitam yang berpadu dengan oranye. Terlihat sangat cantik bukan?

2. Sumatra Albino (tiger barb albino)

Gambar Ikan Sumatra Albino
aquariumhias4u.blogspot.com

Sumatra albino memiliki warna dasar merah muda disertai garis berwarna putih. Sementara itu pada bagian moncong ikan cenderung berwarna oranye pekat, warna tersebut juga turut memperindah siripnya yang bening.

Kemudian karena termasuk dalam kategori albino, maka ia memiliki mata yang berwarna merah.

3. Sumatra Asli

"Gambar

Untuk jenis ini pasti Anda sudah tahu bukan? Ya, ia adalah bentukan ikan sumatra yang paling awal dan paling sering dijumpai.

Selain menarik, kombinasi warna oranye dan garis hitam disekujur tubuhnya mampu memberikan kesan lucu dan gahar dalam satu waktu.

4 . Sumatra Longfin Slayer

Gambar Longfin Slayer Tiger Barb
absolutelyfish.com

Dari segi warna ikan sumatra longfin slayer masih satu ragam dengan jenis yang asli. Perbedaannya yaitu terletak pada ukuran sirip yang panjang, dan ekornya yang berumbai. Wah, jadi terlihat lebih eksotik ya.

5. Sumatra Balon

"Gambar

Bagi Anda yang menyukai ikan hias jenis ballon, maka tiger barb balloon ini bisa menjadi pilihan. Perutnya yang membuncit mampu menambah daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Tak jarang ikan jenis ini juga ada yang terkombinasi dengan jenis slayer, sehingga disamping ia memiliki perut yang besar, ia juga dilengkapi dengan sirip dan ekor yang panjang.

Makanan Ikan Sumatra

"Gambar

Karena termasuk ikan omnivora, pakan ikan sumatra terbilang memiliki banyak pilihan. Seperti pelet, lumut, ataupun cacing sutra. Cacing sutra sendiri terbilang makanan yang bagus karena memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa menyehatkan ikan.

Perlu diingat pemberian cacing sutra harus dalam keadaan bersih ya, alias dicuci terlebih dahulu supaya tidak mendatangkan penyakit untuk ikan sumatra.

Nah, bagi Anda yang tidak mau repot-repot mencari cacing, memberikan pelet adalah solusi yang terbaik. Selain praktis dan murah, manfaat pelet juga tidak kalah dengan pakan hidup.

Waktu pemberian pakan yang baik cukup 2 kali sehari jika Anda menggunakan pelet. Namun jika Anda menggunakan pakan hidup seperti cacing sutra, cukup berikan 1 kali sehari supaya ikan tidak terlalu kenyang.

Akuarium yang Baik untuk Ikan Sumatra

"Gambar

1. Ukuran Tank

Karena ikan sumatra termasuk ke dalam ikan yang lincah, maka ukuran tank akuarium perlu diperhatikan. Pakailah tank ukuran sedang (70x40x40) supaya ikan bisa bergerak bebas dan tidak tersiksa. Kemudian disarankan untuk tidak terlalu banyak memakai tanaman atau dekorasi lain yang berlebihan.

2. Parameter Air

Bila dibandingkan dengan ikan hias lain, tiger barb  merupakan ikan yang kuat dan mudah dipeliahra karena rentang parameter airnya cukup luas, yaitu suhu 20 – 27 °C dengan PH  5.0 – 8.0.

Teman Satu Akuarium

Gambar Teman Ikan Sumatra
Youtube @LoRiders aquarium

Banyak yang bertanya apakah ikan sumatra galak dan agresif? Ya, tiger barb memang suka usil ke ikan lain, terutama ke ikan yang memiliki sirip panjang seperti koki, guppy, manfish, dll. Jadi jangan gabungkan mereka ya.

Kemudian ia juga tidak cocok untuk digabungkan dengan ikan pasif seperti neon tetra, bisa-bisa ikan tetra tersebut stress karena terus dikejar-kejar.

Lantas ikan apa yang paling aman untuk digabung dengan ikan sumatra? Berikut daftarnya.

  • Ikan Danio
  • Lemon
  • Rosy Barb
  • Botia
  • Black Ruby Barb
  • Corydoras
  • Platy
  • Ramirezi

Pada intinya gabungkanlah dengan ikan yang sama-sama semi agresif, dan gerakanya cepat.

Harga Ikan Sumatra

"Gambar

Jika berada di wilayah aslinya seperti Sumatra atau Kalimantan, kemungkinan besar ia belum bernilai ekonomis karena masih bisa ditemukan dengan mudah di sungai.

Namun untuk daerah Jawa, tentu ikan tiger barb sudah diperjual belikan. Harganya mulai dari Rp 2.000 untuk daerah biasa, hingga Rp 15.000 untuk kota besar.

Baca Juga : Ikan Botia

Nah, itulah ulasan mengenai ikan sumatra yang bisa kami berikan. Apakah Anda sudah tertarik untuk memelihara ikan usil dan cantik ini? Peliharalah dengan baik ya!

Tinggalkan komentar