Jenis Ikan Cupang

Mengingat banyaknya jenis ikan cupang di pasaran, tak mengherankan jika ikan ini seringkali menjadi opsi pilihan untuk ikan hias. Di samping itu, ikan cupang juga kerap dijadikan hewan aduan lantaran kecenderungannya yang agresif dan temperamental. Terlepas dari bagaimanapun tingkahnya, cupang tetap menjadi idaman bagi beberapa orang untuk mempercantik sudut rumah.

Jenis-Jenis Cupang Terbaik

Pada dasarnya, ikan cupang diklasifikasikan dalam 3 kelas yakni cupang hias, adu, serta cupang liar. Ketiganya memiliki karakteristik dan sifat-sifat tersendiri.

Namun secara keseluruhan, kesemua jenis ini memiliki penampilan ngejreng yang menawan. Tiap kelas pun memiliki beraneka jenis ikan cupang di dalamnya. Berikut ini contoh-contoh jenis cupang yang paling banyak dicari di pasaran.

1. Plakat

Gambar Ikan Cupang Plakat
betta138.blogspot.com

Ikan cupang jenis plakat merupakan yang paling banyak dicari, utamanya dari kategori cupang aduan. Kata plakat sendiri berasal dari suku kata Thailand yang berarti tarung. Hal ini sejaalan dengan asal muasal tradisi adu cupang yang dipercaya berasal dari negara tersebut.

Ciri khas pada cupang plakat adalah ekor dan siripnya yang tergolong pendek untuk ukuran cupang pada umumnya. Meski begitu, jenis ini memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan kokoh sehingga mendukung untuk bertarung. Warnanya juga tak begitu mencolok.

2. Fancy

Gambar Ikan Cupang Fancy
anakpintar.web.id

Sesuai namanya, ikan cupang jenis ini memiliki tampilan yang fancy dan menawan. Tak heran banayak yang memburunya untuk dijadikan hiasan di rumah. Meski bentuk tubuhnya kecil, ikan cupang fancy memiiliki kombinasi warna yang cantik. Gradasi warna yang cerah dan mencolok membuatnya tampak seperti lukisan.

Tak mengeherankan jika di pasaran harganya dibanderol cukup mahal. Umumnya cupang fancy dihargai sekitar 100 ribu hingga 2 jutaan. Harga tersebut banyak dipengaruhi oleh seberapa menariknya gradasi warna yang dimiliki si cupang.

3. Giant

Gambar Ikan Cupang Giant
betta.wanadry.id

Jenis giant muncul berkat hasil persilangan antar beberapa jenis ikan cupang yang memiliki tubuh kokoh dan besar. Ukuran cupang giant biasanya berada pada kisaran 10 hingga 15 cm.

Suatu ukuran yang cukup jumbo bagi kelas cupang. Ikan ini dikenal memiliki kecenderungan sifat agresif sehingga pas sebagai hewan aduan. Harganya berkisar antara 500 ribu hingga 1 jutaan.

4. Double tail

Gambar Ikan Cupang Double Tail
abahtani.com

Dibandingkan dengan cupang jenis lain, double tail termasuk kategori yang susah didapatkan. Wajar jika ikan jenis ini dibanderol pada harga yang cukup mahal.

Sesuai nama yang dimilikinya, double tail memiliki keunikan berupa sirip ganda yang membuatnya terlihat bercabang. Ini bukanlah dikarenakan kelainan genetik atau cacat, namun tampilannya yang unik merupakan hasil perkawinan silang.

5. Serit

Gambar Ikan Cupang Serit
majalahikan.com

Dari penampakan luarnya saja, ikan serit terlihat berbeda dan unik. Jenis ikan cupang ini memiliki sirip rumbai-rumbai yang menyerupai sobekan usai bertarung.

Padahal, memang itulah sifat genetik bawaan yang dimilikinya. Rumbai-rumbai ini pulalah yang membuat tampilannya terlihat mahal. Bahkan, ikan jenis ini sering diikutsertakan dalam pertandingan di IBC (international Betta Congress).

Tapi soal urusan harga, cupang serit termasuk memiliki range harga yang miring. Anda bisa membelinya semenjak masih anakan di kisaran harga 15 ribuan. Nantinya ketika sedikit besar dan mendapat titel juara, ikan ini bisa dibanderol hingga ratusan ribu.

6. Halfmoon

Gambar Ikan Cupang Halfmoon
penjualcupang.com

Cupang halfmoon memiliki karakteristik unik berupa bentuk sirip dan ekor yang menyerupai bulan sabit. Ikan jenis ini juga kerap dijuluki sebagai Big Ear.

Halfmoon merupakan cupang hasil perkawinan seorang breeder negeri Paman Sam bernama Peter Goettner. Harganya berkisar antara 40 ribuan untuk anakan yang masih kecil. Jika sudah besar dan berkualitas bagus, harga bisa melonjak hingga 500 ribuan.

7. Slayer

Gambar Ikan Cupang Slayer
tokopedia.com

Jenis cupang slayer memiliki tampilan yang cukup menonjol dan unik. Cupang jenis ini disinyalir hasil perkawinan silang antara jenis cupang serit dan halfmoon.

Tampilan dan warnanya yang unik membuat cupang slayer memiliki banyak peminat. Utamanya bagi anak siswa-siswi sekolah. Wajar jika mengingat harganya yang ekonomis yakni sekitar 25 ribuan untuk anakan kecil, hingga 300 ribuan untuk indukan besar.

Baca Juga : Jenis Ikan Guppy

Selain berbagai jenis ikan cupang di atas, masih banyak jenis lain yang beredar di pasaran. Seperti veiltail, crown tail, cobtail, delta, super delta, rosetail, round tail, dan banyak jenis lainnya. tiap jenis memiliki karakteristik dan range harga yang berbeda-beda. Sebaiknya, sesuaikan saja dengan kocek Anda.

Tinggalkan komentar