Jenis Ikan Koi

Hobi memelihara ikan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat menambah pundi-pundi rupiah. Jika Anda menekuni hobi ini dengan benar, Anda bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Salah satu jenis ikan yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah ikan koin. Terdapat ragam jenis ikan koi baik lokal maupun impor. Simak Ulasan Berikut!

Variasi Jenis Ikan Koi Unik, Cantik dan Penambah Rezeki

1. Koi Sanke Taisho

Gambar Ikan Koi Sanke Taisho
hewan.id

Jenis sanke taisho menjadi salah satu jenis koi yang disukai para pecinta ikan hias. Warna dasar dari tubuhnya yakni putih terang dengan kombinasi bercak hitam dan merah di bagian punggung. Warna cantik dari sanke taisho didapatkan dari persilangan genetik beberapa jenis koi. Anda bisa mendapatkan jenis ikan ini di beberapa penjual ikan hias terdekat.

2. Kohaku Koi

Gambar Ikan Koi Kohaku
cascadekoi.co.uk

Kohaku koi merupakan salah satu jenis koi yang banyak dicari para kolektor karena masuk dalam kategori kontes ikan. Hal ini karena jenis kohaku termasuk jenis yang tua dan paling terkenal. Warna kohaku koi sangat cantik yakni perpaduan merah, dan putih. Kohaku yang berkualitas bagus memiliki warna yang cerah dan polanya ada pada seluruh tubuh.

3. Koi Showa Sanshoku

Gambar Ikan Koi Showa Sanshoku
aqualog.de

Sebagian besar ikan koi memiliki warna dasar tubuh putih terang, tidak terkecuali dengan koi Showa Sanshoku. Showa Sanshoku merupakan hasil dari persilangan jenis Shiro Utsuri dengan Kohaku sehingga menghasilkan bercak hitam dan merah. Meskipun warna koi hampir sama, tetapi jika diteliti lebih detail, Anda dapat menemukan perbedaannya.

4. Koi Shiro Bekko

Gambar Ikan Koi Shiro Bekko
gilakoi.com

Tidak seperti jenis koi pada umumnya, koi Shiro Bekko memiliki tubuh dengan warna dasar putih terang dengan bercak hitam sedikit di area dekat sirip dan kepala. Perpaduan dua warna ilnilah yang membuat ikan ini dijuluki koi hitam putih. Anda bisa membudidayakan jenis ikan ini dengan mudah, asalkan harus menyilangkannya jenis yang sama.

5. Koi Ki Bekko

Gambar Ikan Koi Ki Bekko
aquariumdomain.com

Koi Ki Bekko merupakan jenis koi unik dengan warna dasar kuning cerah dan cantik. Anda bisa menjadikan ikan ini untuk kolam di rumah atau dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Corak yang ada pada seluruh tubuhnya berupa bercak hitam dan setiap bagian tepinya lebih tajam, sehingga penampilan ikan ini sangat mempesona.

6. Koi Aka Bekko

Gambar Ikan Koi Aka Bekko
grandkoi.com

Jika Anda ingin koi dengan warna tajam, Anda bisa memilih jenis Koi Aka Bekko. Koi ini memiliki perpaduan warna dasar oranye dan merah menyala. Selain itu, corak hitam di bagian punggung juga memberikan kesan gagah pada jenis ini. Anda bisa mendapatkan bibit ikan koi ini di toko ikan hias terdekat dan bisa langsung membudidayakannya di rumah.

7. Koi Shiro Utsuri

Gambar Ikan Koi Shiro Utsuri
bebeja.com

Ikan koi dengan warna dasar putih juga menjadi primadona dan diincar kolektor ikan hias. Salah satu jenis ikan yang banyak diburu adalah koi Shiro Utsuri. Jenis ini hanya memadukan warna putih dan hitam sebagai coraknya. Anda juga bisa menyilangkan Shiro Utsuri dengan jenis lain untuk mendapatkan variasi baru yang cantik dan unik.

8. Koi Ki Utsuri

Gambar Ikan Koi Ki Utsuri
blueridgekoi.com

Jika Shiro Utsuri memiliki warna dasar putih, maka untuk jenis Ki Utsuri memiliki warna dasar hitam. Corak tubuhnya berupa bercak kuning terang di seluruh tubuh. Anda bisa membudidayakan jenis koi ini dan menyilangkannya dengan jenis lain. koi Ki Utsuri juga banyak diincar para pecinta ikan hias karena cocok untuk pemanis pemandangan di dalam rumah.

9. Koi Hi Utsuri

Gambar Ikan Koi Hi Utsuri
cascadekoi.co.uk

Jenis Koi Hi Utsuri merupakan jenis koi dengan warna gelap yakni perpaduan hitam dan oranye kemerahan. Corak yang ada pada Hi Utsuri terlihat lebih unik dibandingkan jenis Utsuri lainnya. Namun, Anda jangan heran ketika ikan ini sudah masuk usia dewasa akan mengalami perubahan warna yang sedikit memudar.

10. Koi Ai Goromo

Gambar Ikan Koi Ai Goromo
istanakoi.id

Jika Anda ingin berbisnis ikan koi dengan harga yang lumayan tinggi, Anda bisa memilih jenis Ai Goromo untuk dibudidayakan. Jenis ini memiliki warna dasar putih dengan bercak merah tua yang pekat. Sisi unik lainnya juga ditunjukkan dari sirip ikan yang berwarna oranye dan biru muda. Sangat menarik bukan?

11. Koi Tancho Kohaku

Gambar Ikan Koi Tancho Kohaku
tokopedia.com

Jenis koi Kohaku memang menjadi induk dari jenis-jenis koi lainnya. Salah satu persilangan Kohaku bisa menghasilkan jenis Tancho Kohaku. Jenis ini memiliki warna dasar putih bersih di seluruh tubuh kecuali bagian kepala. Pada bagian kepalanya, terdapat bercak cukup lebar berwarna oranye kemerahan. Hal unik inilah yang menjadikan Tancho Kohaku laris di pasaran.

12. Koi Tancho Goshiki

Gambar Ikan Koi Tancho Goshiki
cakoiviet.com

Salah satu jenis ikan koi yang unik dan cantik hail persilangan adalah koi Tancho Goshiki. Jenis ini memiliki warna dasar putih cerah dengan corak bergaris hitam dan warna merah terang di bagian kepala. Perpaduan 3 warna dan corak yang unik ini membuat jenis Tancho Goshiki memiliki harga pasar yang cukup tinggi. Apakah Kamu berniat untuk membeli jenis ini?

13. Koi Tancho Kujaku

Gambar Ikan Koi Tancho Kujaku
nishikigoi.life

Penampilan unik, cantik nan eksotis juga tampak pada jenis koi Tancho Kujaku. Jenis koi ini memiliki warna dasar putih dengan orak tubuh polkadot hitam dan ditambah warna merah menyala di bagian kepala. Warna corak pada tubuhnya akan semakin tajam ketika ikan ini tumbuh dewasa. Anda bisa membudidayakan jenis ini karena termasuk menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

14. Koi Ogon

Gambar Ikan Koi Ogon
gambarikan.com

Koi Ogon menjadi satu dari sekian jenis ikan koi yang unik dan dicari para kolektor ikan hias. Jenis koi ini adalah hasil silang dari Shiro Fuji dan Koi punggung. Warna dasarnya berupa kuning keemasan dengan corak hitam di bagian punggung. Harga untuk koi ogon dibanderol cukup tinggi yakni 1,5 juta rupiah. Harga itu masih bisa naik jika corak tubuhnya semakin unik.

15. Koi Kinginrin

Gambar Ikan Koi Kinginrin
ahlikoi.netlify.com

Ikan koi Kinginrin memiliki corak tubuh yang hampir sama dengan ikan mas. Warna kulit dasarnya adalah putih kekuningan. Pada seluruh tubuhnya dipenuhi corak hitam hingga bagian sirip dan ekornya. Anda bisa membudidayakan jenis Kinginrin karena harganya cukup menjanjikan yakni 900-ribuan tiap ekornya.

16. Koi Hariwake

Gambar Ikan Koi Hariwake
kolamkoi.id

Koi Hariwake merupakan jenis koi yang hampir sama dengan koi berwarna dasar putih lainnya. Akan tetapi, warna bercak di bagian tubuhnya berupa kuning keemasan. Perpaduan putih terang dan kuning keemasan ini menimbulkan efek pandangan seperti kilau mutiara yang sangat cantik. Harga untuk jenis ini cukup mahal yakni 700-ribuan tiap ekornya.

17. Koi Hikarimono

Gambar Ikan Koi Hikarimono
jualikankoi.co.id

Keunikan koi Hikaromono membuatnya menjadi salah satu jenis koi yang banyak dicari kolektor. Ikan ini memiliki warna dasar putih pucat (hampir abu-abu) dengan corak hitam memudar di bagian punggung. Perpaduan dua warna ini menghasilkan pola seperti susunan tulang rusuk di bagian punggung. Harga koi Hikarimono di pasaran cukup tinggi yaitu 700-ribuan per ekornya.

Adanya jenis baru ikan merupakan hasil dari persilangan beberapa jenis koi. Hal ini dilakukan untuk keberlangsungan ikan koi agar tidak punah.

17 ragam di atas hanyalah sebagian kecil dari puluhan jenis koi yang ada. Jenis ikan koi manakah yang menjadi favorit Anda dan hendak dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan?

Harga Ikan Koi Kecil

Bagi Anda yang ingin mendaptkan harga miring, memelihara koi sedari kecil tentu bisa dijadikan pilihan.

Berikut daftar harga ikan koi yang masih kecil ukuran 8 – 10 cm.

JenisHarga
Koi Sanke TaishoRp 35.000
Kohaku KoiRp 10.000
Koi Showa SanshokuRp 10.000
Koi Shiro BekkoRp 105.000
Koi Ki BekkoRp 10.000
Koi Aka BekkoRp 20.000
Koi Shiro UtsuriRp 15.000
Koi Ki UtsuriRp 15.000
Koi Hi UtsuriRp 10.000
Koi Ai GoromoRp 15.000
Koi Tancho KohakuRp 55.000
Koi Tancho KujakuRp 50.000
Koi OgonRp 9.000 – Rp 20.000
Koi KinginrinRp 30.000
Koi HariwakeRp 85.000
Koi Hikaromono

Harga Ikan Koi Besar

Selain dipelihara untuk pribadi, umumnya ikan koi yang ukurannya kurang lebih 25 cm digunakan sebagai indukan untuk dipijah. Berikut adalah daftar harganya.

JenisHarga
Koi Sanke TaishoRp 200.000
Kohaku KoiRp 100.000
Koi Showa SanshokuRp 150.000
Koi Shiro BekkoRp 300.000
Koi Ki BekkoRp 500.000 – Rp 600.000
Koi Aka BekkoRp 500.000
Koi Shiro UtsuriRp 700.000
Koi Ki UtsuriRp 850.000
Koi Hi UtsuriRp 900.000
Koi Ai GoromoRp 600.000
Koi Tancho KohakuRp 700.000
Koi Tancho KujakuRp 700.000 – Rp 760.000
Koi OgonRp 900.000 – Rp 1.500.000
Koi KinginrinRp 930.000
Koi HariwakeRp 610.000 – Rp 700.000
Koi HikaromonoRp 720.000

Untuk penentuan harga koi sangat bergantung pada keindahan corak, kecerahan warna, ketahanan ikan, ukuran dan bentuknya.

Biasanya penjual akan mengkategorikan koinya mulai dari kelas yang paling berkualitas yaitu Grade A hingga kelas yang paling minim kualitas yaitu Grade C.

Nah, untuk anda yang ingin memelihara ikan koi, bisa beli ke Agro koi farm yang jual ikan koi bergaransi dan terpercaya.

Baca Juga : Pakan Ikan Koi

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, apabila ada yang ditanyakan bisa berkomentar ya, terimakasih..

Tinggalkan komentar