Jenis Ikan Palmas

Salah satu hobi yang menarik banyak perhatian saat ini adalah memelihara ikan hias. Jenis cupang, guppy atau ikan hias lainnya mungkin sudah terdengar biasa. Tetapi bagaimana dengan jenis ikan palmas? Ikan yang satu ini disebut sebagai si predator perenang bawah atau di dasar akuarium.

Palmas disebut juga dengan ikan predator yang merupakan ikan primitif dan sering juga disebut sebagai ikan ular atau ikan naga. Palmas merupakan ikan carnovora yang habitatnya berasal dari perairan afrika dan juga aliran sungai nil.

Anda bisa memelihara ikan ini tanpa harus memberinya oksigen karena mereka bisa mengambil udara dengan berenang ke bagian atas seperti ikan cupang. Karena namanya ikan predator maka makanan dari ikan ini adalah ikan kecil yang hidup.

Jenis-jenis Ikan Palmas

1. Jenis Palmas Endlicheri

Gambar Jenis Palmas Endlicheri
nakamaaquatics.id

Ikan Palmas Endlicheri ini merupakan jenis yang cukup menarik. Sebab ada julukan untuk jenis ini yang disebut dengan ikan naga bertubuh pasir. Jika melihatnya sekilas memang corak warna di tubuhnya mirip dengan susbtrat pasir.

Ukuran panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 63 cm dan beratnya mencapai 3.3 kg. Bahkan bisa dibilang lebih besar jika dibandingkan jenis palmas senegalus.

2. Palmas Senegalus

Gambar Palmas Senegalus
aquariadise.com

Jenis senegalus seperti yang disinggung sebelumnya adalah jenis ikan yang cukup populer di kalangan para penghobi. Jika dilihat sekilas memang mirip dengan belut. Terutama bagi orang awam yang baru melihatnya maka akan mengira ikan ini adalah ikan belut.

Jenis Palmas Senegalus disebut dengan Grey Bichir. Julukan ini karena warna tubuhnya dominan abu-abu dan hanya bisa tumbuh dengan panjang 35 cm saja.

3. Palmas Delhezi

Gambar Jenis Palmas Delhezi
pinterest.ch

Jenis berikutnya adalah ikan Palmas Delhezi. Jenis ini juga cukup populer karena dari segi fisik memang terlihat begitu menarik.

Palmas Delhezi memiliki warna tubuh abu-abu tetapi ada semburat kehijauan dengan kombinasi bercak-bercak hitam yang ada di sampingnya.

Jenis ini juga merupakan ikan tipe bawah yang memiliki warna yang cocok untuk area bawah terutama disertai substrat pasir. Ada banyak nama lain yang dimilikinya seperti Armoured Bichir, Barred Bichir dan lainnya.

4. Palmas Ansorgi

Gambar Palmas Ansorgi
bluegrassaquatics.com

Palmas Ansorgi merupakan ikan palmas dengan tubuh yang bisa dibilang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis palmas lainnya. Panjang dari ikan ini mencapai 90 cm dimana dengan ukuran tubuh ini, satu orang dewasa akan kewalahan ketika mengangkatnya.

Daerah penyebarannya ada di wilayah Afrika Barat yakni di daerah Guinea-Bissau hingga di Nigeria. Palmas Ansorgi juga disebut dengan Guinean Bichir dimana sebutan ini berkaitan dengan penyebaran wilayahnya yang ada di Guinea.

5. Palmas Congo

Gambar Palmas Congo
tropical-fish-keeping.com

Palmas Congo bisa disebut juga dengan ikan Palmas Congicus Bichir. Ukuran maksimal dari ikan ini juga cukup fantastis yakni bisa mencapai 97 cm. Ukuran tersebut bisa lebih besar jika dibandingkan dengan Palmas Ansorgi.

Warna dari jenis ikan ini juga cukup bervariasi mulai dari coklat kekuningan hingga abu-abu. Tubuh bagian atasnya cenderung berwarna lebih gelap derbeda jika dibandingkan dengna bagian perut yang berwarna pucat.

6. Palmas Teugelsi

Gambar Palmas Teugelsi
pinterest.com

Di urutan berikutnya adalah palmas teugelsi yang kalau dilihat sekilas memang memiliki warna tubuh eksotik. Palmas Teugelsi memiliki pesona lengkap dengna tubuhnya yang bisa mencapai panjang hingga 40 cm.

Ukuran tubuh ini sangat cocok untuk bisa Anda pelihara di dalam akuarium. Penyebaran wilayah jenis ini berada dari perairan di Kamerun.

7. Palmas Orna

Gambar Jenis Palmas Orna
aquafood.co.uk

Ketika Anda menginginkan jenis palmas yang premium, maka Palmas Orna adalah pilihan tepat. Jenis ini terbilang versi premium karena memiliki warna yang sangat unik. Ada tubuh yang berwarna hitam tetapi dikombinasikan dengan corak warna kuning keemasan.

Ikan ini terbilang premium karena harganya juga cukup mahal. Harganya bisa mencapai 300 hingga 600 ribu rupiah. Ukuran tubuh palmas orna bisa tumbuh hingga 60 cm dan hampir setara dengan Palmas Endlicheri.

8. Palmas Albino

Gambar Keunikan Ikan Palmas Albino
aquaticarts.com

Berbeda dengan palmas lain yang lebih didominasi oleh warna coklat, ikan palmas albino memiliki warna dasar putih dengan mata yang berwarna merah. Kemudian dibagian punggung dihiasi oleh sirip yang berwarna kekuningan. Perpaduan yang sangat indah bukan?

9. Palmas Buettikoferi

Gambar Palmas Buettikoferi
epond.eu

Tubuh dari ikan ini cukup panjang dan berwarna kuning keemasan yang pucat. Ada corak gelap di beberapa bagian tubuh terutama di bagian belakang, ekor dan juga siripnya.

Tubuh buettikoferi ini memiliki bentuk ekor yang melebar ke bagian atas bawah bahkan hampir oval. Harga dari jenis ini adalah sekitar 150 ribuan.

10. Palmas Weeksii

Gambar Jenis Palmas Weeksii
youtube @Josh’s Fish (ikan sebelah kanan)

Jenis ikan palmas weeksii memiliki penampilan yang berbeda pada area kepalanya. Palmas Weeksii ini memiliki ukuran kepala lebih besar dan rahangnya panjang baik di sisi atas dan bawah.

Corak belang di tubuh weeksii ini cenderung gelap namun di bagian bawah ada warna putih yang membuatnya terlihat lebih terang jika ada di dalam akuarium.

11. Palmas Mokelembenbe

Gambar Palmas Mokelembenbe
aquafood.co.uk

Mokelembenbe merupakan jenis ikan purba yang dianggap menjadi bagian dari dinosaurus. Bentuk durinya tajam di bagian punggung dan tegak.

Jika dilihat ketika ada di daratan, ikan jenis ini seringkali seperti reptil karena kakinya juga lebih panjang. Palmas Mokelembenbe ini dibanderol dengan harga sekitar 350 ribuan.

Merawat Ikan Palmas dengan Benar

Gambar Cara Merawat Ikan Palmas
youtube @CizziB Fiskliv

Memiliki ikan hias peliharaan di rumah tentu harus mengetahuui bagaimana cara merawatnya. Terutama cara perawatan ikan palmas ini terbilang gampang-gampang susah.

Palmas bisa hidup di berbagai kondisi air tetapi akan sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan juga perkembangannya. Perawatan yang tepat adalah mengatur suhu air akuarium dengan suhu 16 sampai 27 derajat celcius.

Tingkat pH atau keasaman air harus di 6.5 hingga 7. Membersihkan wadah atau akuariumnya tidak perlu terlalu sering meski tetap harus diperhatikan terutama jika Anda menggabungkannya dengan ikan besar jenis lainnya.

Ikan palmas merupakan ikan karnivora sehingga ketika Anda menggabungnya dengan jenis ikan lainnya harus dilakukan secara perlahan.  Hal ini karena palmas bisa menyerang dengan radar serang cukup tinggi.

Pemberian pakan untuk palmas bisa menggunakan pelet tenggelam atau pelet pabrik. Namun akan lebih baik jika Anda memberinya bahan makanan alami seperti udang atau cacing.

Bisa juga seperti jangkrik agar menjadi variasi pakan. Jika telah memberi pakan, biasanya ikan dalam akuarium akan saling menyerang atau bahkan memakan satu sama lain.

Meski palmas terlihat sebagai ikan yang kuat, ikan ini akana mudah mati jika stress seperti ketika mereka sulit bernapas karena salah mengatur filter oxygennya.

Jenis-jenis ikan palmas memang beragam. Sehingga untuk pemeliharaannya bisa Anda sesuaikan dengan apa yang Anda suka. Jangan lupa utnuk tetap menjaga kebersihan akuarium agar palmas yang Anda miliki tidak mudah mati. Sebagai ikan hias karnivora banyak yang memburu palmas karena corak unik yang dimilikinya.

Tinggalkan komentar