Kayu Aquascape

Perlu diketahui, salah satu komponen penting dalam mendesain aquascape adalah kayu. Dengan adanya kayu aquascape, maka tampilan aquarium akan menjadi lebih cantik dan bisa dijadikan sebagai media penanaman moss.

Pemilihan kayu untuk aquascape tentu tidak boleh sembarangan. Kayu tersebut haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti tidak bercaun, mampu bertahan lama, mudah tenggelam, dan harus diolah terlebih dahulu.

Lantas apa saja kayu yang sering digunakan untuk aquascape dan memenuhi kriteria tersebut? Dalam artikel ini kami tidak menyebutkan banyak, karena memang hanya itu saja kayu yang memenuhi syarat untuk menghiasi aquascape.

Jenis Kayu Aquascape Terbaik dan Mudah Didapat

1. Kayu Rasamala

Gambar Kayu Aquascape Rasamala
aqua-deal-pekanbaru.business.site

Kayu rasamala merupakan kayu yang kandungan taninnya sangat sedikit apabila sudah kering sehingga aman untuk air dan tidak meracuni ikan.  Karena hal itu, kayu rasamala ini menjadi sangat populer dikalangan aquascaper.

Selain sering dijumpai di toko aquascape, Anda juga bisa mencari sendiri kayu rasamala di kawasan yang lembab seperti perbukitan.

Karena memiliki bentuk cabang yang menarik, kayu rasamala akan sangat cocok digunakan sebagai penghias aquascape Anda, apalagi didukung oleh warnanya yang cerah.

2. Kayu Senggani

Gambar Kayu Aquascape Senggani
facebook @Madn’s Scape

Selain kayu rasamala, jenis kayu yang cukup populer untuk aquascape adalah kayu senggani. Ukuran kayu senggani memang tidak terlalu besar dan sering diambil bagian akarnya saja.

Dengan akar tersebut biasanya aquascaper akan merangkainya menjadi sebuah pohon atau sering disebut dengan model aquascape bonsai. 

Kayu senggani memiliki warna cokelat tua dan tidak secerah kayu rasamala. Kemudian mengenai kekuatan, kayu senggani mampu bertahan hingga 6 bulan didalam air  aquascape.

Habitat asli kayu senggani juga tidak jauh dari tempat yang lembab seperti tepian sungai, perbukitan, ataupun di semak-semak.

3. Kayu Santigi

Gambar Tanaman Aquascape Santigi
facebook @Bang Heru

Dihiasi dengan lekukan kayu yang menawan, kayu santigi kerap menjadi incaran para scaper. Selain itu kayu santigi juga memiliki warna cokelat muda yang cerah, sehingga ia akan terlihat lebih bersih.

Kayu santigi sering ditemukan disekitar pantai, atau dikarang-karang. Namun jika Anda menemukannya, kayu santigi harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan garamnya.

Biasanya bagian yang sering diambil dari kayu santigi adalah akarnya. Akar kayu santigi sendiri sering dipadukan dengan berbagai tanaman moss menjadi model bonsai aquascape.

Jika Anda berniat membelinya ditoko, harga kayu santigi cenderung variatif mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Mahal tidaknya tergantung pada ukuran dan model lekukan kayu yang ada.

4. Kayu Bakau atau Driftwood

Gambar Kayu Bakau Aquascape
shopee.co.id

Kayu aquascape lain yang sering ditemukan di pantai adalah kayu Bakau. Karakter utama dari kayu Bakau adalah tidak memiliki banyak ranting dan cabang.

Jadi jika Anda menginginkan model kayu aquascape yang tidak terlalu ramai, maka kayu driftwood ini akan sangat cocok digunakan.

Perlu diketahui, kayu Bakau memiliki kandungan tanin yang banyak, sehingga proses pengolahannya harus maksimal agar tidak mencemari air.

5. Kayu Jambu

Gambar Kayu Jambu Aquascape
tokopedia.com

Bagaimana bisa kayu jambu bisa dijadikan penghias aquascape? Memang terdengar aneh, namun pada kenyatannya bagian akar pada kayu jambu memang bisa dijadikan bahan untuk aquascape.

Mengingat kandungan tanin yang cukup banyak, kayu jambu ini tidak serta merta langsung dimasukkan ke dalam tank aquarium ya, kayu harus diproses terlebih dahulu hingga bersih.

Kemudian tidak semua kayu jambu bisa dijadikan komponen aquascape, jenis kayu jambu yang paling cocok digunakan adalah jambu biji.

6. Kayu Kopi

Gambar Kayu Kopi Aquascape
mydeey.blogspot.com

Kayu kopi memiliki bentuk yang beragam, akar yang rimbun, dan terdiri dari berbagai ukuran. Sehingga Anda bisa memilih sendiri kayu kopi mana yang paling cocok untuk menghiasi aquascape.

Sayangnya, kebanyakan kayu kopi memiliki karakter mengapung di air. Jadi Anda harus menjeratkan suatu pemberat agar ia mampu tenggelam.

Kemudian seperti jenis kayu yang lain, kayu kopi juga harus melalui proses perendaman terlebih dahulu.

Cara Mengolah Kayu Aquascape yang Baik dan Benar

"Gambar

Seperti yang telah diketahui, jika Anda mendapatkan kayu aquascape dari alam tentu tidak bisa langsung digunakan, alias harus diolah terlebih dahulu agar aman.

1. Yang pertama Anda harus merendam kayu pada air bersih, perendaman ini memakan waktu yang cukup lama sekitar 1 bulan guna menghilangkan zat tanin, menghilangkan getah, dan membuat kayu aquascape mudah tenggelam.

2. Setelah itu pilih dan potonglah bagian kayu yang ingin digunakan. Pilihlah sesuai selera ya.

3. Jika sudah didapatkan bagian kayu yang dinginkan, kupaslah kulit kayu tersebut. Anda bisa menggunakan piso agar kulit kayu terkelupas dengan sempurna.

4. Sampai disini kayu sudah siap untuk dirangkai dan aman untuk digunakan sebagai hiasan aquascape.

Dalam merangkai bagian-bagian kayu menjadi bentuk yang diinginkan, Anda bisa menggunakan lem korea untuk merekatkannya. Namun jangan langsung menempelkan kayu ke kayu ya, alias harus ada media penghubungnya supaya bisa menempel dengan kuat.

Media penghubung yang sering digunakan adalah filter atau kapas bekas puntung rokok, atau jika sulit mendapatkannya Anda bisa menggunakan kapas kecantikan.

Untuk menutupi bagian penghubung kapas tersebut, Anda bisa menaburkan serbuk cocopid (serbuk kelapa) untuk menyamarkannya. Selain itu Anda juga bisa menanam moss untuk menutupinya.

Supaya semakin cantik kombinasikanlah kayu tersebut dengan menempelkannya pada batu aquascape.

Baca Juga : Cara Membuat Aquascape

Kami rasa cukup sekian artikel kali ini, apabila ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui kolom komentar ya. Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan komentar