Manfaat Ikan Cucut

Ikan cucut berasal dari nama latin yaitu Rhizoprionodon Acutus dan termasuk dalam sub kelas Elasmobranchii. ikan ini merupakan jenis ikan yang bertulang rawan, dan memiliki bentuk tubuh pipih dan ramping.

Ikan ini hampir tersebar di seluruh perairan indonesia, tetapi dalam penangkapan ikan ini masih terbatas dan hanya sebagai pelengkap tangkapan ikan laut jenis lain.

Ikan bertulang rawan ini merupakan salah satu spesies ikan yang memiliki ukuran yang berbeda, sesuai genus yang dimilikinya.

Ikan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan dapat diolah menjadi berbagai produk olahan. Bagi anda yang penasaran dengan informasi tersebut, simak artikel ini selengkapnya.

Jenis Ikan CucutGambar Jenis Ikan Cucut

Terdapat 28 spesies (12 famili) ikan cucut yang ditemukan di Pelabuhan Ratu, sedangkan di Cilacap terdapat 30 spesies dan di Prigi terdapat 5 spesies. jenis cucut yang yang mempunyai spesies terbanyak adalah famili Carcharhinidae, jenis ini terdapat 19 spesies di Pelabuhan Ratu. dari seluruh hasil pengamatan, terdapat 10 spesies dominan yaitu:

  1. Odontaspis Ferox,
  2. Carcharhinus Amblyrhynchos,
  3. Sphyrna Lewini,
  4. C. Sorrah,
  5. Centrophorus Moluccensis,
  6. C. Hemiodon,
  7. Alopias Pelagicus,
  8. Sphyrna Zygaena,
  9. C. Plumbeus,
  10. C. Brevipinna,

Ciri-Ciri Ikan CucutGambar Ciri ciri Ikan Cucut

  1. Bentuk Kepala
    Bentuk tubuh ikan ini relatif hampir sama dengan jenis lainnya kecuali famili seperti Rhinidae, Rhynchobatidae, Sphymidae dan Squantinidae. bentuk kepala ikan ini berbentuk seperti moncong, bentuk mulut yang besar dan mata yang kecil.
  2. Kulit
    Kulit ikan ini terlihat seperti tidak tertutup sisik, tetapi setelah diraba dengan arah yang berlawanan maka kulit ikan ini akan terasa kasar. hal ini karena kulit ikan cucut tertutup oleh struktur sisik yang berbentuk seperti gigi-gigi kecil yang disebut Denticle.
  3. Gigi
    Ikan ini memiliki susunan gigi yang unik, gigi ikan ini tertancap pada gusi ataupun tulang rahang tetapi langsung menempel pada kulit (Dermal Denticle).
  4. Sirip
    Ikan ini memiliki dua buah sirip punggung, dan memiliki bentuk kerucut dan membulat. Ikan ini juga memiliki sirip dada yang cenderung berbentuk segitiga lancip, lalu pada sirip ekor berbentuk asimetris yang memiliki fungsi sebagai pendorong.
  5. Insang
    Insang pada ikan ini terdapat di rongga insang yang tutupnya seperti jeruji jendela. insang memiliki fungsi untuk memompa air agar masuk ke dalam rongga insang.

Harga Ikan CucutGambar Harga Ikan Cucut

Harga ikan yang satu ini cukup beragam sesuai dengan jenisnya. Berikut daftar harga ikan cucut.

  1. Cucut Anjing/Mako Rp.8.572/kg
  2. Cucut Tikus Rp.7.853/kg
  3. Cucut Botol Rp.7.969/kg
  4. Cucut Caping/Martil Rp.9.122/kg
  5. Cucut Lanyam Rp.15.043/kg

9 Manfaat Ikan Cucut Bagi KesehatanGambar Manfaat Ikan Cucut

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat ikan yang satu ini bisa meningkatkan sistem imun anda, dengan mengkonsumsi ikan ini dipercaya bisa mengebalkan tubuh anda sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang.

2. Menurunkan darah tinggi
Gangguan tekanan darah tinggi atau Hipertensi terjadi karena penyempitan pembuluh darah arteri, yang mengakibatkan darah tertekan. Sehingga bagi anda yang menderita penyakit hipertensi, sebaiknya mengkonsumsi jenis ikan yang satu ini.

3. Melindungi tubuh dari penyakit kanker
Penderita penyakit kanker semakin meningkat tiap tahunnya, sama dengan meningkatnya penggunaan teknologi modern yang dapat memaparkan radiasi ke tubuh manusia. Penderita kanker tidak menyadari bahwa sel kanker telah terbentuk di tubuhnya, karena gejala penyakit ini sangat bermacam-macam.

Untuk melindungi tubuh anda dari kanker, anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari ikan cucut. Karena ikan ini memiliki protein dan asam lemak yang dapat memproduksi sel baru agar tumbuh sempurna.

4. Mencegah kepikunan
Kepikunan terjadi karena sel-sel di otak tidak mampu berkembang lagi, sehingga saraf otak juga tidak dapat menghantarkan energi listrik dengan baik. Dengan mengkonsumsi ikan ini, dipercaya otak anda bisa bekerja dengan kuat dan asam amino yang terdapat di ikan ini bisa meremajakan sel otak.

5. Dapat mencegah penyakit stroke
Khasiat lainnya dari ikan ini adalah dapat mencegah stroke karena mengandung lemak HDL, yang bisa memperlancar sirkulasi darah ke otak.

6. Meningkatkan kecerdasan otak
Ikan ini mengandung DHA dan EPA sehingga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

7. Mengobati kesemutan
Kesemutan terjadi karena gangguan peredaran darah dimana darah tersendat oleh pelak kolesterol. Ikan ini sangat disarankan untuk di konsumsi bagi penderita kesemutan.

8. Merawat kulit tetap sehat
Kandungan berbagai vitamin yang terdapat pada ikan, mampu membuat kulit menjadi sehat dengan mengkonsumsi ikan ini.

9. Mengobati gangguan jantung
gangguan pada jantung rentan sekali dialami oleh manusia pada zaman sekarang. kurang nya olahraga dan mengkonsumi makanan-makanan yang tidak sehat bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. anda bisa mulai menjalani pola hidup sehat dan mengkonsumsi ikan ini agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Manfaat Ikan Cucut Secara EkonomisGambar Manfaat Ikan Cucut Secara Ekonomis

1. Manfaat sirip ikan

Sirip ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga banyak dicari oleh manusia. Selain itu, sirip ikan ini juga dapat memenuhi kebutuhan manusia, dan dapat dijadikan bahan masakan seperti pada campuran sup. Ada 4 golongan ikan ini yang memiliki harga sirip yang cukup tinggi.

a. Tingkat paling mahal
– Cucut Martil (Sphyma sp.)
– Cucut Mako (Lsurus)
– Cucut Biru (Prionace)
b. Tingkat utama
– Cucut Putih (Carcharodon sp.)
– Cucut Thresher (Alopias sp.)
c. Tingkat sedang
– Cucut Moncong Putih (Carcharnius sp.)
– Cucut Macan (Galeocerdo)
d. Tingkat bawah
– Cucut berukuran kecil

2. Manfaat kulit ikan

Kulit ikan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan aksesori seperti jaket kulit, tas, sepatu, dompet karena tekstur kulit ikan ini mirip dengan kulit ternak. salah satu produk dari ikan ini adalah Broso Leather yaitu sebagai pelengkap busana wanita, dimana sisiknya tidak dihilangkan sehingga terlihat mengkilap.

3. Manfaat kerangka tulang ikan

Karakteristik tulang rawan ikan ini mirip dengan ikan hiu, sehingga bisa digunakan sebagai bahan perekat ataupun bahan pembuat obat di bidang farmasi.

4. Manfaat gigi

Gigi ikan ini memiliki panjang 1,5 inci yang berjumlah hingga 150 buah. Gigi ikan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar aksesori, pernak-pernik dan masih banyak lagi.
Kandungan Gizi Pada Ikan Cucut
Ikan dipercaya memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik bagi tubuh seperti protein dan omega 3. Ikan cucut salah satunya, juga memiliki manfaat yang dapat menunjang kesehatan manusia dan gizi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk tubuh. Berikut kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung pada ikan ini dengan takaran 100 gr:
1. Jumlah Kandungan Air = 73,6 Gr
2. Jumlah Kandungan Protein = 21,7 Gr
3. Jumlah Kandungan Mineral = 1,2 Gr

Habitat Ikan Cucut

Saat ini sudah tercatat sudah ada 370 spesies ikan cucut di dunia, di Indonesia sendiri terdapat 84 spesies yang telah dikenali. Habitat ikan ini bervariasi dari perairan dekat pantai hingga palung dalam. Umumnya ikan ini berkembang biak secara vivipar atau melahirkan dengan masa mengandung yang lama dan berumur panjang bisa sampai 50 tahun.
Jenis ikan cucut yang dominan di daratkan di Pelabuhan Perikanan Tanjung Luar yaitu Carcharhinus hemiodon, Prionace glauca, C.amboinensis, C. Longimanus, Sphyrna lewini. Lalu jenis ikan cucut yang dominan di daratkan di Pelabuhan Perikanan Cilacap adalah Alopias pelagicus, Carcharhinus falciformis, Alopias superciliosus, Prionace glauca, Alopias vulpinus.

Produk Olahan dari Ikan Cucut

1. Bakso ikanGambar Bakso Ikan Cucut

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan makanan olahan yang satu ini, selain bakso daging ikan juga bisa diolah menjadi bakso. Manfaat omega 3 yang terkandung di dalam ikan, dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Berbagai jenis ikan yang biasa digunakan dalam membuat bakso yaitu yang memiliki daging tebal dan mempunyai daya elastisitas.

Seperti ikan tenggiri, cucut, kakap, ekor kuning, dan masih banyak lagi. Semakin segar ikan, maka semakin baik pula mutu bakso yang di hasilkan.

2. Sosis ikan

Gambar Sosis Ikan Cucut
Selain bakso, ikan juga bisa diolah menjadi sosis. Sosis ikan merupakan salah satu makanan olahan yang dapat meningkatkan nilai tambah ikan. Anda bisa mencoba berbagai jenis ikan untuk dibuat sosis, contohnya ikan tenggiri atau ikan alu-alu. Selain untuk dikonsumsi sendiri, anda juga bisa membuka usaha sosis ikan ini.

Usaha sosis ikan bisa jadi salah satu ide dalam memulai usaha anda, usaha ini mudah dilaksanakan dan skala usahanya dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan modal bahan baku, tenaga kerja dan pemasaran.

3. Dendeng ikanGambar Dendeng Ikan Cucut

Dendeng ikan dibuat dengan cara pengeringan dan penambahan bumbu-bumbu tertentu. Dendeng dibuat dengan rasa manis ataupun asin, dan juga memiliki tekstur khas yang empuk. Selain itu dendeng juga memiliki banyak varian rasa seperti keju, pedas, atau asam manis. Anda bisa menggunakan berbagai macam ikan seperti ikan tenggiri, cucut dan tongkol.

4. Kornet ikan

Biasanya anda mengkonsumsi kornet dengan bahan dasar daging sapi atau daging ayam, tetapi ikan juga bisa diolah menjadi kornet. Kornet ikan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak.

Kornet daging dan kornet ikan memiliki perbedaan warna yang dihasilkan, apabila kornet daging berwarna kemerahan maka warna yang dimiliki kornet ikan berwarna putih dan sedikit merah muda karena ditambah sedikit pasta tomat. Anda bisa mengkonsumsi kornet ikan dengan cara dibuat nasi goreng, atau menjadikannya sebagai isian pada sandwich.

5. Abon ikanGambar Abon Ikan

Abon ikan merupakan produk olahan yang dibuat dengan kombinasi perebusan atau pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu. Abon ikan memiliki tekstur yang lembut dengan rasa dan aroma yang khas.

Abon ikan biasanya dibuat dari ikan cakalang, tongkol ataupun cucut. Anda bisa mengkonsumsi abon ikan dengan makanan pendamping nasi, atau makan bersama roti.

Baca Juga : Ikan Kembung

Itulah beberapa informasi mengenai ikan cucut, mulai dari jenis ikan tersebut, produk olahan yang berbahan dasar ikan, dan manfaatnya bagi kesehatan manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda mengenai ikan ini.

Tinggalkan komentar