Manfaat Ikan Kembung

Tidak disangka, ikan Kembung memiliki manfaat yang sungguh luar biasa untuk kesehatan. Ikan yang memiliki ukuran kecil ini menjadi salah satu ikan yang populer di masyarakat karena dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan.

Ikan yang memiliki rasa lezat ini dapat dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus. Kandungan omega 3 yang tinggi dapat mempertahankan fungsi normal organ penting dalam tubuh.

Ikan laut ini yang banyak dimanfaatkan sebagai komoditas makanan. Biasanya dijual dalam kondisi masih segar. Jika dilihat sekilas dari segi fisiknya, maka ikan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan ikan bandeng.

Namun sesuai dengan namanya bahwa ikan ini terlihat lebih menggembung dibandingkan dengan ikan bandeng.

Ciri-Ciri Ikan KembungGambar Ciri ciri Ikan Kembung

Kembung termasuk jenis ikan yang tergolong pada Marga Rastrelliger dan suku Scombridae. Dari bentuk tubuhnya yang kecil ternyata ikan termasuk jenis ikan kerabat Tongkol, Tuna, Makarel dan Madidihang. Berikut ini ciri-ciri ciri paling menonjol dari seekor ikan Kembung:

  • Memiliki tubuh yang ramping, memanjang dan sedikit tinggi dengan bentuk memipih.
  • Pada bagian sisi dorsal memiliki warna yang gelap atau biru kehijauan bahkan hingga warna kecoklatan yang dilengkapi dengan 1 hingga 2 deret bintik gelap yang membujur dekat pangkal sirip punggung.
  • Memiliki sisi yang berukuran kecil dan seragam yang menutupi bagian tubuh
  • Bagian sirip punggung dalam terdapat 2 berkas yang diikuti dengan 5 sirip berukuran kecil atau finlet.
  • Di bagian belakang sirip anal terdapat jumlah finlet yang sama.
  • Depan mata memiliki adipose atau pelupuk mata berlemak.
  • Tubuh Kembung cenderung lebih kecil, memiliki moncong yang panjang dan runcing dengan panjang tubuh maksimal 35 cm, namun pada umumnya hanya 25 cm.
  • Memiliki panjang kepala yang melebihi tinggi operkulum atau batas belakang pada tutup insang.
  • Tulang lakrimal menutupi bagian rahang atas karena memanjang pada sisi belakang mata.
  • Memiliki sisir sharing insang yang sangat panjang namun hanya terlihat dari samping luar apabila mulutnya dibuka.

Jenis Ikan Kembung

1. Rastrelliger kanagurta atau kembung jantanGambar Ikan Kembung Rastrelliger kanagurta

Jenis ikan Kembung jantan adalah jenis ikan yang paling banyak ditangkap pada kawasan Indo Pasifik Barat. Kembung jantan atau rastrelliger kanagurta pada umumnya ditangkap menggunakan pukat cincin, bagan apung, jaring insang maupun yang la

innya. Biasanya kembung jenis jantan ini dijual di pasaran dalam kondisi masih segar atau diolah lebih dulu seperti di asap, diasinkan, dibekukan, dikalengkan atau dibuat saus ikan.

2. Kembung Rastrelliger SPP atau Kembung betinaGambar Ikan Kembung Rastrelliger SPP

Kembung rastrelliger SPP atau Kembung perempuan akan mudah dijumpai di pasaran dalam bentuk masih segar atau susah dalam bentuk olahan. Ada berapa masakan yang berasal dari ikan yang berkerabat dengan ikan tuna ini, misalnya dengan di buat pepes, digoreng, dibakar maupun dimasak menggunakan bumbu bali.

3. Rastrelliger FaughniGambar Ikan Kembung Rastrelliger Faughni

Kembung jenis Rastrelliger Faughni memiliki rasio kelamin yang tidak seimbang karena didominasi oleh Kembung jantan. Jika dibandingkan dari dua jenis Kembung yang ada di atas, jenis ikan ini memiliki potensi reproduksi yang tergolong lebih tinggi karena rata-rata frekuensi bertelurnya yaitu 44800 butir telur.

Harga Ikan Kembung

Gambar Harga Ikan Kembung
http://go-perikanan.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin membeli ikan Kembung tentu Anda tidak harus membelinya dalam bentuk olahan saja. Akan tetapi membeli ikan jenis Kembung yang masih dalam kondisi segar bisa dilakukan.

Sementara harga kembung sangat beragam karena disesuaikan pada jenis. Untuk mengetahui harga ikan kembung, silakan simak ulasan berikut:

  • Ikan Kembung Layang dibanderol dengan harga Rp 45.000/kg
  • Ikan Kembung Banjar dibanderol dengan harga Rp 40.000/kg
  • Ikan Asin Kembung dibandrol dengan harga Rp 75.000/kg
  • Ikan Kembung Frozen dibandrol dengan harga Rp 50.000/kg
  • Pepes Ikan Kembung dibandrol dengan harga Rp 60.00/kg

Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Khasiat Ikan Kembung
lalaukan.com

Seperti pada jenis ikan yang lainnya selain kaya akan omega 3, ternyata ikan Kembung juga memiliki kandungan omega 6 yang merupakan asam esensial yang tidak bisa diproduksi dalam tubuh manusia.

Dibandingkan dengan daging sapi dan ayam, ikan memiliki kadar asam amino yang jauh lebih tinggi 10 kali lipat dan ditemukan fakta bahwa dari daging babi sama sekali tidak mengandung asam omega 3 Omega 6.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa ikan memang sangat baik dikonsumsi dibandingkan dengan daging binatang lainnya. Kembung memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan yang wajib diperhatikan yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai sumber protein

Ikan memang memiliki sumber protein yang cukup besar, termasuk ikan jenis Kembung yang memiliki kegunaan untuk kesehatan.

Sumber protein, kaya dengan asam amino esensial dan asam amino pada umumnya ditemukan hanya di luar tubuh manusia, binatang dan tumbuhan saja. sementara ikan adalah makhluk hidup yang memiliki kandungan asam amino paling tinggi.

2. Menjadi sumber energi pangan rendah kalori

Manfaat Kembung ternyata juga sebagai sumber energi rendah kalori. Selama ini penduduk Indonesia masih menemukan kebutuhan energi pangan hanya pada makanan nabati seperti padi nasi, padahal energi dari ikan juga baik apalagi Indonesia kaya dengan lautan dan ikan 2/3 wilayah RI adalah lautan.

3. Sebagai pendorong pertumbuhan otot

Ikan Kembung berkhasiat sebagai pemicu pertumbuhan sel-sel otot agar kencang. Hal ini terjadi karena protein dalam ikan ini memang mengandung hormon pertumbuhan yang sangat bagus untuk kekuatan otot. Para pria yang ingin membentuk otot tubuhnya, wajib mengkonsumsi ikan jenis ini secara rutin.

4. Memberantas kolesterol

Kolesterol sesungguhnya amat sulit diberantas tanpa tekad yang kuat dalam memberantasnya. Kolesterol biasanya butuh obat-obatan sekaligus asupan pola makan yang baik.

Pada biasanya Dokter akan selalu meresepkan makanan yang boleh dimakan maupun yang tidak boleh dimakan kepada pasiennya agar mereka tidak salah dalam memilih makanan.

5. Mengatasi gangguan pada pembuluh darah

Pembuluh darah manusia pada dasarnya elastis, namun karena gaya hidup yang salah, pembuluh darah bisa menjadi keras dan tidak lentur lagi.

Tentu hal ini amat berbahaya bagi tubuh karena pembuluh darah yang mengalami gangguan saat mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ikan yang berukuran kecil ini mampu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Sementara ikan ini dapat membersihkan dinding pembuluh darah dari residu reside seperti lemak LDL, melancarkan peredaran darah.

Sedangkan peredaran darah manusia harus lancar agar seluruh organ tubuh mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi. Untuk melancarkan peredaran darah seseorang harus rajin olahraga dan menjaga asupan makanan.

Untuk olahraga Anda ada baiknya jika Anda juga makan ikan Kembung secara rutin, karena ikan ini amat baik bagi kesehatan dalam melancarkan peredaran darah ke tubuh manusia.

6. Menjaga kadar trigliserida agar tetap stabil

Khasiat ikan laut ini juga dapat menjaga kadar trigliserida agar tetap stabil karena ikan ini mampu menghancurkan lemak-lemak trigliserida yang berlebihan atau tidak dibutuhkan oleh tubuh.

7. Penyakit rematik kompleks

Penyebab rematik kompleks secara umumnya karena permasalahan tulang dan peredaran darah tidak lancar. Rematik itu sakit sekali dan bisa menimpa siapa saja. Untuk mencegahnya Anda bisa mulai mengonsumsi ikan laut jenis Kembung

8. Mencegah hipertensi

Hipertensi juga berhubungan dengan darah karena hipertensi itu artinya tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang terserang penyakit hipertensi, konsumsi ikan Kembung supaya bisa sembuh tanpa resiko apapun. Biaya pengobatan dari hari ke hari semakin mahal, maka dari itu mencegah stroke lebih baik caranya cukup dengan makan ikan laut ini setiap harinya.

9. Mencegah penyakit jantung

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Manfaat omega 3 dalam ikan yang mirip dengan bandeng ini tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated Fatty acid saja, tapi juga memiliki kandungan yang rendah lemak jenuh.

Oleh karena itu makan ikan ini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan aritmia.

10. Menurunkan resiko diabetes dan kencing manis

Manfaat ikan yang berkerabat dengan tengiri ini mengandung lemak sehat yakni asam lemak tak jenuh tunggal yaitu memainkan peran untuk pencegahan serta mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ikan ini secara teratur menjadikan kadar gula darah dalam tubuh bisa lebih terkontrol dengan baik.

12. Mengurangi gejala rheumatoid arthritis

Ikan Kembung memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam menurunkan nyeri sendi kekakuan otot. Hal ini sering terjadi pada orang yang menderita rheumatoid Arthritis. Orang yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 berada pada risiko yang lebih rendah untuk terkena depresi.

Oleh karena itu dengan menambahkan ikan dalam menu harian dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati yang umum terjadi pada penderita depresi. ikan ini juga bisa meningkatkan aktivitas penggunaan obat antidepresan yang mampu menurunkan kemungkinan adanya penyakit dan penyakit parkinson.

12. Pengobatan khusus

Ikan menjadi salah satu sumber alami yang memiliki kandungan manfaat berupa vitamin D yang diketahui memiliki pengaruh pada tingkat kelangsungan hidup pada seseorang yang menderita kanker usus. Pasien kanker usus dengan kadar vitamin yang lebih tinggi memungkinkan untuk mereka tetap bertahan hidup dengan selalu meningkatkan kondisi kesehatan mereka.

13. Mengurangi resiko kanker payudara

Manfaat antioksidan dalam ikan kembung dapat mengurangi risiko beberapa jenis asam lemak omega 3, dapat membantu mencegah kanker payudara dan kanker usus besar. Asam lemak esensial yang terda[at dalam tubuh ikan Kembung mampu menghindarkan risiko kanker payudara.

14. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan anti inflamasi dalam asam lemak omega-3 membantu untuk membentengi sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga mendukung fungsi organ yang telah dilemahkan oleh virus penyakit sehingga akan meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan infeksi. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi orang yang baru saja sembuh dari sakit atau bagi mereka yang menjalani perawatan medis. Selain itu asupan rutin minyak ikan kembung yang dikombinasikan dengan olahraga teratur dapat menurunkan lemak dalam perut secara signifikan.

Baca Juga : Manfaat Ikan Cucut

Fakta telah menunjukkan bahwa kandungan omega-3 dalam ikan jenis kembung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menjaga kolesterol diserap dalam usus menurunkan berat badan membantu menurunkan berat badan.

Tinggalkan komentar