Pakan Ikan Lele

Salah satu peluang bisnis yang menawarkan keuntungan menggiurkan yaitu budidaya ikan lele. Ikan lele banyak digemari masyarakan dan memiliki pasar yang luas karena rasanya yang gurih dan lezat dan mudah dibudidayakan. Bagi Anda yang sudah terjun ke dalam bisnis budidaya ini, ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan Anda, salah satunya pemberian pakan ikan lele yang tepat.

Ada banyak pakan alternatif yang bisa diberikan untuk membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele, sehingga bisa menekan biaya pemeliharaan. Berikut ini merupakan daftar pakan yang bisa diberikan untuk ikan lele yang Anda budidayakan.

Pilihan Pakan Ikan Lele

1. Cacing

Gambar Cacing Pakan Ikan Lele
duniaterpal.com

Cacing merupakan pakan alternatif yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele agar cepat besar dan mempersingkat masa panen.

Menurut para ahli, kandungan protein pada cacing sekitar 76%, sehingga lebih tinggi dibandingkan kadar protein dalam ikan yang hanya 50% saja. Salah satu jenis cacing yang bagus sebagai pakan lele yaitu cacing sutra.

Cacing sutra memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi dan termasuk ke dalam golongan pakan dengan nutrisi yang tinggi. Cacing jenis ini memiliki tekstur lembut, sehingga mudah dicerna oleh ikan lele. Meski baik untuk lele, pemberian pakan berupa cacing jenis ini dapat membuat kolam menjadi cepat kotor jika diberikan terlalu banyak.

Untuk meminimalisir air kolam yang cepat keruh, Anda bisa membersihkan cacing sutra terlebih dahulu. Dengan membersihkannya terlebih dahulu juga bisa menghilangkan bakteri pathogen yang dapat menyebabkan pertumbuhan lele terganggu.

2. Maggot Lalat

Gambar Manggot Lalat Pakan Lele
paktanidigital.com

Salah satu pakan alternatif untuk ikan lele yaitu maggot lalat. Maggot merupakan telur lalat jenis Black Soldier Fly yang telah menjadi larva. Pakan ini baik untuk pertumbuhan lele karena mengandung kadar protein sekitar 40%.

Pemberian maggot sebagai pakan ikan lele juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membantu melawan berbagai penyakit yang menyerang kesehatan lele.

3. Ikan Rucah

Gambar Ikan Rucah Pakan Lele
facebook @jual ikan rucah

Ikan rucah merupakan pakan yang sangat baik untuk lele karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan protein yang tinggi pada ikan rucah dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan lele. Rasa dagingnya yang lezat sangat disukai oleh ikan lele.

Ikan rucah ini juga mengandung komponen dari berbagai unsur yang berguna menunjang tumbuh kembang lele yang Anda budidayakan. Hal ini sangat membantu Anda sebagai peternak agar lele cepat besar dan tentunya akan mempercepat masa panen.

4. Bekicot

Gambar Bekicot Pakan Ikan Lele
artikel.rumah123.com

Bekicot juga bisa dijadikan sebagai pakan alternatif bagi lele. Kandungan gizi terutama protein dalam bekicot sangat baik untuk lele, sehingga cepat besar dan sehat.

Bekicot banyak digunakan para peternak karena sangat menguntungkan. Tidak hanya bergizi, bekicot juga sangat mudah ditemukan dan murah, sehingga dapat memangkas biaya pengeluaran untuk pakan lele.

5. Tumbuh-tumbuhan

Gambar Azolla Pakan Ikan Lele
azollamagelang.blogspot.com

Selain daging hewan lainnya, tumbuh-tumbuhan juga bisa menjadi pakan alami bagi lele. Salah satu jenis tumbuhan yang baik untuk pertumbuhan lele yaitu Azolla.

Tanaman paku yang biasa hidup di air dan berwarna hijau ini sangat baik dikonsumsi oleh lele. Tanaman yang biasa mengapung di air ini mengandung banyak protein yaitu sekitar 25-35%.

Azolla juga banyak digunakan oleh peternak ikan sebagai pakan karena murah dan dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Jika Anda ingin mengembangbiakkan tanaman ini sebagai pakan,

Anda sebaiknya menyiapkan kolam khusus dan terpisah dari kolam budidaya lele. Hal ini dikarenakan pertumbuhannya yang sangat cepat sehingga bisa menghalangi sinar matahari untuk masuk ke kolam.

6. Pelet

Gambar Pelet Pakan Ikan Lele
agribiznetwork.com

Pelet menjadi pilihan pakan alternatif yang berguna untuk melengkapi kebutuhan asupan gizi pada lele. Pakan buatan dengan bentuk kecil berwarna kecokelatan ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk membantu pertumbuhan ikan lele, maka tidak mengherankan jika pelet banyak digunakan oleh para peternak ikan.

Agar pelet dapat dicerna dengan baik, Anda bisa membasahinya dengan air terlebih dahulu. Jika Anda memberikan pelet dalam kondisi kering, maka pelet kering tersebut bisa mengembang di dalam perut ikan.

Hal ini tentunya akan menyebabkan perut lele menjadi sesak dan pencernaan terganggu, bahkan bisa menyebabkan kematian akibat terlalu kenyang.

Meski berukuran kecil, pelet memiliki beberapa variasi ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan mulai dari tahap benih hingga dewasa.

Karena harganya yang cukup mahal dibanding pakan alami seperti hewan kecil dan tumbuh-tumbuhan, Anda bisa memberikan pelet sebagai pakan selingan saja.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Beberapa pilihan pakan ikan lele di atas dapat dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang menekuni bisnis budidaya lele. Pilihan pakan di atas juga bisa mempercepat pertumbuhan lele dan membantu menekan biaya pengeluaran pakan, sehingga Anda menjadi lebih hemat dan keuntungan yang didapat semakin meningkat.

Tinggalkan komentar