Pakan Ikan Nila

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Maka tak mengherankan jika jenis ikan ini banyak dibudidayakan karena tingginya permintaan pasar terhadap ketersediaan ikan nila. Karena termasuk hewan pemakan segala atau omnivora, pakan ikan nila cukup mudah ditemukan.

Menjalankan bisnis budidaya ikan nila merupakan pilihan yang tepat. Biaya yang Anda keluarkan untuk pakan nila tidaklah besar karena ikan ini biasanya memakan hewan kecil yang hidup di dalam air seperti plankton. Ikan ini juga memakan sayur sisa dapur, buah-buahan, atau tumbuh-tumbuhan yang hidup di dalam air. Untuk mengetahui apa saja pakan yang tepat untuk nila, berikut ini ulasan lengkapnya.

Pilihan Pakan Ikan Nila Alami dan Buatan

1. Pakan Alami

Karena tergolong dalam hewan omnivora, pakan untuk ikan nila terbagi menjadi dua macam yaitu pakan alami dan pakan buatan. Untuk menekan biaya produksi budidaya ikan nila, Anda bisa memberikan pakan alami. Berikut ini merupakan daftar makanan alami untuk ikan nila.

• Plankton

Gambar Plankton pakan nila
nationalgeographic.org

Saat memulai budidaya, Anda diharuskan untuk menyiapkan kolam sebagai lokasi budidaya. Sebelum kolam digunakan dan benih ikan ditebar, Anda harus memupuk kolam terlebih dahulu yang bertujuan agar plankton dapat tumbuh.

Plankton merupakan makanan alami ikan nila yang mengandung protein antara 21-36% dan sangat baik untuk pertumbuhan nila, terutama yang masih berupa benih.

• Azolla Pinnata

Gambar Azolla Pinnata Pakan Nila
azollamagelang.blogspot.com

Azolla pinnata merupakan tanaman paku air yang berwarna hijau berukuran 1-4 cm. Tanaman ini memiliki daun berbentuk segitiga atau kotak dan mengapung di air. Tanaman paku ini banyak ditemukan di kolam atau sawah dan berkembang dengan sangat cepat. Tanaman ini sangat baik untuk pakan ikan nila karena memiliki kadar protein yang tinggi yaitu 31%.

• Kangkung

Gambar Kangung Pakan Nila
iplantz.com

Sebagai salah satu hewan omnivora, Anda bisa memberikan kangkung sebagai pakan organik bagi ikan nila. Namun, usahakan untuk tidak memberikan kangkung yang dijual di pasar karena mengandung pestisida yang tidak baik untuk pertumbuhan ikan nila.

• Lemna SP

Gambar Lemna SP Pakan Nila
docplayer.info

Lemna SP merupakan tumbuhan hijau berukuran kecil yang biasa hidup di air. Belakangan ini, Lemna menjadi salah satu pakan organic yang populer di kalangan peternak ikan karena mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 10-45%. Kandungan protein pada tumbuhan ini dapat mempercepat pertumbuhan nila, sehingga nila menjadi cepat besar.

• Wolffia

Gambar Wolffia Pakan Nila
wolffiaindonesia.business.site

Wolffia merupakan salah satu tanaman berbunga yang memiliki ukuran sangat kecil. Tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai pakan mulai dari tahap pembenihan karena ukurannya yang kecil. Wollfia berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga usahakan untuk mengembangbiakkan tanaman ini di tempat terpisah agar tidak menghalangi sinar matahari yang masuk ke kolam budidaya.

• Daun Singkong

Gambar Daun Singkong Pakan Nila
dream.co.id

Selain kangkung, Anda juga bisa memberikan daun singkong sebagai pakan alami untuk nila. Anda bisa memberikannya secara langsung atau menfermentasikannya terlebih dahulu dengan campuran tepung ikan. Fermentasi ini bertujuan untuk menghasilkan FCR (Food Conversion Ratio) yang bagus untuk pertumbuhan nila.

• Sisa Makanan

Gambar Roti Basi Pakan Nila
prodiahoi.co.id

Apabila Anda memiliki sisa makanan berupa nasi atau roti yang sudah kedaluwarsa, maka jangan langsung dibuang begitu saja. Anda bisa memberikan kepada ikan nila sebagai pakan alami yang hemat. Anda bisa memberikan sisa makanan tersebut secara langsung atau mengeringkannya terlebih dahulu.

2. Pakan Buatan

Selain memberikan pakan alami, Anda juga bisa memberikan pakan buatan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada ikan. Pemberian pakan buatan dipercaya dapat mempercepat proses panen ikan. Berikut ini pilihan pakan buatan yang bisa membantu memberikan tambahan asupan nutrisi pada ikan nila.

• Pelet

Gambar Pelet Pakan Nila
agribiznetwork.com

Pelet merupakan pakan buatan berbentuk kecil seperti pil dan berwarna kecokelatan. Kandungan nutrisinya yang bagus untuk membantu pertumbuhan ikan nila, maka tak mengherankan jika pakan buatan ini banyak digunakan oleh para peternak ikan. Karena harganya yang cukup mahal, Anda bisa memberikan pelet sebagai pakan selingan saja.

• Tepung Keong Mas atau Bekicot

Gambar Tepung Bekicot Pakan Nila
Facebook @Tepung Cangkang Bekicot

Selain pelet, Anda juga bisa memberikan tambahan asupan nutrisi untuk ikan nila dengan pakan buatan berupa tepung keong mas atau bekicot. Cara membuat pakan ini juga cukup mudah. Pertama, siapkan bekicot atau keong.

Kemudian, bersihkan bekicot atau keong dan rebus. Pisahkan isi dari cangkangnya, lalu jemur hingga kering, iris kecil-kecil, kemudian giling atau tumbuk untuk dijadikan sebagai tepung.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat pakan tepung bekicot, kini juga sudah banyak orang yang menjual tepung tersebut. Anda bisa menuianya di lingkungan terdekat atau secara online.

Baca Juga : Umpan Ikan Nila

Pemberian pakan ikan nila yang tepat dapat akan membantu mempercepat pertumbuhan ikan nila yang Anda budidayakan. Agar keuntungan yang diperoleh bisa maksimal, Anda bisa mengombinasikan pakan alami yang hemat dengan pakan buatan yang dapat membuat ikan tumbuh dengan cepat.

Tinggalkan komentar