Pakan Lele Alternatif

Sebagai salah satu indikator penting dalam beternak lele, mencari pakan lele alternatif sangatlah krusial untuk dilakukan. Apalagi kini harga pakan juga makin melonjak di pasaran. Hal ini diyakini lantaran berbagai faktor, termasuk bahan bakunya yang harus diimpor. Untuk itu, perlu kejelian para petani lele dalam mencari pakan alternatif namun tetap kaya nutrisi sekaligus ekonomis.

Membuat Alternatif Pakan Lele Sendiri

Syarat utama pembuatan pakan lele untuk peternakan setidaknya memenuhi rasio penambahan bobot tubuh. Makin kecil rasio FCR yang dimiliki, makin bagus kualitasnya.

Lele sendiri merupakan binatang karnivora yang butuh protein lebih dari 35% berat pakan. Lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin juga turut dibutuhkan agar lele Anda makin sehat dan cepat besar.

Beberapa contoh pakan lele alternatif berikut bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Tak hanya lebih murah ketimbang membeli di pasaran, alternatif pakan ini juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan.

1. Pakan organikGambar Pakan Organik Lele

Pembuatan pakan lele organik merupakan opsi terbaik untuk menggantikan pellet. Dengan membuat sendiri pakan ini, Anda bisa memastikan sendiri kandungan bahan yang digunakan.

Sebenarnya, tak ada acuan pasti untuk membuat pakan organik. Tapi, Anda bisa berpacu pada tutorial berikut untuk membuat pakan berkualitas bagus dan bernutrisi tinggi.

  • Siapkan bahan yang dibutuhkan, meliputi; tepung ikan 30 kg, tepung jagung 40 kg, tepung kedelai 30 kg, daun pepaya segar, ragi tempe, serta ikan asin secukupnya.
  • Campurkan ketiga jenis tepung yang telah disiapkan, tambahkan ragi tempe lalu aduk hingga seluruhnya tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduknya hingga adonan kalis.
  • Tempatkan adonan pada suatu wadah tertutup, biarkan hingga sekitar 12 jam. Sembari menunggu, giling daun papaya serta ikan asin hingga halus.
  • Usai lewat 12 jam, buka tutup adonan. Campurkan daun papaya dan ikan, lalu aduk hingga semuanya rata.
  • Cetak adonan menggunakan mesin pellet, tunggu beberapa saat dan jemur hingga mengering

Jika sudah mengering, pellet alternatif homemade ini bisa langsung diberikan sebagai pakan ataupun disimpan dalam wadah kedap udara agar bisa bertahan lama.

2. Pakan dari dedak

Gambar Pakan Dedak Lele
ilmuternak.com

Selain pakan organik, Anda juga bisa membuat sendiri pakan lele alternatif dengan menggunakan bahan dasar dedak. Hasilnya, lele akan lebih cepat besar dan biaya yang dikeluarkan lebih murah. Berikut cara mudah membuatnya;

  • Siapkan bahan-bahan; dedak dan pellet 2,5 kg, garam 5 sdm, ikan asin ¼ kg, air 5 liter, serta minyak goreng secukupnya. Sebaiknya gunakan pellet dengan kandungan protein 20% agar mempercepat pertumbuhan lele.
  • Campurkan dedak, pellet, dan air secara merata, tambahkan garam sebagai pengawet alami sekaligus untuk menjaga nutrisi.
  • Haluskan ikan asin lalu campurkan pada adonan yang sedang diaduk.
  • Tuangkan minyak sayur secukupnya untuk membuat aroma pakan lebih menyengat, aduk terus hingga mengental.
  • Kukus adonan hingga berubah menjadi cokelat tua, setidaknya sekitar 1 jam pengukusan. Diamkan adonan minimal 24 jam, barulah Anda bisa mengepalnya kecil-kecil sebagai pakan lele.

3. Pakan lele tambahan

Gambar Pakan Tambahan Lele
foto.bisnis.com

Tak hanya pellet dan dedak saja, Anda pun bisa memberi lele dengan pakan tambahan. Selain menekan biaya makanan, pakan lele tambahan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia gratis di sekitar Anda.

Dengan begitu, pengeluaran untuk membeli pakan bisa lebih dihemat. Keuntungan yang didapat pun akan semakin besar. Beberapa alternatif yang bisa dijadikan pakan lele tambahan adalah;

  • Ikan rucah berukuran kecil. Cuci bersih terlebih dahulu, lalu cincang kecil-kecil sebelum memberikannya pada lele.
  • Limbah peternakan unggas. Jika dekat dengan peternakan unggas, Anda bisa menjadikan bangkai unggas sebagai pakan. Sebaiknya unggas tak mati lebih dari 12 jam. Bersihkan dulu bangkai tersebut lalu rebus. Lalu, jadikan pakan dengan menggantungnya di permukaan kolam. Nantinya, Anda tinggal menarik sisa tulang belulang dengan lebih gampang.
  • Keong mas dan bekicot. Dua binatang ini juga bisa dijadikan pakan gratis dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Anda pun juga harus bersabar melepas dagingnya dari cangkang sebelum mencincang dan memberikannya pada lele.

Baca Juga : Pakan Ikan Lele

Di samping beberapa pakan lele alternatif di atas, belatung juga bisa ditambahkan dalam daftar. Anda bisa mengembangbiakkannya sendiri dengan mencampur ampas tahu, kotoran ayam, dan sisa-sisa ikan asin yang ditutup daun pisang kering. Cara-cara ini terbukti efektif untuk menekan biaya pakan tanpa mengurangi nutrisi makanan lele Anda.

Tinggalkan komentar