Pasar Ikan Jatinegara

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyak sekali pasar ikan, mulai dari yang tradisional hingga modern. Salah satu yang paling terkenal dan rekomended untuk dikunjungi adalah pasar ikan Jatinegara. Bagi warga Jakarta, nama pasar ini pastinya sudah tidak asing lagi ya?

Jenis Dagangan dan Harga

Gambar Dagangan Pasar Ikan Jatinegara
facebook @Sriningsih Siregar

Sesuai namanya, pasar ikan ini menjual berbagai macam ikan mulai dari ikan hias, ikan laut segar, dan ikan air tawar. Beberapa kios juga menjual pakan ikan berupa pakan hidup dan pelet ikan, akuarium, tanaman air, batu-batu kecil untuk akuarium, dan sejumlah dekorasi lainnya.

Agar proses jual beli lebih mudah, pedagang biasanya sudah mengemas ikan-ikan di dalam kantong plastik. Harga jualnya sendiri cukup beragam, mulai dari Rp 15.000 hingga lebih dari Rp 200.000, tergantung jenis dan ukuran ikan.

Sedangkan akuarium bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp 50.000. Selain membeli ikan secara ecer alias satuan, Anda juga bisa membeli borongan lho. Jika harganya kurang sreg, Anda juga bisa menawarnya. Kalau tidak bisa menawar sendiri, pastikan untuk mengajak teman yang jago menawar ya.

Alamat Pasar

Bagi Anda yang tertarik untuk datang, pasar Jatinegara beralamat di Jl. Jend. Urip Sumoharjo I No.2, RW 6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jaraknya sekitar 100 meter dari Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Jam Buka Pasar

Gambar Jam Buka Pasar Ikan Jatinegara
facebook @Qibull PRajim Farizi

Pasar ikan Jatinegara dikenal juga dengan pasar fajar atau pasar ikan subuh, karena pasar ini memang sudah buka setiap fajar. Bahkan kegiatan di dalam pasar sebenarnya sudah dimulai sejak tengah malam atau pukul 00.00 WIB dan berakhir pada saat menjelang siang atau sekitar jam 9 pagi.

Namun, ada juga beberapa kios yang masih buka sampai pukul 12 siang. Anda bisa datang di antara Senin-Minggu, tapi disarankan untuk datang saat Sabtu atau Minggu jika ingin melihat lebih banyak jenis dan warna ikan. Karena saat weekend, biasanya jumlah pedagang akan meningkat.

Tips lainnya adalah datang di antara jam 4 sampai 6 pagi. Karena pada jam ini, banyak peternak ikan hias yang datang untuk mengantarkan ikan-ikan ke penjual, sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sedangkan di atas jam 6 pagi, harganya bisa sedikit lebih mahal.

Gambaran Lokasi

Bagi Anda yang mungkin belum pernah berkunjung ke pasar ini, atau akan segera datang karena penasaran, berikut adalah sedikit gambaran lokasinya:

1. Area Parkir

Gambar Area Parkir Pasar Ikan Jatinegara
facebook @Ibenk Ibenkk

Jika Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil, pasar ini sudah memiliki area parkir yang lumayan memadai. Lokasinya berada di lapangan tepat di belakang pintu masuk pasar.

Setelah melewati pintu masuk, Anda hanya perlu lurus sedikit kemudian belok kiri dan lewati gapura. Selanjutnya tinggal lurus saja beberapa meter lalu belok lagi ke kiri dan sampai di lapangan parkir. Biaya parkir di tempat ini cukup murah lho, hanya sekitar Rp 3.000 per kendaraan.

2. Area Lapak

Gambar Area Lapak Pasar Ikan Jatinegara
facebook @Jhariyanto Panjul

Anda hanya perlu berjalan sedikit dari titik parkir dan sederet penjual makanan berada di sebelah kanan. Selanjutnya Anda akan melihat pedagang-pedagang ikan cupang, disusul dengan pedagang ikan koi, dan Anda akan melihat pintu masuk utama.

Setelah berada di dalam, Anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menggelar lapak di atas lantai paving. Alas lapak biasanya berupa tikar, dan ada beberapa ember plastik serta kantong-kantong penampung ikan.

Baca Juga  : Ikan Hias Air Tawar

Bagi warga Jakarta yang ingin memelihara ikan hias tak perlu jauh-jauh untuk membeli, karena pasar ikan Jatinegara menyediakan berbagai jenis ikan dengan harga yang bisa ditawar. Bagi Anda yang sekedar ingin melihat-lihat juga boleh datang kok. Tapi jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan ya.

Tinggalkan komentar