Pasar Ikan Muara Baru

Selain mall, kafe, dan restoran, Jakarta juga memiliki banyak sekali pasar ikan lho, mulai dari yang tradisional sampai yang lebih modern. Jika Anda ingin membeli ikan di pasar modern yang lebih nyaman dan tertata, Anda bisa mampir ke pasar ikan Muara Baru.

Alamat Pasar dan Rute

Gambar Lokasi Pasar Ikan Muara Baru
facebook @Ndro Nugrosh

Pasar Ikan modern Muara Baru terletak di Penjaringan Jakarta Utara, yang relatif dekat dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Alamat lengkapnya ada di Jl. Muara Baru No.21, RW.17, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara. Adapun rute termudah dan termurah adalah sebagai berikut:

  • Naik Bus TransJakarta dari Halte Bus Senayan JCC Koridor 9 (jalur Pinang Ranti-Pluit).
  • Kemudian turun di Halte TransJakarta Penjaringan.
  • Selanjutnya naiklah ojek online menuju pasar ikan modern Muara Baru (sekitar 15 menit).

Sekilas Tentang Kondisi Pasar

Gambaran Pasar Ikan Modern Muara Baru
finance.detik.com

Pasar ikan terbesar di Indonesia ini berawal dari harapan untuk mengembangkan perikanan Indonesia ke level selanjutnya.

Karena sebagai negara maritim yang secara geografis 70% wilayahnya merupakan perairan, seharusnya Indonesia tidak hanya memiliki regulasi yang lebih baik di bidang kelautan dan perikanan tapi juga menyediakan pasar ikan yang layak untuk melayani kebutuhan ikan nasional dan internasional.

Menurut Pemprov DKI Jakarta, pasar ini nantinya akan menjadi tujuan wisata yang populer. Bahkan jika dikelola dengan baik, pasar ini diklaim mampu menyaingi pasar ikan modern paling populer di dunia yaitu Pasar Tsukiji yang berada di Tokyo, Jepang. Berikut info lain mengenai pasar ini:

  • Pasar ikan Muara Baru sudah ada sejak tahun 1846, namun baru direnovasi besar-besaran sekitar 1-2 tahun lalu dan diresmikan kembali oleh Presiden Jokowi pada 13 Maret 2019.
  • Sebelum direnovasi, ratusan pedagang harus berbagi lapak di gedung satu lantai berusia 30 tahun. Kondisi gedung saat itu juga terlihat kotor, kumuh, dan becek.
  • Setelah dirombak, gedung pasar sudah tampak modern, megah, dan higienis, dengan total luas bangunan adalah 4 hektar dan memiliki tiga lantai.
  • Warga Jakarta sering menyebut pasar ini dengan nama PIM Muara Baru atau PPI Muara Baru, dan saat ini telah menjadi ikon serta kebanggaan bagi masyarakat Indonesia yang menjual berbagai macam hasil laut segar.
  • Menurut pemerintah, pasar ikan ini dimaksudkan sebagai “proyek percontohan” untuk mengembangkan pasar ikan modern di provinsi lain.

Daya Tarik PIM Muara Baru

Gambar Fasilitas Pasar Ikan Muara Baru
facebook @Ndro Nugrosh

Inilah sejumlah hal menarik yang bisa Anda temukan di pasar ikan modern Muara Baru:

1. Bangunan Modern

Sesuai konsepnya, yaitu bersih dan modern, pasar ini tampak depan tidak terlihat seperti pasar ikan, justru terlihat seperti gedung perkantoran dengan bangunan kontemporer atau mirip pusat perbelanjaan modern.

Saat berada di depan gedung, Anda tidak akan menjumpai aktivitas yang berhubungan dengan penurunan atau pengiriman ikan, karena semua prosesnya dilakukan di area khusus yang berada di bagian belakang gedung.

Konsepnya sangat cerdas, bukan? Jadi saat pertama kali datang, pembeli tidak disuguhkan dengan pemandangan kotor, bau, atau hiruk pikuk pedagang.

Setelah masuk ke bagian dalam, Anda akan melihat kios-kios pedagang dibangung berjajar dengan ukuran yang sama sehingga tampak rapi.

Kios-kios ini sejajar dengan lorong tempat orang-orang berjalan kaki. Anda juga tidak akan menemukan air bekas ikan atau genangan air di lantai, karena pasar ini dilengkapi dengan saluran pembuangan yang mengelilingi setiap kios.

2. Food Court

Sensasi berbeda bisa Anda rasakan saat menyantap seafood di pasar ikan modern Muara Baru. Anda bisa langsung menikmati seafood segar yang bisa dipilih sendiri sesuai selera di lantai 1 kemudian mintalah jasa pengolahan yang ada di lantai 2 untuk mengolah seafood segar menjadi santapan yang lezat.

Jangan khawatir akan menguras isi dompet ya, karena harga yang ditawarkan untuk proses memasaknya sangat terjangkau. Jika tak ingin repot-repot memilih ikan, Anda juga bisa langsung memesan menu yang sudah disediakan seperti di restoran lain. Tempat ini rekomended karena areanya bersih dan nyaman.

3. Berbagai Fasilitas Tersedia

Selain memiliki sekitar 894 lapak basah dan 155 lapak kering, pasar ikan modern ini juga dilengkapi dengan 155 unit maritim, 2 unit mesin ice flake berkapasitas 10 ton, area pemasaran, ruang pendingin berkapasitas 30 ton, tempat bongkar muat, dan tempat pengolahan sampah serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Terdapat juga gedung manajemen, ruang pengepakan, depo es dan garam, ruang informasi, ruang pertemuan, gudang berukuran cukup besar, pos jaga, dan masjid serta mesin ATM.

Jam Buka Pasar

Gambar Jam Buka Pasar Ikan Muara Baru
facebook @Eny Haryani

Pasar ikan modern Muara Baru buka setiap hari mulai pukul 17.00-00.00 WIB. Namun khusus hari Sabtu dan Minggu, area food court akan buka lebih awal sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan jam paling sibuk adalah sekitar pukul 19.00 WIB saat ikan datang dari pelabuhan.

Jenis Ikan yang Dijual

Gambar Jenis Dagangan di Pasar Ikan Muara Baru
facebook @Zeest Az Zahra

Bisa dibilang bahwa pasar ikan ini merupakan surga bagi pecinta makanan laut. Karena Anda bisa memilih mulai dari udang, cumi-cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, kerapu, hingga bandeng dan masih banyak lagi lainnya.

Semuanya tersedia dengan harga bersaing yang ramah anggaran. Menariknya lagi, Anda juga bisa menemukan ikan-ikan asing dengan ukuran raksasa. Salah satunya adalah ikan terang bulan.

Tips Belanja di Pasar Ikan Muara Baru

Gambar Tips Belanja di Pasar Ikan Muara Baru
facebook @Lasmaria Boru Tobing

Sebelum benar-benar datang ke pasar ini, berikut sejumlah hal penting yang perlu Anda perhatikan agar pengalaman belanja Anda di sini bisa menyenangkan:

1. Waktu Terbaik

Puncak ramainya pengunjung di pasar ini adalah sekitar pukul 19.00 WIB. Jadi jika Anda ingin berkeliling pasar, disarankan untuk datang lebih awal dan sudah selesai sebelum pukul 19.00 WIB.

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak pilihan ikan segar, maka harus rela berdesak-desakkan dengan ratusan pengunjung lain pada jam sibuk ini. Sedangkan untuk Anda yang datang setelah pukul 22.00 WIB, kemungkinan besar jenis ikan sudah tidak begitu lengkap.

2. Pakaian

Meskipun pasar ini mengusung konsep modern dan bersih, namun tetap saja yang dijual adalah ikan. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan pakaian mewah dan mahal seperti saat Anda pergi ke mall.

Hindari juga menggunakan bahan pakaian yang tebal dan panas, serta sebaiknya tidak menggunakan celana panjang, karena akan mudah kotor. Pastikan juga untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan mudah dicuci.

3. Bawa Uang Tunai

Siapkan uang tunai sebelum datang ke pasar ini, karena hingga saat ini, pedagang dan food court hanya menerima pembayaran cash. Anda bisa langsung membawa uang tunai dari rumah atau ambil di mesin ATM di dalam pasar.

4. Bawa Tas Belanja

Ada sejumlah banner di depan pasar yang melarang penggunaan plastik. Karena pengelola pasar berharap pedagang dan pembeli nantinya dapat mengurangi penggunaan plastik. Karena itu, disarankan untuk membawa tas belanjaan Anda sendiri.

Baca Juga : Pasar Ikan Muara Angke

Pasar ikan Muara Baru memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, dan telah menjadi salah satu tempat wisata malam di Jakarta. Bagi Anda yang datang dari luar Jakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi dan mencicipi kuliner lezat di pasar ikan ini ya.

Tinggalkan komentar